Bentuk Latihan Gerakan Mengayun Tali Dalam Senam Irama

Advertisement

Bentuk Latihan Gerakan Mengayun Tali Dalam Senam Irama - Pengertian senam irama ialah senam yang memiliki gerakan disertai dengan irama musik sehingga gerakannya lebih berirama. Senam irama sendiri dapat dinamakan dengan senam ritmik. Senam irama memiliki beberapa gerakan dengan alat pendukung masing masing. Salah satunya ialah gerakan dengan menganyunkan tali dalam senam irama. Pelaksanaan gerakan ayunan tali tersebut harus sesuai ritme irama musik sehingga terkesan indah. Semua gerakan gerakan indah ini harus disertai dengan latihan latihan yang rutin dan teratur. Lalu apa saja bentuk latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama?

Gerakan Ayunan Tali Dalam Senam Irama
Dalam senam irama terdapat beberapa bentuk latihan gerakan ayunan tali seperti gerakan melingkar ke atas kepala, melingkar ke samping, tali melingkar dan posisinya berubah, ayunan horizontal, melingkar badan dan memutar tali ke belakang, melingkar bawah dengan lompatan, serta melingkar dan berayun ke samping. Semua gerakan itu dapat dilatih dengan cara melakukannya dengan benar. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bentuk latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bentuk Latihan Gerakan Mengayun Tali Dalam Senam Irama

Setiap gerakan mengayun tali dalam senam irama memiliki bentuk latihan yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan gerakan ayunan tali senam irama terdiri dari gerakan melingkar ke atas kepala, melingkar ke samping, tali melingkar dan posisinya berubah, ayunan horizontal, melingkar badan dan memutar tali ke belakang, melingkar bawah dengan lompatan, serta melingkar dan berayun ke samping. Berikut penjelasan masing masing cara melakukan gerakan ayunan talinya yaitu:
Baca juga : 6 Contoh Senam Irama Beserta Penjelasan Lengkap
Melingkar ke Samping
Latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama yang pertama ditujukan untuk gerakan melingkar ke samping. Adapun cara melakukan ayunan tali gerakan melingkar ke samping dalam senam irama yaitu sebagai berikut:
  • Posisi badan berdiri, Setelah itu gunakan dua tangan untuk memegang ujung tali dan posisikan di depan bahu sebelah kanan.
  • Lakukan gerakan melingkar ke arah depan, dilanjutkan ke arah belakang, samping kanan atas dan samping kiri atas. Ketika gerakan tali melingkar ke atas kepala dan ke arah belakang maka lakukan body wave.
  • Gerakan melingkar dengan semua variasi ini dapat dilaksanakan dengan langkah tari atau berjalan.

Melingkar di Atas Kepala
Latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama selanjutnya ditujukan untuk gerakan melingkar di atas kepala. Adapun cara melakukan ayunan tali gerakan melingkar di atas kepala dalam senam irama yaitu sebagai berikut:
    • Sikap tubuh berdiri. Kemudian kedua tangan memegang ujung tali dan posisikan di atas kepala.
    • Lalu lakukan gerakan melingkar tali secara horizontal menuju atas kepala.

    Melingkar Bawah dengan Lompatan
    Latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama selanjutnya ditujukan untuk gerakan melingkar bawah dengan lompatan. Adapun cara melakukan ayunan tali gerakan melingkar bawah dengan lompatan dalam senam irama yaitu sebagai berikut:
    • Sikap tubuh berdiri. Kemudian tangan kanan memegang kedua ujung tali dan posisikan di samping kanan.
    • Lalu tali diayunkan menuju ke arah kanan dengan rendah.
    • Lakukan gerakan melompat dengan kaki kiri sebelum tali menyentuh lantai. Setelah itu dilanjutkan dengan gerakan melingkar.
    Baca juga : 8 Pengertian Senam Menurut Para Ahli Terlengkap
    Tali Melingkar dan Posisinya Berubah
    Latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama selanjutnya ditujukan untuk gerakan tali melingkar dan posisinya berubah. Adapun cara melakukan ayunan tali gerakan tali melingkar dan posisinya berubah dalam senam irama yaitu sebagai berikut:
    • Sikap badan berdiri, kemudian gunakan tangan kanan untuk memegang ujung tali dan posisikan ke arah samping kanan.
    • Lalu tali diayunkan ke arah depan samping kiri dan dilanjutkan dengan menggerakkan lengan kanan ke atas.
    • Letakkan tangan kanan di atas dan gunakan tangan kiri untuk memegang ujung tali. Setelah itu diteruskan dengan gerakan melingkar menuju depan badan.
    • Kemudian kedua ujung tali dipisahkan dan lengan kanan diayunkan silang menuju arah kiri atas kepala dan diakhiri dengan posisi tali yang terletak di belakang badan.

    Ayunan Horizontal
    Latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama selanjutnya ditujukan untuk gerakan ayunan secara horizontal. Adapun cara melakukan ayunan tali secara horizontal dalam senam irama yaitu sebagai berikut:
    • Sikap tubuh berdiri dan buka kedua kaki. Berat badan ditumpukan ke arah kanan dan tangan memegang tali serta diletakkan di samping kanan.
    • Tali diayunkan ke arah kanan menuju kiri, dimana gerakan tangan mendatar.
    • Setelah itu lutut dibengkokkan dan ketika ayunan tali ke arah kiri maka gerakannya dipindahkan ke kaki kiri.
    • Ketika tangan kanan sudah memegang tali, lalu gerakan diteruskan dengan kembali berayun ke arah kanan. Begitu pula sebaliknya ketika menggunakan tangan kiri.

    Melingkar dan Berayun ke Samping
    Latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama selanjutnya ditujukan untuk gerakan melingkar dan berayun ke samping. Adapun cara melakukan ayunan tali gerakan melingkar dan berayun ke samping dalam senam irama yaitu sebagai berikut:
    • Posisikan tubuh berdiri dan buka kaki ke arah samping. Berat badan di tumpukan ke arah kanan dan tangan kanan memegang tali serta diletakkan di samping.
    • Setelah itu tangan membuat lingkaran badan, mulai dari turun ke arah kiri sampai membentuk lingkaran penuh. Lalu tangan diayunkan ke kiri disertai dengan memindahkan berat badan.

    Melingkar Badan
    Latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama selanjutnya ditujukan untuk gerakan melingkar badan. Adapun cara melakukan ayunan tali gerakan melingkar badan dalam senam irama yaitu sebagai berikut:
    • Posisikan tubuh berdiri dan buka kaki. Tumpukan berat badan di kiri dan kedua tangan diletakkan ke samping. Kemudian tali diletakkan ke belakang.
    • Lalu tangan kiri di bawa ke kanan belakang atas. Lengan kanan diayunkan ke kiri sehingga posisinya memotong dan melingkari kepala. Gerakan diteruskan sampai ke posisi akhir seperti semula.
    Baca juga : Lambang Induk Organisasi Olahraga Nasional Beserta Internasional
    Memutar Tali ke Belakang
    Latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama selanjutnya ditujukan untuk gerakan memutar tali ke belakang. Adapun cara melakukan ayunan tali gerakan memutar ke belakang dalam senam irama yaitu sebagai berikut:
    • Posisikan tubuh berdiri. Tangan kanan memegang tali dan posisikan ke arah kanan samping.
    • Kaki dilangkahkan ke kiri disertai tali yang diayunkan ke depan badan.
    • Kemudian tali dipindahkan ke tangan kiri dan kaki kanan dilangkahkan. Setelah itu tali diayunkan memutar ke arah belakang sambil memutar tangan kanan.
    Sekian penjelasan mengenai bentuk latihan gerakan mengayun tali dalam senam irama. Gerakan ayunan tali dalam senam irama dapat dilakukan dengan baik dan benar jika dilatih secara rutin dan teratur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi senam irama di atas.

    Bentuk Latihan Gerakan Mengayun Tali Dalam Senam Irama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

    0 komentar:

    Posting Komentar