Teknik Back Pass Bola Basket dan Pengertiannya

Teknik Back Pass Bola Basket dan Pengertiannya - Bagi pemain basket tentunya ada hal yang wajib dikuasai yaitu teknik passing atau cara mengoper bola. Dengan menggunakan teknik dasar basket tersebut kita dapat mencetak angka dengan cara mengecoh lawan dan melakukan strategi penyerangan. Sebenarnya cara melakukan operan bola basket tersebut cukup sulit meskipun kelihatanya mudah dan bahkan apabila terjadi blunder akan merugikan tim.

Teknik dasar back pass basket maupun cara passing lain memang sudah diajarkan ketika dibangku sekolah. Materi ini dapat diperoleh dari buku LKS maupun melalui internet. Selain itu di beberapa kesempatan, guru juga telah memberikan teori terkait apa itu back pass bola basket. Meskipun pembahasannya sudah cukup jelas, tetapi masih ada beberapa siswa yang belum memahami pengertian dan teknik dasar back pass.

Teknik Back Pass Bola Basket dan Pengertiannya
Teknik Back Pass Bola basket

Back pass termasuk salah satu teknik dasar passing bola basket yang banyak dipelajari oleh pemain. Apa pengertian back pass bola basket? Bagaimana teknik dasar back pass bola basket? inilah yang jadi inti pertanyaan. Back pass adalah teknik passing bola basket yang bertujuan untuk mengecoh lawan dengan caranya sendiri. Teknik ini harus disertai dengan kemampuan pemain dalam menganalisa gerakan lawan selanjutnya. Dengan begitu back pass dapat dilakukan sesuai dengan keinginan.

Apapun bentuk teknik passing yang digunakan biasanya harus disertai dengan kemampuan menganalisa pemain. Dengan begitu penggunaan teknik passing sesuai dengan kebutuhan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian back pass pada permainan basket dan teknik dasar back pass pada permainan basket. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Back Pass Bola Basket dan Pengertiannya

Basket merupakan jenis permainan bola besar yang cukup diminati banyak orang. Permainan basket dilakukan oleh dua tim, dimana masing masing tim saling bertahan dan menyerang. Agar strategi setiap tim dapat dilakukan dengan baik, maka harus disertai dengan penguasaan teknik dasar basket yang tersedia seperti teknik shooting, teknik passing (mengoper) dan teknik dribbling.

Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik dasar passing dalam permainan basket, terutama teknik back pass. Materi yang akan saya bahas ini berkaitan dengan pengertian back pass pada permainan basket dan teknik dasar back pass pada permainan basket. Mengingat masih ada beberapa siswa yang kurang paham dengan teknik mengoper yang satu ini.
Secara umum teknik back pass bola basket dapat dilakukan dengan mudah. Namun pelaksanaannya harus diimbangi dengan latihan rutin agar gerakan mengopernya tidak kaku sehingga tidak merugikan tim sendiri. Dalam permainan basket, teknik mengoper dengan back pass memiliki manfaat dan tujuannya sendiri. Adapun penjelasan selengkapnya yaitu sebagai berikut:

Pengertian Back Pass

Back pass adalah teknik passing bola basket yang digunakan untuk mengelabui lawan agar lawan tidak dapat mencuri bola. Maka dari itu teknik back pass tersebut banyak dikuasai oleh para atlet nasional atau pemain bola basket profesional. Terbentuknya teknik back pass ini terjadi sejak permainan basket didirikan. Bahkan back pass ini termasuk dalam teknik dasar bola basket untuk kategori teknik mengoper bola atau teknik passing.

Back pass dapat dinamakan dengan operan angan angan. Back pass merupakan teknik operan yang dapat dilakukan dengan mengelabui lawan agar serangan menuju daerah lawan dapat dilakukan dengan cepat. Teknik passing ini memiliki keunggulan yaitu lawan akan kesulitan untuk mengetahui sasaran yang akan dituju pada daerah pertahanan. Namun untuk seorang pemain pemula pasti akan kesulitan dalam melakukan teknik dasar back pass ini. Maka dari itu setiap pemain harus melakukan latihan beberapa kali terlebih dahulu untuk menguasai teknik dasar tersebut.

Sesuai dengan pengertian back pass di atas, pelaksanaan teknik ini terjadi dari arah belakang tubuh pemain dengan tepat dan cepat. Para pemain yang melakukan serangan lawan dari belakang akan memegang bola menggunakan kedua tangan, lalu teknik operan menuju ring lawan akan dilakukan secara langsung tanpa sepengetahuan lawan main. Cara melakukan back pass ini pada dasarnya membutuhkan beberapa teknik khusus di dalamnya.

Teknik Dasar Back Pass

Pengertian back pass dalam arti sederhana adalah mengoper bola basket dari arah belakang. Teknik back pass pada permainan basket ini dapat dilakukan dengan cara seperti berikut:
  • Pegang bola menggunakan satu tangan dan letakkan di belakang punggung.
  • Lakukan pelemparan bola ke teman satu tim dengan cepat.
  • Perhatikan apakah teman yang berada didekat kita siap untuk menerima bola.
Teknik dasar back pass ini harus dilakukan ketika lawan sedang tidak berkonsentrasi, sehingga peluang keberhasilannya tinggi. Pemain harus membentuk koordinasi yang baik dengan teman satu tim untuk meminimalisir kegagalan. Caranya yaitu melakukan aba aba ketika menggunakan back pass ke teman sasaran.

Sekian penjelasan mengenai pengertian back pass pada permainan basket dan teknik dasar back pass pada permainan basket. Back pass dapat dilakukan untuk mengoper bola dari arah belakang pemain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Teknik Back Pass Bola Basket dan Pengertiannya"