Gerakan Dalam Senam Irama Biasanya Dilakukan Dengan

Gerakan Dalam Senam Irama Biasanya Dilakukan Dengan - Seperti yang kita tahu bahwa dalam pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan terdapat salah satu materi yang dibahas yaitu senam irama. Senam irama sendiri memiliki ciri khas yang berupa perpaduan suara dengan gerakan yang dilakukan. Maka dari itu senam irama biasanya diiringi oleh irama yang asalnya dari tepukan tangan, nyanyian musik, ketukan dan lain lain sehingga tidak harus semua iringannya dari musik.

Biasanya pelaksanaan senam irama atau senam ritmik menggunakan gerakan yang indah dan lentur. Apa itu senam irama? Pengertian senam irama adalah jenis senam yang pelaksanaannya mengikuti nyanyian atau irama musik. Senam irama menurut perkembangannya memiliki tiga aliran musik. Jenis jenis aliran senam irama tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Lalu gerakan dalam senam irama biasanya dilakukan dengan bagaimana?

Gerakan Dalam Senam Irama Biasanya Dilakukan Dengan
Pelaksanaan Senam Irama

Ketika kita dibangku sekolah tentunya para siswa sering melakukan gerakan gerakan senam irama. Gerakan olahraga yang satu ini dapat menjaga kebugaran tubuh. Gerakan gerakan pada senam irama tersebut tentunya beraneka ragam. Maka dari itu anda harus mengetahui beberapa jenis langkah senam irama ini. Maka dari itu manfaat yang kita peroleh dapat lebih maksimal. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang gerakan dalam senam irama biasanya dilakukan dengan bagaimana. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Gerakan Dalam Senam Irama Biasanya Dilakukan Dengan

Apa aja jenis jenis senam irama itu? Macam macam senam irama tersebut dapat anda pelajari selengkapnya dalam artikel sebelumnya. Gerakan yang dilakukan dalam senam irama tersebut memang harus diselaraskan dengan nyanyian atau irama musiknya. Maka dari itu kita dapat menemukan tiga aliran senam irama yang berupa senam irama yang asalnya dari seni musik, senam irama yang asalnya dari seni tari, dan senam irama yang asalnya dari seni sandiwara.

Senam irama ini tergolong dalam jenis olahraga aerobik, dimana gerakannya menggunakan prinsip sesuai dengan irama di dalamnya, kontinuitas gerakan, dan kelentukan tubuh. Lantas gerakan dalam senam irama biasanya dilakukan dengan bagaimana? Senam irama tersebut juga mempunyai beberapa ciri seperti di bawah ini:

  • Mudah dikuti.
  • Biaya yang dibutuhkan tidak mahal.
  • Diiringi dengan nyanyian atau musik.
  • Melibatkan peserta yang banyak.
  • Berguna untuk kesehatan tubuh.
Jika membahas tentang materi senam irama ini tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti berikut:

Gerakan dalam senam irama biasanya dilakukan dengan . . .
A. Cepat dan tepat
B. Indah dan lentur
C. Kaku dan cepat
D. Fleksibel dan patah patah

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Indah dan lentur.

Gerakan dalam senam irama biasanya dilakukan dengan indah dan lentur karena dapat menghasilkan keindahan pada gerakan gerakannya. Senam irama tersebut memang tidak dapat dilepaskan dari adanya iringan musik. Hal ini dikarenakan gerakan gerakan yang dilakukannya didasarkan pada musik yang mengiringinya. Maka dari itu gerakan senam irama memiliki beberapa unsur di dalamnya seperti:
  • Kelenturan adalah kemampuan seseorang dalam menggerakan anggota tubuh dengan cara yang optimal.
  • Kontinuitas gerakan adalah gerakan lanjutan dalam senam irama sehingga gerakan yang dihasilkan tidak terputus putus.
  • Irama adalah unsur senam irama yang menyelaraskan lagu iringan dengan gerak yang dihasilkan para peserta.
  • Keluwesan tubuh adalah kemampuan seseorang dalam menggerakkan anggota tubuh sesuai dengan iramanya tanpa ada rasa kaku sedikitpun.
  • Fleksibilitas adalah kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan dengan yakin dan tidak menimbulkan cedera ketika pelaksanaan senam irama.
  • Keseimbangan adalah kemampuan seseorang dalam mengendalikan posisi tubuhnya saat senam irama dilakukan.

Belum ada Komentar untuk "Gerakan Dalam Senam Irama Biasanya Dilakukan Dengan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel