4 Teknik Dasar Tangkisan Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya

4 Teknik Dasar Tangkisan Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya - Pencaksilat adalah salah satu olahraga bela diri yang cukup populer. Secara garis besar guru memang tak akan mengajarkanya secara praktukum karena berbagai alasan. Mulai dari resiko cidera yang tinggi sampai waktu pelaksanaan yang kurang memadahi. Tapi sebagai siswa kita bisa mempelajarinya sendiri dari buku pedoman penjas dan LKS.

Ada banyak teknik dasar yang harus kalian hafalkan karena sedikit banyak materi tersebut akan muncul sebagai butir soal ujian. Setiap gerakan dari seni bela diri tradisional satu ini menurut saya lumayan kompleks. Tak sedikit siswa yang gagal ketika diminta menyebutkan ada berapa teknik dasar tangkisan pencak silat. Setidaknya terdapat 4 jenis cara menangkis serangan yang dilancarkan oleh lawan. Yakni tangkisan atas, tangkisan dalam, tangkisan luar, dan yang terkahir adalah tangkisan dalam.


Tangkisan dalam pencak silat pada dasarnya memiliki tujuan untuk mengalihkan serangan langsung dari lintasan dan apabila terpaksa digunakan untuk menahan atau membendung serangan lawan. Teknik tangkisan merupakan salah satu teknik dasar pencak silat yang harus dikuasai dan berkesinambungan dengan baik. Tangkisan tersebut merupakan teknik yang memiliki peran penting dalam olahraga ini.

Teknik tangkisan tersebut dilakukan dengan melakukan kontak langsung dengan lawan ketika melancarkan serangan. Hal ini dikarenakan tujuan tangkisan tersebut secara lagsung berupa mengalihkan lintasan dan serangan lawan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa teknik dasar tangkisan pencak silat beserta cara melakukan teknik tangkisan pencak silat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

4 Teknik Dasar Tangkisan Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya

Ada berapa teknik dasar tangkisan dalam pencak silat? inilah yang sering ditanyakan oleh siswa. Kita tak bisa menampik fakta bahwa pertanyaan tersebut sering muncul ketika ujian. Karena tak banyak diajarkan akhirnya membuat mayoritas siswa kesulitan ketika mengerjakannya.

Pengertian teknik tangkisan secara umum ialah usaha untuk menahan serangan lawan yang dilakukan secara langsung menggunakan berbagai teknik di dalamnya. Apabila teknik tangkisan ini tidak dapat kita kuasai dengan benar dan baik, maka lawan akan mudah untuk memberikan tekanan dan serangan secara terus menerus karena pertahanan yang dibuat sangat rapuh. Namun apabila teknik tangkisan dikuasai dengan baik, maka kita dapat menangkis serangan lawan dengan mudah karena lawan sulit untuk menyerang pada titik sasarannya. 
Teknik tangkisan dalam pencak silat dapat dikuasai dengan baik dan cepat dengan cara melakukan latihan dengan serius dan sungguh sungguh. Untuk itu apabila anda termasuk pemain pemula dalam pencak silat, maka perlu menguasai teknik ini dengan upaya yang sangat tinggi. Apa saja macam macam teknik dasar tangkisan dalam pencak silat itu? Bagaimana cara melakukan teknik tangkisan pencak silat itu? Di bawah ini terdapat beberapa teknik dasar tangkisan pencak silat beserta cara melakukannya yaitu meliputi:
4 Teknik Dasar Tangkisan Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya
Teknik Tangkisan Dalam Pencak Silat

Tangkisan Dalam

Menangkis serangan merupakan salah satu kunci utama meraih kemenangan dalam perlombaan seni bela diri. Setiap atlet dituntut harus menguasai teknik dasar tangkisan dalam pencak silat dengan baik dan benar. Tapi apakah kalian tau apa itu tangkisan dalam?

Jenis tangkisan dalam pencak silat satu ini menurut saya cukup kompleks. Tangkisan dalam adalah macam teknik tangkisan yang pelaksanaannya dilakukan dari arah luar menuju dalam dengan sejajar bahu. 

    Teknik Dasar Tangkisan Dalam

    Selain mempelajari teori tentu siswa harus mengerti bagaimana dasar gerakannya pula. Tak sedikit siswa kesulitan ketika diminta menyebutkan cara menangkis serangan dari luar ke arah dalam. Padahal pertanyaan tersebut sering muncul ketika ujian berlangsung. Oleh karenanya, simaklah cara melakukan teknik tangkisan dalam di bawah ini:
    • Langkah pertama yaitu melakukan sikap kuda kuda tengah.
    • Setelah itu siapkan kedua tangan di depan.
    • Kemudian salah satu tangan ditarik sejajar dengan bahu dari depan keluar dalam. 
    • Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.

    Kesalahan Pelaksanaan Tangkisan Dalam

    Dalam melakukan tangkisan dalam ini tentunya terdapat beberapa kesalahan yang sering terjadi. Adapun beberapa jenis kesalahan yang sering terjadi pada tangkisan dalam yaitu kurang baiknya kuda kuda, kurang kuat penarikan salah satu tangan, ketidaksiapan kedua tangan ketika di depan, dan kurang seimbang badan pemainnya.

    Tangkisan Luar

    Jenis teknik dasar tangkisan pencak silat selanjutnya yaitu tangkisan luar. Pengertian tangkisan luar ialah teknik tangkisan yang pelaksanaannya dari dalam keluar dengan sejajar bahu ketika bagian luar diambil dari tangan atau kaki. 

      Teknik Dasar Tangkisan Luar

      Meski tak sepenuhnya di ajarkan di sekolah tapi teknik dasar tangkisan luar pencak silat bisa kita pelajari secara mandiri. Kalian bisa menjumpai materi yang membahas berbagai kelebihan, kekurangan, serta cara melakukannya di buku LKS penjas. Tapi untuk menyingkat waktu saya telah merangkum cara melakukan teknik dasar dalam pencak silat tersebut:
      1. Langkah pertama yaitu melakukan sikap kuda kuda tengah.
      2. Setelah itu siapkan kedua tangan di depan.
      3. Kemudian salah satu tangan ditarik sampai sejajar dengan bahu dari dalam menuju depan keluar. 
      4. Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.

      Kesalahan Pelaksanaan Tangkisan Luar

      Dalam melakukan tangkisan luar ini tentunya terdapat beberapa kesalahan yang sering terjadi. Adapun beberapa jenis kesalahan yang sering terjadi dalam tangkisan luar yaitu kurang baiknya kuda kuda, kurang kuat penarikan salah satu tangan, ketidaksiapan kedua tangan ketika di depan, dan kurang seimbang badan pemainnya.

      Tangkisan Atas

      Kepala menjadi salah satu target utama musuh untuk memperoleh poin hit tinggi. Oleh karenanya banyak atlet berlatih cara melakukan tangkisan atas untuk melindungi kepala mereka. Dalam konteks pendidikan, kalian bisa membaca materi tangkisan atas pencak silat secara lengkap di buku pedoman penjas.

      Sebelum mempelajari seperti apa cara menangkis serangan dari atas kalian harus menguasai terlebih dulu sikap kuda-kuda tengah. Posisi kuda-kuda yang kuat dan mantap merupakan kunci utama agar kita bisa menahan tekanan dari musuh.

      Teknik Dasar Tangkisan Atas

      Secara garis besar, pengertian tangkisan atas adalah gerakan menangkis yang digunakan untuk melindungi kepala ketika lawan menyerang ke arah bagian atas. Secara otomatis gerakan pelaksanaan yang harus kita lakukan adalahd ari bawah ke atas. Simaklah cara melakukan teknik tangkisan atas berikut ini:
      1. Langkah pertama yaitu melakukan sikap kuda kuda tengah.
      2. Setelah itu siapkan kedua tangan di depan.
      3. Kemudian salah satu tangan untuk melindungi kepala dari serangan sehingga pelaksanaannya dari bawah menuju atas. 
      4. Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.

      Kesalahan Pelaksanaan Tangkisan Atas

      Dalam melakukan tangkisan atas ini tentunya terdapat beberapa kesalahan yang sering terjadi. Adapun beberapa jenis kesalahan yang sering terjadi dalam tangkisan atas yaitu kurang baiknya kuda kuda, kurang kuat penarikan salah satu tangan, ketidaksiapan kedua tangan ketika di depan, dan kurang seimbang badan pemainnya.

      Tangkisan Bawah

      Bagian bawah tubuh seperti kaki maupun paha juga tak boleh kita abaikan begitu saja. Faktanya, banyak atlet yang tak bisa melindungi bagian bawah tubuhnya karena terlalu fokus pada pola menyerang sehingga membuka celah untuk musuh. Apa yang terjadi jika kita rentan diserang dari bawah? akibatnya kalian bisa kelilangan keseimbangan, tumpuan, bahkan poin saat bertanding.

      Inilah pentingnya mempelajari teknik dasar tangkisan bawah pencak silat dengan baik dan benar. Sayangnya guru tak pernah memberikan penjelasan maupun contoh langsung ketika praktek. Hal ini disebabkan karena resiko cidera yang terlalu tinggi sehingga siswa pun harus mempelajari sendiri dari buku.

      Teknik Dasar Tangkisan Bawah

      Pengertian teknik tangkisan bawah ialah cara menangkis serangan pencak silat yang digunakan untuk melindungi tubuh dari pukulan atau tendangan lawan yang mengarah ke tubuh bagian bawah. Di bawah ini terdapat cara melakukan teknik dasar tangkisan dalam pencak silat tersebut yaitu:
      1. Langkah pertama yaitu melakukan sikap kuda kuda tengah.
      2. Setelah itu siapkan kedua tangan di depan.
      3. Kemudian salah satu tangan ditarik dari atas menuju bawah. 
      4. Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.

      Kesalahan Pelaksanaan Tangkisan Bawah

      Dalam melakukan tangkisan bawah ini tentunya terdapat beberapa kesalahan yang sering terjadi. Adapun beberapa jenis kesalahan yang sering terjadi dalam tangkisan bawah yaitu kurang baiknya kuda kuda, kurang kuat penarikan salah satu tangan, ketidaksiapan kedua tangan ketika di depan, dan kurang seimbang badan pemainnya.

      Demikianlah penjelasan mengenai beberapa teknik dasar tangkisan pencak silat beserta cara melakukan teknik tangkisan pencak silat. Teknik tangkisan dalam pencak silat secara umum dapat diartikan sebagai upaya membela diri dari serangan lawan dengan cara melakukan kontak langsung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

      Belum ada Komentar untuk "4 Teknik Dasar Tangkisan Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya"

      Posting Komentar

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel