Permainan Rounders (Pengertian dan Sejarah) Lengkap

Advertisement

Permainan Rounders (Pengertian dan Sejarah) Lengkap - Pengertian permainan rounders ialah permainan olahraga yang menggunakan bola kecil. Teknik dasar rounders sendiri hampir sama dengan permainan kasti seperti memukul, melempar dan menangkap bola. Selain itu juga ditambah dengan kemampuan untuk menghindari sentuhan bola dan mengetik bola. Olahraga rounders tersebut dimainkan dengan cara berkelompok. Maka dari itu permainan ini memerlukan kekompakan dan kerja sama dari para pemain pemainnya. Lantas bagaimana sejarah rounders tersebut?

Sejarah Permainan Rounders
Pertama kali olahraga rounders dimainkan sejak zaman Tudor di negara Inggris. Pada tahun 1744, John Newbery berpendapat bahwa olahraga ini merupakan dasar bola sesuai dengan sebuah buku Pocket Pretty Little yang menjadi referensinya. Kemudian edisi kedua dari buku pemilik The Boy diterbitkan oleh William Clarke pada tahun 1828 di London. Buku ini berisi permainan bola basis dan pemukul beserta aturan permainan kasti. Kemudian buku berikutnya diterbitkan pada tahun berikutnya di Boston, Massachusetts. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian permainan rounders dan sejarah lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Permainan Rounders (Pengertian dan Sejarah) Lengkap

Pengertian permainan rounders adalah permainan olahraga yang menggunakan bola kecil. Penyusunan aturan nasiobal permainan ini secara resmi pertama kali dilakukan pada tahun 1884 oleh GAA (Asosiasi Atletik Gaelic) yang bertempat di Irlandia. Pertandingan rounders dilakukan oleh dua tim yang memiliki tradisi yang berbeda beda. Rounders tersebut dimainkan dengan kode yang bergantian dan versi yang sama yakni dimainkan ketika sore hari maupun pagi hari.
Baca juga : Pengertian Permainan Tenis Meja, Sejarah, Sarana dan Prasarana

Sejarah Permainan Rounders Singkat

Di negara Irlandia telah meresmikan peraturan permainan kasti. Kemudian pada tahun 1889 terjadi proses pendirian asosiasi yang terdapat di Skotlandia dan Liverpool. Pada zaman dahulu masih berlaku versi permainan softball dan Massachusetts permainan bisbol. Namun karena persamaan dasar sejarah membuat permainan rounders sama seperti permainan kasti dengan versi GAA. Kemudian pertandingan rounders sendiri mulai dimainkan di Newport, Liverpool dan Cardiff. Permainan ini pada dasarnya dianggap lebih tua dibandingkan bisbol. Bahkan karena perkembangannya yang pesat membuat rounders dapat dimainkan di tingkat Internasional.

Teknik Dasar Olahraga Rounders

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang teknik dasar pertandingan rounders. Rounders sendiri memiliki beberapa teknik dasar yang hampir sama dengan permainan kasti seperti teknik melempar bola, teknik memukul bola dan teknik menangkap bola. Berikut penjelasan selengkapnya:

Teknik Melempar Bola
Teknik dasar rounders yang pertama ialah teknik melempar bola. Adapun cara melakukannya yaitu diawali dengan memegang bola terlebih dahulu. Setelah itu bola dilemparkan dengan beberapa teknik yakni lemparan dari bawah dan samping, lemparan dengan cara dilecutkan menggunakan pergelangan tangan, lemparan dengan cara mengayunkannya dari arah atas kepala, dan lemparan melambung (lemparan pitch).

Teknik Menangkap Bola
Teknik dasar permainan rounders selanjutnya ialah teknik menangkap bola. Teknik dasar ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian seperti menangkap bola lambung yang datang, menangkap bola dengan arah yang lurus, dan menangkap bola datang yang bergulir di tanah (groundball).

Memukul Bola
Teknik dasar permainan rounders selanjutnya ialah teknik memukul bola. Teknik dasar ini terdiri dari beberapa unsur didalamnya seperti gerakan lanjutan setelah memukul, cara memegang tongkat pemukul dan cara mengayunkan tongkat.
Baca juga : 4 Macam Permainan Bola Besar Beserta Penjelasannya Lengkap

Bentuk dan Ukuran Lapangan Rouders

Gambar Lapangan Permainan Rounders
Gambar di atas merupakan lapangan rounders yang memiliki beberapa ukuran seperti di bawah ini:
  • Bentuk lapangan rounders ialah segi lima.
  • Masing masing home base memiliki empat titik, dimana setiap sudutnya berukuran 1,2 meter.
  • Setiap home base memiliki jarak 8,5 meter.
  • Pelempar dengan pemukul bola memiliki jarak sekitar 7,5 meter.
  • Ukuran daerah pelempar bola yakni 2,5 x 2,5 meter.
  • Ukuran daerah pemukul bola yakni 2 x 2 meter.
Selain ukuran lapangan permainan rounders di atas, adapula ukuran tongkat dan bola yang digunakan dalam permainan ini. Berikut penjelasan selengkapnya yaitu:
  • Tongkat rounders memiliki panjang 46 cm dengan berat 70 - 85 gram. Tongkat tersebut dibuat dari bahan dasar kayu.
  • Bola rounders memiliki ukuran yang kecil dengan berat 70 - 80 gram.

Istilah Istilah dalam Permainan Rounders

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang istilah istilah dalam pertandingan rounders. Berikut beberapa macam istilah rounders beserta penjelasannya yaitu meliputi:
  1. Strike ialah bola dapat dilemparkan pelambung dengan benar.
  2. Ball ialah bola dilemparkan pelambung dengan salah.
  3. Base ialah tempat yang disinggahi oleh pemukul dan pelari.
  4. Pitcher ialah seseorang yang bertugas melambungkan bola.
  5. Catcher ialah seseorang yang bertugas menangkap bola.
  6. Out ialah istilah bola yang keluar dari area lapangan.
  7. Home Base ialah tempat yang digunakan untuk memukul.
  8. Membakar ialah istilah bola telah dipegang setelah lawan sampai di base sehingga dapat mematikan lawan.
Sekian penjelasan mengenai pengertian permainan rounders dan sejarah lengkap. Rounders ialah jenis permainan yang hampir sama dengan permainan kasti karena teknik yang digunakan hampir sama serta menggunakan jenis bola kecil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di penjasorkes.

Permainan Rounders (Pengertian dan Sejarah) Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar