6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan)

Advertisement

6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan) - Dalam pembelajaran olahraga terdapat materi teknik dasar pencak silat. Pencak Silat merupakan teknik bela diri yang terdapat di Indonesia. Jaman dahulu jenis bela diri ini mulai dikenalkan oleh tokoh bela diri pencak silat yang merupakan ciri khas orang Indonesia. Pencak silat merupakan jenis olahraga bela diri yang banyak digemari, tidak hanya laki laki saja melainkan perempuan juga belajar jenis olahraga ini untuk membela diri. Olahraga ini memiliki teknik dasar yang harus dikuasai agar anda dapat menguasai setiap jurus yang terdapat dalam pencak silat tersebut. Kali ini saya akan membahas mengenai teknik dasar pencak silat secara rinci. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.

Pada dasarnya teknik dasar pencak silat dapat dibagi menjadi berbagia teknik teknik seperti teknik dasar pukulan, teknik dasar tendangan, teknik dasar tangkisan, teknik dasar elakan dan kuda kuda pencak silat. Untuk melakukan teknik dasar pada pencak silat sendiri juga sangat sulit karena memerlukan konsentrasi dan latihan yang rutin.

Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan)

Dalam pencak silat terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai agar gerakan anda lebih bertenaga, kokoh maupun luwes agar lawan dengan mudah dijatuhkan. Dibawah ini terdapat beberapa teknik dasar pencak silat beserta penjelasannya.

Sikap Pasang Dalam Pencak Silat

Teknik dasar pencak silat yang pertama ialah sikap pasang. Sikap pasang merupakan gabungan antara gerakan tangan dan kaki menggunakan posisi kuda kuda atau tidak kemudian diikuti dengan sikap siaga. Teknik dasar pencak silat berupa sikap pasang ini berfungsi untuk meningkatkan kesigapan indera dan mental secara total. Sikap pasang menurut penggunaannya dapat dibagi menjadi dua yaitu sikap pasang terbuka dan sikap pasang tertutup. Sikap pasang terbuka ialah jenis sikap pasang menggunakan dada, lengan dan tangan yang tidak bertujuan untuk melindungi badan. Sedangkan sikap pasang tertutup merupakan jenis sikap pasang menggunakan lengan dan tangan yang bertujuan untuk melindungi badan. Sikap pasang dalam pencak silat tidak hanya menggunakan dua teknik saja. Sikap pasang dalam pencak silat dapat dilakukan menggunakan sikap pasang satu, sikap pasang dua, sikap pasang tiga dan sikap pasang empat.

Pola Langkah Pencak Silat

Teknik dasar pencak silat selanjutnya ialah teknik pola langkah dalam pencak silat. Pola langkah ini digunakan ketika melakukan beberapa teknik membela diri dalam pencak silat. Pola langkah pencak silat dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu pola langkah lurus, pola langkah U atau ladam, pola langkah segitiga, pola langkah zigzag, pola langkah segi empat dan pola langkah S. Berikut penjelasan masing masing teknik dasar pencak silat dalam melakukan pola langkah:

Pola Langkah Lurus
Gerakan pola langkah pencak silat yang pertama ialah gerakan langkah lurus. Pola langkah lurus ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan langkah lurus, baik gerakan maju maupun mundur. Langkah ini diawali dengan gerakan kuda kuda tengah. 

Pola Langkah Zigzag
Gerakan pola langkah pencak silat selanjutnya ialah gerakan langkah zigzag. Pola langkah zigzag ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan langkah zigzag atau gergaji, baik gerakan maju maupun mundur. Langkah ini diawali dengan gerakan pasang dengan pola serong.

 Pola Langkah U atau Ladam
Gerakan pola langkah pencak silat selanjutnya ialah gerakan langkah ladam. Pola langkah ladam ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan pola langkah yang menyerupai huruf U. Berikut cara melakukan pola langkah ladam:
  • Lakukan gerakan awal dengan posisi badan tegak.
  • Kaki kanan digerakkan kearah samping kanan.
  • Kemudian kaki kiri dirapatkan.
  • Lakukan gerakan selanjutnya dengan memajukan kaki kiri lalu kembali ditarik dan dirapatkan. 
  • Kaki kiri kemudian digerakkan kesamping kiri. 
  • Kaki kanan digerakkan merapat dan melangkah kedepan.
  • Kemudian kaki kanan dirapatkan kembali seperti sikap awal.
Pola Langkah Segitiga
Gerakan pola langkah pencak silat adapula yang menggunakan pola segitiga. Pola langkah segitiga ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan pola segitiga dalam setiap langkahnya. Berikut cara melakukan pola langkah segitiga :
  • Lakukan posisi awal yang berada diposisi 0.
  • Kemudian kaki kanan digerakkan keposisi 1 dan kaki kiri keposisi 2. 
  • Setelah itu lakukan gerakan keposisi 4 daan 5.
  • Kaki kanan kembali digerakkan keposisi 6 dan 7 dengan kuda kuda depan.
  • Lakukan gerakan selanjutnya dengan menarik kaki kanan keposisi awal.
Pola Langkah S
Gerakan pola langkah pencak silat selanjutnya ialah gerakan langkah S. Pola langkah S ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan pola langkah yang menyerupai huruf S. Berikut cara melakukan pola langkah S :
  • Lakukan posisi awal sikap berdiri dengan menghadap ke arah yang sesuai.
  • Lakukan gerakan selanjutnya dengan membuat berat badan ditumpukan ke arah kaki kanan. 
  • Gerakkan kaki kiri kearah berat badan yang ditumpukan tadi. 
  • Setelah itu angkat kaki kiri dengan cara melewati kaki kanan. 
  • Putar kaki kanan ditempat yang sama.
  • Setelah itu kaki kiri sedikit dijinjitkan.
Pola Langkah Segi Empat
Gerakan pola langkah pencak silat yang terakhir ialah gerakan langkah segi empat. Pola langkah segi empat ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan langkah membentuk segi empat. Langkah ini diawali dengan gerakan gabungan kuda kuda tengah, kuda kuda belakang dan kuda kuda samping.

Teknik Kuda Kuda Dalam Pencak Silat

Teknik dasar pencak silat selanjutnya ialah teknik kuda kuda. Jenis olahraga pencak silat merupakan jenis olahraga bela diri yang sudah turun temurun di Indonesia. Kuda kuda merupakan teknik dasar yang berguna untuk memperkuat dan memperkokoh badan ketika melakukan tangkisan dan serangan kepada lawan. Sikap awal untuk mengawali pencak silat dapat dilakukan menggunakan sikap kuda kuda, sikap kangkang, dan sikap berdiri tegak. Dibawah ini terdapat beberapa jenis kuda kuda yang mengawali gerakan pencak silat.

Kuda Kuda Depan
Teknik dasar pencak silat dapat diawali dengan sikap kuda kuda depan. Berikut langkah langkah melakukan teknik kuda kuda depan:
  • Posisikan salah satu kaki didepan dan ditekuk, kemudian kaki yang satu diletakkan dibelakang dengan posisi lurus.
  • Posisikan telapak kaki belakang menghadap kearah serong luar.
  • Tumpukan berat badan tubuh kebagian kaki depan.
  • Posisi badan tegap.
  • Arahkan pandangan anda kedepan.
Kuda Kuda Belakang
Teknik dasar pencak silat selanjutnya dapat diawali dengan sikap kuda kuda belakang. Berikut langkah langkah melakukan teknik kuda kuda belakang:
  • Posisikan salah satu kaki didepan dan ditekuk, kemudian kaki yang satu diletakkan dibelakang dengan posisi lurus.
  • Tumpukan berat badan tubuh kebagian kaki belakang.
  • Posisikan tumit belakang tegak dengan panggul.
  • Condongkan badan sedikit kedepan.
  • Posisikan kaki kanan sedikit jinjit dengan menapakkan kaki menggunakan ujung kaki atau tumit.
Kuda Kuda Tengah
Teknik dasar pencak silat juga dapat diawali dengan sikap kuda kuda tengah. Berikut langkah langkah melakukan teknik kuda kuda tengah:
  • Posisikan kedua kaki sejajar dan sedikit ditekuk..
  • Tumpukan berat badan tubuh kebagian tengah kaki.
Kuda Kuda Samping
Adapula teknik dasar pencak silat yang dilakukan dengan sikap awalan kuda kuda samping. Berikut langkah langkah melakukan teknik kuda kuda samping:
  • Posisikan salah satu kaki ditekuk, kemudian kaki yang satu diletakkan disamping dengan posisi lurus.
  • Tumpukan berat badan tubuh ke kaki yang berada disamping tadi.
  • Setelah itu posisikan bahu sejajar agar segaris dengan kaki.
Kuda Kuda Silang Depan
Teknik dasar pencak silat dapat dilakukan dengan menggunakan kuda kuda silang depan. Berikut langkah langkah melakukan teknik kuda kuda silang depan:
  • Posisikan salah satu kaki didepan, kemudian kaki yang satu diletakkan dibelakang.
  • Tumpukan berat badan tubuh kesalah satu kaki.
  • Sentuhkan kaki lain dengan ibu jari kaki yang lainnya.
Kuda Kuda Silang Belakang
Teknik dasar pencak silat yang terakhir dapat dilakukan dengan menggunakan kuda kuda silang belakang. Berikut langkah langkah melakukan teknik kuda kuda silang belakang:
  • Posisikan salah satu kaki didepan, kemudian kaki yang satu diletakkan dibelakang dengan posisi menyilang.
  • Tumpukan berat badan tubuh kebagian kaki belakang.
  • Posisikan badan lurus agar saat melakukan serangan badan tidak terjatuh.
Kuda kuda pencak silat tidak hanya digunakan untuk keperluan seni bela diri saja. Namun sebagian orang juga menggunakan berbagai teknik dasar pencak silat dan gerakan penjak silat untuk menyehatkan tubuh, Sebagian juga beranggapan bahwa teknik pencak silat dapat menjadi cara membentuk otot perut sixpack bagi pria, seperti yang telah diulas dalam situs fitnesmu.

Teknik Pukulan Dalam Pencak Silat

Selanjutnya terdapat teknik dasar pencak silat berupa teknik pukulan. Teknik dasar pukulan merupakan jenis teknik yang menjadi dasar melakukan serangan dalam pencak silat. Pukulan tersebut dilakukan agar lawan dapat dijatuhkan kemudian mendapatkan angka. Teknik pukulan dalam pencak silat dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu pukulan bandul, pukulan tebah, pukulan tusuk, pukulan pedang, pukulan kepret dan pukulan tampar.

Teknik Tendangan Pencak Silat

Teknik dasar pencak silat adapula yang berupa teknik tendangan. Teknik tendangan juga termasuk jenis teknik yang digunakan untuk melakukan serangan dalam pencak silat. Teknik tendangan dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Tendangan Lurus kedepan adalah teknik dasar pencak silat berupa tendangan dengan melakukan hentakan telapak kaki yang sejajar dengan bahu.
2. Tendangan berbentuk T adalah teknik dasar pencak silat berupa tendangan samping dengan melakukan hentakan telapak kaki.
3. Tendangan samping adalah teknik dasar pencak silat berupa tendangan dengan menggunakan punggung kaki.
4. Tendangan melingkar adalah teknik dasar pencak silat berupa tendangan dengan melakukan hentakan punggung kaki serta dilakukan dengan memutarkan badan.

Teknik Tangkisan Dalam Pencak Silat

Teknik dasar pencak silat yang terakhir ialah teknik tangkisan. Tangkisan merupakan teknik yang penting dalam pertandingan pencak silat. Jenis teknik ini digunakan untuk meredam dan menangkis serangan lawan. Teknik tangkisan dalam pencak silat dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

1. Tangkisan Dalam adalah jenis tangkisan yang sejajar dengan bahu dan dilakukan dari luar kedalam.
2. Tangkisan Luar adalah jenis tangkisan yang sejajar dengan bahu dan dilakukan dari dalam keluar dengan mengambil bagian luar dari kaki atau tangan.
3. Tangkisan Atas adalah jenis tangkisan yang dilakukan dari bawah ke atas agar bagian kepala dapat terlindung dari serangan lawan yang mengarah kebagian atas.
4. Tangkisan Bawah adalah  jenis tangkisan yang dilakukan dari atas ke bawah agar terlindung dari serangan lawan kemudian kita serang lawan balik dari bagian dalam.

Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar pencak silat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar