Pengertian Lari Gawang, Teknik, Peraturan dan Peralatan

Advertisement

Pengertian Lari Gawang, Teknik, Peraturan dan Peralatan - Dalam pelajaran Penjaskes terdapat materi pembelajaran mengenai pengertian lari gawang, teknik dasar lari gawang, peraturan lari gawang dan peralatan lari gawang yang digunakan. Lari gawang sendiri dapat diartikan sebagai cabang olahraga atletik nomor lari yang menggunakan gerakan berlari cepat sehingga dapat melompati gawang yang tinggi dengan jarak tertentu sesuai dengan peraturan perlombaan. Pada tahun 1830, perlombaan ini pertama kali dilakukan di Inggris.

Perlombaan Lari Gawang
Pada dasarnya konsep lari gawang hampir sama dengan perlombaan lari biasa. Namun yang membedakan disini ialah para atletnya yang harus merintangi sebuah papan tinggi untuk dilompati. Jarak yang ditempuh oleh lari gawang disesuaikan dengan peraturan dalam perlombaan lari tersebut. Apa itu lari gawang? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian lari gawang, teknik dasar lari gawang, peraturan lari gawang dan peralatan lari gawang yang digunakan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Lari Gawang, Teknik, Peraturan dan Peralatan

Sebelum menjelaskan tentang pengertian lari gawang, teknik dasar lari gawang, peraturan lari gawang dan peralatan lari gawang. Saya akan membahas terlebih dahulu mengenai nomor perlombaan lari gawang. Adapun beberapa nomor lari gawang yang diperlombakan yaitu meliputi:
  • Lari gawang putra dengan jarak 110 meter dan tinggi gawang 1,067 meter.
  • Lari gawang putra dengan jarak 400 meter dan tinggi gawang 0,914 meter.
  • Lari gawang putri dengan jarak 100 meter dan tinggi gawang 0,840 meter.
  • Lari gawang putri dengan jarak 400 meter dan tinggi gawang 0,762 meter.
Baca juga : Bentuk Latihan Lari Jarak Menengah Beserta Penjelasannya

Pengertian Lari Gawang

Definisi lari gawang ialah olaharga lari cepat disertai dengan melewati rintangan (gawang) yang tingginya tertentu. Lari gawang dapat dilakukan dengan kemampuan koordinasi tinggi saat melewati rintangan seperti lompat dan lari. Jenis lari ini pada dasarnya menggabungkan teknik lompat dan lari. Di bawah ini terdapat beberapa karakteristik lari gawang yaitu meliputi:
  • Badan dimiringkan kearah depan setelah 3 kali langkah cepat dilakukan ke arah gawang. Kemudian dilakukan teknik melompat sambil meluruskan kaki depan.
  • Luruskan kaki depan yang berlawanan dengan tangan di sebelah sisi badan seakan akan ujung kaki depan dapat digapai.
  • Usahakan pinggul dan bahu tetap paralel dengan gawang.
  • Turunkan kaki depan ke bawah setelah gawang dilewati sehingga kaki dapat menyentuh lintasan.
  • Tekuk salah satu kaki lainnya ketika kaki depan menyentuh lintasan. Kemudian jaga keseimbangan badan menggunakan kedua tangan.
  • Langkahkan kaki belakang ke depan agar gawang berikutnya dapat dilewati dengan baik.
Selain pengertian lari gawang, adapula beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan jenis lari ini yaitu meliputi:
  1. Jarak tolakan di depan gawang sekitar 1,95 - 2,15 meter.
  2. Kaki diayunkan ke arah depan seperti lari sprint, namun gerakannya tidak disertai lutut yang kaku.
  3. Ayunkan lengan menyerupai lari sprint yakni dorong lengan depan ke arah depan setinggi mata agar keseimbangan badan dapat terjaga.
  4. Badan dibengkokkan ke arah depan dekat dengan paha dan ayunkan kaki ke depan agar posisi kepala saat di atas gawang tidak lebih tinggi dibandingkan saat lari sprint.
  5. Tarik kaki ke depan saat berada di atas gawang sehingga secara beruntun gerakan dilakukan. Buka paha ke arah samping saat dalam keadaan melipat kaki, Kemudian putar telapak tangan ke arah luar dan ketika di atas gawang posisinya rata.
  6. Turunkan kaki setelah melewati gawang dan lakukan pendaratan di depan gawang dengan jarak 1,05 - 1,45 meter. Tarik kaki dengan cepat ke arah depan agar langkahan kaki tetap lebar. Pelaksanaan gerakan tersebut disertai dengan mencondongkan badan ke arah depan.
  7. Arahkan pandangan anda ke depan di atas gawang.
Baca juga : Nomor Nomor yang Diperlombakan Dalam Lari Lengkap

Teknik Dasar Lari Gawang

Selain pengertian lari gawang, adapula teknik lari gawang untuk jarak 100 meter (putri) dan 110 meter (putra) serta 400 meter. Berikut penjelasan selengkapnya:

Lari Gawang Putri 100 Meter dan Putra 110 Meter
Di bawah ini terdapat teknik dasar lari gawang putri dengan jarak 100 meter dan putra dengan jarak 110 meter yaitu meliputi:
  • Menggunakan start jongkok dalam melakukan lari gawang.
  • Menuju ke arah gawang dengan berlari cepat, dimana badan diposisikan ke depan sedikit miring ketika melompat dan luruskan kaki depan.
  • Posisikan kaki depan berlawanan dengan tangan yang terletak di samping badan. Kemudian ayunkan ke depan dan disertai dengan gerakan pada tubuh.
  • Kaki depan digerakkan ke bawah setelah melewati gawang. Setelah itu berlari ke lintasan kembali, menuju ke depan dan melewati gawang selanjutnya.
  • Kaki belakang kemudian digerakkan ke depan menuju gawang selanjutnya
  • Lakukan gerakan berlari cepat dengan sprint dan langkahkan kaki diantara gawang berikutnya dengan kuat.
  • Pinggul dan bahu diposisikan tetap paralel dengan gawang. Ketika melewati gawang, tubuh diposisikan sedikit naik turun.
  • Akhiri gerakan dengan pendaratan dengan meluruskan kaki depan dan mengangkat tinggi kaki bagian belakangnya.

Lari Gawang 400 Meter
Pengertian lari gawang 400 meter ialah jenis lari gawang yang ditempuh dengan jarak 400 meter disertai sprint. Maka dari itu pelari dapat menggunakan kaki manapun dalam melewati gawang, secara efisien dalam melakukan gerakan melompat, pola langkah diantara gawang diubah, pada lintasan manapun menempuh jarak 400 meter dan ketajaman tikungan lebih diperhitungkan. Adapun teknik dasar lari gawang 400 meter yaitu sebagai berikut:
  • Badan diposisikan dalam keadaan tegak dan ketika melompati gawang posisinya tidak terlalu miring.
  • Kaki yang memimpin diangkat dengan horizontal dan menuju ke arah depan dengan lurus agar gawang dapat digapai serta dilewati. Kemudian gerakan kaki diseimbangkan dengan membawa tangan di samping badan yang berlawanan dengan kaki depan.
  • Kemudian tekuk lutut pada kaki yang mengikuti serta secara horizontal di putar ke arah depan agar gawang dapat dilompati. Kemudian putar lutut kaki yang mengikuti ke arah atas. Lalu ambil langkah berikutnya setelah menjejakkan kaki di atas lintasan.

Peraturan Lari Gawang

Selain menjelaskan tentang pengertian lari gawang dan teknik dasar lari gawang. Selanjutnya saya akan membahas beberapa peraturan dalam lari gawang. Ketetapan dalam peraturan lari gawang di atur oleh Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). Berdasarkan PASI, lari gawang memiliki beberapa peraturan diantaranya yaitu:
  • Seluruh lari gawang yang diperlombakan di mulai dari garis start sampai garis finish. Masing masing atlet harus melewati lintasan yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Pernyataan diskualifikasi diberikan kepada peserta lomba jika pada saat melewati gawang kaki pesertanya ditarik ke atas gawang di luar bidang horizontal, tidak berada dalam lintasan ketika melompati gawang dan gawang dengan sengaja dijatuhkan oleh peserta tersebut menggunakan tangan atau kaki.
  • Setiap peserta harus melewati 10 gawang, baik dengan jarak 400 meter, 100 meter ataupun 110 meter.
Baca juga : Pengertian dan Teknik Dasar Lari Jarak Jauh (Lari Marathon)

Peralatan Lari Gawang

Berdasarkan pengertian lari gawang, kita tahu bahwa gawang (palang) adalah peralatan yang digunakan dalam lari tersebut. Adapun ukuran gawang (palang) yang digunakan yaitu meliputi:
  • Jumlah minimal gawang yang disediakan sebanyak 80 buah. Dalam perlombaan lari gawang biasanya menggunakan 10 buah palang.
  • Lari gawang putri dengan jarak 100 meter menggunakan palang yang tingginya 0,838 meter.
  • Lari gawang putra dengan jarak 110 meter menggunakan palang yang tingginya 1,067 meter. 
  • Lari gawang dengan jarak 400 meter menggunakan palang yang tingginya 0,762 meter (putri) dan 0,914 meter (putra).
  • Palang memiliki lebar maksimal sekitar 1,20 meter.
  • Bagian dasar gawang memiliki panjang maksimal sekitar 0,70 meter.
  • Sebuah gawang tidak boleh memiliki berat total lebih dari 10 kg.
  • Palang kayu memiliki lebar 7 cm dan tebal 1 - 2 cm. Kemudian dibagian tepinya dibuat bulat sehingga bagiannya tidak tajam.
  • Warna cat dibuat belang hitam dan putih, dimana lebar warna hitam 22,50 cm. Lalu warna putih diletakkan di bagian kedua tepinya.
Sekian penjelasan mengenai pengertian lari gawang, teknik dasar lari gawang, peraturan lari gawang dan peralatan lari gawang. Lari gawang ialah cabang olahraga atletik nomor lari yang menggunakan gerakan berlari cepat sehingga dapat melompati gawang yang tinggi dengan jarak tertentu sesuai dengan peraturan perlombaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Pengertian Lari Gawang, Teknik, Peraturan dan Peralatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar