Sikap Awal Ketika Berjalan Jinjit Di Atas Papan Titian Yaitu

Sikap Awal Ketika Berjalan Jinjit Di Atas Papan Titian Yaitu - Pada umumnya kita harus menguasai beberapa gerakan yang baik dan benar sebelum menjadi atlet senam yang hebat. Salah satu gerakan yang harus dikuasai adalah ketika berjalan di atas papan titian. Sikap awal saat berjalan jinjit di papan titian adalah berdiri tegak. Hal ini dikarenakan pelaksanaan sikap awal seseorang dapat menentukan baik buruknya gerakan berikutnya yang akan dilakukan.

Apa itu berjalan jinjit? Pengertian berjalan jinjit adalah sebuah latihan kebugaran jasmani untuk melatih keseimbangan dinamis atau keseimbangan tubuh. Keseimbangan dinamis sendiri merupakan kemampuan tubuh seseorang yang digunakan untuk menjaga kestabilan posisi tubuh saat bergerak. Cara melakukan gerakan berjinjit tersebut adalah dengan mengangkat tumit ke atas dan menggunakan kedua ujung kaki sebagai tumpuan badan. Setelah itu lakukan gerakan berjalan ke depan sambil bertumpu di kedua ujung kaki, dimana tubuh harus dijaga tetap stabil. Lantas sikap awal ketika berjalan jinjit di atas papan titian yaitu apa?

Sikap Awal Ketika Berjalan Jinjit Di Atas Papan Titian Yaitu
Gerakan Berjinjit

Latihan keseimbangan dinamis sebenarnya tidak hanya dilakukan dengan cara berjalan jinjit saja, tetapi adapula cara lain seperti berjalan di atas garis lurus. Pada kenyataannya berjalan jinjit adalah bentuk variasi kegiatan berjalan yang dapat dilakukan dengan mengangkat tumit kaki (berjalan di ujung kaki), tetapi keseimbangan tubuh ketika berjalan harus tetap dijaga. Permainan jalan jinjit ini dilakukan dengan cara berjalan sambil menjaga kestabilan tubuh ketika menuju ke arah depan. Kali ini saya akan menjelaskan tentang sikap awal ketika berjalan jinjit di atas papan titian yaitu apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sikap Awal Ketika Berjalan Jinjit Di Atas Papan Titian Yaitu

Berjalan jinjit termasuk dalam jenis senam lantai. Senam lantai merupakan jenis olahraga senam yang dilakukan dengan serangkaian gerakan tubuh menggunakan alat ataupun tanpa alat. Gerakan senam lantai tersebut dilakukan di atas matras yang diletakkan di lantai. Pelaksanaan senam lantai yang tidak membutuhkan alat hanya cukup menggunakan media lantai saja. Namun adapula beberapa gerakan senam lantai yang harus didukung menggunakan alat. Salah satunya adalah gerakan berjalan jinjit di atas papa titian.

Berjalan jinjit di atas papan titian merupakan gerakan senam lantai yang dilakukan dengan menggunakan alat. Pelaksanaan gerakan berjalan jinjit di atas papan titian digunakan untuk melatih keseimbangan tubuh dengan mengendalikan dan menjaga posisi tubuh saat melakukan gerakannya. Papan titian adalah sebuah balok panjang yang mempunyai lebar sekitar satu telapak kaki pada orang dewasa. Maka dari itu papan titian merupakan alat untuk melatih keseimbangan tubuh seseorang. Lalu sikap awal ketika berjalan jinjit di atas papan titian yaitu apa saja?

Gerakan berjalan jinjit di atas papan titian dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa langkah seperti di bawah ini:
  • Berdiri tegak dengan pandangan yang diarahkan lurus ke depan.
  • Kedua lengan direntangkan ke samping.
  • Berdiri menggunakan ujung kaki sehingga kedua tumit kaki diangkat.
  • Kemudian kaki dilangkahkan ke depan secara bergantian sambil menjaga keseimbangan tubuh dengan kedua lengan.
Materi gerakan berjalan jinjit ini pada umumnya tidak hanya menjadi bahan pengajaran saja, tetapi juga menjadi salah satu materi bahan soal seperti berikut:

Sikap awal ketika berjalan jinjit di atas papan titian yaitu . . .
A. Berdiri tegak
B. Merentangkan kedua lengan ke arah samping
C. Membungkukkan badan
D. Berjongkok

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Berdiri tegak.

Seperti yang kita tahu bahwa sikap awal ketika berjalan jinjit di atas papan titian yaitu berdiri tegak, dimana pandangan mata diarahkan lurus ke depan. Gerakan berjinjit merupakan salah satu gerakan senam lantai yang dapat dilakukan dengan menggunakan alat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Sikap Awal Ketika Berjalan Jinjit Di Atas Papan Titian Yaitu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel