Berikut Yang Bukan Merupakan Gaya Dalam Lompat Jauh Adalah

Berikut Yang Bukan Merupakan Gaya Dalam Lompat Jauh Adalah - Apa itu lompat jauh? Pengertian lompat jauh adalah olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melompat di papan tolakan menggunakan kombinasi kekuatan, kelincahan, dan kecepatan. Lompat jauh tersebut tentunya memiliki beberapa teknik dasar di dalamnya. Teknik dasar tersebut digunakan agar gerakan yang dilakukan oleh atlet dapat berjalan dengan baik. Apakah anda tahu bagaimana teknik dasar olahraga lompat jauh itu?

Teknik dasar lompat jauh pada dasarnya telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Selain teknik dasar, olahraga lompat jauh juga memiliki beberapa gaya di dalamnya. Gaya lompat jauh tersebut terdiri dari 3 jenis, dimana setiap jenis dibedakan atas gerakan atlet ketika melayang diudara. Sebelum melakukan gaya pada lompat jauh tersebut, anda juga harus mengetahui bagaimana cara melakukan awalan dan tolakan terlebih dahulu. Lalu berikut yang bukan merupakan gaya dalam lompat jauh adalah apa saja?

Berikut Yang Bukan Merupakan Gaya Dalam Lompat Jauh Adalah
Cara Melakukan Lompat Jauh

Pada dasarnya gaya lompat jauh memang berbeda beda. Meski begitu masing masing gaya menggunakan empat urutan tahapan pelaksanaan yang sama seperti awalan, tolakan, melayang diudara, dan pendaratan. Lompat jauh secara umum memang bertujuan untuk memperoleh jarak paling jauh dari titik tolaknya. Maka dari itu setelah melakukan tolakan, penentuan gaya yang tepat ketika melayang diudara memang sangat penting untuk mengetahui panjangnya jarak saat melakukan lompat jauh tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang berikut yang bukan merupakan gaya dalam lompat jauh adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Berikut Yang Bukan Merupakan Gaya Dalam Lompat Jauh Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa lompat jauh dapat diartikan sebagai olahraga melompat yang tergolong dalam cabang atletik. Lompat jauh sendiri merupakan gerakan melompat membawa titik berat badan ke depan atas selama mungkin diudara agar memperoleh jarak lompatan yang cukup maksimal. Lompat jauh dapat dilakukan dengan menerapkan teknik dasar dan cara melakukan gaya yang sesuai.

Lantas berikut yang bukan merupakan gaya dalam lompat jauh adalah apa saja? Gaya lompat jauh memang dapat dibedakan ketika di udara. Biasanya pelompat dapat menggunakan gaya yang terdiri dari tiga jenis. Setiap gaya yang dilakukan harus menempatkan tubuh di posisi ideal agar jarak yang diraih optimal. Di bawah ini terdapat macam macam gaya lompat jauh yaitu sebagai berikut:

  • Gaya jongkok (gaya ortodok) merupakan gaya lompat jauh yang dapat digunakan dengan cara berlari dari jarak 40 - 45 m secepat mungkin di lintasan.
  • Gaya berjalan di udara (walking in the air) merupakan teknik lompat jauh yang hampir sama dengan gaya jongkok, mulai dari teknik awalan, tolakan, dan mendarat di tanah. Gaya ini dilakukan seperti orang berjalan di udara.
  • Gaya menggantung (Schnepper) merupakan teknik yang tidak bisa mengubah kecepatan ketika melakukan tumpuan di atas papan atau alas.
Ketiga gaya lompat jauh di atas dibedakan menurut usaha penempatan titik berat tubuh dan posisi kaki pelompat sampai dapat mendarat di bak pasir. Kita dapat mengetahui gaya yang digunakan pada lompat jauh ketika melayang di udara setelah melaksanakan awalan dan tolakan. Materi lompat jauh tersebut pada dasarnya dapat digunakan sebagai bahan soal soal ujian seperti berikut:

Berikut yang bukan merupakan gaya dalam lompat jauh adalah . . .
A. Gaya menggantung
B. Gaya berjalan di udara
C. Gaya melayang
D. Gaya jongkok

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Gaya melayang.

Berdasarkan pertanyaan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa berikut yang bukan merupakan gaya dalam lompat jauh adalah gaya melayang. Olahraga tersebut pada dasarnya memiliki beberapa gaya lompat jauh seperti gaya jongkok, gaya menggantung, dan gaya berjalan di udara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Berikut Yang Bukan Merupakan Gaya Dalam Lompat Jauh Adalah"