Pengertian, Fungsi, dan Teknik Gerakan Pivot Dalam Permainan Basket

Advertisement

Pengertian, Fungsi, dan Teknik Gerakan Pivot Dalam Permainan Basket - Dalam permainan basket terdapat beberapa gerakan yang harus anda kuasai. Gerakan tersebut termasuk kedalam teknik dasar basket. Salah satu teknik yang tidak kalah penting ialah gerakan pivot dalam permainan basket. Jenis gerakan tersebut berguna untuk mempertahankan bola agar tidak dapat direbut oleh lawan. Dengan menggunakan gerakan yang tepat maka permainan basket dapat dimenangkan dengan nilai yang maksimal. Apakah anda mengetahui fungsi gerakan pivot? Bagaimana cara melakukannya? Pada kesempatan kali ini saya  akan mengupas secara lengkap mengenai pengertian gerakan pivot dalam permainan basket, fungsi gerakan pivot dalam permainan basket dan teknik gerakan pivot dalam permainan basket. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Gerakan Pivot Dalam Bola Basket

Pengertian, Fungsi, dan Teknik Gerakan Pivot Dalam Permainan Basket

Pada artikel ini terdapat tiga pembahasan mengenai pengertian gerakan pivot dalam permainan basket, fungsi gerakan pivot dalam permainan basket dan teknik gerakan pivot dalam permainan basket. Gerakan pivot termasuk kedalam gerakan penting dalam bola basket. Maka dari itu anda harus memahami setiap teknik yang ada dalam gerakan ini.
Baca juga : Istilah Istilah Dalam Permainan Basket

Pengertian Gerakan Pivot Dalam Permainan Basket

Pengertian gerakan pivot dalam permainan basket banyak ditemui dalam bibliografi bola basket. Pengertian pivot secara umum ialah sebuah gerakan badan yang memutar dengan tumpuan pada salah satu kaki. Tumpuan tersebut berfungsi sebagai poros diikuti dengan pemegangan bola. Gerakan badan yang memutar tidak dianjurkan untuk menggerakan kaki yang digunakan sebagai poros. Apabila kaki tergeser maka gerakan tersebut dianggap sebagai pelanggaran. Gerakan pivot dapat mencapai sudut putaran sampai 360 derajat. Gerakan pivot dalam permainan bola basket berfungsi untuk mempertahankan dan menjaga bola agar tidak dapat direbut oleh lawan.

Pengertian gerakan pivot dalam permainan basket sebenarnya berkaitan dengan teknik dasar yang berlaku. Terdapat beberapa teknik dasar bola basket yang harus dipahami seperti cara memegang bola basket dengan benar, pivot, passing, shooting, dribbling maupun lay up shoot. Namun hal yang paling penting untuk dipahami ialah peraturan dalam permainan basket.

Fungsi Gerakan Pivot Dalam Permainan Basket

Setelah membahas mengenai pengertian gerakan pivot dalam permainan basket, selanjutnya saya akan membahas mengenai fungsi gerakan pivot dalam permainan basket. Gerakan pivot memiliki tujuan untuk menjaga dan mempertahankan bola dari serangan lawan, tetapi tujuan utama gerakan pivot ialah untuk menyempurnakan strategi pertahanan maupun penyerangan dalam permainan basket. Namun adapula fungsi lain dari gerakan pivot yang meliputi :
  • Sebagai solusi untuk mendapatkan celah dalam pertahanan lawan sehingga kita memperoleh ruang dalam melakukan drive, shoot, passing maupun membuat situasi yang menguntungkan tim.
  • Untuk mengelabuhi lawan dengan cara change direction atau pergantian arah dalam gerakan pivot.
  • Untuk mengetahui gerakan lawan karena dilakukan dengan berputar.
  • Sebagai langkah awal dalam melakukan shooting bola kedalam ring.
  • Untuk menanggulangi serangan lawan serta dapat digunakan untuk melakukan serangan balik.
  • Untuk melindungi bola dari serangan lawan. Hal tersebut dikarenakan permainan basket harus disertai gerakan drible sehingga ketika mendrible, bola dilindungi dengan gerakan pivot.

Teknik Gerakan Pivot Dalam Permainan Basket

Selanjutnya terdapat teknik gerakan pivot dalam permainan basket yang harus anda kuasai. Secara teori teknik gerakan pivot memang lebih sederhana namun untuk pelaksanaannya harus dilakukan dengan benar. Apabila terdapat kesalahan dalam gerakan ini akan menimbulkan pelanggaran. Berikut cara melakukan gerakan pivot dengan benar :

1. Pilihlah salah satu kaki sebagai poros ketika badan diputar. Gunakan kaki yang terkuat misalnya menggunakan kaki kanan.
2. Sedangkan untuk kaki lainnya bertugas untuk melangkah ke segala arah. Namun untuk kaki yang digunakan untuk poros tetap berada ditempatnya.
3. Ketika badan diputar, kaki yang berguna sebagai poros tidak diperkenankan untuk tergeser atau bergerak.
4. Akhiri gerakan pivot dengan kembali ke sikap badan seperti semula. Setelah itu persiapkan gerakan selanjutnya misalnya passing, dribbling ataupun shooting.

Teknik gerakan pivot dalam permainan basket haruis dilakukan dengan benar. Usahakan kaki poros tidak bergerak atau bergeser ketika melakukan putaran. Putaran dalam gerakan pivot dapat mencapai sudut 360 derajat. Gerakan pivot dalam permainan basket dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dilakukan dengan arah belakang dan dilakukan dengan arah depan, tergantung dari mana arah serangan lawan. Bagi penyerang basket yang sudah senior biasanya menggunakan gerakan pivot dengan mahir sehingga serangannya tidak dapat dicegah maupun dihentikan. Gerakan pivot yang digunakan ialah reserve pivot maupun in front pivot. Setelah melakukan gerakan pivot dalam permainan basket, selanjutnya terdapat beberapa gerakan lanjutan yang dapat dibuat seperti gerakan passing/melempar bola, shooting/menembak bola, dan dribble/membawa bola.

Inilah pengertian gerakan pivot dalam permainan basket, fungsi gerakan pivot dalam permainan basket dan teknik gerakan pivot dalam permainan basket yang dapat saya jelaskan. Gerakkan pivot merupakan salah satu teknik basket dan tidak dapat terpisahkan dari teknik teknik dasar lainnya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda. Terima kasih.

Pengertian, Fungsi, dan Teknik Gerakan Pivot Dalam Permainan Basket Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar