Pengertian Lari Gawang, Teknik Dasar dan Peraturan Lengkap

Pengertian Lari Gawang, Teknik Dasar dan Peraturan Lengkap - Dalam olahraga pasti kita mengenal tentang materi lari gawang. Apa yang dimaksud lari gawang? Lari gawang dapat dilakukan dengan cara lari dari start sambil melompati gawang hingga menuju finish. Lari gawang ini memiliki jarak lintasan untuk putri sejauh 100 meter dan untuk putra sejauh 110 meter. Pertama kali lari gawang menurut sejarah diawali di Inggris hingga kemudian berkembang di belahan dunia lain. 

Lari gawang tergolong dalam cabang lari atletik, dimana nomor permainannya termasuk dalam lari jarak pendek. Nomor lari gawang tersebut dapat berupa 100 m, 110 m, dan 400 m. Apa pengertian lari gawang? Bagaimana teknik dasar lari gawang? Apa saja peraturan lari gawang? Olahraga lari gawang dilakukan pada tahun 1830an di Inggris. Olahraga tersebut dilaksanakan dengan menempatkan rintangan kayu sepanjang 100 yard di tengah tengah rintangan.

Pengertian Lari Gawang, Teknik Dasar dan Peraturan Lengkap
Perlombaan Lari Gawang

Olahraga lari gawang mulai dikembangkan di universitas Oxford dan Cambridge oleh para civitas. Di kala itu jarak lari gawang ditambah menjadi 109,7 meter atau 120 yard. Permainan ini pada tahun 1888 telah diadopsi oleh beberapa negara termasuk Perancis hingga jarak larinya diganti menjadi 110 meter. Lantas apa yang dimaksud lari gawang itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian lari gawang, teknik dasar lari gawang dan peraturan lari gawang lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Lari Gawang, Teknik Dasar dan Peraturan Lengkap

Pada tahun 1922, lari gawang pertama kali diperlombakan secara resmi di acara Women’s World Games oleh para atlet putri. Jarak lari gawang yang diperlombakan tersebut sejauh 100 meter. Kemudian pada tahun 1932 terdapat olimpiade lari gawang yang jaraknya 80 meter untuk nomor putri. Pada tahun 1972 terdapat olimpiade lari gawang dengan jarak 100 m untuk nomor putri lagi.

Lari gawang tersebut merupakan salah satu cabang atletik selain lari jarak jauh, lari estafet, lari jarak menengah dan lari jarak pendek. Olahraga lari gawang ini diperlombakan dalam berbagai kejuaran seperti olimpiade, baik dalam tingkat Internasional dan Nasional. Seperti namanya, jenis lari ini dilengkapi dengan gawang yang harus dilompati dengan tinggi tertentu. 

Dalam olahraga lari gawang ini terdapat ukuran gawang yang berbeda beda untuk atlet putra dan putri. Begitu juga dengan jarak lari gawang putra dan putri. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian lari gawang, teknik dasar lari gawang dan peraturan lari gawang yaitu sebagai berikut:

Pengertian Lari Gawang

Lari gawang dapat didefinisikan sebagai cabang atletik lari yang menggunakan rintangan berbentuk gawang untuk dilompati sampai garis finish. Pelari dalam lari gawang melakukan lari sprint sesuai dengan momentum yang tepat agar gawang dapat dilompati dan sampai akhirnya melakukan pendaratan dengan benar sesuai tekniknya. 

Jika gawang yang dilompati jatuh selama perlombaan, maka pelari masih dapat melanjutkan larinya. Tetapi jika larinya sampai diluar jalur, maka pelari akan didiskualifikasi dari perlombaan. Lari gawang memiliki jarak lintasan sejauh 100 meter (putri) dan 110 meter (putra). Kemudian untuk jarak yang diperlombakan dalam lari gawang nomor putra dan putri tersebut adalah 400 meter. Jarak tersebut berguna untuk pertandingan olimpiade lari gawang tingkat dunia.

Teknik Dasar Lari Gawang

Setelah menjelaskan tentang pengertian lari gawang di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang teknik lari gawang. Lari gawang dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik dasar seperti di bawah ini:

Teknik Start ke Gawang Pertama

Lari gawang dalam perlombaan diawali dengan start jongkok. Kemudian pelari harus secepatnya berlari menuju gawang pertama. Posisi pinggang ketika melompat harus diangkat tinggi sebelum jarak badan dan gawang terlalu dekat. Setelah itu lutut kaki diposisikan didepan dan ditekuk sekitar 90 - 95 derajat serta luruskan lutut kaki ke arah belakang. Namun tumit diposisikan lebih tinggi.

Teknik Badan di Posisi Atas Gawang

Posisi badan saat badan di atas gawang adalah condong ke depan serendah mungkin sambil menekuk lutut sedikit. Kemudian telapak kaki belakang dan lutut diputar ke arah luar. Lalu pelari harus mendarat dalam posisi lurus setelah gawang dilewati kaki depan. Posisi tangan ketika melompat harus seimbang penempatannya.

Teknik Mendarat

Teknik dasar lari gawang ini dapat dilakukan dengan meluruskan kaki depan ketika mendarat di tanah, sedangkan lutut kaki belakang tetap menekuk dan angkat tinggi agar bisa tetap leluasa langkahnya. Setelah itu badan diposisikan membungkuk ke depan sehingga langkah kaki menjadi lebih ringan.

Posisi Langkah di Antara Gawang

Antar gawang terdapat pengambilan jumlah langkah yang berbeda beda untuk masing masing pelari. Tetapi secara umum langkah yang harus diambil sekitar 7 - 9 langkah, mulai dari garis start sampai gawang pertama.

Teknik Gawang Terakhir Sampai Garis Finish

Teknik ini dapat dilakukan dengan mencondongkan posisi badan dan bungkukkan ke arah depan. Kemudian kaki belakang harus dilangkahkan secepat mungkin ke arah depan. Lakukan sprint sampai garis finish.

Peraturan Lari Gawang

Setelah menjelaskan tentang pengertian lari gawang dan teknik dasar lari gawang di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang peraturan dalam lari gawang. Lari gawang memiliki beberapa peraturan seperti di bawah ini:

Nomor Lari Gawang

Lari gawang memiliki nomor perlombaan yaitu 400 meter (putra dan putri), 100 meter (putri), dan 110 meter (putra).

Jarak Garis Start ke Gawang Pertama

Jarak garis start menuju gawang pertama tersebut adalah 12 m (putri 100 meter), 45 m (putra dan putri 400 meter), dan 13,72 m (putra 110 meter).

Jarak Antar Gawang

Peraturan lari gawang ini berhubungan dengan jarak antar gawang. Jarak antar gawang pada lari gawang memiliki ketentuan yaitu berjarak 8,5 m (putri 100 meter), 35 m (putra dan putri 400 meter), serta 9,14 m (putra 110 meter)

Jarak Gawang Terakhir ke Garis Finish

Jarak gawang terakhir ke garis finish memiliki ketentuan yaitu 10,50 m (putri 100 meter), 40 m (putra dan putri 400 meter), dan 14,02 m (putra 110 meter).

Ukuran Gawang

Ketentuan tinggi gawang pada olahraga tersebut adalah 0,84 m (putri 100 meter); 0,762 m (putri 400 meter); 0,914 m (putra 400 meter); 1,067 m (putra 110 meter); berat total kurang dari 10 kg; panjang bagian dasar maksimal 0,70 m; serta maksimal lebar gawang 1,20 m.

Peraturan Perlombaan

Peraturan lari gawang selanjutnya berhubungan dengan perlombaan. Seluruh pelari harus ada di jalur yang terpisah selama pertandingan berlangsung. Letak masing masing pelari harus ada dijalurnya, mulai dari start sampai garis finish. Pelari akan didiskualifikasi jika menurut wasit ia sengaja menjatuhkan gawang dengan kaki maupun anggota badan yang lain. Tetapi atlet dapat melanjutkan pertandingan jika menurut wasit jatuhnya gawang disebabkan tanpa disengaja. Pelari akan dinyatakan sebagai pemenang jika pelari tersebut sampai di garis finish tercepat.

Kita harus berlatih teknik lari gawang dengan tekun dan rutin agar teknik tersebut dapat dikuasai dengan baik. Sebaiknya anda mengetahui keadaan tubuh secara menyeluruh sebelum mencoba olahraga lari gawang agar resiko cedera dapat diminimalisir. Demikianlah penjelasan mengenai pengertian lari gawang, teknik dasar lari gawang dan peraturan lari gawang lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Lari Gawang, Teknik Dasar dan Peraturan Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel