Peraturan Permainan Hand Ball (Bola Tangan) Lengkap

Peraturan Permainan Hand Ball (Bola Tangan) Lengkap - Hand ball atau bola tangan merupakan jenis olahraga yang menggunakan tangan untuk memukul dan memantulkan bola sampai masuk ke gawang. Jenis olahraga ini dapat dikatakan sebagai gabungan dari olahraga futsal dan basket dengan peraturan yang lebih kompleks.

Meski diajarkan pada jenjang SMP dan SMA tapi tak semua orang familiar dengan permainan bola tangan. Pada dasarnya hand ball sudah ada sejak zaman Yunani Kuno, pada saat itu permainan ini lebih terkenal dengan sebutan Sepak Bola. Namun cara bermainnya masih menggunakan tangan daripada kaki.
Peraturan permainan handball

Seiring berjalannya waktu akhirnya para pakar olahragawan berkumpul dalam suatu kongres untuk mentepatkan permain hand ball sebagai olahraga resmi. Tentunya dalam pertemuan tersebut dibahas pula berbagau peraturan bola tangan yang telah disepakati sampai sekarang. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang peraturan permainan Hand Ball atau bola tangan lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peraturan Permainan Hand Ball (Bola Tangan) Lengkap

Handball termasuk olahraga kompetitif berbasis tim yang dimainkan dengan bola kecil. Pelaksanaannya memerlukan keterampilan di berbagai aspek baik itu kelincahan, taktik, serta kerjasama. Masing-masing tim memiliki obective yang sama yakni emasukan bola tangan ke gawang dan mencegah lawan mencetak skor.

Secara kasat mata, peraturan permainan bola tangan hampir sama seperti sepakbola. Tapi faktanya kalau menyelam lebih dalam kita akan menemukan perbedaan pada dua jenis materi tersebut. Misalnya dari segi pemain yang hanya berjumlah 7 orang per tim sampai peraturan dasar pada saat permainan berlangsung.
Baca juga : Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Bakar
Dalam peraturan permainan Hand Ball (bola tangan) terdapat beberapa ketentuan yang harus dipahami dan dipatuhi, seperti jumlah pemain, ukuran lapangan, lama permainan, kiper, daerah kiper, dan jenis pelanggaran yang terdapat dalam permainan tersebut. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai peraturan permainan bola tangan sebagai berikut.
 

Lapangan Hand Ball

Peraturan permainan handball pertama yang ingin saya jelaskan mencakup aspek yang ada pada lapangan. Langan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan antar tim. Meski bersifat penting tapi ternyata mayoritas siswa justru melupakan aspek dan komponen di dalamnya.

Lapangan bola tangan memiliki bentuk yang hampir sama seperti sepak bola. Perbedaanya terletak pada ukuran lapangan hand ball yakni 40m x 20m. Kita kan menjumpai gari tengah yang membagi lapangan tersebut menjadi dua sisi yang sama besar. Sementara itu, di setiap sisi gawang akan ada garis melintang layaknya area penalty.

Selain itu, lapangan hand ball juga dikelilingi oleh garis tepi dan mempunyai garis gawang sebagai pembatas. Adapun jarak antara garis gawang dengan garis depan lapangan adalah 6 meter panjannya. Sedangkan jarak antara garis tengah dengan garis gawang adalah 13 meter.
Gambar Lapangan Hand Ball
Apabila ingin menghafal peraturan permainan hand ball (bola tangan) maka mulaila dari ukuran lapangan hand ball atau bola tangan terlebih dulu. Berdasarkan gambar diatas dapat kita peroleh ukuran lapangan sebagai berikut:
  • Lapangan hand ball berukuran panjang 40 m dan lebar 20 m.
  • Lebar tiang gawang 7,32 dan berasal dari kayu yang lebarnya 12,5 cm. Kemudian tinggi tiang gawangnya 2,44 m.
  • Garis lemparan gawang memiliki ukuran 13 m.
  • Jarak garis lemparan bebasnya ialah 6 m.
  • Radius pada garis lingkaran tengah lapangan adalah 9,15 m.
  • Setiap sudut lapangan memiliki bendera yang tingginya 1,5 meter.

Lama Durasi Permainan Hand Ball

Peraturan permainan hand ball (bola tangan) selanjutnya menyangkut durasi lamanya pertandingan. Dalam permainan bola tangan atau Hand Ball terdapat lama permainan yang sebelumnya telah ditentukan. Namun waktu yang ditentukan untuk permainan Hand Ball putera berbeda dengan permainan Hand Ball putri. Berikut penjelasan selengkapnya:
  • Lama permainan Hand Ball putera yakni 2 x 35 menit (waktu istirahat 10 menit)
  • Lama permainan Hand Ball puteri yakni 2 x 30 menit (waktu istirahat 10 menit)

Kiper

Peraturan permainan hand ball (bola tangan) selanjutnya membahas tentang kipernya. Kiper dalam permainan Hand Ball memiliki aturan yang hampir sama dengan peraturan kiper pada permainan Futsal. Berikut peraturan peraturannya:
  • Kiper hanya dapat menangkap dan membawa lari bola di dalam areanya saja. (Jika menangkap atau membawa lari bola diluar areanya maka dianggap sebagai Pelanggaran)
  • Kiper diperbolehkan keluar dari areanya, namun akan kehilangan haknya sebagai Kiper.
  • Kiper dapat menggunakan seluruh bagian tubuh untuk menahan bola.
  • Kiper diperblehkan menendang bola sebelum menyentuh bolanya.
Baca juga : Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia Lengkap

Daerah Kiper

Peraturan permainan hand ball (bola tangan) selanjutnya membahas tentang daerah kiper. Kiper dalam permainan Hand Ball atau bola tangan memiliki daerah penjagaannya sendiri. Maka dari itu terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi yaitu sebagai berikut:
  • Pemain lain tidak diperbolehkan untuk masuk kedalam daerah kiper, karena hanya kiperlah yang diperbolehkan.
  • Pemain penyerang dalam permainan Hand Ball dapat menembak dalam keadaan melayang di atas daerah kiper, namun bola tersebut harus sudah masuk kedalam gawang sebelum kaki pemainnya mendarat.
  • Bola yang terdapat dalam daerah kiper merupakan kekuasan milik kiper.

Pelanggaran

Ada banyak peraturan permainan bola tangan yang memang harus dipatuhi oleh setiap pemain. Tujuannya tak lain untuk menciptakan pertandingan yang adil sportif dan lancar. Nah, salah satu aspek penting pada peraturan hand ball terletak pada aspek pelanggaran.

Secara garis besar kita bisa membagi jenis pelanggaran handball menjadi dua kategori. Pertama pelanggaran ringan yang notabenya berisi kesalahan teknis seperti terlalu lama memegang bola, pola pergerakan yang terlalu cepat, sampai menyentuh garis lapangan. Berdasar peraturan handball standar internasional wasit hanya akan memeri tendangan bebas atau maksimal kartu kuning.

Lain halnya dengan pelanggaran berat seperti bermain fisik, menghalangi dengan cara tidak baik, atau melakukan pelanggaran yang merugikan lawan. Pelanggaran permainan bola tangan kategori berat bisa menghasilkan kartu merah pada pelakunya. Sehingga pemain tersebut harus meninggalkan lapangan dan tidak boleh digantikan sama sekali.

Peraturan permainan hand ball (bola tangan) yang terakhir ialah pelanggaran yang terdapat dalam permainan. Dalam permainan bola tangan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak menjadi sebuah pelanggaran. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi pelanggaran yaitu:
  • Pemain dilarang untuk membawa bola melebihi tiga langkah.
  • Pemain dilarang memegang bola selama 3 detik.
  • Pemain harus melempar bola keatas baru dapat ditangkap oleh pemain lain.
  • Bola menyentuh tungkai bagian bawah.
  • Sengaja melempar bola ke arah lawan.
  • Masuk ke dalam daerah Kiper.
  • Menjatuhkan, memukul, mendorong dan menarik lawan.
  • Seluruh tindakan yang merugikan lawan sesuai dengan keputusan wasit.
Selain itu, ada beberapa peraturan hand ball lain yang wajib kalian patuhi pada saat jalannya permainan. seperti aspek yang menyangkut teknik pelaksanaan penalti dan tendangan sudut. Jika terjadi pelanggaran di area penalti, wasit akan memberikan tendangan penalti kepada tim lawan. Sedangkan tendangan sudut diberikan ketika bola terakhir kali disentuh oleh pemain bertahan sebelum keluar dari lapangan di sebelah garis gawang.

Sekian ulasan mengenai peraturan permainan Hand Ball (Bola Tangan) lengkap. Permainan bola tangan merupakan jenis permainan yang mengandalkan tangan dalam memukul dan memantulkan bola ke gawang lawan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Peraturan Permainan Hand Ball (Bola Tangan) Lengkap"