Langkah Langkah Dalam Melempar Lembing yang Benar

Advertisement

Langkah Langkah Dalam Melempar Lembing yang Benar - Induk olahraga yang tersusun oleh beberapa cabang olahraga dinamakan dengan Atletik. Cabang olahraga atletik sendiri terdiri dari lempar, loncat, tolak, lari dan lompat. Salah satunya ialah olahraga lempar lembing yang merupakan salah satu cabang olahraga atletik nomor lempar. Jenis olahraga ini memiliki teknik dasar lempar lembing seperti halnya yang terdapat dalam olahraga lainnya. Lantas bagaimana langkah langkah dalam melempar lembing itu? Langkah langkah melempar lembing harus dilakukan dengan baik agar hasil lemparannya jauh dan maksimal.

Pengertian lempar lembing ialah salah satu olahraga atletik nomor lempar yang menggunakan alat seperti tombak bulat panjang untuk dilemparkan sejauh mungkin. Hasil lemparan lembing sejauh jauhnya dapat menjadi tolak ukur dari prestasi para atletnya. Untuk itu hasil lemparan yang bagus tidak terlepas dai adanya teknik dasar lempar lembing. Langkah langkah melempar lembing yang benar disertai dengan beberapa teknik di dalamnya seperti teknik awalan ketika akan melempar, cara melempar lembing yang benar dan sikap tubuh setelah melempar.

Rangkaian Gerakan Lempar Lembing
Bagaimanakah cara awalan, posisi badan dan cara melempar lembing itu? Pelemparan lembing dilakukan dalam lapangan terbuka. Ukuran lapangan lempar lembing menurut peraturan sekitar 40 x 70 meter. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang langkah langkah dalam melempar lembing yang benar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Langkah Langkah Dalam Melempar Lembing yang Benar

Langkah langkah melempar lembing yang baik dan benar dapat menggunakan awalan ataupun tidak. Awalan ini termasuk dalam teknik dasar lempar lembing. Badan diposisikan berdiri tegak sambil meluruskan kaki kiri ke depan. Kemudian letakkan kaki kanan di belakang dan tekuk lutut ke arah serong belakang. Dalam posisi ini menggunakan sikap badan diarahkan ke belakang serong. Lalu arahkan ujung lembing ke samping dan arahkan ke belakang ekor lembingnya mendekati tanah. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara melempar lembing yang benar yaitu meliputi:
Baca juga : Cara Melakukan Lempar Lembing Langkah Jingkat (Hop Step)
Sikap Badan Ketika Melempar Lembing
Langkah langkah dalam melempar lembing yang pertama akan saya bahas berkaitan dengan sikap badannya. Dasar pokok pelemparan lembing yang benar dan baik berasal dari sikap badannya ketika akan melempar. Adapun cara melakukannya yaitu meliputi:
  • Sikap badan berdiri menyamping menuju arah lemparan. Kemudian buka lebar kedua kakinya.
  • Luruskan kaki kiri ke depan dan rilekskan. Letakkan kaki kanan di belakang dan tekuk lutut ke depan sambil menyerongkannya ke arah belakang. Arahkan pandangan ke depan menuju sasarannya.
  • Luruskan tangan kanan ke arah belakang sambil memegang lembingnya. Serongkan mata lembing ke arah atas dan mendekati letak sudut mata. Lalu bengkokkan siku tangan kiri dan letakkan di depan agar keseimbangan badan dapat terjaga.

Cara Melempar Lembing
Langkah langkah melempar lembing selanjutnya berkaitan dengan cara melakukan lemparannya. Adapun cara melempar lembing yang benar yaitu meliputi:
  • Pegang lembing menggunakan tangan ketika akan dilempar. Kemudian putar lembing sambil membengkokkan sikunya. Bawa lembing ke atas kepala dan lentingkan pinggul ke depan. Lakukan semua gerakan tersebut dengan cepat dan serentak sehingga gerakan tidak terputus putus. 
  • Luruskan lembing ketika letak lembing di atas kepala dan dorong jari tengah serta ibu jari untuk melepaskan lembing agar dapat terlempar. Gerakan tangan ketika melempar lembing seperti gerakan akan mencambuk.
  • Tolakkan kaki kanan ke tanah ketika melemparkan lembing.
Baca juga : Perbedaan Jalan dan Lari Dalam Olahraga Atletik
Gerakan Badan Setelah Melempar atau Gerakan Lanjutan (Follow Through)
Langkah langkah melempar lembing selanjutnya berkaitan dengan gerakan lanjutan setelah melempar. Gerakan badan setelah melempar lembing ini bertujuan untuk mendukung kekuatan lemparannya. Selain itu gerakan lanjutan dalam teknik dasar lempar lembing juga bertujuan untuk membuat badan tetap seimbang dan tidak jatuh ketika melakukan gerakan. Adapun cara melakukannya yaitu sebagai berikut:
  • Hadapkan badan ke arah sasaran lembing. Tolakkan kaki anan agar badan tidak jatuh ke tanah sebagai ganti dari kaki kiri di tempat tersebut.
  • Gantungkan kaki kiri dengan lemas agar tubuh tetap seimbang. Kaki diposisikan secara bergantian agar daya kekuatan melempar dapat dibantu dan ditambah. Selain itu juga berguna untuk membuat tubuh tetap seimbang dan tidak terjatuh ke depan.
Sekian penjelasan mengenai langkah langkah dalam melempar lembing yang benar. Langkah langkah melempar lembing ini termasuk dalam teknik dasar lempar lembing. Lempar lembing sendiri dapat didefinisikan sebagai salah satu olahraga atletik nomor lempar yang menggunakan alat seperti tombak bulat panjang untuk dilemparkan sejauh mungkin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjug di blog ini. 

Langkah Langkah Dalam Melempar Lembing yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar