Teknik Jatuhan Dalam Pencak Silat yang Harus Dipelajari

Teknik Jatuhan Dalam Pencak Silat yang Harus Dipelajari - Apa itu pencak silat? Pencak silat merupakan jenis olahraga beladiri yang memiliki nilai nilai seni tradisional bangsa Indonesia. Seperti halnya jenis olahraga lainnya, pencak silat ini mempunyai beberapa jenis teknik dasar di dalamnya. Salah satunya ialah teknik jatuhan. Teknik ini memiliki cara pelaksanaannya sendiri, karena kegunaannya berbeda dengan teknik dasar lainnya.

Apa yang dimaksud teknik jatuhan?  Bagaimana cara melakukan teknik jatuhan dalam pencak silat itu? Jatuhan adalah teknik yang bertujuan untuk menjatuhkan lawan sebagai tindakan lanjutan dari teknik serangan atau tangkapan secara langsung. Kita dapat melakukan jatuhan dengan cara merubah serangan lawan, menambah tenaga serangan lawan searah dan menghilangkan tumpuan badan. 

Teknik Jatuhan Dalam Pencak Silat yang Harus Dipelajari
Teknik Jatuhan Pencak Silat

Teknik jatuhan merupakan salah satu jenis teknik dasar pencak silat yang harus dipelajari. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan teknik jatuhan dalam pencak silat yang harus dipelajari. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Jatuhan Dalam Pencak Silat yang Harus Dipelajari

Seperti yang kita tahu bahwa pencak silat merupakan gerak bela diri yang tingkatnya cukup tinggi dan dilengkapi dengan perasaan sehingga dapat digunakan dalam latihan pertandingan atau sabung. Pencak silat ini memiliki beberapa teknik dasar di dalamnya. Teknik dasar pencak silat ini dapat berupa teknik jatuhan, teknik elakan, teknik bantingan dan lain sebagainya.

Teknik dasar dalam pencak silat ini memiliki kegunaanya masing masing. Salah satu teknik pencak silat yang akan saya bahas adalah teknik jatuhan. Apa yang dimaksud teknik jatuhan? Bagaimana cara melakukan teknik jatuhan dalam pencak silat? 

Baca juga : 6 Teknik Dasar Pencak Silat (Kuda kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Elakan)

Seperti yang kita tahu bahwa jatuhan pencak silat merupakan teknik atau taktik dalam jarak jangkauan sedang dan jauh untuk menjatuhkan lawan yang dilakukan dengan kaki atau tungkai. Dalam pencak silat, teknik jatuhan ini dapat dinamakan dengan teknik sapuan. Di bawah ini terdapat beberapa cara melakukan jatuhan pencak silat yaitu sebagai berikut:

Merubah Arah Serangan Lawan

Teknik dasar pencak silat ini dapat dilakukan dengan cara putaran, tarikan dan dorongan. Adapun cara melakukannya yaitu:

  • Sapuan yaitu teknik yang dilakukan dengan menyapu kaki lawan dengan kaki sendiri. Teknik ini bertujuan untuk meniadakan tumpuan badan pada lawan. Kita dapat melakukan teknik ini dalam posisi rebahan, lingkar dan tegak.
  • Kaitan yaitu teknik yang dilakukan dengan menggunakan kaki sendiri untuk mengait kaki lawan. Pelaksanaan teknik ini dapat berasal dari arah belakang, luar maupun dalam. 
  • Angkatan yaitu teknik yang dilakukan dengan menggunakan kaki sendiri untuk mengangkat kaki lawan. Pelaksanaan teknik ini berasal dari belakang atau dalam kaki lawan.
  • Ungkitan yaitu teknik yaang dilakukan dengan menggunakan kaki sendiri untuk mengungkit kaki lawan dan disertai dengan dorongan tangan.
  • Guntingan yaitu teknik yang dilakukan dengan kaki sendiri untuk menggunting kaki lawan dalam posisi rebahan.

Menambah Tenaga Serangan Lawan Searah

Teknik jatuhan dalam pencak silat ini dapat dilakukan dengan teknik dorongan atau tarikan. Cara melakukan jatuhan dengan tarikan yaitu menangkap dan menarik kaki atau tangan lawan searah dengan serangan. Kemudian untuk cara melakukan jatuhan pencak silat dengan dorongan yaitu melakukan aksi hindar segera dan dilanjutkan dengan mendorong tangan atau kaki lawan searah serangan.

Merubah Arah Serangan Lawan Dengan Dorongan dan Tarikan

Jenis teknik jatuhan pencak silat selanjutnya adalah merubah arah serangan pada lawan. Cara melakukan jatuhan pencak silat ini dapat berupa putaran, tarikan maupun dorongan. Cara melakukan jatuhan dengan dorongan adalah dengan menangkap dan memutar tangan atau kaki ke arah kanan atau kiri untuk menjatuhkan lawan.

Sekian penjelasan mengenai teknik jatuhan dalam pencak silat yang harus dipelajari. Teknik jatuhan pencak silat ini dapat kita lakukan dengan mahir asalkan dilatih secara konsisten dan rutin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Jatuhan Dalam Pencak Silat yang Harus Dipelajari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel