Teknik Dasar Mengapung dan Meluncur Renang Gaya Bebas

Advertisement

Teknik Dasar Mengapung dan Meluncur Renang Gaya Bebas - Olahraga renang merupakan olahraga air yang banyak sekali peminatnya, mulai dari kalangan anak anak sampai orang dewasa. Olahraga air ini didukung oleh beberapa peralatan penting seperti penutup kepala, baju renang maupun kacamata renang. Olahraga renang memiliki beberapa jenis gaya seperti renang gaya bebas dan lain sebagainya. Jenis gaya ini memiliki teknik dasar mengapung renang gaya bebas dan teknik dasar meluncur renang gaya bebas. Teknik tersebut digunakan sebagai pendukung pelaksanaan renang gaya bebas pada olimpiade atau perlombaan.

Renang gaya bebas sering disebut sebagai "Crawl" yang berarti merangkak. Gaya renang tersebut menyerupai gaya berenang seekor anjing. Berdasarkan bahasa Inggris, renang gaya bebas berarti "Front Crowl" yang artinya teknik berenang dalam posisi menghadapkan dada ke permukaan air. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik dasar mengapung renang gaya bebas dan teknik dasar meluncur renang gaya bebas. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Dasar Mengapung dan Meluncur Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas dilakukan dengan menggerakan kedua tangan jauh kedepan secara bergantian seperti gerakan mengayuh. Kemudian gerakan kedua kaki seperti mencambuk air secara bergantian. Wajah diposisikan menghadap ke arah permukaan air. Selain itu tidak lupa dengan penggunaan teknik dasar mengapung renang gaya bebas maupun teknik dasar meluncur renang gaya bebas. Untuk pengambilan nafas pada renang gaya tersebut dapat dilakukan dengan menolehkan kepala ke samping kiri ataupun kanan.
Baca juga : Teknik Pengambilan Nafas Dalam Renang Gaya Bebas
Sebelum membahas mengenai teknik dasar mengapung renang gaya bebas dan teknik dasar meluncur renang gaya bebas. Saya akan membagikan teknik dasar renang gaya bebas secara umum terlebih dahulu. Berikut penjelasan selengkapnya:

Posisi Tubuh
Teknik dasar renang gaya bebas yang pertama ialah posisi tubuh yang benar. Saar berenang, posisi tubuh yang benar yaitu sejajar dengan permukaan airnya atau sreamline. Hindari gerakan tubuh yang menyebabkan posisinya dapat naik atau turun. Selain itu akan lebih baik jika posisi tubuh perenang berputar pada sumbunya.

Gerakan Kaki
Teknik dasar renang gaya bebas selanjutnya ialah gerakan kaki yang benar. Gerakan kaki tersebut berguna untuk keseimbangan tubuh dan proses peluncuran tubuh. Adapun cara melakuka gerakan kaki yang benar pada renang gaya bebas yaitu sebagai berikut:
  • Gerakan kedua kaki dengan keadaan rileks secara bergantian ke arah atas dan ke bawah.
  • Kedua kaki digerakkan mulai dari pangkal paha.
  • Kedua kaki cukup digerakkan dekat dengan permukaan air saja dan jangan terlalu tinggi.

Gerakan Lengan
Teknik dasar renang gaya bebas selanjutnya ialah gerakan lengan yang benar. Gerakan lengan tersebut digunakan untuk mendorong tubuh agar lajunya lebih cepat melalui dayungan lengan. Adapun beberapa cara melakukan gerakan lengan pada renang gaya bebas yaitu:
  • Posisikan tubuh berdiri, kemudian bungkukan badan dan luruskan kedua tangan disamping telinga.
  • Tarik tangan kanan ke arah bawah sambil menekan air sampai bawah badan. Kemudian dorong air ke belakang atas menggunakan tangan. 
  • Tekuk siku tangan kanan degan cepat agar keluar dari air. Dorong tangan kiri agar posisinya ke belakang dan ke atas saat tangan berada dibawah badan.
Baca juga : Macam Macam Gaya Renang dan Penjelasan
  • Ayunkan tangan ke arah depan dan posisikan tangan pada gerakan semula.
  • Lakukan gerakan kedua tangan di atas secara berulang ulang dan bergantian.
Pada dasarnya renang gaya bebas menggunakan dua teknik penting yang harus dilakukan dengan benar yaitu teknik mengapung dan meluncur. Kedua teknik ini harus dilakukan dengan rileks, karena adapula orang yang sudah merasa ketakutan terlebih dahulu sebelum berenang. Rasa takut inilah yang sebenarnya harus dihilangkan sebelum melakukan olahraga renang dengan gaya apapun. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai teknik dasar mengapung renang gaya bebas dan teknik dasar meluncur renang gaya bebas yaitu sebagai berikut:

Teknik Dasar Mengapung Renang Gaya Bebas

Teknik dasar mengapung renang gaya bebas tidak hanya dilakukan dengan satu sikap saja. Melainkan dengan posisi tubuh yang banyak ketika terapung dipermukaan air. Teknik mengapung ini dilakukan dengan keadaan tubuh tidak bertenaga dan rileks. Adapun cara melakukannya yaitu:
  • Posisikan tubuh berdiri sejauh satu meter dari dinding kolam, dimana tinggi airnya hanya setinggi perut.
  • Setelah itu nafas ditarik dalam dalam dan kepala dimasukan ke dalam air sedikit demi sedikit. Posisikan tubuh telungkup ke depan dan buanglah napas perlahan lahan, tetapi mata tetap dalam kondisi terbuka.
  • Pertahankan tubuh agar tetap rileks sampai anda tidak kuat bernapas dalam air lagi.
  • Lakukan cara ini secara berulang ulang.
Baca juga : 8 Tahapan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Teknik Dasar Meluncur Renang Gaya Bebas

Teknik dasar meluncur renang gaya bebas bertujuan untuk menjaga tubuh agar tetap seimbang di dalam air. Apabila tubuh tidak dapat seimbang maka anda akan kesulitan berdiri di kolam renang dan bahkan dapat tenggelam. Adapun cara melakukan teknik meluncur dengan benar yaitu:
  • Posisikan  tubuh berdiri membelakangi tepi kolam. Kemudian posisikan salah satu kaki menempel pada dinding. Kaki tersebut berguna untuk menolak tubuh ke arah depan saat ingin meluncur.
  • Luruskan kedua tangan ke atas disamping telinga.
  • Tarik napas dalam dalam dan posisikan tubuh condong ke depan. Usahakan ibu jari pertama masuk kedalam permukaan air.
  • Dorong kaki yang menempel pada dinding tadi kearah depan untuk melakukan tolakan.
  • Usahakan tubuh tetap melaju saat posisinya sedang meluncur.
Sekian penjelasan mengenai teknik dasar mengapung renang gaya bebas dan teknik dasar meluncur renang gaya bebas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Teknik Dasar Mengapung dan Meluncur Renang Gaya Bebas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar