4 Teknik Dasar Tangkisan Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya

4 Teknik Dasar Tangkisan Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya - Apakah anda tahu apa saja jenis jenis teknik tangkisan pencak silat itu? Pencak silat ialah salah satu olahraga yang terkenal sebagai seni bela diri di Indonesia yang tradisional. Seni bela diri ini kemudian meluas sampai ke negara lain selain Indonesia seperti Malaysia, Singapura, Brunei dan negara Asia Tenggara lainnya. Pencak silat di Indonesia memiliki induk organisasi yang bernama IPSI atau Ikatan Pencak Silat Indonesia. Selain itu adapula organisasi khusus Asia Tenggara yang mewadahi federasi pencak silat pembentukan Singapura, Brunei Darussalam, Indonesia, dan Malaysia bernama Persilat atau Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa. Pertandingan pencak silat terjadi setiap empat tahun di Indonesia tingkat Nasional dalam PON atau Pekan Olahraga Nasional. 

Sejak tahun 1987 telah ada pertandingan pencak silat dalam SEA Games. Penggemar pencak silat tersebut semakin banyak di luar Asia Tenggara seperti di Belanda, Amerika, Australia dan Jerman. Pencak Silat tersebut memberikan pelajaran untuk kita dalam jenis keterampilan gerak seperti tangkisan, pukulan, elakan dan tendangan. Apakah anda tahu bagaimana cara melakukan teknik dasar tangkisan pencak silat itu? Apa saja jenis jenis teknik dasar tangkisan dalam pencak silat? Macam macam teknik tangkisan pencak silat tersebut penting untuk dipelajari oleh setiap orang. Pengertian tangkisan ialah upaya membela diri dari serangan lawan dengan cara melakukan kontak langsung.

Tangkisan dalam pencak silat pada dasarnya memiliki tujuan untuk mengalihkan serangan langsung dari lintasan dan apabila terpaksa digunakan untuk menahan atau membendung serangan lawan. Teknik tangkisan merupakan salah satu teknik dasar pencak silat yang harus dikuasai dan berkesinambungan dengan baik. Tangkisan tersebut merupakan teknik yang memiliki peran penting dalam olahraga ini. Teknik tangkisan tersebut dilakukan dengan melakukan kontak langsung dengan lawan ketika melancarkan serangan. Hal ini dikarenakan tujuan tangkisan tersebut secara lagsung berupa mengalihkan lintasan dan serangan lawan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa teknik dasar tangkisan pencak silat beserta cara melakukan teknik tangkisan pencak silat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

4 Teknik Dasar Tangkisan Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya

Pengertian teknik tangkisan secara umum ialah usaha untuk menahan serangan lawan yang dilakukan secara langsung menggunakan berbagai teknik di dalamnya. Apabila teknik tangkisan ini tidak dapat kita kuasai dengan benar dan baik, maka lawan akan mudah untuk memberikan tekanan dan serangan secara terus menerus karena pertahanan yang dibuat sangat rapuh. Namun apabila teknik tangkisan dikuasai dengan baik, maka kita dapat menangkis serangan lawan dengan mudah karena lawan sulit untuk menyerang pada titik sasarannya. 
Teknik tangkisan dalam pencak silat dapat dikuasai dengan baik dan cepat dengan cara melakukan latihan dengan serius dan sungguh sungguh. Untuk itu apabila anda termasuk pemain pemula dalam pencak silat, maka perlu menguasai teknik ini dengan upaya yang sangat tinggi. Apa saja macam macam teknik dasar tangkisan dalam pencak silat itu? Bagaimana cara melakukan teknik tangkisan pencak silat itu? Di bawah ini terdapat beberapa teknik dasar tangkisan pencak silat beserta cara melakukannya yaitu meliputi:
4 Teknik Dasar Tangkisan Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya
Teknik Tangkisan Dalam Pencak Silat

Tangkisan Dalam

Jenis tangkisan dalam pencak silat yang pertama ialah tangkisan dalam. Tangkisan dalam ialah macam teknik tangkisan yang pelaksanaannya dilakukan dari arah luar menuju dalam dengan sejajar bahu. Di bawah ini terdapat cara melakukan teknik tangkisan dalam yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yaitu melakukan sikap kuda kuda tengah.
  • Setelah itu siapkan kedua tangan di depan.
  • Kemudian salah satu tangan ditarik sejajar dengan bahu dari depan keluar dalam. 
  • Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.
Kesalahan Pelaksanaan Tangkisan Dalam
Dalam melakukan tangkisan dalam ini tentunya terdapat beberapa kesalahan yang sering terjadi. Adapun beberapa jenis kesalahan yang sering terjadi pada tangkisan dalam yaitu kurang baiknya kuda kuda, kurang kuat penarikan salah satu tangan, ketidaksiapan kedua tangan ketika di depan, dan kurang seimbang badan pemainnya.

Tangkisan Luar

Jenis teknik dasar tangkisan pencak silat selanjutnya yaitu tangkisan luar. Pengertian tangkisan luar ialah teknik tangkisan yang pelaksanaannya dari dalam keluar dengan sejajar bahu ketika bagian luar diambil dari tangan atau kaki. Di bawah ini terdapat cara melakukan teknik dasar dalam pencak silat tersebut yaitu:
  • Langkah pertama yaitu melakukan sikap kuda kuda tengah.
  • Setelah itu siapkan kedua tangan di depan.
  • Kemudian salah satu tangan ditarik sampai sejajar dengan bahu dari dalam menuju depan keluar. 
  • Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.
Kesalahan Pelaksanaan Tangkisan Luar
Dalam melakukan tangkisan luar ini tentunya terdapat beberapa kesalahan yang sering terjadi. Adapun beberapa jenis kesalahan yang sering terjadi dalam tangkisan luar yaitu kurang baiknya kuda kuda, kurang kuat penarikan salah satu tangan, ketidaksiapan kedua tangan ketika di depan, dan kurang seimbang badan pemainnya.

Tangkisan Atas

Macam teknik dasar tangkisan pencak silat selanjutnya ialah tangkisan atas. Pengertian tangkisan atas ialah tangkisan yang digunakan untuk melindungi kepala ketika lawan menyerang ke arah bagian atas sehingga pelaksanaannya dilakukan dari bawah ke atas. Adapun cara melakukan teknik dasar tangkisan atas yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yaitu melakukan sikap kuda kuda tengah.
  • Setelah itu siapkan kedua tangan di depan.
  • Kemudian salah satu tangan untuk melindungi kepala dari serangan sehingga pelaksanaannya dari bawah menuju atas. 
  • Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.
Kesalahan Pelaksanaan Tangkisan Atas
Dalam melakukan tangkisan atas ini tentunya terdapat beberapa kesalahan yang sering terjadi. Adapun beberapa jenis kesalahan yang sering terjadi dalam tangkisan atas yaitu kurang baiknya kuda kuda, kurang kuat penarikan salah satu tangan, ketidaksiapan kedua tangan ketika di depan, dan kurang seimbang badan pemainnya.

Tangkisan Bawah

Jenis teknik dasar tangkisan pencak silat selanjutnya yaitu tangkisan bawah. Pengertian teknik tangkisan bawah ialah tangkisan dalam pencak silat yang digunakan untuk melindungi tubuh dari serangan lawan sehingga pelaksanaannya dilakukan dari atas ke bawah. Di bawah ini terdapat cara melakukan teknik dasar tangkisan dalam pencak silat tersebut yaitu:
  • Langkah pertama yaitu melakukan sikap kuda kuda tengah.
  • Setelah itu siapkan kedua tangan di depan.
  • Kemudian salah satu tangan ditarik dari atas menuju bawah. 
  • Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.
Kesalahan Pelaksanaan Tangkisan Bawah
Dalam melakukan tangkisan bawah ini tentunya terdapat beberapa kesalahan yang sering terjadi. Adapun beberapa jenis kesalahan yang sering terjadi dalam tangkisan bawah yaitu kurang baiknya kuda kuda, kurang kuat penarikan salah satu tangan, ketidaksiapan kedua tangan ketika di depan, dan kurang seimbang badan pemainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa teknik dasar tangkisan pencak silat beserta cara melakukan teknik tangkisan pencak silat. Teknik tangkisan dalam pencak silat secara umum dapat diartikan sebagai upaya membela diri dari serangan lawan dengan cara melakukan kontak langsung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "4 Teknik Dasar Tangkisan Pencak Silat Beserta Cara Melakukannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel