Cara Melakukan Chest Pass Pada Permainan Basket

Cara Melakukan Chest Pass Pada Permainan Basket - Jenis jenis olahraga bola besar pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa macam. Salah satunya adalah basket. Basket ini cukup digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak anak hingga dewasa. Permainan basket tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik dasar dan pengetahuan berbagai istilah di dalamnya. 

Pada permainan bola basket teknik chest pass artinya adalah gerakan yang wajib dikuasai setiap pemain. Apa itu chest pass? Bagaimana cara melakukan chest pass pada permainan basket? Secara umum passing dapat diartikan sebagai gerakan mengoper bola dengan menggunakan satu lengan atau dua lengan. Passing dalam permainan bola basket tersebut dilakukan dengan akurat, cepat dan tepat agar peluang memperoleh poin atau nilainya lebih besar. Untuk itu hasil operan bola basket sangat dipengaruhi oleh dimana dan kapan bola tersebut dioper menuju kawan sendiri.
Chest Pass Pada Permainan Bola Basket

Teknik passing menggunakan chest pass ini dapat dilakukan untuk mencegah agar bola tidak hilang dan membuka kesempatan untuk mencetak angka dengan cara mengintai lawan itu sendiri. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan chest pass pada permainan basket. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak artikel di bawah ini.

Cara Melakukan Chest Pass Pada Permainan Basket

Basket menjadi salah satu permainan yang digemari oleh masyarakat umum. Banyak kalangan muda yang memainkan olahraga berbasis kompetisi ini baik di lingkungan rumah ataupun sekolah. Berbagai perlombaan juga turut digelar untuk memeriahkan olahraga bola basket baik di tingkat nasional maupun manca negara.

Dalam konteks pendidikan, kita bisa menjumpai pembahasan teknik dasar bola basket hampir di semua jenjang. Berbagai cabang olahraga yang beragam sering kali membuat siswa kesulitan untuk menguasai materi tersebut. Disinilah guru berperan penting dengan memberikan penjelasan secara teori kepada siswa. Tak jarang pula siswa diajak untuk menjalani kegiatan praktikum guna mendalami materi.

Taukah kalian apa itu chest pass bola basket? secara garis besar kita bisa mengartikannya sebagai lemparan dada. Tekniknya pun terkesan mudah karena pemain hanya perlu mengoper datar dengan memposisikan bola di depan dada. Tapi jika amati secara teliti teknik dasar chest pass memiliki tingkat kerumitan yang lumayan.

Chest Pass Ditujukan Untuk Apa

Sebelum menjelaskan tentang teknik dasar chest pass pada permainan basket. Saya akan membahas tentang tujuan passing (operan) terlebih dahulu. Berikut beberapa tujuan dalam pelaksanaan passing atau operan yaitu meliputi:
  1. Mengalihkan bola yang asalnya dari area padat pemain.
  2. Membuat bola bergerak cepat dengan fast break.
  3. Membuat permainan secara offensive.
  4. Membuat bola agar dapat dioper menuju arah teman yang bebas hambatan dari lawan.
  5. Memotong dan mengoper saat melakukan tembakan.
Seperti yang kita tahu bahwa salah satu tipe passing atau operan yang dapat digunakan dalam permainan basket ialah Chest Pass (Operan Dada). Apa yang dimaksud chest pass? Operan dada (Chest Pass) adalah pemberian bola dengan cara passing di depan dada menuju teman satu tim.

Chest pass pada permainan bola basket termasuk jenis operan kuat dan cepat menuju teman yang akan diberikan bola. Bagaimana cara melakukan chest pass pada permainan basket? Ketika pelaksanaan chest pass terdapat beberapa urutan teknik yang perlu dilakukan yaitu meliputi :
  1. Cara memegang bola 
  2. Awalan
  3. Tolak atau lemparan
  4. Gerakan lanjut
  5. Menerima bola
Chest pass dapat dilakukan dengan menggunakan keterampilan tangan yang baik, karena pemegangan bola dalam posisi di depan dada dan kemudian didorong menuju arah lawan atau teman. Usahakan otot lengan dalam kondisi yang baik sehingga dapat mendukung pelaksanaan teknik passing yang bagus. Namun jika otot lengan anda dalam kondisi tidak baik, maka teknik passing yang dilakukan tidak akan bagus.

Cara Melakukan Chest Pass Dalam Bola Basket

Cara melakukan teknik dasar chest pass pada permainan basket tidak boleh sembarangan karena membutuhkan beberapa teknik tertentu. Dengan begitu anda dapat mengoper ke teman sesuai sasaran menggunakan teknik operan dada ini. Dibawah ini terdapat beberapa cara melakukan operan dada pada permainan bola basket yaitu sebagai berikut:
  • Bola dipegang dengan menggunakan kedua tangan. Kemudian ditahan di depan dada menggunakan kedua ujung jari tangan.
  • Ibu jari diposisikan di belakang bola dan ujung jari lainnya menyebar ke seluruh sisi bola.
  • Siku diposisikan mendekati tubuh.
  • Lalu kaki diletakkan pada posisi triple threat, dimana berat badan ditumpukan pada kaki belakang.
  • Kemudian berat badan dipindahkan ke depan ketika mengoper bola dengan melangkahkan kaki.
  • Lengan diluruskan dan ibu jari diputar ke arah bawah. Dengan begitu saat melakukan tolakan posisi tangan dapat lurus dan diakhiri dengan sentakan pada pergelangan tangan.
  • Arahkan pandangan anda menuju arah lemparan sehingga bola dapat mengarah lurus ke depan.
Sekian penjelasan mengenai cara melakukan chest pass pada permainan basket. Dengan mengetahui pelaksanaan chest pass pada permainan bola basket tersebut, diharapkan anda dapat memperoleh hasil poin yang maksimal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melakukan Chest Pass Pada Permainan Basket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel