3 Teknik Dasar Passing Futsal Beserta Cara Melakukannya

3 Teknik Dasar Passing Futsal Beserta Cara Melakukannya - Futsal masuk dalam kategori permainan yang hampir sama dengan olahraga sepak bola. Perbedaannya terletak pada lapangan futsal yang lebih kecil dan biasanya terletak di dalam ruangan (Indoor). Apakah teknik dasar futsal sama dengan teknik dasar sepak bola? Secara umum teknik dasar kedua permainan bola tersebut bisa dikatakan mirip dalam beberapa aspek. Tetapi para pemain futsal harus memiliki kemampuan untuk mengolah bola yang baik dilapangan yang minimalis.

Permainan futsal memiliki beberapa teknik dasar di dalamnya. Salah satunya ialah teknik dasar mengumpan futsal. Lalu bagaimana cara melakukan teknik passing futsal itu? Teknik ini merupakan salah satu jenis teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain futsal.

Teknik Mengumpan Bola pada Permainan Futsal

Futsal sekilas memang terlihat sama dengan permainan sepak bola karena sama-sama punya unsur mencetak gol untuk menang. Namun tanpa anda sadari, kedua jenis permainan bola ini memiliki perbedaan di dalamnya. Misalnya saja strategi permainan futsal yang notabenya lebih kompleks. Hal ini dikarenakan lapangan futsal memiliki permukaan dan ukuran lapangan yang berbeda dengan lapangan sepak bola. Selain itu letak pelatih dari kedua pemain ini juga berbeda.

Lantas apakah anda tahu bagaimana cara melakukan teknik dasar passing futsal itu? Teknik dasar mengumpan futsal ini merupakan satu dari sekian teknik dasar futsal yang wajib dikuasai. Para pemain futsal yang pemula harus memiliki kemampuan atau skill yang terus diasah dan dilatih agar performa yang ditampilkannya menjadi lebih sempurna dalam pertandingan.

3 Teknik Dasar Passing Futsal Beserta Cara Melakukannya

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian futsal ialah permainan bola yang menggunakan lapangan kecil hampir sama seperti sepak bola. Para pemain futsal menggunakan teknik operan pendek dan passing bawah dalam pertandingan. Untuk itu teknik passing futsal ini harus dikuasai oleh setiap pemain. Teknik dasar mengumpan futsal ini biasanya diterapkan dalam strategi dan pola permainan futsal pada masing masing tim.

Oleh karenanya, setiap pemain futsal harus memiliki kemampuan mengumpan bola (passing) yang baik. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik dasar passing futsal beserta cara melakukan teknik dasar passing pada permainan futsal. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pertandingan futsal dapat dimenangkan jika setiap pemainan memiliki teknik dan kemampuan yang baik. Apakah anda tahu apa pengertian passing itu? Passing ialah teknik dasar permainan futsal yang digunakan untuk melakukan umpan atau operan pendek kepada pemain lainnya dalam satu tim.
Baca juga : Peraturan Permainan Futsal Beserta Penjelasannya Terlengkap
Setiap pemain futsal memang harus mengusai teknik mengoper bola ini sehingga bola dapat dikuasai meskipun ukuran lapangannya kecil. Dalam permainan futsal terdapat beberapa teknik operan atau mengumpan bola yang berbeda beda. 

Cara Melakukan Passing Futsal

Teknik passing hampir kita temukan di hampir semua permainan bola besar seperti sepak bola, basket, dan futsal. Konsep dasar passing adalah memasukan kembali bola yang telah keluar dari lapangan permainan. Nah, jika sepakbola memiliki cara passing dilempar, maka cara melakukan passing dalam permainan futsal adalah ditendang.

Secara garis besar, Teknik passing futsal dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu teknik mengumpan dengan kaki bagian luar, tumit maupun kaki bagian dalam. Cara melakukan passing futsal berbeda untuk setiap jenisnya. Perbedaan tersebut terlihat jelas pada posisi kaki yang dipakai untuk mengumpan bola futsal.

Uniknya, setiap jenis passing futsal tersebut memiliki keuntungan serta kekurangan tersendiri. Penjelasan lengkap terkait teknik dasar passing futsal memang sudah terangkum di buku LKS penjas. Tapi untuk memudahkan kalian saya sudah merangkumnya menjadi pebahasan yang singkat.

Teknik Passing Kaki Dalam

Teknik mengumpan bola futsal yang pertama dapat menggunakan kaki bagian dalam. Cara melakukan passing futsal ini dilakukan sedemikian rupa agar bola dapat diumpankan kepada pemain lain dengan jarak yang dekat. Teknik ini merupakan salah satu teknik dasar futsal yang mendominasi permainan karena lapangannya memiliki ukuran kecil.

Untuk itu pelaksanaan operan atau umpan pendek ini sering dilakukan agar strategi permainan dapat dilakukan dengan baik dan benar. Adapun cara melakukan passing menggunakan kaki dalam yaitu sebagai berikut:
  1. Bola diposisian didepan tubuh. Kemudian hadapkan tubuh pada pemain target yang akan diberikan umpan.
  2. Lalu kaki kiri/kanan ditempatkan sebagai tumpuan yang letaknya dibagian samping bola dan tekuk sedikit lutut anda.
  3. Kaki tersebut kemudian ditarik ke arah belakang untuk menendang.
  4. Kmudian sentuh bola dengan mengayunkannya ke arah depan.
  5. Bola di tendang pada bagian tengah sehingga gerakannya dapat lurus menuju depan.
  6. Setelah itu ayunkan kaki dengan tepat mengikuti bola yang mengarah ke depan.
Secara garis besar, pemain menggunakan teknik passing kaki bagian luar dalam futsal untuk mendapatkan umpan lambung. Jarak serta akurasi yang dihasilkan dari jenis passing futsal satu ini juga cukup signifikan dan memuaskan.

Teknik Passing Menggunakan Kaki Luar

Jenis teknik dasar passing futsal selanjutnya dapat dilakukan dengan kaki bagian luar. Teknik mengumpan bola pada permainan futsal ini ditujukan untuk rekan pemain yang letaknya berlawanan dengan pemain pengumpan sehingga pemberian operannya berbentuk silang. Teknik operan futsal ini dapat digunakan untuk menipu lawan sehingga umpan terobosan dapat terbentuk.

Adapun cara melakukan teknik passing futsal dengan kaki luar yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Pelanggaran Dalam Sepak Bola Beserta Hukumannya Lengkap
  1. Bola diposisikan di samping tubuh ketika akan ditendang.
  2. Setelah itu kaki diposisikan untuk menumpu badan ke arah belakang sehingga posisinya sejajar dengan bola.
  3. Kemudian kaki penendang ditarik ke belakang sehingga arah ayunan kaki dapat menuju ke samping sampai menyentuh bola.
  4. Kaki diletakkan ke bagian kanan atau kiri bola ketika menendang.
  5. Lali kaki digerakkan tetap mengikuti arah bola sehingga ayunannya dapat mengarah ke samping.
Teknik passing futsal menggunakan kaki bagian dalam menjadi opsi untuk memberikan operan atau umpan jarak jauh yang sangat efektif. Tingkat akurasinya pun juga lumayan bagus asalkan kita bisa membidik penerima secara pas.

Passing Menggunakan Tumit

Jenis passing futsal yang selanjutnya memang tidak terlalu banyak dipakai karena lumayan beresiko. Teknik dasar passing futsal menggunakan tumit bersifat kondisional tak seperti dua macam cara mengumpan bola sebelumnya. Mayoritas pemain memakainya hanya dalam kondisi terjepit untuk membuat lawan terkecoh.

Dengan begitu lawan yang menghadang kita dapat dihindari dengan baik karena posisi passing ini membelakangi gawang. Teknik operan menuju belakang ini membutuhkan kejelian yang baik karena menggunakan kaki bagian tumit.

Cara melakukan passing futsal satu ini juga tak boleh sembarangan karena kita harus memastikan rekan satu tim siap menerima umpan. Alih-alih mengecoh lawan, operan yang tidak matang justru akan menciptakan blunder dan menguntungkan lawan. Adapun cara melakukan teknik mengumpan bola futsal dengan tumit yaitu:
  1. Tubuh diposisikan membelakangi bola.
  2. Kemudian kaki ditempatkan sebagai penumpu yang letaknya di bagian samping bola.
  3. Setelah itu tarik ke depan kaki penendang terlebih dahulu dan mengayunkannya ke arah belakang sampai bola terkena tumit.
  4. Lalu tumit diposisikan pada bagian tengah bola ketika tendangan dilakukan.
  5. Gerakan kaki dibiarkan mengayun sedikit ke arah belakang mengikuti gerakan bola.
Sekian penjelasan mengenai tentang teknik dasar passing futsal beserta cara melakukan teknik dasar passing pada permainan futsal. Anda harus tetap berlatih secara teratur untuk menguasai teknik dasar futsal ini setelah mengetahui cara melakukan passing futsal tersebut dengan benar.

Maka dari itu kemampuan pemain dalam mengumpan bola dapat diasah dengan baik dan benar. Apabila dalam prakteknya kalian menjumpai kesuSemoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "3 Teknik Dasar Passing Futsal Beserta Cara Melakukannya"