Teknik Dasar Pivot Bola Basket, Pengertian, dan Fungsinya

Teknik Dasar Pivot Bola Basket, Pengertian, dan Fungsinya - Menguasai setiap gerakan menjadi suatu kewajiban untuk semua pemain. Melalui pemahaman teknik inilah tim bisa melakukan strategi penyerangan dan pertahanan lebih efektif. Gerakan memutar badan sehingga membelakangi lawan adalah masuk dalam kategori teknik bertahan bernama pivot.
Gerakan Pivot Dalam Bola Basket

Apa itu pivot pada bola basket? inilah yang sering kali ditanyakan oleh beberapa siswa. Meski sudah diajarkan tapi faktanya banyak yang kesulitan ketika diminta menjelaskan cara melakukan gerakan pivot. Padahal materi tersebut sudah pasti muncul sebagai butir soal ketika ujian berlangsung. Masalahnya, apakah kalian tau seperti apa teknik dasar pivot bola basket?

Teknik pivot menurut saya adalah gerakan yang cukup sederhana namun efektif untuk menyerang maupun bertahan menghindari lawan. Pemain pun dituntut harus memiliki fleksibilitas serta kehati-hatian karena sedikit saja kaki bergeser wasit akan menggapnya pelanggaran. Inilah salah satu alasan kenapa gerakan pivot sulit untuk kita kuasai. Dalam artikel kali ini saya ingin menjelaskan lebih dalam teknik dasar pivot basket secara lengkap.

Teknik Dasar Pivot Bola Basket, Pengertian, dan Fungsinya

Pivot menjadi salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket yang cukup populer dan wajib kalian kuasai. Gerakan memutar badan sambil memegang bola satu ini memberikan dampak besar terhadap pertahanan langsung. Kalian bisa menghindari serta mempertahankan bola agar tidak direbut musuh dari depan.
Baca juga : Istilah Istilah Dalam Permainan Basket
Pada artikel ini terdapat tiga pembahasan mengenai pengertian gerakan pivot dalam permainan basket, fungsi gerakan pivot dalam permainan basket dan teknik gerakan pivot dalam permainan basket. Gerakan pivot termasuk kedalam gerakan penting dalam bola basket. Maka dari itu anda harus memahami setiap teknik yang ada dalam gerakan ini.
 

Apa Itu Pivot

Pengertian pivot adalah sebuah gerakan memutar badan dengan tumpuan pada salah satu kaki. Tumpuan tersebut sekaligus berfungsi sebagai poros diikuti teknik memegang bola yang benar. Oleh karenanya pemain tak dianjurkan untuk melakukan gerakan menggunakan kaki yang dipakai untuk bertumpu. Apabila kaki tergeser maka teknik pivot kalian akan dianggap sebagai pelanggaran.

Dalam konteks pendidikan gerakan pivot diajarkan pada siswa secara praktek untuk menambah wawasan. Tentu saja materi tersebut diberikan bersamaan dengan teknik dasar lainya seperti shooting, dribbling, lay up shoot, dan lain sebagainya. Kamu bahkan dapat menjumpai pembahasan lengkapnya secara teori pada buku pedoman penjas maupun LKS.\

Ketika berhasil menguasainya maka kalian bisa menciptakan sudut putaran bahkan sampai 360 derajat. Sehingga kita pun bisa menjaga bola agar tidak mudah direbut oleh lawan. Lantas sebenarnya apa saja manfaat menguasai gerakan satu ini?

Fungsi Gerakan Pivot Bola Basket

Apa manfaat yang kita dapatkan ketika menguasai teknik dasar pisvot basket? sebagian siswa pasti tak menyadarinya. Namun gerakan satu ini memberikan kontribusi besar terhadap pola pertahanan tim. Dengan memutar tubuh dan membelakangi lawan maka pemain bisa menjaga dan mempertahankan bola sehingga tak mudah direbut.

Kalian juga dapat mengkombinasikanya dengan operan beruntun untuk menciptakan pola serangan balik. Inilah alasan kenapa saya menyebut teknik pivot sebagai gerakan yang fleksibel dan wajib dikuasai. Sebagai referensi saya ingin menjabarkan beberapa manfaat yang akan kamu peroleh ketika berhasil melakukan pivot:
  1. Sebagai solusi untuk mendapatkan celah dalam pertahanan lawan sehingga kita memperoleh ruang dalam melakukan drive, shoot, passing maupun membuat situasi yang menguntungkan tim.
  2. Untuk mengelabuhi lawan dengan cara change direction atau pergantian arah dalam gerakan pivot.
  3. Untuk mengetahui gerakan lawan karena dilakukan dengan berputar.
  4. Sebagai langkah awal dalam melakukan shooting bola kedalam ring.
  5. Untuk menanggulangi serangan lawan serta dapat digunakan untuk melakukan serangan balik.
  6. Untuk melindungi bola dari serangan lawan. Hal tersebut dikarenakan permainan basket harus disertai gerakan drible sehingga ketika mendrible, bola dilindungi dengan gerakan pivot.
Baca juga : 6 Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Permainan Basket

Teknik Dasar Pivot Basket

Bagaimana cara melakukan pivot dalam permainan bola basket? tak semua pemain bisa melakukanya dengan sempurna. Fakta mengejutkan bahwa mayoritas gagal karena tak memahami peraturan serta lalai ketika melakukan putaran.

Teknik Pivot basket yang baik dan benar pada dasarnya sudah mulai diajarkan pada siswa semenjak berada di bangku SMP. Pendalaman materi pun turut serta diberikan guru dalam bentuk penjelasan teori. Kalian pun bisa membaca penjelasannya langsung dari buku pedoman penjas maupun LKS.

Sering kali kalian akan dihadapkan dengan soal yang sedikti banyak membahas gerakan pivot pada permainan basket. Oleh karenya, di sesi terakhir ini saya ingin menjabarkan cara melakukan gerakan pivot dengan benar:
  1. Pilihlah salah satu kaki sebagai poros ketika badan diputar. Gunakan kaki yang terkuat misalnya menggunakan kaki kanan.
  2. Sedangkan untuk kaki lainnya bertugas untuk melangkah ke segala arah. Namun untuk kaki yang digunakan untuk poros tetap berada ditempatnya.
  3. Ketika badan diputar, kaki yang berguna sebagai poros tidak diperkenankan untuk tergeser atau bergerak.
  4. Akhiri gerakan pivot dengan kembali ke sikap badan seperti semula. Setelah itu persiapkan gerakan selanjutnya misalnya passing, dribbling ataupun shooting.

Teknik pivot bola basket haruis dilakukan dengan benar. Usahakan kaki poros tidak bergerak atau bergeser ketika melakukan putaran. Putaran dalam gerakan pivot maksimal bisa mencapai sudut 360 derajat. Gerakan pivot dalam permainan basket dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dilakukan dengan arah belakang dan dilakukan dengan arah depan, tergantung dari mana arah serangan lawan.

Bagi penyerang basket yang sudah senior biasanya menggunakan gerakan pivot dengan mahir sehingga serangannya tidak dapat dicegah maupun dihentikan. Gerakan pivot yang digunakan ialah reserve pivot maupun in front pivot. Setelah melakukan gerakan pivot dalam permainan basket, selanjutnya terdapat beberapa gerakan lanjutan yang dapat dibuat seperti gerakan passing/melempar bola, shooting/menembak bola, dan dribble/membawa bola.

Sekain artikel yang sedikit banyak membahas teknik dasar pivot bola basket beserta pengertian dan manfaatnya. Kunci utama agar kalian cepat menguasainya adalah sering berlatih secara rutin. Perhatikan pula kaidah serta peraturan yang berpotensi membuat teknik gagal. Jika masih bingung cara melakukan gerakan pivot basket alangkah baiknya kamu minta bantuan pada guru atau ahli. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan kita, terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Pivot Bola Basket, Pengertian, dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel