Perbedaan Melompat dan Meloncat Dalam Olahraga

Perbedaan Melompat dan Meloncat Dalam Olahraga - Apakah anda pernah melakukan kegiatan fisik? Tentunya pernah bukan? Aktivitas fisik ini tentunya sering kita lakukan saat sedang berolahraga. Misalnya saja melompat dan meloncat. Apakah anda tahu perbedaan meloncat dan melompat itu? Kedua hal ini memang pada kenyataannya sering disamakan. Namun faktanya kedua hal tersebut berbeda. Meskipun lompat dan loncat ini hampir sama pengucapannya, namun keduanya tidak sama dan bahkan berbeda.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat dapat diartikan sebagai gerakan yang dilakukan ke arah belakang, samping, depan maupun secara horizontal sehingga menjauhi permukaan lantai atau tanah. Sedangkan loncat adalah gerakan yang dilakukan ke arah atas dan secara vertikal sehingga menjauhi permukaan lantai atau tanah. Dari penjelasan ini anda dapat melihat perbedaan melompat dan meloncat tersebut. 

Perbedaan Melompat dan Meloncat Dalam Olahraga
(a) Gerakan Melompat, (b) Gerakan Meloncat

Gerakan melompat dan meloncat ini memang banyak kita temukan dalam kegiatan kegiatan olahraga. Gerakan lompat dan loncat tersebut memang banyak dianggap sama oleh beberapa orang. Padahal kedua kata ini mempunyai makna yang berbeda. Apa itu lompat? Apa itu loncat? Lompat dan loncat adalah aktivitas yang mendorong tubuh ke atas hingga jatuh kembali. Apa perbedaan melompat dan meloncat itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan melompat dan meloncat dalam olahraga. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbedaan Melompat dan Meloncat Dalam Olahraga

Apa perbedaan loncat dan lompat? Perbedaan gerakan melompat dan melompat ini dapat ditinjau dari segi teknik maupun arah gerakannya. Seperti yang kita tahu bahwa lompat dan loncat adalah gerakan yang menjauhi permukaan lantai atau tanah. Lompat dilakukan secara horizontal, sedangkan loncat dilakukan secara vertikal.

Sekilas dua gerakan tersebut memang terlihat sama karena menghasilkan output yang sama menggunakan kaki. Tapi jika kita melihatnya dari sudut pandang olahraga maka akan menemukan beda yang signifikan.

Untuk memahami lebih lanjut tentang perbedaan melompat dan meloncat tersebut, anda harus mengetahui definisi dari kedua hal ini. Selain pengertian melompat dan pengertian meloncat ini, adapula contoh olahraga yang berkaitan dengan melompat dan meloncat tersebut. Berikut penjelasan selengkapnya:

Gerakan Meloncat

Pengertian meloncat adalah gerakan yang dilakukan dengan menggunakan otot kaki menuju ke arah atas atau vertikal untuk menjauhi permukaan lantai atau tanah. Ketika meloncat, tumpuan tubuh berada di kedua kaki. Maka dari itu kaki dijadikan tumpuan untuk mendorong tubuh atau menolakkan kaki. Gerakan meloncat ini menghasilkan dorongan tubuh yang menuju vertikal ke atas. Adapun contoh olahraga yang menggunakan teknik meloncat yaitu:
  • Loncat harimau
  • Loncat indah

Gerakan Melompat

Melompat adalah sebuah gerakan mengangkat tubuh dari satu titik menuju titik lainnya yang lebih tinggi atau jauh menggunakan ancang ancang lari lambat atau cepat, dimana menumpu menggunakan salah satu kaki dan mendarat menggunakan kaki lainnya sehingga keseimbangan tubuh dapat terjaga dengan baik. Saat melompat, tumpuan tubuh hanya berada pada salah satu kaki saja. Dengan kata lain hanya satu kaki saja yang menjadi tumpuan ketika melompat sehingga tubuh dapat terdorong atau kaki dapat ditolakkan. Gerakan melompat ini menghasilkan gerakan tubuh yang menuju ke arah depan. Adapun contoh olahraga yang menggunakan teknik melompat yaitu:
  • Lompat tinggi
  • Lompat jauh
  • Lompat galah

Perbedaan Melompat dan Meloncat

Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa dalam olahraga fisik pasti ditemukan gerakan meloncat dan melompat. Setelah menjelaskan tentang pengertian melompat dan pengertian meloncat di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang perbedaan gerakan melompat dan meloncat yaitu sebagai berikut:

Posisi Tumpuan Kaki

Perbedaan lompat dan loncat dapat ditinjau dari segi posisi tumpuan kakinya. Tumpuan kaki yang berguna untuk mendorong tubuh saat meloncat dan melompat tersebut berbeda. Gerakan melompat dapat dilakukan dengan menggunakan satu kaki saja hingga tubuh dapat terdorong. Sedangkan gerakan meloncat dapat dilakukan dengan kedua kaki sebagai tumpuan. Dengan kata lain gerakan vertikal dapat dilakukan dengan kedua kaki hingga menjauhi permukaan lantai atau tanah. Kemudian lompat juga menghasilkan gerakan lompat ke samping kanan kiri dan depan belakang. Sedangkan loncat menghasilkan gerakan ke bawah dan ke atas.

Posisi Tangan

Perbedaan meloncat dan melompat juga dapat ditinjau dari segi posisi tangannya. Posisi kedua tangan ketika melompat adalah menekuk ke arah samping tubuh. Posisi tangan tersebut bertujuan agar kita tidak terjatuh dan tubuh tetap seimbang. Sedangkan posisi kedua tangan saat meloncat yaitu berada disamping paha dan lurus. 

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan melompat dan meloncat dalam olahraga. Perbedaan gerakan melompat dan meloncat tersebut dapat ditinjau dari segi tumpuan kaki maupun posisi kedua tangannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Melompat dan Meloncat Dalam Olahraga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel