Macam Macam Gaya Renang dan Penjelasan

Advertisement

Macam Macam Gaya Renang dan Penjelasan - Renang ialah salah satu jenis olahraga air yang menyenangkan dan menyehatkan badan. Hal ini dikarenakan semua anggota tubuh akan bergerak ketika berenang. Maka dari itu jenis olahraga ini termasuk olahraga kompleks yang menyehatkan tubuh. Olahraga renang juga harus memiliki keahlian khusus agar tubuh tidak tenggelam. Pada olahraga ini terdapat macam macam gaya renang yang dapat digunakan. Masing masing gaya tersebut memiliki teknik dan gerakan yang berbeda beda.

Untuk setiap gaya renang dapat dilatih secara rutin apabila anda ingin menguasainya. Macam macam gaya renang lebih bervariasi. Anda tinggal memilih sesuai kempampuan yang dimiliki. Hal utama dalam berenang ialah menguasai teknik dasar mengapung di air. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai macam macam gaya renang beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Macam Macam Gaya Renang dan Penjelasan

Olahraga renang sudah ada sejak jaman dahulu. Hal tersebut dibuktikan dengan penemuan gambar aktifis renang dalam sebuah gua Mesir. Untuk pertandingan renang para atlet diharuskan agar menyelesaikan lintasan menggunakan gaya tertentu. Atlet yang paling cepat berenang akan dinyatakan sebagi pemenang. Dalam sebuah pertandingan renang, para atlet memang diharuskan untuk menyelesaikan lintasan dengan cepat dan menggunakan gaya renang tertentu. Maka dari itu macam macam gaya renang sangat diperlukan oleh  para atlet. Dibawah ini terdapat macam macam gaya renang dan penjelasannya.

Renang Gaya Bebas
Macam gaya renang yang pertama ialah gaya bebas. Renang gaya bebas atau free swim ialah gaya renang yang menggunakan posisi dada menghadap ke arah permukaan air. Kemudian kedua lengan digerakkan kedepan atau mengayuh secara bergantian. Untuk kakinya juga digerakkan naik turun ke atas dan ke bawah secara bergantian. Wajah diposisikan ke arah permukaan air. Lakukan pernapasan ketika lengan bergerak keluar dari air. Tubuh sedikit dimiringkan dan kepala dihadapkan ke arah samping. Gaya bebas tergolong jenis gaya yang dapat membuat tubuh melaju lebih cepat di air. 
Macam gaya renang ini juga dapat disebut gaya renang trugen yang telah dikembangkan oleh John Arthur. Ia mengembangkan gaya ini pada tahun 1873. Gaya tersebut menggunakan teknik menggunting seperti gaya samping dan kedua kaki tidak diluruskan melecut naik turun. Gaya renang trugen ini mulai dikembangkan lagi oleh perenang Australia Richmond (Dick) Cavill dengan menggunakan gerakan kaki yang lurus dan melecut naik turun. Gaya tersebut lebih dikenal dengan nama gaya crawl. Kemudian terdapat perenang dari Amerika Serikat yang bernama Charles Daniels ingin menguasai gaya crawl pada tahun 1905. Gaya crawl Australia ini sedikit diubah oleh Charles Daniels menjadi renang gaya bebas yang terkenal sampai sekarang.

Renang Gaya Dada
Macam gaya renang selanjutnya ialah gaya dada. Gaya dada atau gaya katak ialah jenis gaya renang yang menggunakan posisi dada menghadap ke arah permukaan air namun batang tubuh memiliki keadaan yang tetap. Kedua tangan diluruskan ke depan dan ke dua kaki menendang keluar. Selanjutnya kedua tangan dibuka ke arah samping seperti membelah air agar badan dapat maju ke depan lebih cepat. Gerakan tubuh yang mengikuti gerakan katak ini dinamakan gaya katak. Untuk melakukan pernapasan dalam gaya katak ialah ketika kepala berada dipermukaan air.

Macam gaya renang ini termasuk jenis gaya yang populer. Bahkan tidak sedikit yang menggunakannya sebagai rekreasi berenang. Tubuh dalam posisi stabil dan kepala diposisikan keluar air dalam waktu yang cukup lama.
Renang Gaya Punggung
Macam gaya renang selanjutnya ialah gaya punggung. Renang gaya punggung ialah jenis gaya yang memposisikan punggung menghadap ke arah permukaan air. Kaki dan tangan digerakkan sama seperti gaya bebas, namun tubuh diposisikan telentang di atas permukaan air. Kedua tangan digerakkan ke arah pinggang secara bergantian. Untuk bagian mulut dan hidung berada diluar air sehingga memberikan kemudahan dalam bernapas. Renang gaya punggung dapat dilakukan dengan memposisikan wajah di atas air dengan melihat ke arah atas, tetapi tidak dapat melihat ke arah depan. Untuk atlet yang menggunakan gaya ini harus dapat memperkirakan letak dinding tepi kolam menggunakan jumlah hitungan gerakan renang.

Macam gaya renang ini memiliki perbedaan dibagian startnya. Untuk gaya punggung menggunakan start didalam kolam. Perenang memposisikan tubuhnya menghadap ke arah dinding kolam. Kemudian kedua tangan memegang besi pegangan. Kedua kaki ditekuk dan diletakkan diantara dua tangan tadi. Telapak tangan digunakan untuk menumpu pada dinding kolamnya. Gaya punggung mulai diperkenalkan dalam pertandingan Olimpiade Paris tahun 1900 dan merupakan gaya renang tertentu setelah gaya bebas.
Renang Gaya Kupu Kupu
Macam gaya renang yang terakhir ialah gaya kupu kupu. Renang gaya kupu kupu atau butterfly stroke ialah jenis gaya yang bagian kakinya digerakkan seperti lumba lumba. Maka dari itu gaya kupu kupu juga dapat disebut gaya dolphine atau lumba lumba. Gaya kupu kupu merupakan turunan dari gaya katak. Posisi dada menghadap ke arah permukaan air dan kedua tangan ditekan ke arah bawah, belakang dan diayun ke depan secara bersamaan. Ketika kedua tangan ditarik ke belakang, kedua kaki ditekan ke bawah. Kaki dan tangan tersebut digerakkan agar badan melaju kedepan maupun mengambil napas. Ketika wajah masuk kedalam air, tangan ikut masuk dan kaki menekan ke arah bawah. Gerakan kaki yang naik turun menyerupai gerakan ekor lumba lumba. 

Macam gaya renang ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus menguasai koordinasi kaki dan tangan yang seimbang. Bagi perenang pemula, gerakan gaya kupu kupu termasuk jenis gaya yang cukup sulit. Bahkan apabila anda melakukan kesalahan dalam gaya ini tidak dapat ditutupi dengan tenaga yang besar ketika berenang.

Inilah macam macam gaya renang yang dapat saya jelaskan. Pilihlah gaya renang sesuai kemampuan anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Macam Macam Gaya Renang dan Penjelasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar