Teknik Dasar Hockey Beserta Cara Melakukannya

Teknik Dasar Hockey Beserta Cara Melakukannya - Pengertian Hockey ialah jenis olahraga yang dimainkan oleh dua tim menggunakan keping atau bola beserta pemukulnya untuk dimasukkan menuju gawang lawan. Bola hoki tersebut dimasukkan menggunakan alat pemukul atau tongkat hoki (stick). Permainan hoki dapat dilakukan oleh wanita maupun pria. Permainan hockey tersebut memiliki bentuk permainan yang menyerupai sepak bola.

Setiap pemain hoki pada umumnya harus mengusai teknik dasarnya masing masing. Teknik dasar permainan hockey merupakan hal wajib yang perlu dikuasai sebelum melakukan pertandingan. Hal ini dikarenakan pertandingan dapat dimenangkan dengan menggunakan teknik permainan hockey yang tersedia. Lalu bagaimana bentuk teknik hockey itu?

Teknik Permainan Hockey

Permainan hockey pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis permainan hockey ini dapat berupa ice hockey (hoki es), field hockey (hoki lapangan) dan indoor hockey (hoki ruangan). Pengertian hoki lapangan ialah permainan hoki yang menggunakan bola hoki dan dilakukan diatas rumput atau lapangan. Apa saja teknik dasar hockey itu?

Bagaimana cara melakukan teknik dasar permainan hockey itu? Seperti yang telah kita ketahui bahwa di berbagai negara di dunia telah memainkan permainan hoki ini, khususnya di negara India, Australia, Afrika Selatan, Eropa, Pakistan, Asia Selatan, dan Selandia Baru. Bahkan adapula permainan hoki wanita yang ditonjolkan oleh beberapa negara seperti di Kanada dan Amerika Serikat.

Teknik Dasar Hockey Beserta Cara Melakukannya

Jumlah pemain hockey lapangan sebanyak 11 orang, termasuk 1 pemain penjaga gawangnya. Field hockey menggunakan lapangan yang luasnya 60 yard x 100 yard dengan permukaan rumput serta gawang dengan ukuran 7 fit x 4 yard. Selain itu adapula permainan hoki ruangan (indoor hockey) yang memiliki jumlah pemain 6 orang, termasuk 1 pemain penjaga gawang. Indoor hockey memiliki lapangan yang ukurannya setengah dari field hockey.

Lapangan hoki ruangan berasal dari beton atau ubin. Permainan hoki dapat dimainkan selama 2 x 20 menit atau 2 x 15 menit. Meskipun lapangannya yang berbeda, namun teknik dasar permainan hockey yang digunakan pada umumnya sama. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik dasar hockey beserta cara melakukan teknik permainan hockey. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Itu Hockey

Pengertian hockey ialah jenis permainan atau olahraga yang dapat dilakukan dengan menggunakan bola dan sticknya (alat pemukul). Teknik dasar permainan hockey hampir sama dengan teknik dasar sepak bola. Namun bola yang akan dimasukkan ke dalam gawang lawan harus menggunakan alat pemukul atau stick. Permainan hoki dapat dilakukan di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Untuk memainkan hoki ini memang dapat menggunakan lapangan yang berlapiskan rerumputan sintetis, rumput asli ataupun lapangan di dalam ruangan. 
Baca juga : Peraturan Permainan Hockey Beserta Pengertian dan Sejarahnya
Untuk melakukan permainan hockey dengan benar tentunya membutuhkan teknik dasar yang baik. Penguasaan teknik dasar tersebut memang diwajibkan bagi setiap pemain hoki. Kunci kemenangan pertandingan hoki ialah penguasaan teknik hockey yang bagus serta kerjasama tim yang baik. Lalu bagaimana bentuk teknik permainan hockey itu? Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai teknik dasar hockey beserta cara melakukannya yaitu sebagai berikut:

Teknik Memegang Stick

Teknik dasar permainan hockey yang pertama ialah teknik memegang stick. Stick merupakan alat untuk menggiring dan memukul bola. Untuk itu teknik pemegangan alat pemukul ini tidak boleh sembarangan. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara melakukan teknik hockey berupa teknik memegang stick ini yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yaitu meletakkan tangan kanan di bagian tengah stick.
  • Kemudian menggunakan tangan kanan dan meletakkannya di bagian ujung atau bawah stick.
  • Stick harus diposisikan dengan benar yaitu diantara telunjuk dan ibu jari yang bentuknya menyerupai huruf V, dimana segaris atau sejajar dengan telapak tangannya.
  • Letakkan kepala stick di atas permukaan tanah, dimana arah ujung sticknya menuju ke atas.
Teknik Memegang Stick

Teknik Menggiring Bola

Teknik dasar hockey selanjutnya ialah teknik menggiring bola. Teknik ini bertujuan untuk menguasai bola ketika berlari, berjalan atau berpindah tempat. Cara menggiring bola atau teknik dribbling dalam hoki dilakukan dengan beberapa metode. Adapun jenis teknik permainan hockey berupa teknik menggiring bola yaitu sebagai berikut:
  • Dribble Buka Tutup (Dribble India) dapat dilakukan dengan menggunakan pegangan forehand stick untuk mendorong bola ke depan serong kiri. Kemudian menggunakan teknik backhand stick untuk mendorong bola menuju ke kanan serong sehingga penggiringan bola dapat digerakkan secara zig zag.
  • Dribble Lurus dapat dilakukan dengan mendorong bola ke arah depan sehigga bola dapat dipastikan tetap menempel pada stick. Cara melakukan teknik ini juga dapat berupa tekukan secara berurutan bagi sebagian besar pemain. Pelaksanaan seperti ini dapat disebut short tap.
Setelah memahami tentang jenis jenis teknik menggiring bola di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang cara melakukan teknik menggiring bola hoki secara umum yaitu sebagai berikut:
  • Tubuh di posisikan sedikit membungkuk dengan kondisi yang rileks dan seimbang. Setelah itu luruskan lengan agar bola dapat dikuasai dengan baik.
  • Tangan kiri kemudian diposisikan untuk memegang stick dibagian ujungnya. Kemudian gunakan tangan kanan di bagian bawah sidikit agar pengendalian bola dapat secara penuh. Lalu luruskan telunjuk tangan kanan serta ditempelkan pada stick itu sendiri. 
  • Kaki diposisikan dalam keadaan berlari, kemudian tubuh diliukkan ke arah kanan dan kiri. Posisikan tubuh siap siaga agar kecepatan larinya dapat diubah.
  • Arahkan pandangan anda menuju ke depan.
  • Usahakan bola tidak terlalu jauh dari stick. Jarak stick dengan bola dari kaki depan sejauh 1 meter.
Baca juga : Cabang Olahraga Tarung Derajat (Pengertian, Teknik Dasar dan Peraturan)

Teknik Memukul Bola

Teknik dasar hockey selanjutnya ialah teknik memukul bola. Teknik dasar ini bertujuan untuk memukul ke arah lawan sehingga dapat tepat sasaran. Adapun cara melakukan teknik memukul bola yaitu sebagai berikut:
  • Pegang stick dengan kuat dan genggam menggunakan tangan kiri. Posisikan tangan kiri ini di atas tangan kanan dengan tepat. Kemudian arahkan bahu pada target. Selaraskan bola dengan kaki kiri sehingga stick dapat di ayunkan ke arah belakang dalam keadaan siap memukul.
  • Stick kemudian diayunkan ke belakang dan kemudian dilanjutkan menuju arah bola. Setelah itu tumpuan berat badan dipindahkan ke arah kaki depan. Lalu lutut di tekuk sambil mengarahkan pandangan menuju bola.
  • Pukul bola sekuat mungkin dan tumpukan berat badan ke arah depan di waktu yang sama.

Teknik Mendorong Bola

Teknik dasar permainan hockey selanjutnya ialah teknik mendorong bola. Teknik mendorong bola dapat dinamakan dengan pushing. Pengertian pushing ialah teknik operan yang gerakannya dapat dilakukan dengan cepat. Pelaksanaan gerakan ini dilakukan untuk menembakkan bola dan menyerang pertahanan lawan menggunakan efektivitas yang tinggi. Untuk itu gerakannya dapat dilakukan menuju gawang lawan secara cepat kilat. Adapun cara melakukan teknik mendorong bola yaitu sebagai berikut:
  • Condongkan tubuh ke arah depan sedikit. Setelah itu tubuh diputar dan bahu digerakkan ke kanan menuju muka target yang dituju.
  • Kemudian tangan kiri diposisikan menggenggam ujung stick dengan kuat. Lalu di bagian tengah stick dipegang dengan tangan kanan sehingga posisikan sedikit ke atas. Jari telunjuk tangan kanan kemudian ditempelkan di bawah stick secara lurus.
  • Kaki kiri dapat diposisikan menuju kaki kanan bagian depan. Condongkan ke dua kaki ke arah depan sambil lututnya sedikit dibengkokkan.
  • Dorongan bola pada umumnya ditentukan oleh lengan tangan kanan bagian bawah serta didukung dengan kaki kanan. Setelah itu stick dikendalikan menggunakan tangan kiri dengan cara menariknya ke belakag saat pendorongan tangan kanan. Setelah itu kepala sticknya diposisikan secara vertikal. Lalu stick dilanjutkan ke arah bola bergerak.
Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar hockey beserta cara melakukan teknik dasar permainan hockey. Permainan hockey ialah jenis olahraga yang dimainkan oleh dua tim menggunakan keping atau bola beserta pemukulnya untuk dimasukkan menuju gawang lawan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Hockey Beserta Cara Melakukannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel