Peraturan Permainan Hockey Beserta Pengertian dan Sejarahnya

Peraturan Permainan Hockey Beserta Pengertian dan Sejarahnya - Pengertian permainan hockey ialah jenis olahraga bola kecil yang memanfaatkan tongkat untuk memasukan, menggiring dan memukul bola agar masuk ke gawang. Bagaimana sejarah permainan hockey itu? Bagaimana teknik dasar permainan hockey itu? Dalam permainan ini terdapat dua tim yang saling bertanding untuk memperebutkan bola agar dapat dimasukkan ke dalam gawang lawannya. Setiap tim memiliki jumlah anggota sebanyak 11 orang. Kemudian permainan ini juga memiliki peraturan hockey yang haris ditaati dan dipatuhi oleh setiap pemainnya. Menurut sejarah yang ada, sumber asal usul dari permainan olahraga hockey ini dapat berupa Mesir Kuno maupun Persia Kuno.

Pengertian permainan hockey ialah jenis olahraga yang menggunakan stick (tongkat bengkok) untuk dipakai oleh setiap pemain di antara dua regu agar bola dapat digerakkan. Menurut sejarah permaianan hockey ini, adegan permainan bola dengan stik tersebut terdapat dapat relief di tembok kuburan yang terletak di dekat Bani Hasan di Mesir Kuno atau lebih tepatnya di Lembah Raja. Permainan kuno ini masih dimainkan di berbagai tempat terpencil yang ada di Mesir. Permainan tersebut menggunakan stik dari pelapah palem untuk menggerakkan bola keras. Permainan tersebut namanya hampir sama yakni Hoksa. Lantas apakah anda tahu apa saja peraturan permainan hockey itu?
Peraturan Permainan Hoki
Permainan hoksa yang berasal dari Mesir kemudian menyebar ke bagian Afrika Utara lain dan suku Arab serta menuju Yunani melalui Kreta. Permainan ini menggunakan bola kayu ketika dimainkan oleh suku Arab. Kemudian Permainan ini menggunakan bola karet dan disebut sebagai Thepu oleh Suku Bahuka di Afrika. Tempat lahirnya hoki modern berada di negara England menurut sejarah yang ada. Permainan ini dinamakan dengan Hockey dan dicatat dalam almanak pada tahun 1800. Setelah itu Induk Organisasi Hoki pertama mulai terbentuk pada tahun 1890 dengan nama English Hockey Association di England. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang peraturan permainan Hockey beserta pengertian permainan Hockey dan sejarah permainan Hockey singkat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peraturan Permainan Hockey Beserta Pengertian dan Sejarahnya

Peraturan permainan hoki menurut sejarah permainan hoki yang ada telah disusun sendiri oleh masing masing negara, meski pengambilan intinya berasal dari peraturan permainan IHB. Di Indonessia telah ada permainan Hoki sebelum perang dunia kedua. Pada tahun 1920 -1925, Belanda membawa permainan ini sampai ke Indonesia. Pada awalnya klub hoki didirikan oleh para kolonis yang gemar memainkannya. Kemudian di kalangan bangsa Eropa dan Belanda secara khusus mengembangkan permainan hoki sampai membuat segelintir bangsa Indonesia diperkenankan untuk mengikuti permainan tersebut. Setelah iitu murid SMA Belanda mulai banyak diajarkan dengan permainan hoki. Olahraga ini juga di ajarkan kepada murid pribumi di HIK dan HBS. Permainan Hockey di Indonesia mengalami masa kepopuleran pada tahun 1950 -1955, meskipun sampai sekarang masih ada.
Baca juga : Strategi Dalam Permainan Catur Beserta Triknya
Kita tahu bahwa pengertian permainan hockey ialah jenis olahraga yang dimainkan menggunakan tongkat untuk memasukan, menggiring dan memukul bola agar masuk ke gawang. Menurut sejarah permainan hockey dijelaskan bahwa olahrga ini pada awalnya sama seperti permainan sepak bola. Hal ini dikarenakan bola dioper ke pemain lain dengan cepat agar dapat masuk ke gawang lawan. Namun untuk menggiring, memasukkan dan mengoper bola pada permainan hockey harus menggunakan tongkat dan bukan dengan kaki pemainnya. Di bawah ini terdapat beberapa peraturan permainan hockey yaitu sebagai berikut:

Peraturan Permainan Hoki

Olaraga hoki dapat diartikan sebagai jenis olahraga yang dimainkan oleh dua regu, dimana masing masing regu terdiri dari 11 orang pemain. Permainan hockey memiliki beberapa peraturan umum yang terdapat di dalamnya seperti larangan untuk pemain, hal yang diperbolehkan untuk pemain, hukuman bagi pelanggaran pemain dan sebagainya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Larangan Untuk Setiap Pemain
Peraturan permainan hockey yang pertama membahas tentang larangan untuk masing masing pemain. Adapun bentuk bentuk larangannya yaitu : 
  • Stick diangkat ke atas pundak dengan maksud yang membahayakan.
  • Bola dipukul ke arah udara.
  • Permainan dilakukan dengan maksud berbahaya.
  • Bola ditahan atau ditendang menggunakan kaki, kecuali pemain penjaga gawang.
  • Menahan, memukul dan menggigit stick lawan.
  • Lawan dihalangi dengan stick atau badan.
  • Menahan, menyandung, mendorong dan menjatuhkan lawan.

Hal yang Boleh Dilakukan Pemain
Peraturan permainan hoki selanjutnya membahas tentang hal yang boleh dilakukan oleh masing masing pemain. Para pemain dapat melakukan beberapa hal seperti di bawah ini:
  • Bola ditahan dengan tangan, selama penjatuhan bola dilakukan dengan segera. Sehingga bola hanya ditahan dan buka ditangkap menggunakan telapak tangan terbuka. Dalam hal ini penjaga gawang saja yang dapat menggunakan kaki dalam Striking Circle (area D). Penjaga gawang juga dapat menggunakan bagian tubuh mana saja untuk menahan dan menendang bola. Tetapi penjaga gawang tidak diperbolehkan untuk berbaring di depan ataupun di atas bola.

Hukuman dalam Permainan Hockey

Selain pengertian permainan hockey, sejarah permainan hockey singkat dan peraturan permainan hockey di atas. Adapula beberapa bentuk hukuman dalam permainan hockey. Permainan hoki memang memiliki beberapa bentuk hukuman yang diberikan kepada setiap pemain seperti:

Pukulan Bebas (Free Hit)
Hukuman dalam permainan hoki yang pertama dapat berupa pukulan bebas atau free hit. Pelaksanaan pukulan bebas ini berada di tempat terjadinya pelanggaran.
Baca juga : Cara Melakukan Shuttle Run Beserta Manfaatnya
Penalty Corner
Hukuman dalam permainan hockey selanjutnya berupa penalty corner. Pelaksanaan hukuman ini berada di garis gawang regu bagian pinggir diatasnya dengan jarak dari tiang gawang terdekat sejauh 2,75 m. Pemberian penalty corner ini ditujukan untuk pemain yang menyentuh bola secara jelas di sekitaran gawang. Selain itu pemberian hukuman ini juga ditujukan untuk pemain yang berada di striking circle atau dalam D telah melakukan sesuatu hal.

Penalty Stroke
Hukuman dalam permainan hoki selanjutnya berupa penalty stroke. Pemberian hukuman ini disebabkan karena pemain bertahan melakukan kesalahan di striking circle atau dalam D seperti menghalangi bola secara jelas dengan cara yang tidak semestinya. Pelaksanaan penalty stroke berada di depan gawang dengan jarak 7,31 m. Kemudian dari garis belakang 25 yard harus ada pemain pemain lainnya. Jika bola dapat ditahan oleh penjaga gawang, maka pukulan bebas akan diberikan kepada regu bertahan mulai dari titik gawang sejauh 14,63 m. Hal ini telah tercantum dalam peraturan permainan hockey di atas.

Corner Hit
Jenis hukuman permainan hockey selanjutnya ialah corner hit. Pemberian hukuman corner hit ditujukan untuk pemain yang berada di belakang garis gawang sejauh 25 yard memainkan atau memukul bola secara tidak sengaja. Pelaksanaan corner hit ini berasal dari tiang gawang terdekat dengan jarak 9,14 m. Kemudian letak pemain penyerang dalam regu ini harus berada di belakang striking circle atau garis D ketika melaksanakan hukuman tersebut.

Offside
Hukuman dalam permainan hoki selanjutnya ialah offside. Offside ialah hukuman bagi pemain yang letaknya di daerah lapangan lawan, namun dapat melampaui dua pemain lawan yang bertugas di depannya.

Pukulan ke Dalam (Hit In)
Hukuman permainan hockey selanjutnya berupa pukulan ke dalam atau hit in. Hukuman tersebut diberikan ketika pemain lawan menyentuh atau memukul bola dari tempat bola tersebut keluar lapangan atau melampaui garis pinggir menggunakan sticknya. Pemain lain setidaknya memiliki jarak dari pemain yang memukul bola, minimal sejauh 4,55 m. Apabila seorang penyerang memukul bola hingga melampaui garis gawang, maka pelaksanaan free hit memiliki jarak dari arah bola di titik 14,63. 

Sekian penjelasan mengenai peraturan permainan Hockey beserta pengertian permainan Hockey dan sejarah permainan Hockey singkat. Permainan hockey merupakan jenis olahraga bola kecil yang memanfaatkan tongkat untuk memasukan, menggiring dan memukul bola agar masuk ke gawang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Peraturan Permainan Hockey Beserta Pengertian dan Sejarahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel