5 Jenis dan Teknik Sepakan Dalam Sepak Takraw dan Gambarnya

5 Jenis dan Teknik Sepakan Dalam Sepak Takraw dan Gambarnya - Meski jarang dimainkan oleh masyarakat tapi sepak takraw sering muncul pada perlombaan. Olahraga satu ini sudah mulai diajarkan pada siswa ketika berada di bangku sekolah dasar. Tak hanya bermodal teori, guru pun pasti pernah mengajarkannya secara praktek.

Secara garis besar permainan sepak takraw merupakan kombinasi olahraga voli dan sepak bola. Lapangan sepak takraw berbentuk persegi panjang dengan net pemisah ditengahnya seperti volly. Sedangkan teknik dasar sepak takraw sepenuhnya tak boleh bersentuhan dengan tangan. Setiap tim memiliki tiga pemain utama yang akan terus berganti posisi baik bertahan maupun menyerang.

Jenis Sepakan Sepak Takraw

Tiap pemain harus menguasai teknik sepakan sampai sundulan untuk menyerang maupun memberi umpan. Padahal setidaknya ada lima jenis sepakan dalam sepak takraw yang harus kalian pelajari. Masing-masing teknik menyepak memiliki kelebihan serta fungsinya sendiri. Apakah kalian sedang mendapat tugas untuk merangkum jenis sepakan tersebut? jika iya maka simaklah artikel ini sampai selesai.

5 Jenis dan Teknik Sepakan Dalam Sepak Takraw dan Gambarnya

Secara garis besar, seluruh keberhasilan pola pertahanan dan serangan sangat bergantung pada penggunaan teknik dasar sepakan, heading, maupun cara menerima bola. Bukan perkara mudah untuk menguasai masing-masing teknik tersebut meski guru sudah mengajarkannya. Bola yang kecil serta gerakan yang mengandalkan kelenturan tubuh menjadi kendala utama sulitnya mempelajari olahraga satu ini.

Ada berapa jenis sepakan dalam sepak takraw? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Meski materi sudah terangkum rapi dalam buku LKS tapi faktanya masih banyak siswa tak mengetahuinya. Padalah teknik sepakan sering kali muncul sebagai soal yang membingungkan.

Baca juga : Sejarah Sepak Takraw Lengkap Dengan Teknik Dasarnya

Pada dasarnya setiap jenis sepakan sepak takraw memiliki gerakan berbeda. Masing-masing teknik dasar sepakan tersebut juga memiliki manfaat baik untuk menyerang dan memberi umpan. Di bawah ini terdapat beberapa jenis sepakan sepak takraw beserta penjelasannya. Berikut penjelasan selengkapnya:


Teknik Sepakan Sila

Sepak sila merupakan salah satu jenis sepakan dalam Sepak Takraw yang berkembang dengan nama sepakan jarak jauh. Teknik sepakan sila dilakukan dengan memukul bola menggunakan kaki dengan gaya tendangan yang mirip seperti teknik tendangan bebas dalam sepak bola.

Jenis sepakan sepak takraw satu ini mengharuskan pemain melakukan tendangan jauh dan jatuh di lapangan lawan dengan tujuan mencetak poin. Sepak sila sangat penting dalam olahraga Sepak Takraw karena efektif menghasilkan poin dan mengubah arah permainan dengan cepat.






Sepak Sila
Sepak Sila

Jenis sepakan dalam sepak takraw di atas mengharuskan kita memakai kaki bagian dalam. Jenis sepakan takraw tersebut biasanya dipakai untuk menguasai bola, mengumpan, serta mengamankan zona pertahanan.

Teknik dasar sepakan sila dimulai dengan tahap persiapan dimana pemain menentukan posisi tubuh dan arah bola. Selanjutnya, pemain harus menyepak menggunakan kaki bagian dalam sembari memperhatikan arah tendangan. Tujuannya agar bola terarah melewati garis pertahanan dan jatuh di area lapangan lawan.

Jenis sepakan sepak takraw ini memang efektif dan efisien untuk menciptakan poin secara instan. Tapi kalian juga wajib mempertimbangkan aspek kekurangan serta tingkat kesulitannya. Banyak yang menyatakan teknik tersebut memerlukan keahlian serta kontrol yang baik agar tidak terjadi blunder.

Teknik Sepakan Kuda

Sepakan kuda merupakan salah satu teknik sepak dalam olahraga Sepak Takraw yang cukup populer di kalangan pemain. Sepakan ini juga dikenal dengan nama "sepakan kuda laut" atau "sepakan kuda tunggal". Sepakan kuda adalah teknik dasar dalam Sepak Takraw yang dilakukan dengan memukul bola menggunakan kaki dengan gaya sepakan seperti tendangan kuda yang dilakukan oleh kuda.

Teknik sepakan kuda dilakukan dengan cara menendang bola agak unik yakni ke atas memakai punggung kaki. Jenis sepakan dalam sepak takraw satu ini memang memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Apabila tidak berhati hati maka teknik sepak takraw tersebut berpotensi menimbulkan cidera kaki khususnya pada bagian paha. Apabila penasaran, simaklah ilustrasi gerakan menyepak sepak takraw pada gambar di bawah.

Sepak Kuda
Sepak Kuda

Kelebihan teknik sepakan kuda terletak pada tendangan yang begitu kuat sehingga bola bisa melewati lini pertahanan dengan cepat. Teknik dasar menyepak yang benar akan membuat lawan tidak berkutik sama sekali. Selain itu, Teknik ini juga sangat berguna dalam situasi yang membutuhkan serangan cepat dan mendadak dalam permainan.

Singkatnya, Jenis sepakan takraw ini berguna untuk memantulkan bola yang datangnya rendah, menahan bola yang arahnya kencang, memainkan bola, menguasai/mengawal bola, dan menyelamatkan bola dari tendangan lawan.

Teknik Sepakan Cungkil

Salah satu teknik sepakan dalam sepak takraw yang lumayan mudah untuk dikuasai yakni dengan cara mencungkil. Sepakan cungkil juga dikenal dengan nama "sepakan lob" maupun "sepakan cungkil belakang". Gerakan sepak takraw tersebut cukup mudah yakni menendang bola dengan ujung kaki atau jari.

Fungsi sepakan cungkil sendiri untuk menyelamatkan sekaligus mengambil bola yang relatif jauh dan rendah. Biasanya para pemain memakai teknik sepak takraw ini ketika keadaan darurat dimana bola tidak dapat dijangkau oleh jenis sepakan lain.

Baca juga : Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia Lengkap

Dalam segi bertahan maupun menyerang, teknik sepakan cungkil memiliki kelebihan dalam memberikan efek gerakan bola yang tidak terduga. Dengan demikian membuat musuh kesulitan mengembalikan bola. Selain itu, teknik ini juga dapat digunakan untuk mengatasi pertahanan lawan yang ketat atau untuk melewati lawan yang berada di depan pemain.

Sepak Cungkil
Sepak Cungkil

Cara melakukan teknik sepakan dalam sepak takraw satu ini cukup mudah dikuasai bahkan untuk pemula sekalipun. Kalian harus memposisikan tubuh bersiap untuk menerima datangnya bola. Lalu pakai ujung kaki untuk mencungkil bola ke arah atas sembari mengarahkan bola menuju area yang dituju. Perlu diingat pula untuk mengontrol kekuatan tendangan agar terlalu kuat dan melebihi target yang diinginkan.

Menapak

Menapak
Menapak
Jenis sepakan dalam sepak takraw selanjutnya ialah menapak. Menapak ialah jenis sepakan sepak takraw yang menggunakan telapak kaki. Jenis sepakan takraw ini berguna untuk melakukan serangan, smash, memblok smash, menahan serangah lawan, mengambil bola dekat diatas net dan menyelamatkan bola.

Sepak Simpuh atau Sepak Badek

Sepak Simpuh atau Sepak Badek
Sepak Simpuh atau Sepak Badek
Jenis sepakan dalam sepak takraw yang terakhir ialah sepak simpuh atau sepak badek. Sepak simpuh ialah jenis sepakan sepak takraw yang menggunakan kaki bagian samping atau luar. Jenis sepakan takraw ini berguna untuk menguasai bola, menyelamatkan bola dari smash/serangan lawan dan mengontrol bola.

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis sepakan dalam sepak takraw. Setiap jenis sepakan sepak takraw memiliki kegunaannya masing masing. Selain itu cara melakukan sepakan takraw tersebut juga berbeda beda setiap jenisnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "5 Jenis dan Teknik Sepakan Dalam Sepak Takraw dan Gambarnya"