14 Jenis Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya

14 Jenis Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya - Roll depan, guling lenting, roll belakang, meroda, kayang, sikap lilin dan sebagainya pasti sudah familiar bagi kalian. Gerakan dasar senam lantai tersebut memang mulai diajarkan pada siswa ketika berada di bangku sekolah dasar. Guru pun pasti sudah menyampaikan penjelasannya baik secara teori atau praktikum.

Berbagai jenis gerakan senam lantai tersebut biasanya dilakukan di atas matras berukurang kurang lebih 12 meter persegi. Dari namanya saja kita pasti sudah memiliki gambaran bahwa setiap gerakan dilakukan di lantai dan hanya beralaskan matras saja. Tidak jarang kita menemukan soal ujian yang mengharuskan siswa menjelaskan gerakan senam lantai mulai dari teknik awalan sampai akhir. Inilah alasan mengapa guru sering menjelaskan materi secara intensif.

Biasanya kalian akan dipersilahkan melakukan gerakan senam di lapangan yang berumput ataupun di atas matras. Pelaksanaan senam tersebut tidak memerlukan peralatan tambahan. Apakah anda mengetahui apa saja jenis jenis gerakan senam lantai? Kali ini saya akan membahas mengenai berbagai macam gerakan senam lantai beserta cara melakukannya. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.

Jenis Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya

Secara garis besar siswa pasti sudah diajarkan bagaimana cara meroda, sikap lilin, gerakan kayang, gerakan roll depan dan belakang. Dalam buku pedoman penjas pun kita bisa menemukan penjelasannya secara teoritis. Masalahnya apakah kalian hafal setiap gerakan senam lantai tersebut? Pasalnya ada banyak sekali jenis senam lantai yang harus kalian kuasai.

Dalam beberapa kesempatan contoh senam lantai baik itu handstand, kopstand, guling lenting, dan sebagainya sering muncul sebagai butir soal ujian. Nah, terkadang siswa pun merasa kesulitan ketika harus menjelaskan bagaimana cara melakukan gerakan tersebut meskipun mereka paham secara praktek. Inilah problematika yang mendasari penulisan artikel singkat yang sedang kalian baca sekarang.

Gerakan senam lantai mengkombinasikan beberapa unsur gerakan dasar menjadi satu. mMsalnya unsur kekuatan, unsur pegangan, unsur fleksibilitas, unsur keseimbangan dan unsur lainnya. Gerakan ini dilakukan dengan harmonis dan ritme yang pas. Gerakan senam lanti dapat dibagi menjadi beberapa jenis misalnya guling depan, guling belakang, salto, lompat harimau, dan sebagainya. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai jenis jenis gerakan senam lantai beserta cara melakukannya:

Gerakan Roll Depan

Jenis gerakan senam lantai yang pertama ialah gerakan senam guling depan atau forward roll. Roll depan sendiri sudah menjadi materi dasar yang bahkan guru ajarkan semenjak kita masih SD. Cara melakukan roll depan sebenarnya cukup sederhana karena hanya terdiri dari 3 teknik dasar saja yakni awalan, berguling, dan sikap akhir.

Jenis senam lantai satu ini berfokus pada keseimbangan dan kelenturan tubuh. Selain itu guling depan juga memerlukan konsentrasi karena tidak sedikit orang yang pusing pada saat prosesnya. Melakukan pemanasan menjadi kunci utama agar tubuh tidak kaku saat kegiatan praktiku. Kita juga perlu membekali diri dengan pengetahuan secara teori bagaimana gerakan yang baik dan benar.

Gerakan roll depan senam lantai
Cara Melakukan Roll Depan

Meski terkesan simpel tapi faktanya banyak siswa gagal melakukan roll depan karena suatu faktor. Contohnya tidak bisa menahan keseimbangan ketika berguling karena berat badan berlebih. Sehingga siswa tersebut tidak berguling lurus melainkan berbelok ke kanan ataupun kiri. Berikut cara melakukan gerakan guling depan:
  1. Sikap awal badan berdiri dengan posisi tangan diluruskan kesamping badan.
  2. Angkat kedua tangan kearah depan kemudian badan dibungkukkan kedepan.
  3. Posisikan kedua telapak tangan diatas matras.
  4. Letakkan siku disamping badan dan kepala masuk diantara kedua tangan tersebut.
  5. Sentuhkan bagian bahu anda kematras.
  6. Lakukan gerakan berguling ke arah depan.
  7. Selanjutnya kedua lutut ditekuk dan rangkul mengguanakn tangan. Posisi dagu dan lutut ditarik kedalam dada.
  8. Lakukan gerakan akhir dengan menggulingkan badan kedepan dengan posisi akhir badan jongkok kemudian kembali berdiri.
Jenis gerakan senam lantai di atas menurut saya lumayan mudah untuk kita pelajari. Selain minim alat, proses pelaksanaannya pun bisa dilakukan di mana saja.

Gerakan Roll Belakang

Guling belakang bisa dibilang sebagai kebalikan dari jenis senam lantai sebelumnya. Kali ini siswa dituntut harus mampu berguling ke belakang secara baik dan benar. Cara melakukan roll belakang sendiri menurut saya gampang-gampang susah. Secara teoritis kalian hanya perlu membalik gerakan roll depan saja.

Tapi gerakan roll belakang justru memerlukan kecakapan ekstra daripada teknik sebelumnya. Mengapa demikian? karena siswa harus memprediksi arah jatuhnya punggung sembari menjaga keseimbangan. Kalian juga perlu aspek kelenturan tubuh agar bisa lulus dari ujian senam lantai yang satu ini.


Gerakan Roll Belakang Senam Lantai
Cara Melakukan Roll Belakang

Teknik dasar guling belakang merupakan sebuah gerakan senam lantai yang diakukan dengan cara berguling kearah belakang. Secara garis besar, jenis senam lantai satu ini memang memiliki perbedaan signifikan dari sebelumnya. Perbedaannya terletak pada teknik dan arah bergulingnya. Berikut cara melakukan gerakan guling belakang :
  1. Posisi awal tubuh jongkok dengan letak kedua kaki lebih rapat dan bagian tumit sedikit diangkat.
  2. Posisi kepala menunduk agar dagu dengan dada lebih rapat.
  3. Letakkan kedua tangan disamping telinga dan posisikan telapak tangan agar menghadap keatas.
  4. Selanjutnya anda dapat menjatuhkan badan kearah belakang dengan posisi badan tetap membulat.
  5. Tarik kedua kaki kebelakang dengan cepat ketika bagian punggung telah menyentuh matras. 
  6. Selanjutnya sentuhkan ujung kaki kematras yang terletak dibelakang kepala. Lakukan penekanan ke matras agar kepala dapat diangkat dengan posisi telapak tangan lurus.
  7. Gerakan akhir ialah kembali keposisi awal jongkok.
Jenis gerakan senam lantai harus dilakukan dengan benar agar badan tidak mengalami cedera. Namun sering kali terdapat beberapa kesalahan yang timbul dalam melakukan gerakan guling belakang. Berikut kesalahan kesalahan yang timbul ketika melakukan guling belakang :
  • Posisi badan kurang membulat sehingga badan tidak seimbang dalam melakukan gerakan guling belakang. 
  • Posisi tangan terlalu jauh kebelakang sehingga gerakan menolak tidak berjalan dengan baik.
  • Pada saat melakukan guling kebelakang, sikap kepala menoleh kesamping sehingga gerakan tersebut tidak sempurna.
  • Posisi telapak tangan kurang bulat ketika menumpu badan diatas matras.
  • Pendaratan dilakukan dengan lutut sehingga mengakibatkan badan tidak seimbang. Seharusnya pendaratan dilakukan dengan telapak kaki. 
Jenis gerakan senam lantai ini memang sedikit sulit. Namun anda dapat meminta bantuan teman lain agar dapat melakukan gerakan guling belakang. Gerakan senam ini juga dapat dilakukan dengan cara beregu yang beranggotakan dua orang. Salah satu teman membantu menopang badan anda kemudian dorong pinggang kebelakang agar dapat melakukan guling belakang dengan sempurna. Saat melakukan gerakan mengguling usahakan anda membantu mengangkat panggulnya kebelakang.

Gerakan Lompat Harimau

Dari jenis senam lantai sederhana kita akan beralih menuju gerakan yang sedikit ekstrim yakni lompat harimau. Fokus utama pada gerakan satu ini adalah pada kecepatan dan ketepatan dalam melompat serta mendarat. Menurut saya pribadi jenis gerakan senam lantai satu ini cukup sulit untuk dilakukan dan perlu kehati-hatian.


Gerakan Lompat Harimau

Gerakan senam ini berbeda dengan teknik depan ataupun belakang. Jenis gerakan ini menggunakan langkah yang membusur. Ketika posisi badan melayang, kedua tangan diluruskan dan diakhiri dengan gulingan kedepan. Jika kita amati ilustrasi di atas sebebenarnya teknik dasar lompat harimau terdiri dari dua gerakan berbeda yakni lompatan dan gulingan.

Dalam konteks pendidikan, guru memang tak terlalu banyak mengajarkan jenis senam lantai satu ini ketika praktikum. Alasannya tak lain karena tingkat kesulitan di atas rata-rata dan resiko cidera yang tinggi. Biasanya guru hanya akan menyampaikan materi secara teori namun tetap intensif. Apakah kalian tau cara melakukan gerakan lompat harimau secara rinci? jika belum maka simaklah penjelasan di bawah:
  1. Sikap badan berdiri dengan kedua tangan berada disamping badan. 
  2. Arahkan pandangan anda kedepan.
  3. Selanjutnya lakukan tolakan dengan menggunaan matras disertai ayunan kedua lengan keatas.
  4. Tumpukan badan ketangan anda ketika badan sedang melayang, namun pandangan anda mengarah kepada tangan tersebut.
  5. Lakukan tolakan dengan kuat. Posisikan lutut tetap melipat kedada dengan bagian tungkai anda lurus.
  6. Lakukan gerakan akhir dengan posisi badan jongkok. Setelah tu badan kembali berdiri seperti semula.
Kurangnya sarana serta kompetensi siswa yang memadai juga menjadi penyebab jenis gerakan senam lantai di atas kurang mendapat perhatian. Padahal, apabila cara melakukan lompat harimau sudah sesuai maka bisa menjamin keamanan.

Gerakan Handstand

Cara melakukan hanstand tidaklah semudah kedengarannya. Meski termasuk jenis senam lantai pasif karena siswa tak perlu bergerak ke luar matras. Tapi pada kenyataanya banyak yang mengalami kegagalan ketika mempraktekan teknik dasar gerakannya. Hal ini menurut saya cukup lumrah karena berdiri dengan tangan memang memiliki tingkat kesulitan tinggi.

Selain menuntut kekuatan otot tangan, kita juga harus mampu menjaga keseimbangan ketika posisi berdiri. Tak jarang siswa mampu menopang tubuh tapi akhirnya malah jatuh ke depan atau belakang. Oleh karenanya guru hendaknya memberikan bantuan seperti memegang pergelangan kaki siswa agar tubuhnya tetap lurus.

Teknik Dasar Handstand

Materi yang membahas teknik dasar handstand sebenarnya mulai diajarkan pada siswa ketika berada di bangku sekolah dasar. Berikut langkah-langkah melakukan gerakan handstand :
  1. Posisikan badan berdiri dengan salah satu kaki berada didepan.
  2. Posisikan badan membungkuk kedepan.
  3. Letakkan kedua tangan diatas matras selebar bahu agar dapat digunakan untuk menumpu badan.
  4. Arahkan pandangan anda kedepan kemudian dorong pantat setinggi mungkin.
  5. Setelah itu bengkokkan tungkai kedepan kemudian luruskan tungkai kebelakang.
  6. Proses pemindahan tungkai ini dengan cara menganyunnya keatas agar bagian otot perut lebih kencang.
  7. Posisikan kedua tungkai lurus dan rapat.
Head stand yang notabennya merupakan salah satu jenis gerakan senam lantai yang populer juga dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk keperluan fitnes. Gerakan head stand di klaim dapat mengencangkan lengan dan menjadi cara membentuk dan membesarkan otot lengan untuk pria.

Gerakan Lompat Jongkok

Jenis gerakan senam lantai selanjutnya ialah gerakan lompat jongkok. Gerakan senam ini dilakukan dengan posisi badan berjongkok ketika melompati rintangan. Meski cukup mudah, tapi kalian tetap perlu berhati-hati ketika mempraktekan teknik dasarnya. Perhitungan yang kurang matang bisa membuat kaki terbentur yang notabenya pasti sangat menyakitkan.
Lompat jongkok

Jenis senam lantai satu ini juga diajarkan kepada siswa ketika berada di bangku SD. Selain praktikum, guru pun akan menyampaikan materi secara teori sebagai bekal untuk mengerjakan soal ujian. Masalahnya, apakah kalian tau teknik dasarnya? jika belum maka simaklah cara melakukan gerakan lompat jongkok di bawah:
  1. Lakukan sikap awal dengan berlari secepat mungkin dengan posisi badan dicondongkan kedepan.
  2. Lakukan tolakan diatas papan menggunakan kedua tangan. 
  3. Kedua tangan diayunkan dari belakang kedepan bawah agar posisi tungkai dan badan tetap lurus.
  4. Arahkan pandangan anda kedepan. 
  5. Lakukan pendaratan dengan cara mengeper menggunakan ujung kaki dan posisi kedua tangan direntangkan kearah atas.

Gerakan Lompat Kangkang

Gerakan lompat kangkang merupakan jenis gerakan senam lantai yang dilakukan dengan cara menyudutkan panggul dan sedikit ditekuk. Jenis gerakan ini badan tidak diluruskan terlebih dahulu. Berikut cara melakukan gerakan lompat kangkang :
  1. Lakukan gerakan lompatan dengan mengangkat bagian panggul setinggi mungkin.
  2. Ketika tangan menyentuh peti lompat kemudian arahkan tangan kesamping dengan panggul yang ditekuk.
  3. Lakukan tolakan menggunakan tangan lebih kuat kearah dada dan kepala dapat diangkat keatas.
  4. Sikap tungkai rapat dan badan diluruskan.
  5. Lakukan pendaratan menggunakan kedua kaki dan tekuk lutut.

Gerakan Kayang

Adapula gerakan kayang yang termasuk jenis gerakan senam lantai. Gerakan kayang merupakan jenis gerakan senam lantai yang dilakukan dengan cara membalikkan badan sehingga kaki berada diatas. Gerakan kayang dilakukan dengan mengangkat bagian panggul dan perut keatas. Poin utama gerakan kayang adalah meletakkan kaki lebih tinggi dengan menumpukan badan kebagian pinggang dan bahu. Gerakan kayang berguna untuk meningkatkan kelenturan bahu. Dibawah ini terdapat cara melakukan gerakan kayang :
  • Lakukan sikap awal tubuh berdiri dan posisikan kedua tangan menumpu bagian pinggul.
  • Lutut dan siku ditekuk kemudian kepala dilipat kebelakang.
  • Gunakan kedua tangan untuk menumpu. Setelah itu putar sampai tangan menyentuh matras.
  • Gerakan terakhir ialah memposisikan badan melengkung seperti busur.

Gerakan Meroda

Selanjutnya terdapat jenis gerakan senam lantai berupa gerakan meroda. Jenis gerakan ini dengan memutarkan badan kearah samping dengan menumpukan badan pada kedua tangan dan kedua kaki. Gerakan meroda dapat dilakukan dengan beberapa tingkatan. Anda dapat menambah tingkatannya secara bertahap. Dibawah ini terdapat cara melakukan gerakan meroda dengan benar :
  1. Sikap awal badan berdiri kearah samping. Kemudian kaki dibuka selebar bahu dan tangan berada lurus kearah serong atas samping. 
  2. Arahkan pandangan anda kedepan. 
  3. Jatuhkan badan kearah samping dengan telapak tangan berada disamping kiri badan. Kemudian angkat kaki kanan dengan lurus kearah atas. Kemudian diikuti dengan gerakan telapak tangan lainnya.
  4. Posisi badan serong ke arah samping dengan posisi kaki terbuka. Ketika kaki kanan diayunkan kemudian kaki kiri melakukan tolakan kelantai.
  5. Lakukan gerakan selanjutnya dengan meletakkan kaki kanan disamping tangan kanan dan diikuti dengan tangan kiri.
  6. Luruskan kedua tangan kemudian kembali keposisi semula dengan cara mengangkat badan.
Jenis gerakan senam lantai ini memang sedikit sulit dilakukan, namun dengan banyak berlatih maka anda dapat melakukan gerakan meroda dengan benar. Gerakan meroda dapat dilakukan dengan dua orang agar dapat saling membantu melakukan teknik yang benar. Berikut cara melakukan gerakan meroda dengan dua orang :
  • Salah satu rekan berada dibelakang orang yang akan melakukan gerakan meroda.
  • Ketika badan dan panggul diangkat maka bantu rekan tim anda dengan memegang kedua sisi pinggulnya.
  • Bantu rekan tim tersebut sampai kedua kakinya menyentuh lantai dan berhasil melakukan gerakan meroda ini.

Gerakan Sikap Lilin

Sikap lilin menjadi salah satu contoh senam lantai yang paling umum dijumpai di sekolah. Secara garis besar sikap lilin hanya mengedepankan keseimbangan dan kelenturan tubuh saja. Selain teknik dasar serta awalan sederhana, cara melakukan sikap lilin pun juga sangat mudah dilakukan. Tidak hanya itu, kelebihan jenis senam lantai yang satu ini adalah resiko cidera minimum.
Gerakan sikap lilin senam lantai
Gerakan sikap lilin

Jenis gerakan senam lantai selanjutnya ialah sikap lilin. Gerakan ini dapat dilakukan dengan memposisikan badan telentang dengan mengangkat kedua kaki keatas dan rapat, kemudian topang pinggang menggunakan kedua tangan namun bahu tetap menyentuh lantai. Gerakan sikap lilin menggunakan otot perut yang kuat agar kedua tangan dapat menopang pinggul. Berikut cara melakukan gerakan sikap lilin dalam senam lantai :
  1. Posisikan badan telentang dan letakkan kedua tangan disamping badan.
  2. Arahkan pandangan anda keatas. Kemudian kedua kaki diangkat bersamaan dengan posisi kaki rapat. 
  3. Topang pinggul menggunakan kedua tangan namun bahu tetap menyentuh lantai.
  4. Tahan posisi badan tersebut selama beberapa menit.

Gerakan Salto

Gerakan salto

Adapula jenis gerakan senam lanti yang diakukan dengan salto. Gerakan ini harus didampingi dengan orang yang profesional atau ahli sehingga lebih aman. Tempat melakukannyapun harus empuk dan aman seperti dikasur ataupun diatas matras dengan bantalan yang empuk. Gerakan salto adalah gerakan senam dengan menjungkirkan tubuh kearah udara namun tidak menyentuh lantai. Dengan latihan yang rutin banyak sekali pesenam yang mampu melakukan gerakan ini dengan gesit sebanyak beberapa kali.

Gerakan Round Off

Jenis gerakan senam lantai dapat berupa gerakan round off. Round off merupakan gerakan senam lantai yang dapat dilakukan menggunakan beberapa cara seperti menumpukan badan pada kedua tangan kemudian melakukan tolakan ketika kedua kaki mendarat kelantai dan melakukan handstand dengan cara memutarkan badan dengan sumbu yang tegak. Gerakan round off dapat dilakukan dengan dua orang sehingga dapat saling membantu. Berikut cara melakukan gerakan round off :
  1. Lakukan gerakan dengan mengangkat salah satu tangan secara bergantian.
  2. Ketika salah satu tangan diangkat, letakkan tangan tersebut didepan dan tangan yang lainnya berada disamping tangan tersebut. Setelah itu badan diputar dengan sumbu yang tegak. 
  3. Setelah itu anda dapat melakukan gerakan handstand dengan menggunakan dua tangan yang mengarah kedepan. Ketika tangan sudah menyentuh lantai kemudian diputar sampai mendapatkan posisi ke arah depan. 
  4. Posisi kedua kaki rapat dan tolakkan sampai tangan tidak menyentuh lantai. Lakukan gerakan tersebut dengan lebih cepat.

Gerakan Head Stand

Masih ingat cara melakukan hand stand atau berdiri dengan tangan? Nah, konsep headstand hampir sama seperti itu. Perbedaannya kita dituntut harus menjaga keseimbangan dengan bertumpu pada kepala dan dua tangan. Hal ini tentu tidaklah mudah karena siswa harus menjaga keseimbangan sembari menahan beban tubuh.

Kunci utama keberhasilan adalah memposisikan kepala dan dua tangan menyerupai bentuk segitiga. Dengan demikian kalian bisa menjaga tubuh agar tetap seimbang dan tidak jatuh ke depan atau samping. Siswa juga bisa meminta bantuan guru untuk memegang dan meluruskan kaki ketika posisi berdiri. Tujuannya tak lain agar terhindar dari segala kemungkinan cidera.
Gerakan Headstand

Materi headstand biasanya mulai diajarkan pada siswa ketika berada di bangku sekolah dasar. Dalam beberapa kasus, jenis gerakan senam lantai satu ini juga sering disebut sebagai kopstand. Berikut cara melakukan gerakan head stand yang baik dan benar : 
  1. Lakukan sikap awal berdiri kemudian kepala ditegakan agar dapat menumpu badan dengan bantuan kedua tangan.
  2. Bungkukkan badan dengan menumpu pada tangan dan dahi sehingga membentuk segitiga sama sisi.
  3. Kemudian angkat tungkai dan posisikan punggung membusur dan letakkan panggul kedepan agar badan tetap seimbang. 
  4. Gerakan terakhir ialah menegakkan badan dengan tungkai berada diatas dan rapat.
Dalam melakukan gerakan head stand terdapat beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Berikut beberapa kesalahan dalam melakukan jenis gerakan senam lantai ini :
  • Bagian paha, leher, pinggang, sendi bahu  dan otot perut kaku.
  • Posisi kepala dan kedua tangan tidak membentuk segitigan sama sisi.
  • Keseimbangan dan koordinasi badan tidak benar
  • Timbul rasa sakit dikepala karena alas kepala terlalu keras.
  • Gerakan tolakan tidak kuat dan kurang cepat.
  • Posisi jari tangan tidak meghadap kearah depan.

Gerakan Guling Lenting

Jenis gerakan senam lantai yang terakhir ialah jenis gerakan guling lenting. Berikut cara melakukan gerakan guling lenting : 
  1. Sikap badan berdiri dengan kedua kaki dirapatkan. Letakkan kedua tangan keatas dengan lurus. Posisi badan sedikit membungkuk kemudian tangan diletakkan diatas matras. Lakukan posisi badan seperti mengguling kedepan namun sikap kaki tetap lurus.
  2. Lakukan gerakan guling depan namun ketika badan berada diatas kepala, kedua kaki dilecutkan lurus kedepan dengan cepat menggunakan bantuan kedua tangan. Gerakan ini akan membuat badan agar lebih melenting kedepan.
  3. Posisikan kedua kaki mendatar namun sikap kedua tangan tetap lurus. Gerakan terakhir ialah kembali keposisi awal badan berdiri.
Demikianlah jenis jenis gerakan senam lantai beserta cara melakukannnya yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "14 Jenis Gerakan Senam Lantai Beserta Cara Melakukannya"