6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan)

6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan) - Olahraga memiliki segudang materi menarik untuk kita bahas. Salah satunya adalah pencak Silat yang notabenya merupakan teknik bela diri asli dari Indonesia. Setiap gerakan serta teknik dasar pencak silat sudah diturunkan secara turun temurun oleh tokoh-tokoh terkenal. Tak hanya laki-laki, kini perempuan pun turut serta belajar ilmu bela diri meskipun dari hal dasar terlebih dulu.

Di lain sisi, untuk bisa menguasai teknik dasar pencak silat diperlukan dedikasi tinggi dan latihan secara intens. Mengapa demikian? karena untuk menyempurnakan setiap bentuk gerakan kita harus rajin berlatih. Meski terdengar simpel namun faktanya masih banyak orang yang tidak mengerti bagaimana teknik dasar kuda kuda, pukulan, tendangan, tangkisan, hingga elakan yang benar. Inilah yang menghambat seseorang menjadi atlet pencaksilat profesional.

Pada dasarnya teknik dasar pencak silat dapat dibagi menjadi dua kategori yakni bertahan serta menyerang. Tapi dalam prakteknya kalian akan menjumpai teknik dasar pukulan, teknik dasar tendangan, tangkisan, teknik elakan dan kuda kuda pencak silat. Masing-masing memerlukan konsentrasi serta latihan terukur agar menghasilkan gerakan sempurna.

Misalnya bagaimana cara memasang kuda kuda pencaksilat yang kuat sehingga mampu menjadi modal awal pertandingan. Mampu menganalisa situasi serta mengeluarkan jurus juga menjadi tolak ukur seorang atlet pada saat berhadapan dengan lawan. Itulah alasan mengapa kita harus mempelajari materi seni bela diri baik secara teori maupun praktek. Dalam artikel ini saya ingin memberikan gambaran atau setidaknya penjelasan tentang beberapa teknik dasar pencak silat yang wajib anda kuasai.

6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan)

Pencak silat merupakan olahraga ekstrim yang memerlukan ketangkasan dan daya tahan tubuh tinggi. Kalian bisa membedakan level sang atlet berdasarkan warna sabuk yang dipakainya mulai dari putih sampai hitam. Uniknya lagi, untuk mencapai level sabuk yang lebih tinggi seorang atlet harus benar-benar mahir menguasai semua teknik dasar pencak silat.

Maka dari itu saya akan membantu anda mempelajari bagaimana teknik dasar pukulan pencaksilat yang baik dan benar. Bagaimana cara menangkis lawan, melakukan elakan, dan membuat kuda kuda yang kuat sebagai permulaan. Pemahaman serta penguasaan yang baik bisa mengantarkan kita menjadi atlet bela diri yang kuat.

Dalam konteks pendidikan, kita bisa menjumpai materi terkait teknik dasar pukulan, elakan, tendangan, dan posisi kuda kuda dengan mudah. Meski tak sepenuhnya diajarkan praktek, tapi pembahasanya pun dapat kalian baca sendiri di buku pedoman penjas serta LKS. Untuk menyingkat waktu saya telah merangkum semua gerakan serta teknik dasar pencak silat pada artikel di bawah.

Sikap Pasang Dalam Pencak Silat

Apa yang dimaksud sikap pasang? inilah pertanyaan yang mungkin terlintas di benak kalian. Secara garis besar sikap pasang merupakan gabungan antara gerakan tangan dan kaki menggunakan posisi kuda kuda. Teknik dasar pencak silat satu ini berfungsi untuk meningkatkan kesigapan indera serta mental secara total.

Sikap Pasang Dalam Pencak Silat
Sikap pasang

Meski tak sepenuhnya diajarkan secara praktek tapi kita tetap harus menghafal seperti apa sikap pasang dalam pencak silat. Karena sedikit banyak materi tersebut akan muncul sebagia butir soal ujian yang menyulitkan untuk dijawab. Tentu saja kalian tetap harus menghafal pula cara melakukan kuda kuda juga beberapa variasi gerakan lain.

Sikap pasang menurut penggunaannya dapat dibagi menjadi dua yaitu sikap pasang terbuka dan sikap pasang tertutup. Sikap pasang terbuka ialah jenis sikap pasang menggunakan dada, lengan dan tangan yang tidak bertujuan untuk melindungi badan. Sedangkan sikap pasang tertutup merupakan jenis sikap pasang menggunakan lengan dan tangan yang bertujuan untuk melindungi badan.

Sikap pasang dalam pencak silat tidak hanya menggunakan dua teknik saja. Sikap ini dapat dilakukan menggunakan sikap pasang satu, sikap pasang dua, sikap pasang tiga dan sikap pasang empat. Apa saja perbedaanya? kita akan membahasnya pada artikel selanjutnya.

Pola Langkah Pencak Silat

Dalam olahraga seni bela diri khas indonesia ini sangat memperhatikan pola langkah. Karena dari pola inilah kita bisa menentukan gerakan serta mengeluarkan jurus di saat yang tepat. Mengatur pola langkah sangat bermanfaat dan sinkron dengan teknik bertahan maupun menyerang. Langkah yang sesuai irama mampu menghasilkan gerakan yang lebih lembut dan lebih baik.

Pola langkah pencak silat dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu pola langkah lurus, pola langkah U atau ladam, pola langkah segitiga, pola langkah zigzag, pola langkah segi empat dan pola langkah S. Banyak atlet yang gagal melakukan teknik elakan atau tangkisan hanya karena tak bisa mengatur pola langkah. Hal ini pun berlaku pada saat atlet hendak melakukan pukulan atau tendangan. Maka dari itu, simaklah cara mengatur pola langkah dalam teknik dasar pencaksilat di bawah.

Pola Langkah Lurus

Gerakan pola langkah pencak silat yang pertama ialah gerakan langkah lurus. Meski terlihat sederhana karena hanya satu arah tapi ternyata banyak siswa gagal ketika memperaktekannya. Pola langkah lurus ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan langkah lurus, baik gerakan maju maupun mundur.

Kunci utama keberhasilan pola langkah lurus sebenarnya terletak dari posisi kuda-kuda kalian. Awali setiap teknik dan langkan menggunakan gerakan kuda kuda tengah. 

Pola Langkah Zig zag

Gerakan pola langkah pencak silat selanjutnya ialah gerakan langkah zig zag. Pola langkah zig zag ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan langkah kanan kiri layaknya pola gergaji, baik gerakan maju maupun mundur. Ketika sudah mahir maka maka kalian bisa mengecoh lawan menggunakan pola langkah zig zag.

Saat musuh terkecoh maka celah untuk menyerang pun akan terbuka lebar. Gunakanlah celah tersebut untuk melakukan pukulan ataupun tendangan yang berpotensi menghasilkan poin. Sedangkan langkah ini biasanya diawali dengan gerakan pasang disertai pola serong.

 Pola Langkah U atau Ladam

Gerakan pola langkah pencak silat selanjutnya ialah gerakan langkah ladam. Pola langkah ladam ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan pola langkah yang menyerupai huruf U. Berikut cara melakukan pola langkah ladam:
  • Lakukan gerakan awal dengan posisi badan tegak.
  • Kaki kanan digerakkan kearah samping kanan.
  • Kemudian kaki kiri dirapatkan.
  • Lakukan gerakan selanjutnya dengan memajukan kaki kiri lalu kembali ditarik dan dirapatkan. 
  • Kaki kiri kemudian digerakkan kesamping kiri. 
  • Kaki kanan digerakkan merapat dan melangkah kedepan.
  • Kemudian kaki kanan dirapatkan kembali seperti sikap awal.

Pola Langkah Segitiga

Gerakan pola langkah pencak silat adapula yang menggunakan pola segitiga. Pola langkah segitiga ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan pola segitiga dalam setiap langkahnya. Berikut cara melakukan pola langkah segitiga :
  • Lakukan posisi awal yang berada diposisi 0.
  • Kemudian kaki kanan digerakkan keposisi 1 dan kaki kiri keposisi 2. 
  • Setelah itu lakukan gerakan keposisi 4 daan 5.
  • Kaki kanan kembali digerakkan keposisi 6 dan 7 dengan kuda kuda depan.
  • Lakukan gerakan selanjutnya dengan menarik kaki kanan keposisi awal.

Pola Langkah S

Gerakan pola langkah pencak silat selanjutnya ialah gerakan langkah S. Pola langkah S ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan pola langkah yang menyerupai huruf S. Berikut cara melakukan pola langkah S :
  • Lakukan posisi awal sikap berdiri dengan menghadap ke arah yang sesuai.
  • Lakukan gerakan selanjutnya dengan membuat berat badan ditumpukan ke arah kaki kanan. 
  • Gerakkan kaki kiri kearah berat badan yang ditumpukan tadi. 
  • Setelah itu angkat kaki kiri dengan cara melewati kaki kanan. 
  • Putar kaki kanan ditempat yang sama.
  • Setelah itu kaki kiri sedikit dijinjitkan.

Pola Langkah Segi Empat

Gerakan pola langkah pencak silat yang terakhir ialah gerakan langkah segi empat. Pola langkah segi empat ialah teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan langkah membentuk segi empat. Langkah ini diawali dengan gerakan gabungan kuda kuda tengah, kuda kuda belakang dan kuda kuda samping.

Teknik Kuda Kuda Dalam Pencak Silat

Meski teknik dasar pukulan, tendangan, ataupun bantingan tak sepenuhnya diajarkan secara praktikum. Tapi biasanya guru tetap akan memberikan penjalasan cara memasang kuda kuda pencak silat. Meski terlihat sepele, tapi faktanya kuda kuda yang kuat mampu memberikan dampak signifikan untuk bertahan. 

Posisi dan sikap kuda kuda pencak silat
Posisi dan sikap kuda kuda pencak silat

Tak sedikit pula atlet yang kesulitan menguasai teknik dasar pencak silat satu ini. Sehingga pada saat melakukan tangkisan ataupun elakan badan menjadi ambruk. Power saat menyerang pun juga akan terasa menurun jika kita tidak menguasai sikap kuda kuda. Mengapa demikian? karena teknik kuda kuda ibarat seperti pondasi yang memperkuat dan membuat badan kita menjadi kokoh.

Bisa dibilang kuda kuda pencak silat yang kuat merupakan modal meraih kemenangan ketika berhadapan dengan lawan. Maka dari itu hal pertama yang harus anda pelajari sebelum beranjak ke teknik pukulan dan tendangan adalah belajar bagaimana teknik kuda kuda yang baik dan benar.

Sikap awal untuk mengawali pencak silat dapat dilakukan menggunakan sikap kuda kuda, sikap kangkang, dan sikap berdiri tegak. Dibawah ini terdapat beberapa jenis kuda kuda yang mengawali gerakan pencak silat.

Kuda Kuda Depan

Teknik dasar pencak silat dapat diawali dengan sikap kuda kuda depan. Kuda-kuda yang satu ini sangat umum dipakai baik oleh pemula maupun seorang atlet profesional sekalipun. Berikut langkah langkah melakukan teknik kuda kuda depan:
  • Posisikan salah satu kaki didepan dan ditekuk, kemudian kaki yang satu diletakkan dibelakang dengan posisi lurus.
  • Posisikan telapak kaki belakang menghadap kearah serong luar.
  • Tumpukan berat badan tubuh kebagian kaki depan.
  • Posisi badan tegap.
  • Arahkan pandangan anda kedepan.

Kuda Kuda Belakang

Teknik dasar pencak silat selanjutnya dapat diawali dengan sikap kuda kuda belakang. Berikut langkah langkah melakukan teknik kuda kuda belakang:
  • Posisikan salah satu kaki didepan dan ditekuk, kemudian kaki yang satu diletakkan dibelakang dengan posisi lurus.
  • Tumpukan berat badan tubuh kebagian kaki belakang.
  • Posisikan tumit belakang tegak dengan panggul.
  • Condongkan badan sedikit kedepan.
  • Posisikan kaki kanan sedikit jinjit dengan menapakkan kaki menggunakan ujung kaki atau tumit.

Kuda Kuda Tengah

Sikap kuda kuda tengah menjadi salah satu teknik dasar pencak silat yang harus kalian kuasai. Ada banyak sekali gerakan yang bisa kita manipulasi menggunakan kuda-kuda tengah. Bisa dibilang jenis kuda-kuda satu ini merupakan dasar semua gerakan dalam olahraga seni bela diri. Berikut langkah langkah melakukan teknik kuda kuda tengah:
  • Posisikan kedua kaki sejajar dan sedikit ditekuk..
  • Tumpukan berat badan tubuh kebagian tengah kaki.

Kuda Kuda Samping

Adapula teknik dasar pencak silat yang dilakukan dengan sikap awalan kuda kuda samping. Ketika berhasil menguasainya maka kalian bisa melakukan teknik hindaran serta serangan lebih cepat. Karena fleksibilitasnya membuat banyak atlet memilih kuda-kuda samping ketika kejuaraan. Berikut langkah langkah melakukan teknik kuda kuda samping:
  • Posisikan salah satu kaki ditekuk, kemudian kaki yang satu diletakkan disamping dengan posisi lurus.
  • Tumpukan berat badan tubuh ke kaki yang berada disamping tadi.
  • Setelah itu posisikan bahu sejajar agar segaris dengan kaki.

Kuda Kuda Silang Depan

Teknik dasar pencak silat dapat dilakukan dengan menggunakan kuda kuda silang depan. Berikut langkah langkah melakukan teknik kuda kuda silang depan:
  • Posisikan salah satu kaki didepan, kemudian kaki yang satu diletakkan dibelakang.
  • Tumpukan berat badan tubuh kesalah satu kaki.
  • Sentuhkan kaki lain dengan ibu jari kaki yang lainnya.

Kuda Kuda Silang Belakang

Teknik dasar pencak silat yang terakhir dapat dilakukan dengan menggunakan kuda kuda silang belakang. Berikut langkah langkah melakukan teknik kuda kuda silang belakang:
  • Posisikan salah satu kaki didepan, kemudian kaki yang satu diletakkan dibelakang dengan posisi menyilang.
  • Tumpukan berat badan tubuh kebagian kaki belakang.
  • Posisikan badan lurus agar saat melakukan serangan badan tidak terjatuh.
Kuda kuda pencak silat tidak hanya digunakan untuk keperluan seni bela diri saja. Namun sebagian orang juga menggunakan berbagai teknik dasar pencak silat dan gerakan penjak silat untuk menyehatkan tubuh, Sebagian juga beranggapan bahwa teknik pencak silat dapat menjadi cara membentuk otot perut sixpack bagi pria, seperti yang telah diulas dalam situs fitnesmu.

Teknik Pukulan Dalam Pencak Silat

Ketika membicarakan teknik dasar pencak silat maka tak akan luput dari cara melakukan pukulan ke arah lawan. Teknik dasar pukulan merupakan jenis serangan fatal yang mampu menjatuhkan lawan. Dalam konteks pertandingan kalian bisa memperoleh nilai ketika berhasil mendaratkan pukulan ke badan lawan.

Ada berapa jenis pukulan pencak silat? inilah yang harus kita hafalkan. Sebenarnya materi tersebut tertulis rapi dan lengkap dalam buku pedoman penjas di jenjang sekolah menengah. Diantara adalah:
  1. Pukulan bandul.
  2. Pukulan tebah.
  3. Pukulan tusuk.
  4. Pukulan pedang.
  5. Pukulan kepret.
  6. Pukulan tampar.
Cara melakukan pukulan pencak silat biasanya mulai duajarkan pada siswa ketika berada di bangku SMP. Karena dianggap berbahaya akhirnya gerakanya pun tak sepenuhnya diajarkan secara praktikum. Tapi saya juga tak menampik kemungkinan adanya guru yang mendemonstasikanya dengan hati-hati.

Teknik pukulan pencak silat

Ketika melancarkan pukulan tidak serta merta selalu menggunakan kekuatan fisik saja. Mengapa demikian? pencak silat merupakan olahraga seni bela diri yang juga mengedepankan teknik. Maka dari itu tidak jarang kita menemukan beberapa nama teknik dasar pukulan pencak silat. Misalnya saja teknik chop layaknya memotong dari atas, teknik upercut yang memotong dari bawah, dan lain sebagainya.

Pembahasan terkait variasi teknik dasar pencak silat khususnya pukulan pun telah saya rangkum dalam artikel sebelumnya. Jika kebetulan kalian mendapat tugas untuk menulis rangkuman tersebut maka silahkan cari di kolom pencarian blog ini.

Teknik Tendangan Pencak Silat

Jika terdapat pukulan tentu kita bisa menemukan teknik tendangan dalam pencak silat. Teknik dasar yang satu ini merupakan bentuk manifestasi dari pola penyerangan menggunakan kaki. Target tendangan pun juga bisa disesuaikan berdasarkan keadaan lawan.

Untuk menguasai teknik dasar tendangan yang baik dan benar kita harus sering melatih kelenturan area sekitar kaki. Pasalnya, teknik tendangan tidak hanya dilakukan untuk menyerang bagian bawah saja melainkan bisa juga digunakan untuk menyerang ke atas.
teknik dasar tendangan pencaksilat
Teknik tendangan juga termasuk jenis teknik yang digunakan untuk melakukan serangan dalam pencak silat. Teknik tendangan dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:
  1. Tendangan Lurus kedepan adalah teknik dasar pencak silat berupa tendangan dengan melakukan hentakan telapak kaki yang sejajar dengan bahu.
  2. Tendangan berbentuk T adalah teknik tendangan samping dengan melakukan hentakan telapak kaki.
  3. Tendangan samping adalah teknik pencak silat berupa tendangan dengan menggunakan punggung kaki.
  4. Tendangan melingkar adalah teknik tendangan dengan melakukan hentakan punggung kaki serta dilakukan dengan memutarkan badan.

Teknik Tangkisan Pencak Silat

Teknik dasar pencak silat terakhir ialah teknik tangkisan yang notabennya masuk dalam pola pertahanan. Tangkisan merupakan teknik yang penting dalam pertandingan pencak silat. Jenis teknik dasar ini digunakan untuk meredam, mematahkan, dan menangkis serangan lawan. Selain dipengaruhi oleh kondisi fisik seorang atlet teknik tangkisan juga dipengaruhi oleh kuat dan matangnya kuda kuda yang dibuat di awal pertandingan.

Teknik dasar tangkisan pencaksilat

Maka dari itu sedari awal saya jelaskan bahwa teknik dasar kuda kuda menjadi tolak ukur kuatnya pola penyerangan dan pertahanan. Semakin bagus kuda-kuda yang dibuat maka semakin kuat pula tangkisan, pukulan, dan tendangan yang dihasilkan oleh atlet pencaksilat. Teknik tangkisan dalam pencak silat dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:
    1. Tangkisan Dalam adalah jenis tangkisan yang sejajar dengan bahu dan dilakukan dari luar kedalam.
    2. Tangkisan Luar adalah jenis tangkisan yang sejajar dengan bahu dan dilakukan dari dalam keluar dengan mengambil bagian luar dari kaki atau tangan.
    3. Tangkisan Atas adalah jenis tangkisan yang dilakukan dari bawah ke atas agar bagian kepala dapat terlindung dari serangan lawan yang mengarah kebagian atas.
    4. Tangkisan Bawah adalah jenis tangkisan yang dilakukan dari atas ke bawah agar terlindung dari serangan lawan kemudian kita serang lawan balik dari bagian dalam.

    Teknik Dasar Elakan

    Teknik dasar pencak silat yang masuk dalam kategori pola pertahanan selanjutnya adalah elakan. Elakan merupakan pilihan alternatif ketika anda gagal melakukan tangkisan. Prinsip dari teknik elakan adalah menghindari serangan musuh dan meminimalisir kontak fisik yang terjadi. Dengan demikian anda tetap bisa mematahkan serangan tanpa mengalami cidera ataupun luka sedikitpun.

    Untuk melakukan teknik elakan pencak silat sebenarnya tidak diperlukan keterampilan khusus. Hanya saja kita harus pandai membaca situasi dan langkah yang dibuat oleh musuh. Dengan mengembangkan seluruh indera diimbangi reflek yang baik kita bisa terus melakukan elakan dan menunggu momentum untuk menyerang balik. Ini adalah salah satu tenik dasar pencak silat yang wajib anda kuasai. Karena sedikit banyak teknik elakan akan membantu anda ketika sedang terpojok.

    Pencak silat adalah olahraga seni beladiri yang membutuhkan dedikasi tinggi. Latihan konsisten menjadi kunci utama keberhasilan menguasai beragam teknik diatas. Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar pencak silat yang baik dan benar sesuai pedoman. Semoga informasi dalam artikel diatas bisa membantu anda berlatih dan bertambah kuat, terimakasih.

    Belum ada Komentar untuk "6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan)"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel