4 Macam Gaya Renang, Teknik Dasar, dan Penjelasannya

4 Macam Gaya Renang, Teknik Dasar, dan Penjelasannya - Renang menjadi olaharaga air yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Selain menyenangkan, berenang juga dianggap menyehatkan karena seluruh otot dipaksa untuk bergerak. Kita dituntut harus memiliki keahlian khusus agar tubuh tidak tenggelam dan mengapung di permukaan air. Inilah mengapa kalian harus pandai memilih jenis gaya renang sesuai kemampuan. 

Ada berapa macam gaya renang? pertanyaan tersebut sering kali saya dengar terlontar dari siswa. Pada dasarnya materi terkait gaya renang sudah mulai disampaikan pada kita bahkan semenjak berada di bangku SD. Meski tak mengajarkanya secara praktek, tapi guru pasti membekali kita dengan beragam teori. Mulai dari pengenalan serta pengertian gaya renang sampai teknik dasarnya.

Cara menguasai setiap macam gaya renang adalah dengan berlatih secara rutin. Kalian hanya perlu memilih posisi serta gerakan renang gaya bebas, dada/katak, punggung, serta kupu-kupu. Hal utama dalam berenang ialah menguasai teknik dasar mengapung di air. Apakah kalian sedang mendapat tugas untuk merangkum materi tersebut? Kali ini saya akan menjelaskan mengenai jenis dan macam gaya renang beserta penjelasannya.

4 Macam Gaya Renang, Teknik Dasar, dan Penjelasannya

Kita bisa menjumpai olahraga renang menjelma menjadi perlombaan berstandar internasional. Lomba renang biasanya digelar dalam wadah olimpiade antar negara seperti seagames, olympic games, dan lain sebagainya.

Perlombaan tersebut menuntut setiap atlet menggunakan teknik dasar renang gaya tertentu sesuai peraturan. Meski menjadi materi pokok, sayangnya tak semua siswa hafal bagaimana teknik dasar serta kaidah masing-masing gaya. Hal ini bisa jadi disebabkan karena minimnya penjelasan yang disampaikan guru secara praktikum.

Pada artikel kali ini saya ingin memfokuskan pembahasan pada jenis gaya renang yang diakui oleh asosiasi. Selain itu, saya juga akan mengajarkan pula teknik dasar renang gaya apa saja. Penasaran seperti apa penjelasanya? simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Ada Berapa Gaya Renang Dalam Perlombaan

Berenang memang tak boleh dilakukan sembarangan karena ada teknik dasar di dalamnya. Selain mengapung di permukaan air kalian harus memikirkan pula cara melaju dengan cepat. Sejauh ini ada 4 gaya yang dilombakan dalam kejuaraan renang tingkat nasional sampai internasional. Diantaranya adalah:
  1. Renang Gaya Bebas.
  2. Renang Gaya Dada.
  3. Renang Gaya Punggung.
  4. Renang Gaya Kupu-Kupa.
Teknik dasar renang gaya bebas sampai kupu-kupu diatas tentu memiliki perbedaan signifikan. Tak hanya gerakan ketika berada di air saja tapi juga seluruh aspek seperti contoh posisi awal dan cara masuk finish. Inilah pentingnya mengapa kalian harus memahami perbedaan tiap jenis gaya renang di bawah.

Renang Gaya Bebas

Jenis gaya renang yang pertama adalah free swim yang notabenya cukup mudah untuk dikuasai. Teknik dasar renang gaya bebas tidaklah sekompleks 3 lainnya. Definisi renang gaya bebas sendiri adalah gaya renang yang menggunakan posisi dada menghadap ke arah permukaan air. Kemudian kedua lengan digerakkan kedepan atau mengayuh secara bergantian. Untuk kakinya juga digerakkan naik turun ke atas dan ke bawah secara bergantian.

Ketika berenang wajah diposisikan ke arah permukaan air. Lakukan pernapasan ketika lengan bergerak keluar dari air. Posisi tubuh sedikit dimiringkan agar kepala bisa menghadap ke arah samping. Gaya bebas tergolong jenis gaya renang yang dapat membuat tubuh kalian melaju lebih cepat di air. Seperti apa mekanismenya? simaklah ilustrasi gambar di bawah.
Gerakan renang gaya bebas

Beberapa ahli berspekulasi, jenis gaya renang satu ini dikembangkan oleh John Arthur pada tahun 1873. Ia menyebutnya sebagai gaya trugen dimana gerakan menyerupai teknik menggunting dan kedua kaki tidak diluruskan melecut naik turun. Gaya renang trugen ini mulai dikembangkan lagi oleh perenang Australia Richmond (Dick) Cavill dengan menggunakan gerakan kaki yang lurus dan melecut naik turun.

Baca juga : 8 Tahapan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas

Gaya tersebut lebih dikenal dengan nama gaya crawl. Kemudian terdapat perenang dari Amerika Serikat yang bernama Charles Daniels ingin menguasai gaya crawl pada tahun 1905. Gaya crawl Australia ini sedikit diubah oleh Charles Daniels menjadi teknik renang gaya bebas yang terkenal sampai sekarang.

Renang Gaya Dada

Pernahkah kalian memperhatikan bagaimana cara berenang katak di air? inilah yang menjadi teknik dasar renang gaya dada. Secara garis besar, jenis gaya renang satu ini menggunakan posisi dada menghadap ke arah permukaan air dengan batang tubuh berada di posisi yang tetap. Untuk bergerak kalian harus meluruskan kedua tangan ke depan sedangkan kaki menendang ke belakang. Lalu dua tangan di buka ke arah samping layaknya membelah air agar badan dapat melaju lebih cepat ke arah depan.

Teknik Renang Gaya Dada

Jika kita amati lebih teliti maka teknik dasar renang gaya dada memang menyerupai katak. Maka, untuk melakukan pernapasan dilakukan ketika kepala berada di permukaan air. Dalam konteks pendidikan, kita bisa menjumpai teknik serta cara melakukanya di buku pedoman penjas maupun LKS.
Baca juga : 3 Teknik Dasar Renang Gaya Dada Beserta Tahapannya
Macam gaya renang seperti katak cukup populer karena mudah untuk dikuasai. Bahkan tidak sedikit yang menggunakannya sebagai rekreasi berenang. Tubuh dalam posisi stabil dan kepala diposisikan keluar air dalam waktu yang cukup lama.

Renang Gaya Punggung

Macam gaya renang selanjutnya ialah gaya punggung. Renang gaya punggung ialah jenis gaya yang memposisikan punggung menghadap ke arah permukaan air. Kaki dan tangan digerakkan sama seperti gaya bebas, namun tubuh diposisikan telentang di atas permukaan air. Kedua tangan digerakkan ke arah pinggang secara bergantian. Untuk bagian mulut dan hidung berada diluar air sehingga memberikan kemudahan dalam bernapas.
Renang gaya punggung dapat dilakukan dengan memposisikan wajah di atas air dengan melihat ke arah atas, tetapi tidak dapat melihat ke arah depan. Untuk atlet yang menggunakan gaya ini harus dapat memperkirakan letak dinding tepi kolam menggunakan jumlah hitungan gerakan renang. Jika kita amati teknik dasar renang gaya punggung merupakan kebalikan dari gaya bebas berdasarkan posisi tubuhnya.

Teknik Renang Gaya Punggung

Kalian akan menjumpai teknik start yang berbeda pada setiap macam gaya renang ketika olimpiade. Nah, gaya punggung menggunakan start di dalam kolam seperti pada ilustrasi gambar di atas. Perenang memposisikan tubuhnya menghadap ke arah dinding kolam. Kemudian kedua tangan memegang besi pegangan. Kedua kaki ditekuk dan diletakkan diantara dua tangan tadi. Telapak tangan digunakan untuk menumpu pada dinding kolamnya. Gaya punggung mulai diperkenalkan dalam pertandingan Olimpiade Paris tahun 1900 dan merupakan gaya renang tertentu setelah gaya bebas.

Renang Gaya Kupu-Kupu

Macam gaya renang yang terakhir ialah gaya kupu kupu yang menurut saya cukup melelahkan. Renang gaya kupu kupu atau butterfly stroke ialah jenis gaya yang bagian kakinya digerakkan seperti lumba lumba. Maka dari itu gaya kupu kupu juga dapat disebut gaya dolphine atau lumba lumba. Gaya kupu kupu merupakan turunan dari gaya katak. Posisi dada menghadap ke arah permukaan air dan kedua tangan ditekan ke arah bawah, belakang dan diayun ke depan secara bersamaan.

Ketika kedua tangan ditarik ke belakang, kedua kaki ditekan ke bawah. Kaki dan tangan tersebut digerakkan agar badan melaju kedepan maupun mengambil napas. Ketika wajah masuk kedalam air, tangan ikut masuk dan kaki menekan ke arah bawah. Gerakan kaki yang naik turun menyerupai gerakan ekor lumba-lumba. 


Macam gaya renang ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus menguasai koordinasi kaki dan tangan yang seimbang. Bagi perenang pemula, gerakan gaya kupu-kupu termasuk jenis gaya yang cukup sulit. Bahkan apabila anda melakukan kesalahan dalam gaya ini tidak dapat ditutupi dengan tenaga yang besar ketika berenang.

Menghafal setiap jenis gaya renang merupakan kewajiban kita sebagai siswa. Tak sedikit yang gagal ketika diminta menjelaskan ada berapa gaya renang yang dipakai ketika perlombaan. Sekian artikel yang membahas teknik dasar berenang yang dapat saya sampaikan. Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan dan membantu kalian menjawab soal saat ujian.

Belum ada Komentar untuk "4 Macam Gaya Renang, Teknik Dasar, dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel