Sasaran yang Diperbolehkan Dalam Pertandingan Pencak Silat

Sasaran yang Diperbolehkan Dalam Pertandingan Pencak Silat - Dalam cabang olahraga, pencak silat memang mengalami perkembangan hingga banyak dikenal dalam ligkup regional dan Internasional. Pencak silat sekarang ini mulai berkembang hingga semakin lengkap, baik sebagai budaya bangsa Indonesia maupun sebagai olahraga kompetitif. Pencak silat ini bahkan menjadi salah satu kegiatan pendidikan jasmani sehingga tidak hanya sebagai olahraga kompetitif. Pencak silat tersebut memiliki induk organisasi resmi di Indonesia yang bernama IPSI atau Ikatan Pencak Silat Indonesia.

Biasanya dalam pertandingan pencak silat terdapat beberapa sesi seperti tunggal, regu, tanding dan ganda. Untuk jenis tanding merupakan pertandingan pencak silat yang menampilkan dua pesilat dengan kubu berbeda. Para pesilat tersebut menggunakan unsur serangan dan pembelaan ketika saling berhadapan agar lawan terjatuh, baik menggunakan elakan, tangkisan ataupun perkenaan pada sasaran tertentu. Apakah anda tahu mana saja sasaran yang diperbolehkan dalam pertandingan pencak silat?

Sasaran yang Diperbolehkan Dalam Pertandingan Pencak Silat
Sasaran Perkenaan Pencak Silat

Sasaran perkenaan pencak silat merupakan ketentuan khusus bagian bagian mana yang boleh diserang oleh lawan. Tidak semua bagian tubuh dapat diserang oleh lawan, karena terdapat beberapa bagian yang vital untuk menjadi sasaran. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sasaran yang diperbolehkan dalam pertandingan pencak silat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sasaran yang Diperbolehkan Dalam Pertandingan Pencak Silat

Pencak silat merupakan cabang olahraga bela diri yang semakin dicintai dan dikenal oleh rakyat Indonesia. Pencak silat tersebut bahkan diangkat sebagai salah satu film dengan alur cerita yang menarik hingga peminat cabang olahraga ini semakin banyak. Dalam pencak silat tersebut terdapat beberapa aturan khusus yang berhubungan dengan peraturan pertandingan maupun sasaran perkenaan pencak silat.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa dalam pertandingan pencak silat pada umumnya tidak semua bagian tubuh dapat dijadikan sebagai sasaran serangan. Ada bagian tubuh tertentu yang menjadi sasaran bernilai dan sasaran sah. Sasaran sah dan bernilai tersebut merupakan togok atau bagian tubuh yang tidak termasuk pusat kemaluan dan leher.
Apakah anda tahu mana saja sasaran yang diperbolehkan dalam pertandingan pencak silat? Di bawah ini terdapat beberapa sasaran perkenaan pencak silat yang perlu anda ketahui yaitu sebagai berikut:

Dada

Para peserta pertandingan pencak silat biasanya diwajibkan untuk mengenakan alat pengaman, khususnya di bagian dada. Dada tersebut memang harus dilindungi, walaupun termasuk dalam sasaran yang diperbolehkan pencak silat. Terlebih lagi dada merupakan bagian vital yang dapat menyebabkan shock atau trauma, jika diserang tanpa menggunakan pelindung.
Tapi poin yang akan kalian dapatkan saat berhasil mengenai dada juga lumayan besar. Jadi, jika ada kesempatan cobalah untuk menyerang bagian tersebut saat pertandingan.

Pundak

Biasanya pundak diserang secara langsung menggunakan tendangan ke atas. Namun bagian pundak lawan tidak mudah untuk diserang meskipun bagian ini memiliki celah yang paling lebar karena biasanya tangkisan tangan lebih cepat daripada melindungi bagian tersebut.

Perut

Sasaran yang diperbolehkan dalam pencak silat selanjutnya adalah bagian perut. Secara garis besar, perolehan poin saat kalian berhasil mengenai perut sangatlah besar. Tentnunya aturan tersebut mengabaikan fakta bahwa perut terletak pada bagian tengah tubuh.

Tak heran jika banyak atlet yang melatih teknik pukulan pencak silat atapun tendangan mereka untuk mengenai sasaran. Di lain sisi, saat berhadapan dengan lawan kita pun juga wajib melindungi bagian perut. Mengapa demikian? selain berpotensi memberi poin kepada lawan. Serangan langsung ke perut akan membuat kalian menerima efek sakit yang notabenya mengganggu jalannya pertandingan. 

Pinggang

Pinggang merupakan bagian tubuh yang diperbolehkan untuk diserang, baik bagian kiri ataupun kanan. Bagian tersebut letaknya terbuka sehingga tidak terlalu sulit untuk diserang. Anda dapat mengecoh lawan dengan pukulan palsu yakni melayangkan tendangan ke bagian pinggang.

Kaki dan Tangan

Bagian ini dapat diserang dengan melakukan kuncian atau menjatuhkan lawan. Namun tidak ada poin yang diperoleh meskipun melakukan serangan pada kaki dan tangan tersebut.

Sekian penjelasan mengenai sasaran yang diperbolehkan dalam pertandingan pencak silat. Sasaran perkenaan pencak silat ini dapat berupa dada, pundak, perut, pinggang, kaki dan tangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Sasaran yang Diperbolehkan Dalam Pertandingan Pencak Silat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel