Teknik Dasar Tolak Peluru yang Perlu Diketahui

Advertisement

Teknik Dasar Tolak Peluru yang Perlu Diketahui - Cabang olahraga atletik dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah olahraga tolak peluru. Jenis olahraga ini sering diperlombakan dalam pertandingan olahraga tingkat nasional dan Internasional. Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui teknik dasar tolak peluru jika anda sedang menggeluti jenis olahraga ini. Teknik dasar ini dapat menciptakan hasil tolakan yang baik serta tetap menjaga performa atletnya agar lebih baik. Tolak peluru sendiri merupakan cabang olahraga yang pelaksanaannya menggunakan alat bundar menyerupai sebuah peluru.

Teknik dasar dalam olahraga tersebut mencakup beberapa teknik yang penting dalam tolak peluru. Olahraga ini pada hakikatnya ingin menciptakan hasil lemparan sejauh mungkin. Meski olahraga tolak peluru terkesan mudah dilakukan, namun kenyataannya tidak semua orang dapat melakukannya. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik dasar tolak peluru yang perlu diketahui. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Dasar Tolak Peluru yang Perlu Diketahui

Teknik dasar dalam tolak peluru mencakup beberapa hal penting seperti teknik memegang peluru, teknik meletakkan peluru, teknik awalan dan teknik menolak peluru. Dengan menggunakan teknik ini, diharapkan agar peluru (alat bundar) dapat didorong dan ditolakkan sejauh mungkin. Hasil tolakan yang jauh tersebut didasarkan pada kekuatan bahu dan tangan pemainnya. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai teknik dasar tolak peluru yang perlu diketahui. Berikut penjelasan selengkapnya:

Teknik Memegang Peluru

Teknik Memegang Peluru
Teknik dasar tolak peluru yang pertama ialah teknik memegang peluru. Cara memegang peluru dalam olahraga ini memiliki teknik khusus yang harus diketahui dan dipelajari sehingga tidak sembarangan memegangnya. Peluru tersebut dipegang menggunakan jari tangan dibagian telapak tangan yang dalam. Adapun cara melakukan teknik memegang peluru yang benar yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tangan menengadah. Kemudian letakkan peluru diatasnya atau dapat diletakkan disebelah ujung telapak tangan yang dekat dengan jari jari.
  • Genggam peluru menggunakan jari jari tangan, namun bagian jari telunjuk, jari tengah dan jari manis sedikit direnggangkan. Hal ini bertujuan agar bagian peluru belakang dapat dipegang dan di tahan.
  • Pegang dan tahan bagian samping peluru menggunakan jari kelingking dan ibu jari. Dengan begitu peluru tidak akan mudah tergelincir ke arah dalam maupun luar.
Baca juga : Teknik Tolak Peluru Gaya Menyamping atau Ortodoks

Teknik Meletakkan Peluru

Teknik Meletakkan Peluru
Teknik dasar tolak peluru selanjutnya ialah teknik meletakkan peluru yang baik dan benar. Adapun cara melakukan teknik meletakkan pelurunya yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan badan berdiri dan letakkan kaki kanan di depan lingkaran batas belakang. Kemudian posisi kaki kiri berada disebelah kiri selebar bahu atau sama dengan arah lemparan sejauh satu garis lurus.
  • Gunakan tangan kanan untuk memegang peluru dengan tepat.
  • Posisikan peluru telah diletakkan dengan baik.
  • Kemudian letakkan peluru diantara pundak dan batas leher atau dapat diletakkan dibawah telinga. Setelah itu lengan direntangkan sampai segaris bahu ketika membuka.
  • Lengan kiri sedikit ditekuk dan diletakkan di dada bagian muka.
  • Kaki kiri dirilekskan dan bagian ujung kaki ditapakkan ke tanah.

Teknik Awalan

Teknik Awalan Tolak Peluru
Teknik dasar tolak peluru selanjutnya ialah teknik awalan. Teknik ini merupakan tahapan krusial awal untuk persiapan sebelum melakukan olahraga tolak peluru. Maka dari itu teknik dasar ini sangat penting diketahui untuk melakukan berbagai rangkaian kegiatan selanjutnya. Adapun cara melakukan teknik awalan tolak peluru yang benar yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan kaki kiri di sebelah kiri selebar bahu atau segaris dengan arah lemparan dan kaki kanan di bagian depan. 
  • Gunakan tangan kanan untuk memegang peluru. Kemudian letakkan peluru di bawah telinga atau diantara bahu dengan batas leher. 
  • Tekuk sedikit lengan kiri dan letakkan didepan dada.
  • Berat badan ditumpukan pada kaki kanan dan sedikit condongkan badan menuju arah kanan. Lalu kaki kiri diayunkan ke belakang dan depan.
Baca juga : Pengertian, Gaya, dan Jenis Tolak Peluru
  • Gerakan awalan dilakukan setelah kaki kiri diayunkan, kemudian dilanjutkan dengan gerakan kontinyu yaitu kaki kanan ditekuk agar lebih rendah dibandingkan kaki kiri.
  • Kaki kiri diposisikan di belakang ketika melakukan ayunan. Setelah itu kaki diayun ke kiri atau searah dengan lemparannya. Lanjutkan dengan gerakan pendaratan secepat mungkin dan diimbangi dengan kaki kanan menolak ke arah lemparannya.
  • Ketika melakukan gerakan pendaratan, badan dicondongkan menuju arah kanan dan pendaratan dilakukan dengan kaki kanan.
Teknik dasar tolak peluru diatas tidak terlepas dari beberapa hal penting dalam serangkaian gerakan dalam teknik awalan. Adapun beberapa hal penting yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut:
  1. Ketika melakukan serangkaian gerakan awalan pastikan peluru dipegang dengan erat agar tidak bergeser.
  2. Usahakan peluru dipegang denga tepat dan benar serta posisi tubuh sudah siap agar gerakan tolakan pelurunya lebih maksimal.
  3. Pastikan tubuh diposisikan ke arah samping tolakan saat akan melakukan tolakan peluru.
  4. Posisikan kaki kiri lurus ke depan dan kaki kanan ditekuk ke arah belakang. Dengan begitu berat badan akan ditumpukan pada kaki kanan. Kemudian pastikan agar tangan kiri tetap rileks dan lurus.
  5. Untuk menjaga tubuh agar tetap seimbang dapat dilakukan dengan meletakkan tangan kiri ke depan.

Teknik Menolak Peluru

Teknik Menolak Peluru
Teknik dasar tolak peluru yang terakhir ialah teknik menolak peluru dengan baik dan benar. Adapun cara melakukan teknik menolak pelurunya yaitu sebagai berikut:
  • Tarik siku ke arah serong belakang diiringi dengan tubuh berputar searah tolakannya.
  • Pinggul dan pinggag sedikit didorong ke depan dan posisikan dada serong ke atas atau menuju ke arah tolakan dengan terbuka.
  • Angkat dagu dan arahkan pandangan menuju arah tolakan.
  • Tolakan peluru dengan segera ketika seluruh badan atau dada menuju arah tolakan. Lakukan tolakan peluru menuju arah depan dengan sekuat tenaga.
  • Lakukan tolakan kaki diwaktu yang sama. Kemudian lonjakkan tubuh keatas depan dan sedikit menyerong.
Teknik dasar tolak peluru sebenarnya perlu diketahui oleh para pemula. Terlebih lagi teknik menolak peluru tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan satu tangan maupun dua tangan. Maka dari itu para atlet harus melakukan berbagai serangkaian latihan ayunan tungkai menuju arah atas sekaligus belakang. Dengan begitu kesalahan kesalahan yang terjadi dapat diperbaiki. Selain itu latihan juga harus dilakukan ketika tungkai berdiri.

Saat akan digelar pertandingan tolak peluru secara resmi, maka latihan teknik dasar tolak peluru di lapangan secara langsung akan lebih membantu. Terutama untuk memperbaiki gerakan gerakan yang salah dan menyebabkan diskualifikasi. Apabila gerakan tolak peluru gagal dilakukan, maka para atlet akan sangat rugi karena pertandingan akan terhenti dan tidak dapat lanjut ke tahap selanjutnya.

Sekian penjelasan mengenai teknik dasar tolak peluru yang perlu diketahui. Teknik dasar dalam tolak peluru tersebut mencakup teknik memegang peluru, teknik meletakkan peluru, teknik awalan dan teknik menolak peluru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Teknik Dasar Tolak Peluru yang Perlu Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar