Teknik Dasar Lontar Martil Beserta Cara Melakukannya

Advertisement

Teknik Dasar Lontar Martil Beserta Cara Melakukannya - Pengertian lontar martil atau hammer throw ialah salah satu cabang olahraga atletik yang menggunakan martil untuk dilontarkan atau dilemparkan sejauh mungkin. Lalu bagaimana cara melakukan lontar martil itu? Cara melakukan lempar martil pada dasarnya menggunakan teknik dasarnya. Teknik dasar lempar martil memiliki beberapa tahapan yang harus dikuasai oleh para pemainnya. Lempar martil tersebut merupakan cabang nomor lempar seperti tolak peluru, lempar cakram ataupun lempar lembing.

Serangkaian Gerakan Lontar Martil
Pada tahun 1900, olahraga lontar martil dipertandingkan di Paris Perancis untuk pertama kali dalam olimpiade kedua yang modern. Pertandingan ini dijadikan sebagai perlombaan pria nomor tradisional dengan akar abad ke 15. Pada awalnya permainan ini digunakan sebagai pertandingan informal. Namun seiring berkembangnya jaman, lempar martil tersebut juga mengalami peningkatan karena pada abad ke 18 akhir dijadikan sebagai bagian permainan Highland Skotlandia. Bahkan sampai sekarang permainan lempar martil bertahan dengan versi aslinya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik dasar lontar martil beserta cara melakukan lontar martil. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Dasar Lontar Martil Beserta Cara Melakukannya

Sebelum membahas tentang teknik dasar lempar martil dan cara melakukan lempar martil. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai lontar  martil tersebut. Sejak tahun 1990an lontar martil sudah berjalan untuk pria. Bahkan sampai tahun 1995 belum ada tanda akomodasi lempar martil wanita yang diperlihatkan oleh Asosiasi Federasi Atletik Internasional. Pada tahun 2000 dalam olimpiade pertandingan musim panas baru ada pertandingan lontar martil untuk wanita di Sydney, Australia.
Baca juga : Macam Macam Latihan Keseimbangan Pada Kebugaran Jasmani
Dalam ajang olimpiade pada akhir tahun 1960an telah ada warisan dari Eropa Timur dan Eropa yang pengaruhnya cukup dominan di belahan dunia sampai menarik minat berbagai negara. Kemudian sampai pada akhirnya menciptakan teknik dasar lontar martil beserta peraturan di dalamnya.

Gerakan Lontar Martil

Setiap jenis olahraga tubuh tentu memiliki gerakan khusus. Gerakan inilah yang akhirnya dijadikan materi pembelajaran dan wajib untuk dipelajari siswa. Pada dasarnya gerakan lontar martil ini sudah di bahas di berbagai media. Misalnya saja buku pedoman penjas ataupun di internet. Lontar martil memiliki beberapa gerakan di dalamnya. Adapun beberapa tahapan dalam lempar martil yaitu sebagai berikut:

Tahap Memegang Martil
Gerakan lempar martil memiliki beberapa rangkaian dalam tahapan pertama. Adapun cara melakukan lontar martil tahap memegang martil yaitu sebagai berikut:
  • Gunakan kedua tangan untuk memegang martil.
  • Gunakan sarung pada tangan kiri pelontar agar tangan tersebut terlindungi.
  • Diantara jari tangan kanan dengan sendi jari tangan kiri diletakkan tungkai martil.


Tahap Ayunan
Dalam teknik dasar lontar martil memang terdapat beberapa gerakan di dalamnya. Seperti halnya tahapan gerakan ayunan. Adayun cara melakukan lempar martil tahap ayunan yaitu sebagai berikut:
  • Mulai ayunan pendahuluhan yang posisinya berada di belakang lingkaran menuju daerah lingkaran lontarnya.
  • Buka secukupnya kaki dan letakkan kepala martil di sebelah kanan belakang tengah.
  • Mulai gerakan melingkar ke arah kiri yang memutari tubuh dan disertai dengan menggangkat punggung maupun lengan.
  • Ayunkan martil menggunakan kedua lengan selebar lebarnya dan usahakan letak lengan di atas bahu kiri dalam satu titik tinggi.
  • Tekuk siku dan putar punggung ke belakang ketika sampai ke titik paling tinggi sehingga martil dapat digerakkan ke bawah.
  • Biarkan martil dalam titik tertinggi selama melakukan gerakan ayunan sehingga letaknya di belakang kiri dan di kanan depan untuk titik terendahnya.
  • Pindahkan berat badan dari satu kaki menuju kaki lainnya sehingga arah martilnya dapat dipindahkan terlebih dahulu.
Baca juga : Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Tenis Meja
Tahap Melontar
Gerakan lontar martil selanjutnya ialah tahap melontar. Adapun cara melakukan lontar martil tahap melempar yaitu sebagai berikut:
  • Dimulainya tahap melontar ketika dalam putaran martil sampai ke titik paling tinggi.
  • Hentikan putaran tubuh saat martil sampai ke titik rendah dan angkat ke arah atas.
  • Kaki kiri diluruskan sekuat kuatnya agar tenaga angkatannya diperoleh dan biarkan lengan dan punggung tetap pasif.
  • Gunakan lengan kiri untuk menarik sekuat tenaga agar martil dilepaskan dengan lengkap melewati bahu kiri.
  • Ketika pelepasan martil, usahakan kedua kaki dipantang dengan kokoh di atas tanah.

Teknik Dasar Lontar Martil

Setelah membahas tentang gerakan lontar martil, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang teknik dasar lempar martil. Setiap pelempar martil pada dasarnya memang harus menguasai beberapa teknik dasar di dalamnya seperti posisi awal dan ayunan, lemparan, putaran dan transisi serta fase akhir. Berikut penjelasan selengkapnya:

Posisi Awal dan Ayunan
Teknik dasar lontar martil yang pertama ialah posisi awal dan ayunan. Adapun cara melakukan teknik awal dan ayunan yaitu sebagai berikut:
  • Gunakan tangan kiri untuk memegang martil pada bagian handlenya. Kemudian gunakan tangan kanan untuk menutupnya dan silangkan posisi kedua ibu jarinya.
  • Tempatkan martil di belakang pelempar atau di atas tanah sebelah kanan dan ayunkan martil sebagai gerakan permulaan ayunannya.
  • Ayunan permulaan memiliki titik terendah yang terdapat saat kaki kanan dan bagian kanan dilewati martil.

Putaran dan Transisi
Teknik dasar lempar martil selanjutnya ialah putaran dan transisi. Adapun cara melakukan lontar martil teknik putaran dan transisi yaitu sebagai berikut:
  • Lakukan gerakan pivot menggunakan kaki kanan bagian ujung telapak dan tungkai kiri bagian tumit ketika martil berada di titik terendah. Usahakan pembuatan putaran berada di atas tumit dan hadapkan kaki kiri sampai ke depan lingkaran. Kemudian gerakan diteruskan dengan kembali memutar telapak kaki depan di atas hingga menuju arah semula lagi.
  • Tubuh baian atas dibawa oleh tubuh bagian bawah untuk digerakkan ke depan, dada ditutup dengan tangan kiri dan terus gerakkan martil selama tungkai bergerak.
  • Tinggalkan tanah menggunakan kaki kanan saat geakan tumit diselesaikan oleh kaki kiri, pindahkan berat badan sampai tungkai kiri dan seterusnya.
Baca juga : Posisi Berdiri (Stance) Saat Menerima Servis pada Permainan Bulutangkis
Fase Akhir
Teknik dasar lontar martil selanjutnya ialah fase akhir. Usahakan martil ditarik sebelum sampai ke titik paling rendah atau sebelum berakhirnya putaran. Kemudian jalannya martil dipercepat ketika arah gerakannya menuju ke bawah dan usahakan kedua tangkai digerakkan dengan cepat sehingga tubuh dapat diputar dengan cepat ke arah bawah.

Lemparan
Teknik dasar lempar martil selanjutnya ialah teknik lemparan. Adapun cara melakukan lontar martil teknik lemparan yaitu sebagai berikut:
  • Kedua tungkai diluruskan dengan kuat.
  • Busungkan lagi badannya dan posisikan kepala menengadah atau direbahkan ke arah belakang.
  • Arahkan pandangan menuju lemparan ketika posisi martil berada di sudut trayektori.
  • Lalu kedua lengan diangkat pada saat gerakan berakhir dan kedua mata diarahkan pandangannya mengikuti gerakan martil sebelum posisi kedua tungkainya diganti.
Sekian penjelasan mengenai teknik dasar lontar martil beserta cara melakukan lempar martil. Lontar martil ialah salah satu cabang olahraga atletik nomor lempar yang menggunakan martil untuk dilontarkan atau dilemparkan sejauh mungkin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Teknik Dasar Lontar Martil Beserta Cara Melakukannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar