12 Jenis Olahraga Air Beserta Penjelasannya

12 Jenis Olahraga Air Beserta Penjelasannya - Aktivitas untuk meningkatkan kebugaran tubuh serta menjaga kesehatan jasmani bisa kalian lakukan di berbagai tempat. Baik dalam ruangan maupun luar ruangan dengan media serta peralatan berbeda tentunya. Olahraga air bisa menjadi alternatif jika kalian ingin sehat dan senang di waktu bersamaan. Mengapa demikian? karena mayoritas olahraga air bersifat menyegarkan badan dan mampu membantu kita lepas dari stress.

Menghafalkan setiap unsur, jenis, serta gerakan dalam olahraga merupakan kewajiban bagi siswa sekolah. Materi penjaskes satu ini bahkan sering muncul sebagai butir soal baik ketika ujian maupun ulangan harian. Tak jarang siswa yang kesulitan ketika diminta menyebutkan pengertian maupun gerakan olahraga air karena kurang membaca.

Untungnya, kita bisa mencari semua informasi tersebut secara cepat dan akurat lewat internet. Jika kalian kebetulan sedang mendapat tugas untuk merangkum apa saja jenis olahraga yang dilakukan di air maka simaklah artikel ini. Karena saya akan membagikan berbagai jenis olahraga air yang ada di sekitar kita.

12 Jenis Olahraga Air Beserta Penjelasannya

Pada dasarnya ada banyak sekali contoh olahraga air yang diajarkan pada siswa ketika berada di bangku SMP maupun SMA. Meski jarang mendapatkan peragaan praktek tapi guru pasti sudah membekali kita dengan pengetahuan secara teori. Berbagai gerakan serta macam olahraga dalam air pun dapat kalian jumpai pada buku pedoman penjas maupun LKS.
Baca juga : Jenis Jenis Pemanasan Sebelum Olahraga Lengkap

Karena dilakukan baik di atas maupun bawah permukaan air tentunya sederet olahraga berikut ini memerlukan skill yang mumpuni. Keterampilan dasar yang harus kalian kuasai adalah berenang karena mejadi modal awal untuk bergerak di air. Teknik pernfasan pun sangat berguna karena ketika tubuh akan merasakan tekanan ketika masuk ke air. Nah, langsung saja kita simak berbagai macam olahraga air berikut ini.

Olaraga Renang

Berenang merupakan jenis olahraga air yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Selain menyegarkan, kita juga bisa menjaga kebugaran badan dengan berenang secara teratur. Dalam konteks pendidikan, renang menjadi materi wajib yang harus dikusai siswa karena sering muncul sebagai butir soal ujian.

Olahraga air satu ini bahkan menjadi kategori perlombaan di kancah nasional maupun internasional. Secara garis besar, renang dapat dilakukan menggunakan kaki serta lengan untuk bergerak dalam air. Setidaknya ada 3 gaya renang yang lazimnya dipakai oleh seorang atlet yakni renang gaya bebas, gaya dada, dan kupu-kupu.

Terlepas dari statusnya yang menjadi cabang perlombaan renang adalah jenis olahraga air yang menyenangkan. Baik dilakukan bersama kelompok atau sendiri di dalam ruangan maupun outdoor.


Meski terdengar simpel tapi faktanya tak semua orang bisa melakukan olahraga air ini. Selain membutuhkan ketenangan, kita juga perlu kaki dan lengan yang kuat, ketahanan tubuh yang bagus dan teknik pernapasan yang baik dalam air dengan waktu lama. Apabila kalian tergolong perenang pemula maka sangat saya sarankan untuk mengikuti kelas latihan terlebih dahulu.

Adapula hal hal yang harus dipersiapkan dalam memulai olahraga ini seperti krim pelindung iritasi untuk kulit sensitif, baju renang dan kaca mata renang. Olahraga renang memiliki banyak manfaat bagi tubuh bahkan ahli kesehatan juga merekomendasikan bagi anda yang memiliki berat badan lebih, memiliki masalah sendi ataupun bagi ibu hamil.

Polo Air

Tak banyak orang yang familiar dengan jenis olahraga air satu ini karena memang tidak untuk umum. Pola air sendiri adalah jenis olahraga kombinasi bola tangan yang dilakukan secara beregu di dalam air. Pemain dari tiap tim harus memasukan bola ke dalam gawang pada lapangan berbentuk persegi panjang.

Pemenang dari permainan adalah tim yang mengantongi skor terbanyak setelah waktu pertandingan selesai. Tim polo air terdiri dari anggota yang berjumlah tujuh orang. Salah satu anggota bertugas sebagai kiper untuk menjaga gawang agar tidak kebobolan. Sedangkan peraturan permainannya merupakan gabungan beberapa aturan dalam olahraga renang, basket, sepak bola dan gulat.


Jenis olahraga air ini dimainkan dengan banyak rekan dan yang pasti anda harus mahir berenang. Polo air membutuhkan beberapa alat tambahan seperti baju renang dengan beberapa warna yang menandakan satu anggota tim serta pemain kiper, gawang pertandingan untuk memasukkan bola, dan bola yang dapat mengapung diatas air sepeti bola voli.

Di negara barat seperti Brasil, Kanada, China, Australia dan Amerika Serikat polo air cukup populer. Bahkan negara negara tersebut juga bersaing dalam Olimpiade resmi. Namun sayangnya di Indonesia olahraga polo air kurang banyak dikenal karena terbatasnya lahan untuk lapangan.

Snorkeling

Snorkeling adalah jenis olahraga air outdoor yang cukup banyak diminati kalangan muda. Untuk melakukan olahraga ini, kalian dituntut harus menguasai teknik menyelam yang bagus. Selain itu, snorkeling juga harus didukung perlengkapan menyelam yang lengkap. Contohnya seperti tabung kecil sebagai tempat oksigen atau tabung snorkel, baju selam tebal, kacamata renang, dan kaki katak.

Baju selam yang tebal bertujuan untuk menjaga tubuh agar tetap hangat dalam perairan suhunya dingin. Snorkeling dilakukan dalam perairan yang dangkal dengan berbagai keindahan biota laut bawah air. Dengan begitu anda dapat menikmati keindahan tersebut tanpa memerlukan peralatan yang berat dan banyak. Inilah yang membedakannya dengan olahraga air diving atau menyelam ke laut dalam.

Baca juga : 32 Peraturan Dalam Perlombaan Lari Estafet
Para traveler tentunya ada yang menyukai tempat liburan dengan pantai pantai diberbagai negara tropis. Tempat tempat yang dapat direkomendasikan bagi para snorkel ialah Hawai, Bali, Karibia, Australia, Maldives dan Thailand. Negara kepuluan khususnya memiliki biota laut yang sangat indah bervariasi.

Tujuan melakukan olahraga ini ialah mendapatkan keindahan bawah laut, namun sebelum melakukan liburan terlebih dahulu anda dapat mengecek lokasi lokasinya. Untuk momen momen keindahan bawah laut ini dapat diabadikan dengan kamera tahan air. Selain itu anda dapat melakukan snorkeling disiang hari karena sinar matahari akan membuat bawah laut semakin indah dan juga jernih.

Diving

Pernahkah kalian menyelam sampai ke laut dalam? Jenis olahraga air satu ini sebenarnya hampir sama seperti snorkeling. Perbedaanya terletak pada tingkat kedalaman dimana kalian harus menyelam untuk melihat biota laut. Diving biasanya diikuti dengan gerakan gerakan akrobatik sebelum menyelam kedalam air. Diving termasuk kedalam cabang Olimpiade olahraga air bahkan diakui secara inernasional. Maka dari itu setiap cabang olahraga ini ditandingkan, banyak sekali penonton yang melihatnya bahkan sampai membludak.

Untuk penjurian dalam diving biasanya memperhatikan beberapa hal seperti sikap badan ketika masuk ke air, tingginya lompatan atlet, posisi tubuh, dan seberama lama atlet dapat melakukan gerakan akrobatik ketika melayang diudara. Pada umumnya atlet diving memiliki latar belakang yang bagus dibidang senam. Hal tersebut ditunjukkan dari atletisme tubuh, kelenturan maupun fleksibilitas tubuh.


Jenis olahraga air ini juga memiliki atlet dengan kemampuan menari yang baik. Diving termasuk jenis olahraga air yang bersifat rekreasional, terstruktur, kompetitif dan profesional. Olahraga tersebut juga memiliki kemiripan dengan snorkeling karena sama sama menyenangkan. Walaupun demikian terdapat perbedaan didalamnya yaitu untuk diving dilakukan dengan cara menyelam ke dalam air, sedangkan snorkeling hanya dipermukaan air. Diving dapat dibagi mejadi dua jenis yaitu scuba diving dan free diving.

Kano

Kano adalah jenis olahraga air yang atletnya tidak bersentuhan dengan air secara langsung. Kano memerlukan alat tambahan berupa perahu dengan kapasitas penumpang satu orang atau lebih. Perahu ini harus didayung diatas air dengan jarak tertentu. Jenis olahraga air ini dapat dilakukan dipermukaan air yang tenang, misalnya waduk maupun danau. Olahraga tersebut bahkan termasuk kedalam Olimpiade olahraga air.

Untuk variasi perlombaannya ditentukan dari panjang lintasannya dengan jarak 200 m sampai 1000 m, jenis kano, maupun jumlah pendayung yang terdapat diatas kapal. Untuk peraturan dalam kano diatur dan ditentukan oleh ICF atau International Canoe Federation yang berpusat di kota Lausanne, Swiss.

Jenis olahraga air seperti kano ini tidak membutuhkan teknik mendayung, kemampuan menyelam atau kemampuan berenang yang rumit dan eksepsional. Anda cukup mempersiapkan kondisi tubuh dengan baik agar dapat menikmati olahraga kano. Olahraga tersebut akan lebih mneyenangkan apabila memiliki partner sehingga dapat menghirup udara segar diatas air bersama sama.
Baca juga : Pengertian dan Jenis Jenis Langkah Senam Irama
Anda disarankan untuk memiliki lokasi yang tidak begitu ramai sehingga perjalanan menjelajahi perairannya dapat lebih maksimal. Ada beberapa resort yang sengaja menyediakan fasilitas untuk berolahraga kano. Untuk waktunya dapat memilih pagi hari maupun sore hari.
 

Surfing

Surfing ialah jenis olahraga air yang dilakukan dipermukaan air dengan mengendarai gelombang air/ombak dari tengah laut menuju pantai. Olahraga ini memang memanfaatkan ombak sebagai sarana olahraganya, namun para peselancar atau surfer memerlukan alat tambahan seperti papan selancar atau surfboard. Anda cukup berdiri diatas papan selancar dan menunggu ombak datang.


Maka dari itu anda harus menemukan pantai yang memiliki ombak yang tinggi dibagian tengah lautnya. Bagi atlet surfer, gelombang laut yang tinggi dapat menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Peselancar bernama Garrett McNamara pernah menakhlukkan ombak dengan ketinggian 23,8 m atau 78 kaki di negara Nazare, Portugal. Bahkan juga dicatat dalam The Guinness Book of World Records.

Ski Air

Jenis olahraga air yang terakhir ialah ski air. Ski air ialah jenis olahraga air yang dilakukan dengan cara ditarik dibelakang kapal. Kapal tersebut memiliki kecepatan tertentu sehingga menciptakan gelombang besar dan dapat ditunggangi oleh satu atau dua papan ski. Jenis olahraga air tersebut dilakukan dalam area yang tenang seperti danau yang luas. Ski air membutuhkan alat tambahan seperti pelampung untuk pengaman, tali derek, kapal bermesin, dan papan ski air. 

Surfing juga termasuk jenis olahraga yang menantang karena memerlukan otot bagian atas dan otot bagian bawah yang kuat. Tidak hanya itu, untuk bertahan di atas papan ski harus membutuhkan keseimbangan dengan fokus dan konsentrasi yang bagus. Untuk pemain ski air memiliki beberapa peraturan tersendiri yaitu :
  • Pemain ski air dengan berat badan kurang dari 23 kg, ditarik dengan kecepatan 21 km/jam.
  • Pemain ski air dengan berat badan 23 sampai 45 kg, ditarik dengan kecepatan 26 km/jam.
  • Pemain ski air dengan berat badan 45 sampai 68 kg, ditarik dengan kecepatan 29 km/jam.
  • Pemain ski air dengan berat badan 68 sampai 82 kg, ditarik dengan kecepatan 34 km/jam.
  • Pemain ski air dengan berat badan lebih dari 82 kg, ditarik dengan kecepatan 38 km/jam.
Inilah beberapa jenis olahraga air yang dapat saya bagikan. Anda dapat lebih dekat dengan alam melalui olahraga air ini misalnya menikami keindahan bawah laut, mencoba adrenalin dengan surfing ataupun menikmati permukaan air yang tenang dengan kano. Selamat mencoba. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "12 Jenis Olahraga Air Beserta Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel