Jenis Servis Pada Permainan Bola Voli Beserta Cara Melakukan

Advertisement

Jenis Servis Pada Permainan Bola Voli Beserta Cara Melakukan - Dalam permainan bola voli terdapat beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai seperti teknik servis, teknik passing maupun teknik spike (smash). Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis servis pada permainan bola voli beserta cara melakukan servis pada permainan bola volinya. Setiap jenis servis Bola Voli tersebut memiliki pengertian beserta langkah langkah pelaksanaan yang berbeda beda. Meski begitu setiap pemain diwajibkan untuk menguasai setiap jenis servis tersebut.

Servis sendiri memiliki pengertian yaitu tahap pembukaan atau awal untuk memulai permainan bola voli. Adapula yang mengartikan servis sebagai serangan pertama (awal) yang dapat digunakan untuk menghasilkan nilai (point) bagi tim sendiri. Maka dari itu untuk menghasilkan point, pelaksanaan servis tersebut harus benar dan mematikan. Apapun jenis servis pada permainan bola voli yang digunakan haruslah dilakukan dengan benar dan sesuai dengan tahapan yang ada. Cara melakukan servis pada permainan bola voli dapat dilaksanakan di belakang luar lapangan. Bahkan pemain yang bertugas untuk servis tersebut tidak diperbolehkan untuk menginjak ataupun menyentuh line lapangan voli.

Jenis Servis Pada Permainan Bola Voli Beserta Cara Melakukan

Jenis jenis servis pada permainan bola voli sendiri dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti servis atas, jump serve maupun servis bawah. Ketiga jenis servis bola voli tersebut memiliki perbedaan dalam posisi peletakkan bola dan cara melakukannya. Berikut penjelasan mengenai masing masing jenis servis beserta cara melakukan servis pada permainan bola volinya:

Servis Bawah

Servis Bawah Pada Permainan Bola Voli
Servis Bawah Pada Permainan Bola Voli
Jenis servis pada permainan bola voli yang pertama ialah servis bawah. Servis bawah ialah jenis servis bola voli yang dilakukan dengan cara mengayunkan lengan dari bawah menuju arah bola. Setelah itu bola dipukul dengan menggunakan kekuatan genggaman tangan. Adapun cara melakukan servis pada permainan bola volinya yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Perbedaan Permainan Bola Voli Indoor Dengan Bola Voli Pantai Lengkap
  • Posisikan tubuh berdiri dan sedikit condongkan ke arah depan.
  • Setelah itu letakkan kaki kiri sedikit ke depan dan kaki kanan sedikit ke belakang. Namun untuk pemain kidal, posisi kaki dapat menyesuaikan.
  • Gunakan tangan kiri untuk melambungkan bola. Setelah itu ayunkan tangan kanan dengan lurus ketika ketinggian bola mencapai pinggang.
  • Pukul bola tersebut dengan kekuatan genggaman tangan.

Servis Atas

Servis Atas Pada Permainan Bola Voli
Servis Atas Pada Permainan Bola Voli
Jenis servis pada permainan bola voli selanjutnya ialah servis atas. Servis atas ialah jenis servis bola voli yang dilakukan dengan cara mengayunkan lengan dari atas menuju arah bola. Jenis servis ini banyak digunakan oleh pemain voli karena hasil servisnya lebih kencang dan kuat daripada servis bawah. Servis atas dapat dibagi menjadi dua yaitu folating servis dan tennis servis. Adapun masing masing cara melakukan servis pada permainan bola volinya yaitu sebagai berikut:

Tennis Servis
Cara melakukan jenis servis pada permainan bola voli kategori tennis servis yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh dalam keadaan siap. Setelah itu kaki kiri sedikit ditekuk dan diletakkan dibagian depan.
  • Pegang bola menggunakan kedua tangan. Setelah itu tangan kanan diletakkan dibagian atas bola dan tangan kiri diletakkan dibagian bawah bola.
  • Gunakan tangan kiri untuk melambungkan bola ke atas. Lalu tarik kebelakang tangan kanan sampai ke belakang atas kepala dalam keadaan siap untuk memukul.
Baca juga : Cara Melakukan Teknik Blocking Dalam Permainan Bola Voli Lengkap
  • Ayunkan tangan kanan ketika posisi bola berada di atas kepala sehingga bola dapat dipukul dengan keras.
  • Untuk hasil pukulan yang kencang, lakukan servis seperti melakukan smash namun arah bola tidak menukik ke bawah.
Floating Servis
Floating Servis ialah jenis servis pada permainan bola voli yang dilakukan untuk menghasilkan pukulan mengambang dan dapat berubah arah namun tidak berputar. Cara melakukan floating servis pada dasarnya hampir sama dengan tennis servis. Tetapi cara melakukan servis pada permainan bola voli ini menggunakan genggaman tangan atau telapak tangan (ibu jari sedikit di tekuk).

Jump Serve

Jump Serve Pada Permainan Bola Voli
Jump Serve Pada Permainan Bola Voli
Jenis servis pada permainan bola voli yang terakhir ialah jump serve. Jump serve ialah jenis servis bola voli yang cukup sulit dilakukan karena cara melakukannya hampir mirip dengan spike. Untuk hasil servisnya pun lebih kencang dibandingkan jenis servis lainnya. Jika pelaksanaan jump serve tidak dilakukan dengan benar maka bola yang dihasilkan dapat dengan mudah di tangkis oleh lawan. Adapun cara melakukan servis pada permainan bola volinya yaitu sebagai berikut:

  • Posisikan tubuh seperti ingin melakukan smash (spike).
  • Pegang bola menggunakan tangan kiri. Setelah itu lambungkan bola ke atas dengan tangan kiri.
  • Kejar bola setelah dalam keadaan melambung seperti halnya pelaksanaan smash pada umumnya.
  • Segera lompat dan pukul bola ketika posisinya sampai ke titik jatuh.
  • Lakukan pukulan dengan lecutan tangan agar pukulan bola dapat berputar (spin) dan hasilnya lebih kencang.
Sekian penjelasan mengenai jenis servis pada permainan bola voli beserta cara melakukan servis pada permainan bola volinya. Jenis servis bola voli tersebut dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu servis atas, jump serve dan servis bawah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Jenis Servis Pada Permainan Bola Voli Beserta Cara Melakukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar