Posisi Berdiri (Stance) Saat Menerima Service pada Bulutangkis

Posisi Berdiri (Stance) Saat Menerima Service pada Bulutangkis - Badminton merupakan olahraga yang menuntut kordinasi gerak kaki, tangan, dan posisi yang baik. Pemain pun dituntut harus menguasai semua teknik mulai dari cara memegang raket, melakukan service, sampai hard smash. Sayangnya, hanya sedikit yang mengetahui pentingnya cara mengembalikan service yang dilakukan oleh lawan.

Apa yang dimaksud posisi stance bulutangkis? inilah yang sering ditanyakan siswa. Secara garis besar stance termasuk teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Karena sedikit banyak penguasaan posisi berdiri saat menerima service lawan akan mempengaruhi performa kita. Cara berdiri yang tak sesuai bisa menimbulkan kerugian besar saat kita hendak mengembalikan pukulan.

Posisi Berdiri (Stance) Dalam Permainan Bulutangkis

Secara garis besar service menjadi pukulan awal yang menandai dimulainya permainan. Servis bisa menjadi poin apabila lawan tak bisa mengembalikan pukulan tersebut. Untuk mengantisipasi hal demikian kita butuh teknik dasar satance yang berfungsi untuk mengembalikan bola ke arah musuh.

Posisi Berdiri (Stance) Saat Menerima Service pada Bulutangkis

Bulutangkis adalah olahraga yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Selain menyenangkan, permainan yang menuntut gerak aktif ini juga menyehatkan. Baik pertandingan tunggal, ganda, maupun ganda campuran mengharuskan pemainnya menguasai teknik dasar. Membekali diri dengan berbagai pengetahuan seperti strategi, formasi, dan mengatur posisi juga tak kalah penting.

Nah, salah satunya adalah bagaimana posisi berdiri saat menerima servis bulutangkis yang dilancark
an oleh lawan. Materi ini secara resmi diajarkan pada siswa ketika beranjak ke jenjang SMP. Dalam beberapa kesempatan posisi stance bulutangkis pun juga menjelma menjadi soal ujian yang menyulitkan. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang posisi berdiri (stance) saat menerima servis pada permainan bulutangkis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa yang Dimaksud Posisi Stance

Apa itu stance dalam bulutangkis? pertanyaan ini sebenarnya cukup sering diajukan. Tak jarang siswa kesulitan ketika mendapat model soal demikian ketika ujian berlangsung. Sebelum kalian mempelajari posisi berdiri saat menerima servis alangkah baiknya kita pahami dulu pengertiannya.

Secara garis besar pengertian stance adalah posisi berdiri sebagai kesiapan pemain untuk menerima sekaligus mengembalikan bola service dari lawan. Meski terkesan simpel karena hanya berdiri tapi faktanya posisi tersebut memberikan dampak signifikan. Apabila pukulan servis tidak dapat dikembalikan dengan sempurna maka akan memberikan poin untuk musuh.
Baca juga : Cara Melakukan Servis Panjang dan Pendek Dalam Bulutangkis
Mampu membaca serta memperhatikan arah datangnya bola merupakan kunci utamanya. Kemudian kita juga harus memperhatikan posisi berdiri saat menerima servis bulutangkis. Hal ini dikarenakan posisi berdiri pada bulutangkis tersebut memiliki peranan yang penting ketika menerima servis tersebut.
 

Cara Menerima Service Bulutangkis

Posisi berdiri pada bulutangkis dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti. Contohnya posisi ketika servis, menerima servis, maupun sikap berdiri ketika rally. Mengatur posisi juga merupakan dasar dari semua teknik permainan yang ada. Posisi stance bulutangkis juga memberi dampak besar saat jalannya pertandingan.

Masalahnya, apakah kalian tau cara menerima service bulutangkis? mungkin secara praktikum kita bisa melakukannya. Tapi bagaimana jika guru meminta menjelaskannya secara teori? tak perlu panik. Pada sesi ini saya ingin membahas lebih dalam teknik posisi stance bulutangkis lengkap. Simaklah langkah-langkah di bawah sampai selesai:
  • Posisi berdiri dalam permainan bulutangkis tunggal yaitu berada di belakang garis servis pendek dengan jarak satu meter atau di tengah daerah servis. Sedangkan untuk posisi berdiri permainan bulutangkis ganda letaknya sedikit maju namun tidak diperbolehkan untuk melewati garis servis pendeknya.
  • Posisi kaki kiri berada di depan dan di belakang terdapat kaki kanan.
  • Berat badan dipindahkan menuju arah kok yang datang ketika melakukan servis sesuai dengan jenisnya, baik forehand ataupun backhand.
Demikianlah penjelasan mengenai posisi berdiri saat menerima servis dalam permainan bulutangkis. Posisi berdiri saat menerima servis bulutangkis yang benar perlu kita perhatikan, karena berguna untuk melakukan pengembalian bola dengan mudah ke daerah lawan. Bagaimana hal ini dapat terjadi? Keberhasilan pemain dalam mengembalikan servis pada dasarnya dipengaruhi oleh posisi berdiri (stance) pada permainan bulutangkis.

Belum ada Komentar untuk "Posisi Berdiri (Stance) Saat Menerima Service pada Bulutangkis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel