Peraturan Permainan Anggar Beserta Perlengkapannya

Peraturan Permainan Anggar Beserta Perlengkapannya - Apa yang dimaksud dengan olahraga anggar itu? Bagaimana peraturan olahraga anggar? Apa saja perlengkapan permainan anggar? Anggar sendiri merupakan jenis olahraga yang menggunakan alat untuk kategori bela diri. Bahkan olahraga ini telah diperlombakan dalam Sea Games. Pada dasarnya atlet olahraga anggar harus membutuhkan kemampuan dalam menguasai alat terlebih dahulu karena berbeda dengan jenis olahraga tanpa alat lainnya. Dalam olahraga anggar tersebut terdapat penggunaan alat yang berupa alat menyerupai pedang namun tidak tajam untuk menusuk. Alat ini digunakan untuk membuat lawan kalah.

Teknik dasar olahraga anggar tersebut memang cukup banyak untuk dikuasai oleh para atletnya. Akan tetapi peraturan permainan anggar dan teknik dasar permainan anggar belum terlalu dikenal, meskipun perkembangan olahraga ini telah maju pesat. Jika anda ingin menjadi salah satu atlet anggar atau melakukan olahraga anggar tersebut tentunya penguasaan teknik dasarnya harus dilakukan terlebih dahulu. Selain itu anda juga harus mengetahui apa saja perlengkapan permainan anggar. Berdasarkan standar Internasional terdapat aturan sasaran foil yang berupa di bawah dagu terdapat pelindung muka bagian bawah dan torso sekitar 1,5 sampai 2 cm.
Olahraga Anggar
Pengertian anggar ialah salah satu jenis olahraga bela diri yang berkembang menggunakan senjata sebagai bentuk ketangkasan dimana kemampuan teknik yang digunakan dapat berupa menangkis, memotong ataupun menusuk senjata lawan sehingga kelincahan tangan pemain dijadikan sebagai dasar keterampilannya. Peraturan olahraga anggar tersebut dapat dibagi berdasarkan penggunaan alat atau senjata untuk para pemainnya. Selain itu nomor pertandingan anggar dalam olimpiade tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Penamaan nomor permainan anggar ini didasarkan pada penggunaan senjatanya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang peraturan permainan anggar beserta perlengkapan permainan anggar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peraturan Permainan Anggar Beserta Perlengkapannya

Sebelum menjelaskan tentang peraturan anggar dan perlengkapan anggar, saya akan membahas sedikit mengenai olahraga anggar tersebut. Olahraga anggar tersebut dapat didefinisikan sebagai olahraga bela diri yang berkembang menggunakan senjata sebagai bentuk ketangkasan dimana kemampuan teknik yang digunakan dapat berupa menangkis, memotong ataupun menusuk senjata lawan sehingga kelincahan tangan pemain dijadikan sebagai dasar keterampilannya. Dalam cabang anggar terdapat penggunaan senjata di ajang Olimpiade yang berupa sabre/saber, foil/floret dan epee/degen. Olahraga ini memiliki area pertandingan yang luasnya 14 x 1,5 meter.
Baca juga : 10 Jenis Olahraga Tradisional di Indonesia dan Penjelasannya Terlengkap
Selain lapangan anggar tersebut, adapula kostum khusus dan kabel yang dikaitkan dengan pemain sehingga ketika pemain tersebut ditusuk lawan maka akan ada reaksi dalam sistem penilaian elektroniknya. Kemudian adapula sistem eliminasi langsung di masing masing pertandingan anggar. Olahraga anggar dimainkan oleh dua tim, dimana masing masing tim memiliki anggota 3 pemain. Di bawah ini terdapat pembahasan lebih lanjut mengenai peraturan permainan anggar beserta perlengkapan permainan anggar. Berikut penjelasan selengkapnya:

Arena Pertandingn

Peraturan anggar yang pertama membahas tentang arena pertandingan anggar. Anggar tersebut memiliki arena pertandingan yang berasal dari kayu dengan panjang 15 meter dan lebar 13 meter. Ketentuan ukuran lapangan anggar tersebut telah disesuaikan dengan peraturan dalam kejuaraan resmi. Peraturan ini termasuk dalam kategori perlengkapan permainan anggar.

Wasit

Peraturan permainan anggar selanjutnya ialah wasit. Wasit yang memimpin pertandingan anggar terdiri dari dua orang dimana tugasnya untuk memimpin pertandingan. Selain itu adapula perlengkapan anggar yang berupa alat elektronik untuk menghitung nilai pertandingan dengan mudah ketika lawan melakukan penusukan dapat mengenai sasaran ataupun tidak. Di meja juri dilengkapi dengan lampu yang akan menyala ketika ujung pedang mengenai pemain. Dengan kata lain dibagian ujung pedangnya digunakan untuk sakelar lampu. Dalam kostum pemain juga dilengkapi dengan kabel di bagian belakangnya untuk menghubungkan Apparatus Of Judging atau lampu di meja juri. Akan tetapi pemain juga dilarang untuk memindangkan pegangan senjata saat berlangsungnya pertandingan, mulai dari tangan kanan ke kiri maupun sebaliknya.

Nomor Pertandingan Foil/Floret

Peraturan anggar selanjutnya ditujukan untuk nomor pertandingan foil atau floret. Dalam pertandingan ini terdapat beberapa aturan sasaran dan pergerakan yang dilakukan yaitu sebagai berikut:
  • Atlet dalam nomor anggar ini hanya dapat melakukan gerakan mundur dan maju saja.
  • Arah tusukan atau serangan yang diperbolehkan hanya menuju torso/daerah sasaran.
  • Torso ialah bagian badan yang menjadi sasaran senjata dalam menyerang. Torso tersebut dapat berupa perut bagian bawah, bahu depan, dada, dan perut.
Untuk nomor pertandingan foil atau floret juga memiliki beberapa ketentuan senjata yang digunakan. Senjata atau pedang anggar yang digunakan dalam floret memiliki bentuk ringan, langsing, tumpul, lentur, berpegas maupun ujungnya bulat atau datar. Berat senjata anggar ini sekitar 5 ons (500 gram) apabila naik turun arah penusukannya. Selain itu perlengkapan permainan anggar tersebut mempunyai panjang 90 cm (belum dengan ukuran pegangan pedang). Kemudian mata pedang anggar memiliki kelenturan yang baik. Pada nomor anggar kategori floret menggunakan pelindung tangan yang lebih kecil daripada sabel atau degen. Di bagian bawah pedang berguna untuk menekan dan menangkis. Sedangkan bagian ujung pedangnya berguna untuk menusuk.
Baca juga : Macam Macam Latihan Keseimbangan Pada Kebugaran Jasmani

Nomor Pertandingan Sabre/Sabel

Peraturan permainan anggar selanjutnya ditujukan untuk nomor pertandingan sabre atau sabel. Dalam pertandingan ini terdapat beberapa aturan sasaran dan pergerakan yang dilakukan yaitu sebagai berikut:
  • Tusukan pedang pada sasaran nomor sabel dapat mengarah ke bagian kepala, tangan dan torso lawan.
Untuk nomor pertandingan sabre atau sabel juga memiliki beberapa ketentuan senjata yang digunakan. Senjata atau pedang anggar yang digunakan dalam sabre memiliki bentuk segtiga dan tidak tajam sudutnya seperti semakin pipih semakin keatas, penekukan ujungnya sampai tidak runcing dan parang kecil. Berat senjata anggar ini sekitar 5 ons (500 gram) dan panjangnya 86 cm. Selain itu perlengkapan permainan anggar tersebut mempunyai potongan melintang yang bentuknya segitiga, namun salah satu bagian sisinya memiliki alur seperti huruf Y. Pada nomor anggar kategori floret menggunakan pelindung tangan yang penuh hingga pangkal tangkai. Di bagian bawah berguna untuk menangkis dan bagian atas pedang berguna untuk memarang. Sedangkan bagian ujung pedangnya berguna untuk menusuk.

Nomor Pertandingan Epee/Degen

Peraturan permainan anggar selanjutnya ditujukan untuk nomor pertandingan epee atau degen. Dalam pertandingan ini terdapat beberapa aturan sasaran dan pergerakan yang dilakukan yaitu sebagai berikut:
  • Tusukan pedang pada sasaran nomor epee dapat mengarah ke semua bagian tubuh lawan, termasuk bagian tangan juga.
Untuk nomor pertandingan epee atau degen juga memiliki beberapa ketentuan senjata yang digunakan. Senjata atau pedang anggar yang digunakan dalam epee memiliki bentuk berparit dan segitiga. Kemudian pangkal pegangan sedikit kaku, kecil pada bagian ujung sampingnya dan tebal. Tangan besar pemain dapat dilindungi karena berpegas dan bentuknya datar dibagian ujungnya. Berat senjata anggar ini sekitar 750 - 770 gram dengan panjang 90 cm (tidak termasuk ukuran genggaman/pangkal). Pedang anggar memiliki bagian bawah untuk menangkis dan bagian ujung untuk melakukan penusukan.

Baju
Peraturan anggar selanjutnya membahas tentang baju yang digunakan. Baju anggar memiliki bahan sesuai standar ketentuan yang kuat sekitar 800 Newton. Baju pemain ini memiliki jahitan yang baik, enak dipakai, luwes ketika digunakan dan nyaman sehingga saat bertanding pemain tidak akan terhambat gerakannya. Selain itu adapula jaket khusus yang wajib dikenakan pemain dan dibagian belakangnya memiliki tebal sekitar 10 cm. Bagian pemain wanita diharuskan menggunakan baju yang berasal dari bahan cukup keras di bagian dadanya sehingga dapat melindungi. Bagian tangan pemain juga dilindungi oleh sarung tangan besi yang menutup penuh sehingga mata pedang lawan dapat dicegah agar tidak masuk ke dalam jaket.

Sekian penjelasan mengenai peraturan permainan anggar beserta perlengkapan permainan anggar. Anggar merupakan olahraga bela diri yang berkembang menggunakan senjata sebagai bentuk ketangkasan dimana kemampuan teknik yang digunakan dapat berupa menangkis, memotong ataupun menusuk senjata lawan sehingga kelincahan tangan pemain dijadikan sebagai dasar keterampilannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Peraturan Permainan Anggar Beserta Perlengkapannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel