Bentuk Latihan Gerakan Mengayun Tali Senam Irama

Bentuk Latihan Gerakan Mengayun Tali Senam Irama - Penjasorkes termasuk salah satu mapel yang banyak digemari siswa. Setiap pembelajarannya berisikan aktivitas menyenangkan untuk diikuti. Misalnya sepak bola, basket, sodan materi yang paling sederhana yakni senam. 

Senam irama adalah materi dasar penjas yang bisa kita temukan hampir di semua jenjang mulai dari SD, SMP, maupun SMA. Meski tingkat kesulitannya berbeda di setiap jenjang tapi pada dasarnya gerakan dasarnya hampir sama. Latihan senam irama akan disertai iringan musik sehingga gerakan senam yang dihasilkan lebih berirama.



Gerakan Ayunan Tali Dalam Senam Irama

Selain diiringi lantunan musik biasanya senam irama juga dilakukan menggunakan alat bantu. Misalnya pita, tongkat, dan lain sebagainya sebagaimana yang telah diatur dalam buku pedoman penjas. Ada banyak sekali bentuk latihan senam irama menggunakan tali yang dapat kita pelajari. Tak hanya berasal dari LKS saja, kalian bisa mencari referensi langsung dari sumber lain seperti youtube. Di lain sisi, guru pun pasti juga akan memberikan contoh gerakan mengayun tali beserta variasinya.

Sayangnya tak semua siswa mampu menciptakan gerakan indah nan dinamis karena berbagai faktor. Misalnya kurang bisa menyamakan antara tempo gerakan dengan lantunan musik. Sehingga gerakan senam irama yang kita lakukan terkesan kehilangan unsur keindahannya.

Bentuk Latihan Gerakan Mengayun Tali Senam Irama

Pada dasarnya gerakan senam irama cukup mudah untuk dilakukan karena diiringi oleh lantunan musik. Sehingga kita bisa mengatur tempo lebih rapi hingga memunculkan kesan estetik pada setiap gerakannya. Jenis senam satu ini bisa dilakukan baik menggunakan alat ataupun tidak sama sekali.

Dalam konteks pendidikan, kalian akan menjumpai pembahasan senam irama ketika berada di bangku SMP sampai tingkat SMA. Tak jarang pula materi tersebut menjelma menjadi butir soal ujian yang sulit untuk dijawab. Misalnya ketika siswa diminta menyebutkan ada berapa bentuk latihan senam irama menggunakan alat berupa tali.

Dalam senam irama terdapat beberapa bentuk latihan gerakan ayunan tali seperti gerakan melingkar ke atas kepala, melingkar ke samping, tali melingkar dan posisinya berubah, ayunan horizontal, melingkar badan dan memutar tali ke belakang, melingkar bawah dengan lompatan, serta melingkar dan berayun ke samping. Semua gerakan itu dapat dilatih dengan cara melakukannya dengan benar. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bentuk latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama.
Baca juga : 6 Contoh Senam Irama Beserta Penjelasan Lengkap

Setiap gerakan mengayun tali dalam senam irama memiliki bentuk latihan yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan gerakan ayunan tali senam irama terdiri dari gerakan melingkar ke atas kepala, melingkar ke samping, tali melingkar dan posisinya berubah, ayunan horizontal, melingkar badan dan memutar tali ke belakang, melingkar bawah dengan lompatan, serta melingkar dan berayun ke samping. Berikut penjelasan masing masing cara melakukan gerakan ayunan talinya yaitu:

 

Melingkar ke Samping

Bentuk latihan senam irama menggunakan tali pertama kalian bisa menciptakan gerakan melingkar ke samping. Kunci utama dari latihan mengayunkan tali satu ini adalah membuat lingkaran di samping tubuh secara konsisten. Siswa juga harus memperhatikan besarnya diameter serta menajaga durasi ayunan tali agar tetap seirama dengan musik.

Menurut saya pribadi gerakan mengayun tali ke samping merupakan teknik yang paling mudah untuk dilakukan. Jika kalian kebetulan sedang mendapat tugas praktek maupun tertulis untuk merangkum teknik dasar senam irama. Maka simaklah cara menggunakan tali di bawah:
  1. Posisi badan berdiri.
  2. Setelah itu gunakan dua tangan untuk memegang ujung tali dan posisikan di depan bahu sebelah kanan.
  3. Lakukan gerakan melingkar ke arah depan, dilanjutkan ke arah belakang, samping kanan atas dan samping kiri atas.
  4. Ketika gerakan tali melingkar ke atas kepala dan ke arah belakang maka lakukan body wave.
  5. Gerakan melingkar dengan semua variasi ini dapat dilaksanakan dengan langkah tari atau berjalan.

Melingkar di Atas Kepala

Mari tinggalkan gerakan mudah dan menuju ke tahap selanjutnya yang tentu memliki tingkat kesulitan lebih tinggi. Bentuk latihan senam irama menggunakan tali selanjutnya adalah gerakan mengayun di atas kepala. Meski konsepnya sama yakni menciptakan lingkaran tapi teknik dasar kali ini lebih sukar untuk dilakukan.

Mengapa demikian? karena siswa dipaksa harus mengayunkan tali di atas kepala tanpa melihatnya. Maka dari itu, diperlukan keahlian dan perhitungan matang agar gerakan senam irama tetap sinkron dengan musiknya. Jika kalian ingin mempelajarinya maka simaklah tutorial di bawah:
    1. Sikap tubuh berdiri.
    2. Kemudian kedua tangan memegang ujung tali dan posisikan di atas kepala.
    3. Lalu lakukan gerakan melingkar tali secara horizontal menuju atas kepala.

    Melingkar Bawah dengan Lompatan

    Pada dasarnya ada banyak sekali variasi gerakan senam irama yang bisa siswa terapkan ketika kegiatan praktikum. Tak hanya sekedar teori saja tapi kita juga harus mampu melakukan berbagai bentuk latihan mengayun tali. Salah satunya adalah menciptakan gerakan kombinasi mengayunkan tali sembari melompat.

    Apa yang terjadi jika kita hanya mengayunkan tali tanpa disertai lompatan? sebenarnya sah-sah saja. Tapi banyak pakar berpendapat gerakan senam irama kalian menjadi monoton. Dalam penilaian, juri biasanya akan memberikan nilai rendah karena teknik yang kita pakai kurang menarik.

    Di lain sisi, mempelajari bagaimana cara melakukan senam irama menggunakan alat berupa tali merupakan kewajiban kita sebagai siswa. Pasalnya materi tersebut sering muncul sebagai butir soal ujian yang tentunya menyulitkan. Apakah kalian sudah tau seperti apa gerakan kombinasi melingkar bawha disertai lompatan? jika belum simaklah langkah berikut:
    1. Sikap tubuh berdiri.
    2. Kemudian tangan kanan memegang kedua ujung tali dan posisikan di samping kanan.
    3. Lalu tali diayunkan menuju ke arah kanan dengan rendah.
    4. Lakukan gerakan melompat dengan kaki kiri sebelum tali menyentuh lantai.
    5. Setelah itu dilanjutkan dengan gerakan melingkar.
    Baca juga : 8 Pengertian Senam Menurut Para Ahli Terlengkap

    Tali Melingkar dan Posisinya Berubah

    Latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama selanjutnya ditujukan untuk gerakan tali melingkar dan posisinya berubah. Adapun cara melakukan ayunan tali gerakan tali melingkar dan posisinya berubah dalam senam irama yaitu sebagai berikut:
    1. Sikap badan berdiri.
    2. Kemudian gunakan tangan kanan untuk memegang ujung tali dan posisikan ke arah samping kanan.
    3. Lalu tali diayunkan ke arah depan samping kiri dan dilanjutkan dengan menggerakkan lengan kanan ke atas.
    4. Letakkan tangan kanan di atas dan gunakan tangan kiri untuk memegang ujung tali.
    5. Setelah itu diteruskan dengan gerakan melingkar menuju depan badan.
    6. Kemudian kedua ujung tali dipisahkan dan lengan kanan diayunkan silang menuju arah kiri atas kepala dan diakhiri dengan posisi tali yang terletak di belakang badan.

    Ayunan Horizontal

    Latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama selanjutnya ditujukan untuk gerakan ayunan secara horizontal. Adapun cara melakukan ayunan tali secara horizontal dalam senam irama yaitu sebagai berikut:
    1. Sikap tubuh berdiri dan buka kedua kaki. Berat badan ditumpukan ke arah kanan dan tangan memegang tali serta diletakkan di samping kanan.
    2. Tali diayunkan ke arah kanan menuju kiri, dimana gerakan tangan mendatar.
    3. Setelah itu lutut dibengkokkan dan ketika ayunan tali ke arah kiri maka gerakannya dipindahkan ke kaki kiri.
    4. Ketika tangan kanan sudah memegang tali, lalu gerakan diteruskan dengan kembali berayun ke arah kanan. Begitu pula sebaliknya ketika menggunakan tangan kiri.

    Melingkar dan Berayun ke Samping

    Latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama selanjutnya ditujukan untuk gerakan melingkar dan berayun ke samping. Adapun cara melakukan ayunan tali gerakan melingkar dan berayun ke samping dalam senam irama yaitu sebagai berikut:
    1. Posisikan tubuh berdiri dan buka kaki ke arah samping.
    2. Berat badan di tumpukan ke arah kanan dan tangan kanan memegang tali serta diletakkan di samping.
    3. Setelah itu tangan membuat lingkaran badan, mulai dari turun ke arah kiri sampai membentuk lingkaran penuh.
    4. Lalu tangan diayunkan ke kiri disertai dengan memindahkan berat badan.

    Melingkar Badan

    Latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama selanjutnya ditujukan untuk gerakan melingkar badan. Adapun cara melakukan ayunan tali gerakan melingkar badan dalam senam irama yaitu sebagai berikut:
    1. Posisikan tubuh berdiri dan buka kaki.
    2. Tumpukan berat badan di kiri dan kedua tangan diletakkan ke samping. Kemudian tali diletakkan ke belakang.
    3. Lalu tangan kiri di bawa ke kanan belakang atas.
    4. Lengan kanan diayunkan ke kiri sehingga posisinya memotong dan melingkari kepala.
    5. Gerakan diteruskan sampai ke posisi akhir seperti semula.
    Baca juga : Lambang Induk Organisasi Olahraga Nasional Beserta Internasional

    Memutar Tali ke Belakang

    Bentuk latihan senam irama menggunakan tali selanjutnya adalah gerakan memutar tali ke belakangan. Teknik ini menjadi menurut saya pribadi menjadi yang paling sulit karena siswa dituntut harus memiliki fleksibilitas tinggi. Adapun cara melakukan ayunan tali gerakan memutar ke belakang dalam senam irama yaitu sebagai berikut:
    1. Posisikan tubuh berdiri. Tangan kanan memegang tali dan posisikan ke arah kanan samping.
    2. Kaki dilangkahkan ke kiri disertai tali yang diayunkan ke depan badan.
    3. Kemudian tali dipindahkan ke tangan kiri dan kaki kanan dilangkahkan. Setelah itu tali diayunkan memutar ke arah belakang sambil memutar tangan kanan.
    Sekian penjelasan mengenai bentuk latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama. Gerakan ayunan tali dalam senam irama dapat dilakukan dengan baik dan benar jika dilatih secara rutin dan teratur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi senam irama di atas.

    Belum ada Komentar untuk "Bentuk Latihan Gerakan Mengayun Tali Senam Irama"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel