Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional - Olahraga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Banyak sekali jenis jenis olahraga yang anda ketahui seperti voli, basket, futsal, tennis, dan masih banyak lagi. Salah satu bidang olahraga yang banyak disukai ialah olahraga futsal. Jenis olahraga ini hampir sama dengan olahraga sepak bola. Pertandingan futsal dapat disebut pertandingan mini soccer. Namun dalam bidang olahraga ini memiliki ketentuan ukuran lapangan futsal standar nasional maupun ketentuan ukuran lapangan futsal standar internasional.

Jenis olahraga ini harus menaati ketentuan ukuran lapangan yang berlaku. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai ukuran lapangan futsal standar nasional maupun ketentuan ukuran lapangan futsal standar internasional. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.
Gambar lapangan futsal beserta ukurannya
Gambar Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara panjang dan lebar lapangan futsal di semua negara termasuk Indonesia. Hal ini pun dikonfirmasi oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI) yang notabenya menaungi olahraga tersebut. Pasalnya, ukuran lapangan futsal standar nasional juga mengacu pada ukuran lapangan futsal standar internasional sesuai dengan kesepakatan asosiasi futsal dunia.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

Olahraga futsal ini sudah ada sejak jaman dahulu namun secara internasional belum ada pertandingan secara resmi. Olahraga ini banyak sekali digemari oleh para pria, mulai dari remaja hingga orang dewasa dan biasanya bertempat digedung olahraga setempat atau GOR. Gedung olahraga tersebut telah didesain menjadi tempat yang nyaman dan sesuai standar ukuran lapangan yang berlaku.

Ukuran lapangan futsal standar nasional dan internasional harus dipatuhi karena merupakan aturan dalam memainkan olahraga ini. Apabila anda menyukai jenis olahraga ini maka harus menaati ketentuan dan aturan yang berlaku.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional
Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional
    Permainan ini tidak akan menyenangkan apabila tak memiliki lawan yang seimbang. Selain faktor lawan, futsal juga harus didukung dengan karakteristik atau spesifikasi lapangan yang sesuai. Berikut ukuran lapangan futsal standar nasional dan internasional:
    • Lapangan futsal memiliki panjang 25 sampai 43 meter serta lebar lapangan 15 sampai 25 meter.
    • Pada bagian tengah lapangan terdapat garis melintang atau garis batas dengan lebar titik ujung gawang dan sisi gawang kira kira 8 meter.
    • Pertandingan harus dilakukan dalam arena yang rata.
    • Daerah pinalti memiliki ukuran luas sepanjang 6 meter dari atas tiang gawang setiap tim futsal. Daerah pinalti terdapat dua titik yaitu titik dengan jarak 10 meter dari tengah gawang dan titik dengan jarak 6 meter dari garis dalam gawang.
    • Lingkaran yang terdapat didalam lapangan memiliki luas 3 meter.
    • Gawang permainan futsal berukuran tinggi 2 meter dan lebar 3 meter.
    • Wasit yang mengawasi jalannya pertandingan berjumlah 2 yang berada diluar lapangan. Apabila dalam permainan terdapat permasalahan maka wasit diijinkan untuk masuk kearena lapangan.
    • Setiap kelompok memiliki jumlah pemain sebanyak 5 orang dan pemain cadangan maksimal 7 orang.
    • Permainan futsal ini berlangsung selama 2x20 menit. Waktu istirahatnya selama 10 menit dan memiliki perpanjangan waktu saat telah terjadi pertandingan sebanyak dua kali.
    Aturan dalam futsal ini memang sedikit berbeda dengan aturan permainan sepak bola walaupun jenis olahraganya hampir sama. Ukuran lapangan futsal standar nasional dan internasional dan ukuran lapangan sepak bola karakteristiknya berbeda beda. Walaupun terdapat perbedaan ukuran namun tidak membuat pertandingan ini menjadi bermasalah, bahkan jenis olahraga ini tetap memiliki peminat yang cukup banyak.

    Dengan waktu pertandingan yang berbeda dan ukuran lapangan yang lebih pendek tidak menyurutkan peminat dari olahraga futsal ini. Jenis olahraga futsal ini termasuk kedalam jenis olahraga yang favorit. Tidak hanya remaja dan orang dewasa saja yang menyukai olahraga ini, anak anak kecil juga menyukainya.

    Mungkin cukup sekian penjelasan mengenai ukuran lapangan futsal standar nasional dan internasional yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

    Posting Komentar untuk "Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional"