Semua Peraturan Permainan Softball dan Penjelasannya

Semua Peraturan Permainan Softball dan Penjelasannya - Softball adalah jenis olahraga beregu yang menurut saya cukup kompleks untuk dipelajari. Berbagai teknik dasar serta istilah membuatnya kurang familiar di mata siswa. Meski demikian kita tetap harus mempelajarinya karena jenis olahraga ini masuk kategori materi wajib di beberapa jenjang.

Permainan Softball

Tak sedikit siswa yang gagal ketika diminta menjelaskan peraturan dasar permainan satu ini. Contohnya teknik memukul yang benar, etentuan penilaian, posisi pemain, maupun jenis pelanggaran pada softball. Padahal pembahasannya bisa kalian baca sendiri di LKS maupun buku pedoman penjas. Di lain sisi, guru juga biasanya memberikan penjelasan secara intens lewat kegiatan praktikum.

Softball sendiri tidak terlalu populer dimainkan di tengah masyarakat karena memerlukan lapangan terstruktur serta peralatan khusus. Misalnya tongakat pemukul, bola kasti, maupun sarung tangan penangkap. Tapi sudah menjadi kewajiban siswa untuk menghafalkan materi yang meliputi peraturan softball lengkap dengan segala aspek di dalamnya.
 
Permainan softball sama seperti permainan lainnya yang memiliki ukuran lapangan dan peraturannya sendiri. Peraturan tersebut berlaku bagi semua pemain softball, tanpa terkecuali. Selain itu dibuatnya peraturan softball berguna agar dalam permainan tidak ada kecurangan yang terjadi. Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa peraturan permainan softball terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Semua Peraturan Permainan Softball dan Penjelasannya

Pada tahun 1887, permainan ini pertama kali diciptakan oleh George Hancock yang berasal dari kota Chicago. Pada saat itu permainan softball memang belum banyak yang mengetahuinya. Bahkan softball merupakan olahraga yang berasal dari pengembangan permainan handball atau lebih dikenal dengan permainan bisbol.

Softball sebenarnya hampir sama seperti permainan kasti atau baseball. Tentunya dengan penyesuaian pada beberapa aspek seperti posisi pemain, peraturan, serta jenis pelanggaran. Tak sedikit yang akhirnya bingung karena sulit membedakan antara ketiganya.

Ketika membicarakan apa saja peraturan sotfball tentu cakupan bahasannya akan sangat luas. Mulai dari jenis pelanggaran, metode penilaian, ukuran lapangan, peralatan, posisi pemain, dan berbagai istilah lainnya. Inilah yang terkadang membayang bayangi siswa sehingga sulit untuk memahami materi tersebut. Maka dari itu, dalam artikel di bawah telah saya rangkum semua istilah permainan softball yang berhubungan dengan peraturan dasar.

Ukuran Lapangan Softball

Peraturan permainan softball yang pertama berkaitan dengan lapangannya. Permainan ini memiliki ukurannya sendiri, seperti halnya permainan olahraga lainnya. Bentuk lapangan softball ialah bujur sangkar. Adapun ketetapan ukuran lapangan dalam peraturan softball yaitu sebagai berikut:
  • Panjang sisi lapangan ialah 16,76 meter.
  • Jarak Pitcher's Plate (jarak Home Base menuju tempat pelempar) ialah 13,07 meter.
  • Memiliki garis perpanjangan base I, II, dan III atau dikenal dengan garis batas jatuhnya bola.
  • Ukuran tempat pelambung pitcher ialah 60 x 15 cm.
  • Memiliki 3 base (tempat hinggap pemain) yaitu base I, base II, dan base III.
  • Peraturan permainan softball selanjutnya ialah memiliki home base yang berguna untuk tempat memukul bola bagi para pemain.
  • Base memiliki bentuk bantal dengan ketebalan 5 - 12,5 cm. Kemudian sisi basenya berukuran 38 x 38 cm . Namun untuk base home plate memiliki ukutan sisi puncak 30 cm dan ukuran sisinya 43 x 22 cm.
  • Penomoran pada setiap base lapangan softball dilakukan secara berlawanan arah jarum jam. Maka dari itu penomoran diawali dari home plate, marka I, marka II dan diakhiri dengan marka III.

Jumlah dan Posisi Pemain

Peraturan permainan softball selanjutnya berkaitan dengan jumlah pemainnya. Softball dimainkan oleh dua regu yang masing masing regu terdiri dari 9 orang pemain. Salah satu pemain bertugas sebagai kapten untuk memimpin timnya masing masing.
Peraturan permainan softball selanjutnya berkaitan dengan posisi pemainnya. Adapun beberapa posisi pemain softball yaitu sebagai berikut:
  • 1 orang Pitcher.
  • 2 orang Catcher
  • Base Man.
  • Shortstop.
  • Middle fielder.
  • Left fielder.
  • Right fielder.
  • Short fielder

Perlengkapan atau Peralatan

Peraturan permainan softball selanjutnya berkaitan dengan perlengkapan atau peralatannya. Dalam permainan softball terdapat bola yang warnanya kuning disertai benang grip merah. Bola memang salah satu peralatan softball yang paling utama. Namun adapula beberapa peraturan softball lainnya terkait perlengkapan yang diperlukan seperti:
  • Tongkat pemukul atau bat khusus untuk pertandingan resmi sesuai dengan peraturan dari Federasi Softball Internasional.
  • Glove atau sarung tangan yang berguna untuk menangkap bola. Maka setiap pemain bertahan wajib untuk mengenakan sarung tangan ini.
Baca juga : Jenis Jenis Sepakan Dalam Sepak Takraw Lengkap
  • Mitt atau sarung tanpa jari yang wajib dikenakan oleh penangkap bola dan First Baseman.
  • Helm pemukul bola yang wajib dikenakan oleh setiap pemain softball. Hal ini berguna untuk melindungi kepala ketika bola datang dengan keras dan cepat.
  • Protective gear atau pakaian pelindung yang digunakan oleh penangkap bola.
  • Cleats atau sepatu pool.
  • Menggunakan seragam seperti celana, baju, dan topi yang warnanya sama. Hal ini berlaku untuk setiap pemain dalam masing masing tim.

Durasi Waktu Pertandingan

Berapa lama permainan softball? durasi waktu merupakan aspek penting yang masuk dalam peraturan dasar. Pertandingan softball memiliki lama permainan yang didasarkan pada inning. Dimana permainan ini mempunyai 7 inning. Setiap 1 inning, satu regu bertugas sebagai regu penjaga sebanyak satu kali dan juga menjadi regu pemukul sebanyak satu kali.

Wasit

Peraturan permainan softball selanjutnya berkaitan dengan wasit. Permainan softball memiliki 4 wasit base umpire. Dimana 1 orang bertugas sebagai wasit kepala dan 3 orang lainnya sebagai base umpire. Letak wasit kepala berada di belakang catcher.

Perolehan Nilai

Peraturan permainan softball selanjutnya berkaitan dengan perolehan nilainya. Di bawah ini terdapat beberapa peraturan softball terkait pemerolehan nilainya yaitu sebagai berikut:
  • Pemain yang dapat memukul bola dan kembali lagi ke basenya dengan selamat akan memperoleh nilai 1.
  • Para pemain yang menuju base harus berlari dan menginjak basenya terlebih dahulu sehingga tidak hanya dilalui saja.
  • Jika hasil pukulan bolanya tertangkap maka pemukulnya dianggap mati dan pemain pelarinya harus segera kembali ke base dengan cepat agar tidak dibakar oleh penjaganya.
  • Jika pelari telah mati maka tidak dapat melanjutkan perjalanannya kembali.
  • Pemukul yang dapat kembali ke home base dengan selamat akan memperoleh nilai 6 dan tambahan nilai 1 bagi setiap base lawan.

Jenis Pelanggaran

Peraturan permainan softball selanjutnya berkaitan dengan pelanggarannya. Adapun beberapa pelanggaran dalam peraturan softball yaitu sebagai berikut:
  • Pitcher tidak dapat melakukan gerakan lain selain melempar bola ke catcher jika saat melempar bola pemain pitcher melakukan touch ball.
  • Tidak diperbolehkan untuk melakukan gerakan pitching secara berulang.
  • Apabila pitching berkali kali dilakukan maka wasit akan memberikan peringatan dan hukuman. Misalnya Freewalk (untuk pihak lawan).
  • Pemukul akan dinyatakan freewalk jika lemparan pitcher mengenai tubuh pemukulnya.
Baca juga : Peraturan Tenis Meja Lengkap Dengan Penjelasan
Peraturan permainan softball selanjutnya berkaitan dengan pergantian pemainnya. Pergantian pemain dalam permainan softball dapat dilakukan kapan saja, namun harus membuat laporan terlebih dahulu ke pihak wasit atau umpire atau home dan juga scorer. Maka dari itu sebelum pergantian pemain, akan lebih baik jika dilaporkan kepada wasit terlebih dahulu.

Peraturan Pertandingan

Di bawah ini terdapat beberapa peraturan permainan softball lainnya yaitu sebagai berikut:
  • Jika setelah 7 inning pertandingan memiliki hasil yang seri atau sama. Maka akan diberikan tambahan inning lagi untuk melanjutkan pertandingan.
  • Apabila dalam waktu yang ditentukan terdapat tim yang tidak bersedia bermain maka akan dinyatakan kalah. Kemudian tim pemenang akan diumumkan dengan nila 0 - 15.
  • Setiap inning memiliki satu kali timeout selama 1 menit.
Sekian penjelasan mengenai peraturan permainan softball terlengkap. Peraturan softball ini ditetapkan dengan tujuan agar tidak adanya kecurangan dalam pertandingan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Belum ada Komentar untuk "Semua Peraturan Permainan Softball dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel