Senam Ketangkasan: Pengertian, Gerakan, Manfaat, dan Alatnya

Senam Ketangkasan: Pengertian, Gerakan, Manfaat, dan Alatnya - Sebagai seorang siswa pasti kita sudah sangat familiar dengan berbagai gerakan senam. Pasalnya, selain diajarkan secara teori kita pun juga sering melakukan senam di waktu-waktu tertetu. Contohnya saat hari jumat maupun ketika guru memberikan pembelajaran praktikum. Ada banyak sekali manfaat senam yang bisa kalian dapatkan karena sangat menyehatkan.

Contoh Senam Ketangkasan
Senam Ketangkasan Dengan Alat

Apa itu senam ketangkasan? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh beberapa siswa. Secara garis besar, ada banyak sekali jenis senam sesuai fungsi, alat, dan gerakannya. Meski semua pembahasan bisa kita jumpai di LKS buku pedoman penjaskes. Tapi faktanya beberapa siswa kurang memahami bahkan tak hafal ketika ditanya gerakan serta contoh alat senam ketangkasan. Padahal materi tersebut sering muncul sebagai butir soal ujian yang sangat menyulitkan.

Tak sedikit siswa kebingungan ketika diminta menjelaskan contoh gerakan senam ketangkasan dan manfaatnya untuk tubuh. Senam secara umum bertujuan untuk menanamkan nilai mental spiritual, menyehatkan badan, dan meningkatkan keterapilan. Ada banyak sekali jenis senam yang bisa kalian pelajari baik secara mandiri maupun saat di sekolah. Tapi, mari kita berfokus pada materi senam ketangkasan terlebih dahulu.

Senam Ketangkasan: Pengertian, Gerakan, Manfaat, dan Alatnya

Pelaksanaan jenis senam satu ini pada dasarnya menggunakan beberapa metode. Contohnya palang sejajar, kuda pelana, palang tunggal, gelang gelang, dan palang bertingkat. Sedangkan gerakan senam biasanya berfokus pada keseimbangan, kelincahan, keharmonisan, sampai gerakan keindahan. Masing-masing tentunya memiliki teknik dasar berbeda mengingat alat yang dipakai pun juga tak sama. Meski demikian, manfaat senam ketangkasan secara keseluruhan hampir sama.

Lantas bisakah senam ketangkasan dilakukan sendiri? sebenarnya kalian dapat melakukanya secara mandiri. Tapi alangkah baiknya jika ada orang yang lebih berpengalaman mengawasi serta membantu. Pasalnya, tak semua contoh senam ketangkasan mempunyai gerakan sederhana. Dalam konteks pendidikan, kita bisa menumpai materi satu ini di jenjang SMP dan SMA dengan pembahasan yang cukup kompleks.

Apakah senam ketangkasan menggunakan alat? jawabanya bisa iya maupun tidak. Sebenarnya terkait pemilihan alat maupun tempat dimana sebaiknya dilakukan senam ketangkasan kembali pada pribadi kita. Jika sarana memang mendukung alangkah baiknya kalian memakainya karena alat yang standar bisa membuat hasil menjadi maksimal.

Apa Itu Senam ketangkasan

Apa yang dimaksud dengan senam ketangkasan? pertanyaan ini sering diajukan ketika ujian berlangsung. Jenis senam satu ini bisa diartikan sebagai senam yang dilakukan dengan menggunakan alat maupun tidak. Setiap gerakan adalah bentuk latihan secara fisik yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan menambah daya tahan.

Oleh karenanya banyak orang yang melakukan senam demi menjaga badan tetap bugar. Selain itu, kalian juga bisa mendapat manfaat lain seperti membentuk tubuh ideal secara bertahap. Apa saja manfaat senam ketangkasan? kita akan segera membahasnya pada sesi selanjutnya.
Baca juga : Macam Macam Gerakan Memutar Simpai Dalam Senam Irama Lengkap
Pengertian senam ketangkasan juga dinamakan sebagai senam artistik yang notabenya memiliki aturan sendiri. Ketika diperlombakan cara penilaiannya pun memperhatikan ketepatan, keseimbangan, gerakan dan keindahan ketika sikap akhir.

Manfaat Senam Ketangkasan

Setelah menjelaskan tentang pengertian senam ketangkasan, selanjutnya saya akan membahas tentang manfaat senam artistik. Senam ketangkasan atau senam artistik memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini:

Kebugaran Tubuh

Setelah senam ketangkasan dilakukan tentunya tubuh akan lebih bugar karena gerakan gerakan yang terdapat didalamnya sangat baik dan teratur untuk tubuh. Dengan menggunakan senam artistik ini pastinya penampilan akan semakin bagus karena tidak lesu, lemah dan semakin segar. Usahakan pelaksanaan senam ketangkasan teratur dan rutin sehingga otot pada tubuh semakin kencang dan terbentuk.

Otot Semakin Kencang

Manfaat senam ketangkasan selanjutnya ialah membuat otot semakin kencang. Jika senam ketangkasan tidak hanya dilakukan sekali atau dua kali saja, maka otot pada tubuh akan semakin kencang. Untuk itulah pelaksanaan senam ketangkasan harus rutin.  Anda dapat melakukan senam ketangkasan selama tiga kali dalam seminggu sehingga otot dapat terbentuk dengan baik.

Tubuh Menjadi Lebih Indah

Manfaat senam artistik selanjutnya ialah membuat tubuh menjadi lebih indah. Hal ini tentunya terdapat dalam materi senam ketangkasan. Apabila senam ini sering dilakukan, maka bentuk tubuh juga akan semakin ideal. Hal ini dikarenakan gerakan gerakan pada senam ketangkasan akan membuat lemak dalam tubuh menjadi terbakar. Terlebih lagi jika menggunakan alat senam ketangkasan sehingga lemak dapat terbakar dengan sempurna. Namun jenis senam ini juga dapat dilakukan tanpa menggunakan alat apapun.

Tubuh Menjadi Sehat

Manfaat senam ketangkasan selanjutnya ialah membuat tubuh menjadi lebih sehat. Ketika berolaraga, tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga daya tahan tubuh akan semakin meningkat lebih tinggi. Olahraga secara rutin adalah salah satu solusi untuk menjaga tubuh tetap sehat. Pada awalnya pelatih akan mendampingi kita ketika melakukan senam ketangkasan. Hal ini berguna untuk membantu orang tersebut untuk melakukan gerakan senam ketangkasan.

Jenis Senam Ketangkasan

Setelah membahas tentang apa itu senam ketangkasan dan manfaatnya untuk tubuh. Saya juga akan menjelaskan tentang beberapa jenis dan kategorinya. Pada dasarnya penggolan hanya ditentukan berdasarkan alat dan medianya saja. Yakni senam yang dilakukan menggunakan alat dan tanpa alat.
Baca juga : Daftar Alat yang Digunakan Dalam Senam Artistik

Senam Ketangkasan Tanpa Alat

Jenis senam ketangkasan yang pertama dilakukan tanpa menggunakan alat. Untuk itulah gerakan yang dilakukan didalamnya tidak didukung oleh alat apapun. Maka dari itu alat senam ketangkasan yang digunakan tidak ada. Di bawah ini terdapat bentuk senam tanpa menggunakan alat yaitu sebagai berikut:

Guling Depan
Senam ketangkasan tanpa alat yang pertama dapat berbentuk guling depan. Gerakan ini masih termasuk dalam materi senam ketangkasan yang tidak menggunakan alat. Guling depan dapat dinamakan dengan forward roll. Pengertian guling depan ialah gerakan yang dilakukan dengan beberapa tahap ketika berguling seperti gerakan pada tengkuk, pinggang, punggung dan panggul belakang. Adapun cara melakukan guling depan yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh awal dalam kondisi jongkok, kedua kaki dirapatkan dan posisikan tangan sejajar dengan bahu.
  • Setelah itu letakkan kedua telapak tangan pada matras yang ukurannya selebar dengan bahu.
  • Tekuk siku ke arah samping dan masukkan kepala diantara kedua tangan. Kemudian tengkuk ditempelkan pada matras. Lalu gulingkan tubuh ke arah depan secara perlahan sehingga berat badan dapat didorong ke arah depan.
  • Langkah berikutnya melipat kedua lutut, menarik dagu dan lurus ke arah dada, dimana tangan diposisikan merangkul bagian lutut.
  • Langkah terakhir memposisikan tubuh dalam keadaan jongkok, rapatkan kedua kaki dan atur keseimbangan tubuh supaya tidak roboh.

Guling Ke Belakang
Bentuk senam artistik tanpa alat yang sangat familiiar yakni guling ke belakang. Guling ke belakang dapat dinamakan dengan back roll. Pengertian guling ke belakang ialah gerakan tubuh yang dimulai dengan pinggul, pinggang bagian belakang, punggung, kepala belakang dan bagian terakhir berupa kaki. Adapun cara melakukan guling ke belakang yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh dalam keadaan jongkok membelakangi matras dan lengan diposisikan ke arah depan lurus.
  • Jatuhkan badan dengan cara dagu ditarik ke arah dada. Setelah itu lengan dibengkokkan dan telapak tangan diatur dalam posisi menuju atas. Ibu jari diletakkan dekat dengan telinga.
  • Tangan ditolakkan hingga lurus dengan pantat sehingga ketika badan digulingkan ke belakang maka titik tertingginya dapat dilewati. Gunakan kaki untuk melakukan pendaratan dan lepaskan tangan dari matras. Fokuskan pandangan ke arah depan dan keseimbangan tubuh tetap dijaga.

Meroda
Gerakan ini tentunya memiliki manfaat yang hampir sama dengan manfaat senam ketangkasan secara umum. Manfaat dan pengertian senam ketangkasan tersebut sudah saya bahas dalam materi senam ketangkasan di atas. Meroda ialah gerakan tubuh seperti roda dengan menggulingkannya ke arah samping.

Ketika dibangku sekolah, gerakan meroda memang sudah diajarkan. Gerakan yang dilakukan memanfaatkan kaki dan tangan secara bergantian. Adapun cara melakukan gerakan meroda yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh berdiri tegak di atas matras dan buka kaki selebar bahu. Kemudian angkat tangan ke arah atas.
  • Langkah berikutnya ialah menempelkan atau meliukkan tangan kanan ke arah matras sehingga badan dapat ditumpu ke arah kanan samping.
  • Angkat kaki kiri bersama tangan kiri yang diletakan ke arah samping tangan kanan. Kemudian kaki diposisikan ke arah atas.
  • Langkah terakhir yaitu angkat tangan kanan dan sentuhkan tangan kiri ke matras hingga tubuh berdiri tegak seperti semula.

Senam Ketangkasan Dengan Alat

Jenis senam ketangkasan selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan alat. Untuk itulah gerakan yang dilakukan didalamnya didukung oleh alat yang digunakannya. Maka dari itu alat senam ketangkasan yang digunakan beraneka macam. Di bawah ini terdapat bentuk bentuk senam ketangkasan dengan menggunakan alat yaitu sebagai berikut:

Lompat Jongkok
Bentuk senam ketangkasan dengan alat yang pertama dapat berupa lompat jongkok. Dalam gerakan lompat jongkok terdapat beberapa manfaat yang diperoleh yaitu menambah ketangkasan, kelincahan, keberanian, konsentrasi dan kekuatan. Adapun cara melakukan lompat jongkok yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh berdiri, lalu diikuti dengan cepat berlari. Badan dicondongkan ke depan dan kedua kaki ditolakkan pada papan tolak. Lalu lengan diayunkan ke arah atas.
  • Tangan digerakkan pada pangkal kuda kuda dengan tujuan untuk menumpu tubuh. Fokuskan padangan anda ke depan mendekati kedua tangan.
  • Langkah berikutnya yaitu kedua tangan digunakan untuk melakukan tolakan dengan kuat dan tekuk lutut menuju dada serta luruskan bagian tungkai ketika letaknya berada di kuda kuda bagian ujung.
  • Gunakan ujung kaki untuk melakukan pendaratan dan rentangkan kedua tangan ke arah atas.
Baca juga : Bentuk Latihan Gerakan Mengayun Tali Dalam Senam Irama
Lompat Kangkang
Macam senam ketangkasan dengan alat selanjutnya adalah lompat kangkang. Manfaat lompat kangkang ini sama halnya dengan manfaat senam ketangkasan pada umumnya. Hal ini tentunya sudah saya bahas dalam materi senam ketangkasan di atas bersamaan dengan pengertian senam ketangkasan.

Lompat kangkang merupakan gerakan dalam melewati rintangan dengan cara meloncat. Dalam lompat kangkang terdapat gerakan merentangkan kuda kuda tangan ketika melayangkan badan ke arah udara. Adapun cara melakukan lompat kangkang yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh berdiri diikuti gerakan cepat berlari. Kemudian badan dicondongkan ke arah depan dan kedua kaki digunakan untuk menolak pada papan sekuat mungkin.
  • Anda juga dapat melakukan gerakan mengayun ke arah depan dari bawah belakang. Lalu badan diluruskan agar gerakan tungkai dapat terpisah. 
  • Lakukan gerakan tolakan sekuat mungkin ketika tangan sudah menyentuh pangkal kuda. Dengan begitu sikap tubuh ketika melayang akan lurus di atas kuda kuda. Kemudian tangan direntangkan dan konsentrasi untuk mengarahkan pandangan tetap ke arah depan.
  • Ujung kaki digunakan untuk melakukan pendaratan yang mengeper dan rentangkan kedua tangan ke arah atas.

Alat Senam Ketangkasan

Setelah menjelaskan tentang pengertian senam ketangkasan, manfaat senam ketangkasan dan jenis jenis senam ketangkasan di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang alat senam ketangkasan. Alat senam artistik tersebut pada dasarnya berbeda beda dengan fungsinya masing masing. Adapun beberapa alat yang digunakan dalam senam ketangkasan yaitu sebagai berikut:

Lantai (Floor Exercise)

Dalam senam ketangkasan memang membutuhkan lantai karena pelaksanaan gerakannya berada dilantai. Senam lantai tersebut pada dasarnya sudah sesuai dengan berlakunya standar khusus sehingga tidak asal asalan menggunakan jenis lantainya. Lantai senam ketangkasan memiliki ukuran 12 x 12 meter. Kemudian permukaan lantainya tidak licin sehingga ketika senam dilakukan, maka tubuh tidak akan cedera atau terjadi hal lain yang tidak diinginkan.

Matras

Alat senam ketangkasan selanjutnya ialah matras. Matras memang digunakan untuk melakukan beberapa gerakan didalam senam artistik. Namun penggunaan matras sebagai alas memang banyak digunakan dalam berbagai jenis senam. Matras yang dipakai memiliki permukaan yang tidak licin dan empuk sehingga ketika gerakan senam dilakukan maka resiko cedera tubuh dapat dikurangi.

Kuda Kuda Pelana

Dalam materi senam ketangkasan juga terdapat kuda kuda pelana yang termasuk dalam alat senam ketangkasan. Kuda pelana yang digunakan dalam senam artistik hampir sama dengan tempat duduk memanjang yang menyerupai punggung kuda. Dengan alat tersebut, kita dapat berlatih melompat tanpa menyentuh dudukan kuda pelana sampai bagian ujung. Kita dapat menggunakan gerakan double circle, Thomas fair dan flank.

Gelang Gelang

Alat senam ketangkasan selanjutnya ialah gelang gelang. Gelang gelang adalah alat yang menyerupai gelang besar karena bentuknya dua lingkaran. Gelang tersebut dikaitkan dengan kedua tali sehingga para atlet dapat bergelantungan dan melakukan gerakan ayunan maupun bertumpu. Selain itu alat gelang gelang juga dapat digunakan untuk membuat otot tangan semakin kuat dengan cara gerakan naik turun. Gelang tersebut dikaitkan dengan tali yang tingginya 2,8 – 3 meter. Antara gelang gelang ini memiliki jarak sekitar 50 cm. Kemudian untuk diameter gelangnya mencapai 18 cm.

Palang Sejajar

Alat senam artistik selanjutnya ialah palang sejajar. Panjang palang sejajar mencapai 330 cm, lebar 40 – 50 cm, dan tinggi 175 cm. Dalam senam ketangkasan terdapat penggunaan palang sejajar yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Biasanya alat tersebut digunakan untuk jenis gerakan lengan yang mengayun, gerakan tangan maupun bahu.

Akan tetapi gerakan yang dilakukan dengan palang sejajar tidak diperbolehkan menggunakan gerakan badan lainnya. Jenis palang yang digunakan dapat berupa tinggi ataupun rendah. Gerakan yang dapat dilakukan dapat berbentuk rear dimount, straddle travel, front dosmount, shoulder stand dan sebagainya.

Palang Tunggal

Alat senam ketangkasan selanjutnya dapat berupa palang tunggal. Penggunaan palang tunggal ditujukan untuk jenis gerakan atraktif dan menantang. Hal ini dikarenakan ketinggian satu palangnya sangat diatur. Rumitnya gerakan yang digunakan dalam perlombaan dunia tersebut dapat berupa gerakan back hip circle, front hip circle, single knee mount, gferakan pull over,  run under single, back mill dan sebagainya. Untuk itulah palang tunggal memiliki gerakan yang lebih rumit dibandingkan palang sejajar.

Kuda Kuda Lompat

Alat senam artistik selanjutnya ialah kuda kuda lompat. Bentuk alat ini memang berbeda sedikit dengan kuda pelana. Hal ini dikarenakan kuda kuda lompat memiliki tinggi 1,35 meter dan panjang 1,2 meter. Tinggi pada kuda kuda lompat memang tergolong rendah karena gerakan yang dilakukan dapat berbentuk lompat berdiri, lompat jongkok dan lain lain.

Sekian penjelasan mengenai materi senam ketangkasan yang berisi pengertian senam ketangkasan, manfaat senam ketangkasan dan alat senam ketangkasan. Senam ketangkasan merupakan senam yang dilakukan dengan memakai alat maupun tidak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Senam Ketangkasan: Pengertian, Gerakan, Manfaat, dan Alatnya"