Cara Melakukan Back Up Olahraga Lengkap Dengan Manfaat

Cara Melakukan Back Up Olahraga Lengkap Dengan Manfaat - Latihan kebugaran jasmani pada umumnya memiliki berbagai jenis gerakan yang disesuaikan dengan sasaran tubuh yang akan dilatih, termasuk bagian otot belakang. Salah satu jenis gerakan latihan kebugaran jasmani untuk melatih otot belakang ialah gerakan back up. Gerakan back up merupakan latihan kekuatan otot perut dan otot bagian belakang tubuh. Gerakan ini dilakukan tanpa menggunakan alat bantu tambahan.

Bagaimana cara melakukan back up? Apa saja manfaat back up? Sebelum melakukan latihan back up, alangkah baiknya jika kita mengerti pengertian back up, teknik dasar back up, tujuan back up dan manfaat gerakan back up terlebih dahulu. Pada kenyataannya banyak orang yang mengabaikan latihan back up dalam olahraga. Padahal sebenarnya latihan ini sangat bermanfaat untuk melatih otot perut karena lebih efektif. Posisi badan ketika melakukan back up adalah tengkurap, kemudian posisi tangan di belakang kepala seperti melakukan sit up. Lalu luruskan kaki dan angkat dada serta kepala ke atas agar otot perut dapat lebih kuat.

Gerakan back up memang bertujuan untuk melatih otot perut karena dijadikan sebagai tumpuan saat menahan tubuh bagian belakang. Jika kita melakukan latihan back up secara rutin maka perut dan pinggang akan lebih kecil, asalkan melakukan gerakan back upnya benar sehingga tidak menimbulkan cedera. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan back up lengkap dengan manfaat back up. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Melakukan Back Up Olahraga Lengkap Dengan Manfaat

Apa yang dimaksud gerakan back up? Gerakan back up adalah jenis latihan kebugaran jasmani yang lebih efisien dan tidak sulit dilakukan. Gerakan back up tersebut memiliki manfaat yang beraneka macam seperti memperkuat bokong dan kaki, menyehatkan tulang dan sebagainya. Latihan back up dapat dilakukan dengan posisi telungkup dengan membentangkan kaki lurus dan rapat ke arah belakang.

Gerakan back up tersebut termasuk dalam jenis latihan yang efisien dan mudah dilakukan untuk otot bokong, punggung bagian bawah, perut dan paha belakang. Gerakan back up ini dapat dilakukan untuk semua usia, baik remaja hingga dewasa. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai cara melakukan back up olahraga lengkap dengan manfaat back up. Berikut penjelasan selengkapnya:
Cara Melakukan Back Up Olahraga Lengkap Dengan Manfaat
Gambar Latihan Back Up
Baca juga : Cara Melakukan Sikap Lilin Yang Baik dan Benar

Cara Melakukan Latihan Back Up

Gerakan back up harus dilakukan dengan aman dan benar sehingga sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini bertujuan agar terhindar dari kesalahan gerakan yang menyebabkan cedera. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara melakukan gerakan back up yaitu sebagai berikut:
  1. Posisi badan berbaring tengkurap.
  2. Kedua tangan diposisikan ke belakang kepala, lalu kaki diluruskan dan dirapatkan ke arah belakang. 
  3. Posisi leher dijaga tetap netral sehingga kita dapat melihat ke arah bawah dan tetap arahkan pandangan ke depan.
  4. Tubuh bagian atas diangkat (dari perut hingga kepala) dan secara perlahan diturunkan ke lantai. Pastikan kaki dalam posisi tetap menyentuh lantai dan tidak bergerak.
  5. Usahakan tetap mengatur napas saat tubuh bagian atas bergerak naik dan turun.
Cara melakukan gerakan back up dapat dilakukan sebanyak dua set dengan jumlah masing masing set sekitar 12 - 20 pengulangan. Alangkah lebih baik jika gerakan back up dilakukan dengan fokus dan secara perlahan sehingga posisi gerakannya dapat dipertahankan dengan benar.
Gerakan back up pada umumnya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan. Adapun jenis jenis latihan back up yaitu:
  • Gerakan superman adalah latihan back up yang dilakukan dengan mengangkat tangan dan kaki hingga posisinya seperti superman.
  • Gerakan standing superman adalah latihan back up yang dilakukan dengan posisi berdiri lalu mengangkat tangan dan kaki satu per satu.
  • Gerakan bird dog adalah gerakan back up yang dilakukan dengan posisi merangkak.
  • Gerakan kobra adalah latihan back up yang dilakukan untuk membuat bagian atas tubuh (pinggang sampai kepala) dapat terangkat. Sedangkan bagian pinggang ke bawah harus tetap di lantai. 

Manfaat Back Up

Setelah menjelaskan tentang cara melakukan back up di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa tujuan dan manfaat dari latihan back up. Latihan ini bertujuan untuk:
  1. Membuat tulang belakang lebih sehat.
  2. Membuat otot erector spinae menjadi lebih kuat sehingga kinerja tulang belakang dapat didukung.
  3. Menguatkan bokong dan kaki.
  4. Melatih otot paha belakang dan otot glutes sehingga bokong dan kaki menjadi lebih kuat.
  5. Mencegah terjadinya cedera. 
Tubuh akan memperoleh manfaat latihan back up secara maksimal apabila dilakukan secara rutin dan disertai dengan serangkaian gerakan fitnes. Sekian penjelasan mengenai cara melakukan back up lengkap dengan manfaat back up. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melakukan Back Up Olahraga Lengkap Dengan Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel