Pengertian Senam Aerobik Menurut Para Ahli

Advertisement

Pengertian Senam Aerobik Menurut Para Ahli - Senam adalah salah satu olahraga yang cukup populer dikalangan masyarakat, terutama untuk para wanita. Namun senam aerobik juga tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan oleh kaum pria. Olahraga ini memiliki banyak manfaat bagi mereka yang sering melakukan olahraga tersebut. Salah satunya ialah menurunkan beran badan. Olahraga senam tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah olahraga senam aerobik. Lalu apa pengertian senam aerobik itu? Bagaimana pengertian senam aerobik menurut para ahli? Senam aerobik memiliki gerakan yang cepat sehingga dapat membakar lemak dalam tubuh dan mampu mengeluarkan keringat dengan deras.

Pengertian senam aerobik menurut para ahli
Senam aerobik juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat dan kuat. Dengan begitu, kita tidak akan mudah terserang penyakit. Senam aerobik merupakan jenis senam yang gerakannya sesuai dengan irama musik yang digunakan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian senam aerobik menurut para ahli.Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian Senam Aerobik Menurut Para Ahli

Senam aerobik merupakan jenis senam yang banyak digemari oleh semua kalangan, baik anak anak hingga dewasa. Pengertian senam aerobik secara umum ialah gerakan senam tubuh yang sesuai dengan irama musik yang digunakan dalam kurun waktu tertentu. Adapula yang mengartikan senam aerobik sebagai latihan fisik tubuh yang berguna untuk mengefisiensikan masuknya Oksigen kedalam jaringan paru paru. Manfaat senam tersebut sebenarnya sangat besar, terutama dalam perbaikan kerja paru paru dan jantung jika pelaksanaan senamnya dilakukan dengan teratur, baik dan benar.
Baca juga : 12 Jenis Senam Aerobik Dengan Alat dan Tanpa Alat
Dibawah ini terdapat beberapa pengertian senam aerobik menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

Dr. Kenneth Cooper
Pengertian senam aerobik menurut Dr. Kenneth Cooper ialah penerapan ritme musik secara teratur untuk meningkatkan denyut jantung dan memompa oksigen ke seluruh tubuh. Senam ini dilakukan dengan menggerakkan badan agar tubuh dipaksa untuk memperbaiki sistemnya dan memasukkan banyak oksigen kedalam tubuh serta memperpanjang waktunya.

Jackie Sorensens
Pengertian senam aerobik menurut Jackie Sorensens ialah program kebugaran jasmani secara lengkap, sepert jogging, kombinasi gerakan tarian, bergoyang, latihan menggembirakan, dan melompat.

Marta Dinata
Pengertian senam aerobik menurut Marta Dinata ialah pemilihan serangkaian gerak yang disesuaikan dengan pilihan irama musik yang ada sehingga tercipta gerakan kuntinuitas dan ritmis dengan waktu tertentu. Senam aerobik juga dapat diartikan sebagai kombinasi antara musik dengan serangkaian gerak yang telah dibuat sebelumnya sehingga menghasilkan keselarasan gerak dengan musik tertentu.

FIG (Federation Internationale Gymnastique)
Pengertian senam aerobik menurut FIG (Federation Internationale Gymnastique) ialah kemampuan bergerak secara berkelanjutan menggunakan intensitas tinggi dan kompleks mengikuti pola irama musiknya. Gerakan tersebut berasal dari latihan aerobik tradisional, gerakan fleksibilitas, tujuh langkah dasar yang bermanfaat, gerakan terus menerus, pemecahan gerakan sulit secara sempurna dan gerakan kekuatan.

UEG (Union Europeene De Gymnastique)
Pengertian senam aerobik menurut UEG (Union Europeene De Gymnastique) ialah kemampuan bergerak sesuai pola irama musik dengan intensitas yang tinggi, kompleks, dan terus menerus. Senam ini tersusun dari senam tradisional dimana gerakannya menggunakan kualitas kinerja fisik yang rutin dan terus menerus, menggunakan kekuatan dalam pemecahan unsur gerak yang sulit, dan fleksibilitas yang sempurna.
Baca juga : Pengertian dan Jenis Jenis Langkah Senam Irama
Gymnastic (Australia)
Pengertian senam aerobik menurut Gymnastic (Australia) ialah jenis olahraga yang cocok untuk orang yang aktif sehingga energinya dapat terbakar dengan baik. Senam tersebut membuat kinerja jantung berdebar dengan kuat dan intensitas gerakan yang lebih tinggi. Senam aerobik juga dapat diartikan sebagai olahraga dinamis yang dilakukan dengan serangkaian gerakan berpola cepat sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

New South Wales Gymnastique Association Inc.
Pengertian senam aerobik menurut New South Wales Gymnastique Association Inc. ialah jenis olahraga yang mengkombinasikan keterampilan senam dengan tarian yang energik, serba cepat dan menyenangkan. Jenis olahraga ini dapat dilakukan bersama teman teman ataupun solo (sendirian). Maka dari itu senam aerobik dapat digunakan untuk menarik kerumunan dan menghibur banyak orang.

Sekian penjelasan mengenai pengertian senam aerobik menurut para ahli. Senam aerobik ialah gerakan senam tubuh yang sesuai dengan irama musik yang digunakan dalam kurun waktu tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Pengertian Senam Aerobik Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar