Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Bakar

Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Bakar - Olahraga berbasis permainan selalu memiliki peraturan serta ukuran lapangan berbeda-beda. Salah satunya ialah peraturan permainan bola bakar dan ukuran lapangan permainan bola bakar. Bola bakar ialah salah satu jenis permainan olahraga yang cukup menyenangkan. Permainan ini berasal dari Belanda namun dahulunya bernama slagball yang berarti bola pukul. Kemudian seiring berkembangnya teknologi membuat beberapa bidang ikut berkembang.

Sampai pada akhirnya permainan bola bakar berhasil masuk ke Indonesia. Olahraga tersebut mulai terkenal di Indonesia, namun karena terdapat beberapa hal yang terjadi membuat permainan bola bakar tersingkirkan dan kurang diminati masyarakat. Salah satunya disebabkan oleh faktor keamanan serta cara pandang masyarakat yang menganggapnya berbahaya. Padahal jika kita mengikuti seluruh peraturan bola bakar maka permainan bisa berjalan secara aman.

Dalam permainan bola bakar terdapat beberapa alat tambahan seperti tongkat pemukul, tong pembakar, tiang dan bola kecil. Sampai saat ini slagball lebih dikenal dengan nama bola bakar. Permainan tersebut telah diajarkan ketika dibangku sekolah. Apakah anda mengetahui apa peraturan permainannya? Bagaimana ukuran lapangannya? Kali ini saya akan menjelaskan mengenai peraturan permainan bola bakar dan ukuran lapangan permainan bola bakar. Untuk lebih jelasnya dapa anda simak dibawah ini.

Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Bakar

Jika mendengar namanya, pasti banyak orang akan beranggapan bahwa bola bakar merupakan olahraga yang berbahaya. Anggapan tersebut memang tak sepenuhnya salah karena peraturan bola bakar melibatkan unsur api di dalamnya. Tapi jika memahami betul setiap unsur serta aspek yang meliputi aturan, teknik dasar, dan ukuran lapangan maka kalian akan mampu bermain dengan aman.

Seperti halnya permainan lainnya, bola bakar juga mengharuskan setiap pemainnya untuk mengetahui peraturan dan ukuran lapangan sesuai standar. Lewat pemahaman tersebut diharapkan mampu menciptakan atmosfer profesionalitas bermain antara kedua tim. Tapi kita tak boleh serta merta melupakan teknik dasar bola bakar itu sendiri karena penguasaan teknik yang baik mampu membawa kemenangan.
Baca juga : 8 Teknik Dasar Permainan Kasti (Melempar, Menangkap dan Memukul)

Dalam konteks pendidikan, kalian bisa menjumpai materi yang membahas ukuran lapangan bola bakar dan peraturannya di buku pembelajaran. Meski demikian guru lebih memilih tak mengajarkannya secara langsung karena dinilai sangat berbahaya. Nah, tugas kita sebagai siswa adalah untuk menghafal materi tersebut karena akan muncul sebagai butir soal ketika ujian.

Peraturan Permainan Bola Bakar

Hal pertama yang akan saya jelaskan ialah peraturan permainan bola bakar. Berikut penjelasan mengenai peraturan permainan bola bakar :

1. Peraturan permainan bola bakar yang pertama ialah pemain. Dalam permainan ini terdapat dua tim yang masing masing tim beranggota 12 orang. Salah satu tim bertugas sebagai pemukul (tim yang mendapatkan kesempatan untuk memukul). Sedangkan tim lainnya bertugas sebagai penjaga lapangan (tim yang mendapatkan giliran untuk menjaga).

2. Peraturan permainan bola bakar selanjutnya ialah susunan tim pemukul. Dalam tim ini terdapat 3 posisi yaitu posisi 1 sebagai pemukul, posisi 2 sebagai pelambung dan posisi 3 sebagai penjaga belakang. Untuk pemain yang tidak termasuk dalam posisi tersebut dapat berada diruang bebas. Posisi 1 melakukan pukulan dengan baik kemudian akan berlari menuju tiang I, II, III, dan seterusnya. Pemain tersebut diharuskan untuk menyentuh tiang yang ia lalui, tetapi ia berlari dibagian luar lapangannya. Pemain harus sampai ke tiang sebelum pemukul dijatuhi bola bakar oleh lawan. Dalam permainan bola bakar, pemain diwajibkan untuk tidak membuat posisinya mati.

Setelah pemukul pertama selesai memukul, kemudian dilanjutkan pemain lainnya. Pemain pemukul memiliki kesempatan 3 kali memukul. Untuk pukulan pertama dan kedua diharuskan untuk berlari menuju tiang. Tetapi usahakan pukulan anda berhasil. Pukulan dinyatakan berhasil apabila bola dapat jatuh mengenai pemain atau berhasil ditangkap pemain lapangan diantara dua garis salah. Namun pukulan dianggap tidak berhasil apabila bola jatuh mengenai pemain atau ditangkap pemain lapangan di luar dua garis salah.

3. Peraturan permainan bola bakar selanjutnya ialah susunan tim lapangan. Tim lapangan bertugas untuk menangkap bola yang telah dipukul secepat mungkin. Setelah itu bola segera dioper ke pembakar agar dapat dibakar. Apabila tim lawan berhasil membakar bola namun pemain pemukul belum hinggap ketiang, maka pemain tersebut dianggap mati. 
4. Peraturan permainan bola bakar selanjutnya ialah aturan pemain pelari. Pelari yang sudah dinyatakan mati tidak akan mendapatkan point, tetapi harus menyelesaikan perjalanannya agar tidak mati lagi. Pemain yang telah hinggap pada tiang dapat diisi oleh satu orang atau lebih. Pemian tersebut juga diperbolehkan untuk mendahului pemain depan.

5. Peraturan permainan bola bakar selanjutnya ialah penilaian permainan. Untuk ketentuan nilainya yaitu bola yang berhasil ditangkap akan mendapatkan 1 point bagi tim lapangan, pelari berhasil memukul dan menyelesaikan perjalanan hingga tiang ke IV dan tidak mati akan mendapatkan 1 point, serta bagi pemukul yang berhasil memukul dan sampai ketiang IV tanpa diselingi pemain lain akan mendapatkan 2 point.

6. Peraturan permainan bola bakar selanjutnya ialah ketentuan pemain yang dianggap mati. Pemain dinyatakan mati apabila pemain belum sempat hinggap tetapi tempatnya sudah dibakar, pemain pemukul sengaja menyentuh bola, tidak dapat berhasil memukul sebanyak 3 kali, pemain pemukul berlari didalam lapangan, dan ketika memukul tongkat pemukulnya lepas.

7. Peraturan permainan bola bakar selanjutnya ialah ketentuan waktu permainan. Permainan bola bakar ditentukan melalui babak atau inning. Satu babak permainan terdiri dari satu tim sebagai pemukul dan satu tim lain sebagai penjaga.

8. Peraturan permainan bola bakar yang terakhir ialah pergantian bebas. Setiap tim akan melakukan pergantian bebas ketika terjadi 10 kali mati, setelah 5 kali penangkapan bola, dan apabila tim pemukul hanya tersisa satu orang saja dan tidak ada yang bertugas sebagai pelambung.

Ukuran Lapangan Permainan Bola Bakar

Berapa ukuran lapangan bola bakar standar internasional? inilah pertanyaan yang mungking sering diajukan oleh siswa. Meski seluruh materinya bisa dibaca sendiri di buku LKS tapi faktanya masih banyak siswa tak kunjung paham. Menurut saya hal ini cukup lumrah mengingat bola bakar bukanlah olahraga yang familiar di tengah masyarakat.

Oleh karenanya, pada sesi ini saya ingin menggaris bawahi berapa ukuran panjang dan lebar lapangan yang sebenarnya. Agar kalian tak memiliki kesulitan saat nanti ditanya oleh guru maupun mengerjakan soal ujian. Untuk lebih jelasnya simaklah ilustrasi gambar di bawah ini:
 

Berdasarkan gambar lapangan permainan bola bakar diatas dapat dilihat bahwa :
  1. Panjang AB = AC = BD = CE = CB memiliki ukuran 6 m.
  2. Panjang ED = DF = FH = HI = IG = GE memiliki ukuran 12 m.
  3. CB sebagai garis pemukul.
  4. ED sebagai garis batas pukulan.
  5. GK = FJ sebagai garis salah.
  6. 1 sebagai giliran pertama memukul bola
  7. 2 sebagai pelambung bola
  8. 3 sebagai penjaga belakang
Lapangan permainan bola bakar memiliki beberapa fasilitas yaitu :
  • Bentuk lapangannya ialah segi enam beraturan dengan sisi sisinya memiliki panjang 12 m.
  • Tiang hinggapnya berukuran 1,5 m dan terletak di 6 sudut lapangan.
  • Alat yang berguna untuk membakar memiliki bentuk kotak dengan panjang 20 cm dan tinggi 10 sampai 20 cm.
  • Terdapat alat tambahan berupa bola kasti dan tongkap pemukul yang berukuran 50 cm.
Inilah penjelasan mengenai peraturan permainan bola bakar dan ukuran lapangan permainan bola bakar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Peraturan dan Ukuran Lapangan Permainan Bola Bakar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel