Pitcher Hanya Boleh Melempar Salah Sebanyak Berapa Kali?

Pitcher Hanya Boleh Melempar Salah Sebanyak Berapa Kali? - Seperti yang kita tahu bahwa dalam olahraga terdapat beberapa jenis permainan bola, baik permainan bola besar dan bola kecil. Salah satu jenis olahraga bola kecil adalah softball. Apa itu softball? Softball adalah permainan bola kecil yang pelaksanaannya secara berkelompok antara dua tim, dimana setiap tim terdiri dari 9 pemain. Masing masing tim bertugas untuk memukul bola, kemudian berlari ke base agar memperoleh poin.

Softball sendiri berbeda dengan permainan kasti. Hal ini dapat dilihat dari segi lapangan, karena bentuk lapangan kasti adalah persegi panjang dan bentuk lapangan softball seperempat lingkaran. Dalam lapangan softball tersebut terdapat pola bujur sangkar atau segi empat dalam aera seperempat lingkaran tersebut. Softball ini memiliki teknik yang berhubungan dengan berlari, menangkap, memukul dan melempar.

Pitcher Hanya Boleh Melempar Salah Sebanyak
Pemain Pitcher dalam Permainan Softball

Seperti yang kita tahu bahwa dalam permainan softball terdapat pembagian tugas antar pemain. Misalnya saja pemain pitcher. Pitcher merupakan pemain yang berasal dari tim penjaga dengan tugas untuk melempat bola softball ke arah pemukul. Pemain ini dapat melakukan kesalahan dengan beberapa ketentuan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan jawaban terkait pertanyaan pitcher hanya boleh melempar salah sebanyak. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pitcher Hanya Boleh Melempar Salah Sebanyak Berapa Kali?

Pemain pitcher ini dapat melakukan lemparan ke arah pemukul. Dari sini kita mengenal apa itu lemparan pitcher. Lemparan pitchwe adalah teknik lemparan yang dilakukan dengan memberikan lambungan di awal pertandingan menuju Batter. Masuknya lemparan tersebut harus ada di strike zone atau zona yang sah, di bawah bahu, di atas home base dan setinggi lutut. 

Seorang pitcher memang diharuskan untuk memiliki wawasan jaalannya permainan daan ketangkasan karena pemain tersebut diharapkan dapat mengatur kapan waktunya menyerang ataupun bertahan. Pitcher dalam pertandingan softball tersebut mempunyai tugas dan posisinya sendiri. Lantas apa tugas pemain pitcher itu?
Baca juga : Ukuran Lapangan Softball Beserta Gambar dan Keterangan

Semua teori itu pada dasarnya mengarah pada sau pertanyaan saja. Pitcher hanya boleh melempar bola salah sebanyak berapa kali? apabila kalian belum memahami materi maka simaklah pembehasan di bawah. Karena selain menjelaskan batas maksimal lemparan pitcher saya juga akan menjabarkan tugasnya. 

Tugas Pitcher dalam Permainan Softball

Seperti yang kita tahu bahwa pitcher merupakan pemain yang bertugas melakukan lemparan sebagai tanda dimulainya permainan softball. Pitcher seketika akan melakukan lemparan, sedangkan pemain lainnya akan bersiap siap. Seorang pitcher pada umumnya akan melambungkan bola di area pitcher plate. Pitcher plate memiliki ukuran 60 x 15 cm. Kemudian adapula daerah penjagaan pitcher yang merupakan wilayah disekitar lingkaran tengah hingga wilayah dekat home plate. Pelempar pitcher dengan home base memiliki jarak 13 meter.

Pitcher hanya boleh melempar salah sebanyak berapa kali? Pertanyaan ini sering kali dipertanyakan oleh beberapa orang. Namun apakah anda tahu bahwa pitcher memiliki target di area strike zone ketika melambungkan bola yaitu di antara lutut pemukul dengan bagian tengah punggung. Kemudian hanya wasit (umpire) yang dapat menilai sah atau tidaknya lemparan pitcher. 

Seorang pemukul yang melakukan kesalahan ketika menerima bola dari pitcher dapat disebut strike yakni keadaan dimana bola tidak dapat dipukul oleh pemain pemukul. Apabila bat (tongkat pemukul) telah diayunkan dan tidak berhasil mengenai bola, maka pemain akan dinyatakan strike, terlepas bola yang dilemparkan pitcher masuk atau tidak dalam wilayah strike zone.

Secara umum pitcher hanya boleh melempar salah sebanyak 4 kali. Pitcher ini tidak hanya sebagai pemain yang tugasnya melambungkan bola softball saja. Tetapi adapula tugas pitcher lainnya dalam permainan softball yaitu sebagai berikut:
  • Membantu menangkap bola yangg dilemparkan ke base I, II, atau III menuju daerah penjagaannya dengan tujuan untuk mematikan pelari lawan.
  • Membantu catcher menjaga home base ketika ada pelari yang masuk ke dalam home base sedangkan catcher sedang mengambil bola.
Sekian penjelasan mengenai jawaban pitcher hanya boleh melempar salah sebanyak berapa kali. Pitcher merupakan pemain yang bertugas melambungkan bola dalam pertandingan softball. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Pitcher Hanya Boleh Melempar Salah Sebanyak Berapa Kali?"