3 Jenis Service Bola Voli dan Cara Melakukannya

3 Jenis Service Bola Voli dan Cara Melakukannya - Ada berapa jenis teknik service bola volly? inilah pertanyaan yang sering diajukan siswa. Setiap pemain memang dituntut harus menguasai berbagai teknik dasar permainan voli. Mengetahui ada berapa jenis servis bola voli sangatlah penting. Pengetahuan dasar tersebut bisa kita pakai untuk melancarkan pola penyerangan lebih efektif. Pasalnya, setiap jenis service volly memiliki kelebihannya masing-masing.

Contohnya teknik yang memiliki tingkat kesulitan paling simpel sehingga mudah dilakukan.  Adapula service atas yang sangat ideal karena mampu menciptkan bola datar dan cepat. Lain halnya dengan teknik jump serve yang menyerupai spike (pukulan keras). Cara melakukan servis bola voli tidaklah semudah kelihatannya. Banyak siswa yang gagal karena berbagai kesalahan. Contohnya posisi bola tidak sesuai sampai perhitungan yang kurang matang ketika hendak memukul bola.

Dalam konteks pendidikan, kalian bisa menjumpai materi permainan bola voli hampir di semua jenjang. Selain mengajarkannya lewat kegiatan praktikum, guru pasti juga membekali kita dengan banyak teori. Di lain sisi, siswa pun dapat mempelajari materi tersebut langsung dari LKS dan buku pedoman penjas.

3 Jenis Service Bola Voli dan Cara Melakukannya

Setiap pemain harus menguasai semua teknik dasar bola volly yang terdiri dari service, spike, passing, sampai blocking. Service sendiri adalah tahap pembukaan atau awal untuk memulai permainan. Beberapa ahli pun mengartikan servis sebagai serangan pertama (awal) yang dapat digunakan untuk menghasilkan nilai bagi tim. Maka dari itu untuk menghasilkan point, maka pemain harus bisa melakukan service yang cepat dan mematikan.

Ada berapa jenis teknik service bola voli? kita mengenalnya dengan beberapa istilah yakni jump serve, service atas, dan bawah. Meski memiliki gerakan berbeda tapi masing-masing harus dilaksanakan di garus belakang luar lapangan. Bahkan pemain yang bertugas untuk servis tersebut tidak boleh menginjak ataupun menyentuh line lapangan voli.

Ketiga jenis service bola voli tersebut pada dasarnya sudah banyak sekali kita bahas dalam berbagai kesempatan. Tak sedikit siswa yang kesulitan ketika diminta menyebutkan ada berapa jenis service bola voli. Oleh karenanya, pada artikel ini saya ingin membahas lebih dalam jenis servis beserta cara melakukan servis permainan bola volly.

Servis Bawah

Jenis service bola voli yang paling mudah untuk dilakukan adalah gerakan service bawah. Cara melakukan service bawah yakni mengayunkan lengan dari bawah menuju ke arah bola. Sehingga terciptakan pukulan lambung ke arah pertahanan musuh.

Meski terkesan mudah tapi ternyata masih ada siswa yang tidak bisa melakukan servis bawah bola volly dengan baik dan benar. Penyebabnya pun beragam mulai dari gugup maupun salah ketika posisi memukul bola. Banyak yang melakukan pukulan memakai kepalan tangan padahal harusnya menggunakan pergelangan tangan.


Servis Bawah Pada Permainan Bola Voli
Servis Bawah Pada Permainan Bola Voli

Dari ilustrasi di atas kita bisa melihat sedikit gambaran seperti apa cara melakukan service bawah. Jika kalian kesulitan menghafal teknik dasar service bawah bola volly maka simaklah tutorial berikut:
Baca juga : Perbedaan Permainan Bola Voli Indoor Dengan Bola Voli Pantai Lengkap
  1. Posisikan tubuh berdiri dan sedikit condongkan ke arah depan.
  2. Setelah itu letakkan kaki kiri sedikit ke depan dan kaki kanan sedikit ke belakang. Namun untuk pemain kidal, posisi kaki dapat menyesuaikan.
  3. Gunakan tangan kiri untuk melambungkan bola.
  4. Setelah itu ayunkan tangan kanan secara lurus ketika ketinggian bola mencapai pinggang.
  5. Pukul bola tersebut dengan kekuatan genggaman tangan.
Jenis service permainan bola voli satu ini pada dasarnya sangat mudah untuk diantisipasi oleh lawan. Karena bola lambung meluncur sangat lambat dengan tingkat akursi rendah maka pola serangan awal tak akan berjalan maksimal. Tapi, secara garis besar teknik dasar service bawah sangat saya rekomendasikan untuk pemain pemula.

Service Atas

Kita akan beralih membahas jenis service bola voli dengan tingkat kesulitan menengah. Service atas sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat untuk menyerang lawan di awal game. Kelebihan teknik service atas terletak pada akurasi dan kecepatan bola yang lebih tinggi. Karena bola bersifat datar maka membuat musuh sulit untuk mengantisipasi arah datangnya bola.
Cara melakukan service atas adalah mengayunkan tangan dari belakang depan dengan posisi bola berada di atas kepala. Jenis service volly ini banyak digunakan oleh pemain karena hasilnya lebih kencang dan kuat daripada teknik sebelumnya. 


Servis Atas Pada Permainan Bola Voli
Servis Atas Pada Permainan Bola Voli

Dalam konteks pendidikan, kita bisa menjumpai dua macam teknik service atas yakni floating dan tennis. Masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan perbedaan yang cukup signifikan.

Tennis Service

Cara melakukan jenis service pada permainan bola voli kategori tennis service sebagai berikut:
  1. Posisikan tubuh dalam keadaan siap. Setelah itu kaki kiri sedikit ditekuk dan diletakkan dibagian depan.
  2. Pegang bola menggunakan kedua tangan. Setelah itu tangan kanan diletakkan dibagian atas bola dan tangan kiri diletakkan dibagian bawah bola.
  3. Gunakan tangan kiri untuk melambungkan bola ke atas. Lalu tarik kebelakang tangan kanan sampai ke belakang atas kepala dalam keadaan siap untuk memukul.
  4. Ayunkan tangan kanan ketika posisi bola berada di atas kepala sehingga bola dapat dipukul dengan keras.
  5. Untuk hasil pukulan yang kencang, lakukan servis seperti melakukan smash namun arah bola tidak menukik ke bawah.

Floating Servis

Floating Service adalah jenis servis permainan bola voli yang dilakukan untuk menghasilkan pukulan mengambang. Kelebihan teknik floating terletak pada kondisi bola pasca pukulan yang tak berputar namun bisa berubah arah. Sehingga musuh pun akan sulit memprediksi dan mengantisipasi bola yang datang.

Cara melakukan servis floating pada dasarnya hampir sama dengan tennis service. Tetapi cara melakukan servis pada permainan bola voli ini menggunakan genggaman tangan atau telapak tangan (ibu jari sedikit di tekuk).

Jump Serve

Jump serve merupakan jenis service bola voli dengan tingkat kesulitan paling tinggi. Selain dituntut memiliki power besar, pemain pun harus menguasai perhitungan serta akurasi tinggi ketika melakukan jump service. Jika salah memperhitungkan lemparan bola maka kalian akan gagal ketika memukul bola.

Secara garis besar, teknik dasar jum serve mengombinasikan gerakan service atas dan teknik spike. Sehingga terciptakan pukulan keras layaknya smash yang bisa mengeksekusi lini pertahanan musuh. Di tangan pemain ahli, jump serve bisa menjadi kunci untuk mendapatkan poin lebih cepat lewat satu pukulan saja.

Jump Serve Pada Permainan Bola Voli
Jump Serve Pada Permainan Bola Voli

Kita bisa mempelajari seperti apa gerakan jump serve dari ilustrasi gambar di atas. Jenis service bola voli satu ini memang sulit  sehingga kita butuh latihan ekstra agar lebih cepat menguasainya. Tapi, sebelum kalian mempraktekan teknik dasarnya alangkah lebih baik simaklah terlebih dulu teorinya. Adapun cara melakukan servis bola volly jump serve yaitu:
  1. Posisikan tubuh seperti ingin melakukan smash (spike).
  2. Pegang bola menggunakan tangan kiri. Setelah itu lambungkan bola ke atas dengan tangan kiri.
  3. Kejar bola setelah dalam keadaan melambung seperti halnya pelaksanaan smash pada umumnya.
  4. Segera lompat dan pukul bola ketika posisinya sampai ke titik jatuh.
  5. Lakukan pukulan dengan lecutan tangan agar pukulan bola dapat berputar (spin) dan hasilnya lebih kencang.
Sekian penjelasan mengenai jenis servis pada permainan bola voli beserta cara melakukan servis pada permainan bola volinya. Jenis servis bola voli tersebut dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu servis atas, jump serve dan servis bawah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "3 Jenis Service Bola Voli dan Cara Melakukannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel