Posisi Berdiri (Stance) Saat Menerima Servis pada Permainan Bulutangkis

Advertisement

Posisi Berdiri (Stance) Saat Menerima Servis pada Permainan Bulutangkis - Dalam permainan bulutangkis terdapat beberapa gerakan yang perlu diperhatikan seperti pergerakan kaki, tangan dan posisi berdiri saat menerima servis bulutangkis. Posisi berdiri (stance) pada permainan bulutangkis memang dapat mempengaruhi performa dari pemainnya, baik saat menerima kok ataupun memukul kok. Bahkan Penentuan poisis berdiri bulutangkis ini juga disebut sebagai penentu kemenangan.

Posisi Berdiri (Stance) Dalam Permainan Bulutangkis
Posisi berdiri pada bulutangkis dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti posisi ketika servis, menerima servis, maupun sikap berdiri ketika rally. Servis dalam permainan bulutangkis pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua macam yakni servis backhand dan servis forehand. Servis forehand dilakukan dengan posisi pemain berdiri berada di sudut depan pada garis tengah lapangan.

Ketika servis forehand dilakukan, kaki kiri diposisikan di depan dan di belakang terdapat kaki kanan. Lalu berat badan ditumpukan pada kaki belakang, lalu berat badan ditumpukan ke kaki depan ketika memukul kok. Di dalam melakukan gerakan tersebut tentunya berhubungan dengan posisi berdiri saat menerima servis bulutangkis. Kemudian adapula servis backhand yang dapat dilakukan dengan posisi berdiri di sudut depan pada garis tengah lapangan. Kaki kanan pada gerakan servis ini diposisikan di depan dan di belakang terdapat kaki kiri. Setelah itu berat badan ditumpukan di bagian tengah, lalu ketika memukul kok berat badan dipindahkan ke arah depan.

Posisi Berdiri (Stance) Saat Menerima Servis pada Permainan Bulutangkis

Posisi berdiri pada permainan bulutangkis yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ialah posisi ketika menerima servis. Posisi berdiri pada bulutangkis untuk pemain ganda berbeda dengan pemain tunggal. Selain itu adapula posisi berdiri dalam permainan bulutangkis untuk rally. Lantas bagaimana posisi berdiri saat menerima servis bulutangkis yang benar? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang posisi berdiri (stance) saat menerima servis pada permainan bulutangkis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian servis ialah pukulan pemain yang dilakukan di awal permainan. Apabila pukulan servis tidak dapat dikembalikan dengan sempurna oleh pemain lawan, maka akan memberikan poin untuk kita sendiri. Selain itu kita juga harus memiliki konsentrasi yang penuh ketika menerima servis lawan dengan cara melihat arah datangnya bola servis dari lawan. Kemudian kita juga harus memperhatikan posisi berdiri saat menerima servis bulutangkis. Hal ini dikarenakan posisi berdiri pada bulutangkis tersebut memiliki peranan yang penting ketika menerima servis tersebut.
Baca juga : Cara Melakukan Servis Panjang dan Pendek Dalam Bulutangkis
Posisi berdiri saat menerima servis bulutangkis dapat dilakukan dengan backhand maupun forehand. Berikut posisi berdiri saat menerima servis pada bulutangkis yang benar yaitu diantaranya:
  • Posisi berdiri dalam permainan bulutangkis tunggal yaitu berada di belakang garis servis pendek dengan jarak satu meter atau di tengah daerah servis. Sedangkan untuk posisi berdiri permainan bulutangkis ganda letaknya sedikit maju namun tidak diperbolehkan untuk melewati garis servis pendeknya.
  • Posisi kaki kiri berada di depan dan di belakang terdapat kaki kanan.
  • Berat badan dipindahkan menuju arah kok yang datang ketika melakukan servis sesuai dengan jenisnya, baik forehand ataupun backhand.
Demikianlah penjelasan mengenai posisi berdiri saat menerima servis dalam permainan bulutangkis. Posisi berdiri saat menerima servis bulutangkis yang benar perlu kita perhatikan, karena berguna untuk melakukan pengembalian bola dengan mudah ke daerah lawan. Bagaimana hal ini dapat terjadi? Keberhasilan pemain dalam mengembalikan servis pada dasarnya dipengaruhi oleh posisi berdiri (stance) pada permainan bulutangkis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posisi Berdiri (Stance) Saat Menerima Servis pada Permainan Bulutangkis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar