Cara Melakukan Keseimbangan Sikap Kapal Terbang

Cara Melakukan Keseimbangan Sikap Kapal Terbang - Senam merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat. Gerakan yang lebih mengedepankan kecepatan, keindahan, dan keselarasan memberikan berbagai dampak positif untuk kesehatan. Ada beragam jenis senam yang cukup populer diajarkan di dunia pendidikan diantaranya adalah senam lantai, irama, aerobik, dan lain sebagainya.

Kita akan membahas pada salah satu gerakan yang berfokus pada keseimbangan yakni gerakan sikap kapal terbang. Mayoritas siswa menyebutnya sebagai sikap terbang agar lebih ringkas karena gerakanya menyerupai posisi ingin terbang. Teknik dasar sikap kapal terbang sebenarnya cukup mudah tapi faktanya banyak siswa merasa kesulitan melakukan prakteknya.

Gerakan Keseimbangan Kapal Terbang

Gerakan kapal terbang dapat dilakukan dengan memposisikan tubuh menyerupai bentuk kapal terbang, dimana keseimbangan tubuh bertumpu pada salah satu kaki terkuat. Gerakan tersebut biasanya berguna untuk melatih konsentrasi dan keseimbangan tubuh. Letak keseimbangannya berada pada salah satu kaki untuk dijadikan tumpuan berat badan.

Usahakan pemilihan kaki yang digunakan untuk menumpu adalah kaki terkuat. Jika kaki terkuat ada sebelah kanan maka dapat menggunakan kaki kanan untuk menumpu dan begitu pula sebaliknya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang cara melakukan sikap kapal terbang.

Cara Melakukan Keseimbangan Sikap Kapal Terbang

Teknik dasar kapal terbang pada dasarnya sudah diajarkan pada siswa bahkan semenjak masih duduk di bangku SD. Gerakan yang tidak terlalu komplek ternyata mampu melatih keseimbangan bahkan sampai ke titik ekstrim. Di jenjang lebih tinggi, sikap pesawat tersebut sering dikombinasikan dengan jenis senam lantai lain.

Cara melakukan keseimbanan kapal terbang ialah dengan mengangkat satu kaki dan kaki lainnya digunakan untuk menumpu badan. Kemudian badan di condongkan ke arah depan disertai pelurusan tangan ke arah samping. Tangan tersebut digunakan untuk penyeimbang agar badan tidak terjatuh. Adapun beberapa tahap cara melakukan sikap kapal terbang yang baik dan benar yaitu meliputi:
Baca juga : Pengertian Handstand dan Kopstand Beserta Cara Melakukannya
  1. Posisikan badan berdiri tegak.
  2. Setelah itu rentangkan kedua tangan ke arah samping.
  3. Lalu julurkan salah satu kaki ke belakang.
  4. Badan dibungkukkan ke arah depan sampai posisinya lurus dengan kaki.
  5. Arahkan pandangan anda ke depan.
  6. Usahakan tahan posisi tersebut selama beberapa hitungan.
  7. Kemudian kembali ke sikap semula.
  8. Lakukan gerakan di atas dengan menggunakan kaki yang bergantian, baik kaki kanan sebagai penumpu ataupun kaki kiri sebagai penumpu.
Jelaskan teknik dasar sikap kapal terbang! inilah perintah yang kadang sulit dijawab siswa. Di lain sisi, kita pun tak bisa menampik fakta bahwa bentuk latihan keseimbangan satu ini memang sangat jarang diajarkan secara mendalam. Umumnya guru hanya menjabarkan seperti apa gerakannya dan memberi contoh secara praktikum.

Tapi menurut saya pribadi hal tersebut masih terasa kurang untuk menjawab pertanyaan saat ujian nantinya. Lantas seperti apa teknik dasar sikap kapal terbang yang baik dan benar? Untuk menambah wawasan maka simaklah contoh gambar di bawah:
Gerakan Sikap Kapal Terbang
Baca juga : Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting Pada Senam Lantai
Perhatikan gambar di atas, gambar tersebut merupakan ilustrasi gerakan kapal terbang yang baik. Gerakan ini diawali dengan meluruskan tangan ke samping disertai mengangkat salah satu kaki ke atas secara perlahan. Sedangkan kaki yang lainnya digunakan sebagai penumpu berat badan. Sedikit tips agar kalian dapat menjaga keseimbangan sikap kapal terbang yakni melakukan pemanasan secara sungguh-sungguh.

Kemudian agar tubuh tidak terjatuh ketika melakukan sikap kapal terbang. Maka menggunakan kedua tangan sebagai penyeimbangnya. Dengan begitu gerakan yang dilakukan dapat sesuai dengan yang di contohkan dalam gambar di atas.

Inilah penjelasan mengenai cara melakukan keseimbangan sikap kapal terbang. Gerakan kapal terbang ialah kemampuan untuk mempertahankan tubuh dalam posisi dan waktu tertentu. Gerakan ini bertujuan untuk melatih keseimbangan kaki dan tubuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat berlatih.

Posting Komentar untuk "Cara Melakukan Keseimbangan Sikap Kapal Terbang"