Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Voli Pantai

Advertisement

Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Voli Pantai - Olahraga bola voli dapat dibagi menjadi dua jenis yakni bola voli pantai dan bola voli indoor. Kedua jenis permainan voli ini memiliki perbedaannya masing masing. Namun dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang peraturan permainan bola voli pantai dan ukuran lapangan permainan bola voli pantai. Permainan voli pantai pada dasarnya merupakan salah satu cabang voli yang sering dipertandingkan dalam kejuaraan kejuaraan resmi. Dari segi permainannya memang tidak jauh berbeda dengan permainan bola voli indoor, namun jika dilihat dari segi jumlah pemainnya sangatlah berbeda. Untuk jumlah pemain bola voli pantai terdiri dari 2 orang. Sedangkan untuk jumlah pemain voli indoor 6 orang.

Permainan Bola Voli Pantai
Permainan voli pantai tidak mempunyai pemain cadangan didalamnya. Kemudian dalam permainan ini terdapat pergantian posisi lapangan jika salah satu tim telah memperoleh nilai kelipatan dari 7. Misalnya 7, 14, 21 28, 35 dan seterusnya. Lalu apa saja peraturan permainan bola voli pantai? Bagaimana ukuran lapangan permainan bola voli pantai? Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Voli Pantai

Pada dasarnya peraturan permainan bola voli pantai tidak jauh berbeda dengan peraturan permainan bola voli indoor. Misalnya bola tidak boleh bersentuhan dengan pemain lebih dari tiga sentuhan sebelum pemain lain dalam satu tim atau tim lain menyentuhnya. Selain peraturan tersebut masih adapula peraturan lain terkait permainan bola voli pantai yaitu sebagai berikut:
  • Ukuran lapangan permainan bola voli pantai berbeda dengan permainan bola voli indoor. Lapangan voli pantai memiliki ukuran luas 16 x 8 m dan didalamnya tidak memiliki garis serang (garis 3 meter).
  • Peraturan permainan bola voli pantai selanjutnya dilihat dari segi penggunaan lapangannya. Untuk penggunaan lapangan bola voli pantai biasanya memiliki alas yang berasal dari pasir pantai itu sendiri.
  • Permainan voli pantai tidak memiliki garis tengah lapangan (garsis pembatasnya).
  • Kemudian dalam peraturan permainan bola voli pantai, pemainnya diperbolehkan untuk menyeberang ke daerah lawan melalui bawah net selama tidak mengganggu tim lawan dan bahkan bukan merupakan pelanggaran.
Baca juga : Perbedaan Permainan Bola Voli Indoor Dengan Bola Voli Pantai Lengkap
  • Permainan bola voli pantai memiliki pelanggaran bernama Open Hand Dinks yakni menggunakan ujung jari ketika melewatkan bola.
  • Pemain dalam permainan bola voli pantai terdiri dari 2 orang. Jadi tidak membutuhkan perputaran posisi pada pemainnya.
  • Peraturan permainan bola voli pantai selanjutnya ialah pemain secara bergantian dalam melakukan servis.
  • Setiap pemain dalam permainan bola voli harus kuat karena didalamnya tidak memiliki pemain cadangan.
  • Lapangan voli pantai biasanya menggunakan pasir pantai, maka dari itu para pemainnya tidak menggunakan alas kaki apapun.
  • Peraturan permainan bola voli pantai selanjutnya berkaitan dengan penggunaan bolanya. Bola yang digunakan pada voli pantai biasanya sedikit lebih kecil, lebih lunak dan lebih berat dibandingkan bola pada voli indoor. Hal tersebut dikarenakan di tepi pantai biasanya terdapat angin yang lebih kencang sehingga bola yang digunakan lebih lunak dan berat agar tidak mudah tertiup angin.
  • Perpindahan lapangan pada permainan voli pantai didasarkan pada perolehan nilai antara kedua tim yaitu kelipatan dari 7. Contohnya 7, 14, 21 dan seterusnya.
  • Setiap set pada pertandingan bola voli pantai memiliki jumlah point 21.
  • Peraturan permainan bola voli pantai selanjutnya berkaitan dengan pelatihnya. Pelatih voli pantai dilarang untuk memasuki lapangan permainannya.
Selain peraturan permainan bola voli pantai, saya juga akan menjelaskan tentang ukuran lapangan permainan bola voli pantai. Lapangan permainan voli pantai memiliki ukuran yang lebih kecil daripada ukuran lapangan voli indoor. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak gambar lapangan bola voli pantai seperti di bawah ini.
Baca juga : Jenis Servis Pada Permainan Bola Voli Beserta Cara Melakukan
Gambar Lapangan Bola Voli Pantai
Keterangan ukuran lapangan permainan bola voli pantai yaitu sebagai berikut:
  • Lapangan permainan bola voli pantai memiliki ukuran panjang 16 meter dan lebar 8 meter.
  • Net bola voli pantai memiliki panjang 8 sampai 50 meter.
  • Net bola voli pantai memiliki tinggi 2,43 meter (putra) dan 2,42 meter (putri).
  • Dalam ukuran lapangan permainan bola voli pantai tidak memiliki garis 3 meter ataupun garis serang.
Sekian penjelasan mengenai peraturan permainan bola voli pantai dan ukuran lapangan permainan bola voli pantai. Permainan voli pantai pada dasarnya memang memiliki perbedaan dengan permainan voli indoor jika dilihat dari segi jumlah pemain, ukuran lapangan dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan selamat berolahraga.

Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Voli Pantai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar