Pengertian dan Teknik Dasar Lari Jarak Jauh (Lari Marathon)

Advertisement

Pengertian dan Teknik Dasar Lari Jarak Jauh (Lari Marathon) - Lari jarak jauh atau lari marathon merupakan cabang olahraga atletik nomor lari. Pada dasarnya olahraga lari dapat dibagi menjadi beberapa cabang lainnya yaitu lari estafet, lari jarak jauh (lari marathon), lari jarak pendek dan lari jarak menengah. Setiap cabang lari memiliki jarak tempuh yang berbeda beda. Hal inilah yang membuat perbedaan dalam teknik dasar yang digunakan. Lari marathon memiliki teknik dasarnya sendiri. Lalu apa pengertian lari jarak jauh (lari marathon)? Apa saja teknik dasar lari jarak jauh (jari marathon)?

Pada artikel sebelumnya penjasorkes telah membahas tentang lari jarak pendek dan lari estafet. Kedua jenis lari ini memiliki teknik yang berbeda beda. Hal ini dipengaruhi oleh stamina pelari ketika sedang melakukan perlombaan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian lari jarak jauh (lari marathon) dan teknik dasar lari jarak jauh (lari marathon). Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Teknik Dasar Lari Jarak Jauh (Lari Marathon)

Dalam pembahasan kali ini saya akan membaginya menjadi dua sub menu yaitu pengertian lari jarak jauh (lari marathon) dan teknik dasar lari jarak jauh (lari marathon). Lari jarak jauh memiliki nama lain yaitu lari marathon. Jenis lari ini memiliki jarak tempuh sekitar 3000 sampai 5000 meter bahkan lebih.
Lari Jarak Jauh (Lari Marathon)
Baca juga : Pengertian dan Teknik Dasar Lari Estafet

Pengertian Lari Jarak Jauh (Lari Marathon)

Pengertian lari jarak jauh (lari marathon) ialah nomor olahraga cabang atletik yang mempunyai jarak tempuh sekitar 42.195 meter atau 26 mil dan 385 yard. Jenis olahraga ini termasuk kedalam kategori olahraga tertua berdasarkan sejarah Olimpiade Kuno. Perlombaan marathon biasanya diadakan dijalan raya maupun menggunakan jalur diluar jalan raya. Pada awalnya nama "Marathon" berasal dari Legenda Pheidippides. Pada saat itu terdapat seorang prajurit Yunani yang memberikan berita bahwa bangsa Persia berhasil dikalahkan dalam pertempuran Marathon. Berita tersebut dikirimkan dari kota Marathon, Yunani menuju Athena. Kisah tersebut menceritakan seorang prajurit yang berlari demi menyampaikan pesan. Meski pada akhirnya setelah itu ia meninggal.

Teknik Dasar Lari Jarak Jauh (Lari Marathon)

Setiap pelari jarak jauh harus menguasai setiap teknik yang ada. Teknik tersebut digunakan oleh pelari untuk menempuh jarak yang dituju sampai pada akhirnya memenangkan perlombaan. Adapun teknik dasar lari jarak jauh (lari marathon) yaitu teknik start, teknik berlari, teknik pernafasan, dan teknik ketika masuk ke garis Finish. Berikut penjelasan selengkapnya:

Teknik Start
Teknik dasar lari jarak jauh (lari marathon) yang pertama ialah teknik start. Lari marathon diawali dengan start berdiri. Adapun tahapan tahapan yang harus dilakukan dalam start berdiri yaitu sebagai berikut:
  • Tahap 1 ; Dalam hitungan satu, pelari dalam keadaan siap. Kemudian arahkan pandangan anda ke depan menuju tujuan dan tekuk sedikit lutut anda.
  • Tahap 2 : Dalam hitungan ke dua, letakkan salah satu kaki didepan sebagai tumpuan berat badan dan posisi kedua tangan dalam keadaan bersiap untuk lari.
Baca juga : 32 Peraturan Dalam Perlombaan Lari Estafet
  • Tahap 3 : Dalam hitungan ke tiga, mulailah berlari dengan mengayunkan kaki belakang ke depan dan berikan sedikit tolakan.
Lari jarak jauh atau lari marathon biasanya diikuti oleh puluhan peserta. Maka dari itu ketika melakukan start berdiri, anda harus memperhatikan aba aba yang diberikan oleh juri. Dengan begtu anda tidak akan tertinggal oleh peserta lainnya.

Teknik Berlari
Teknik dasar lari jarak jauh (lari marathon) selanjutnya ialah teknik berlari. Teknik berlari yang digunakan dalam lari jarak jauh dengan lari jarak pendek sangatlah berbeda. Untuk lari jarak pendek menggunakan teknik berlari sekencang kencangnya, namun untuk lari jarak jauh menggunakan tempo dalam berlari. Tempo tersebut berguna untuk mengefektifkan tenaga agar tidak mudah habis sebelum menyelesaikan jarak yang harus ditempuhnya.  Pelari jarak jauh harus menggunakan langkah konstan (tidak terlalu cepat). Kemudian setelah masuk ke jarak 2 sampai 1 km terakhir, usahakan untuk berlari sekencang kencangnya dengan sekuat tenaga agar memenangkan pertandingan. 

Teknik Pernafasan
Teknik dasar lari jarak jauh (lari marathon) selanjutnya ialah teknik pernafasan. Teknik ini digunakan untuk mempertahankan stamina dan energi dari pelari. Dengan begitu oksigen yang masuk ke dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik dan otot otot dalam tubuh tersebut memiliki intensitas kinerja yang tinggi. Dengan teknik pernafasan yang baik dan benar maka pelari dapat mengefektifkan tenaga yang digunakan saat berlari.

Para perlari dapat menggunakan teknik pernafasan melalui mulut. Hal ini dikarenakan teknik pernafasan menggunakan mulut lebih memungkinkan kita agar lebih rileks jika dibandingkan dengan menggunakan hidung. Ketika sedang berlari proses masuknya Oksigen (O2) dalam tubuh lebih sedikit jika dibandingkan dengan keluarnya Karbon Dioksida (CO2) dari tubuh. Maka dari itu beban tubuh dan otot ketika berlari tidak bertambah. Inti dari teknik dasar lari jarak jauh (lari marathon) ini ialah menguasai teknik pengambilan nafas dengan benar yaitu berafas dengan dangkal dan pendek.

Teknik Finish
Teknik dasar lari jarak jauh (lari marathon) yang terakhir ialah teknik finish. Seorang pelari jarak jauh tidak hanya mengandalkan tempo maupun kecepatan berlari saja. Melainkan juga harus menguasai teknik ketika memasuki finish. Berikut cara melakukan teknik finish yang baik dan benar:
Baca juga : 3 Teknik Dasar Lari Jarak Pendek
  • Busungkan dada ketika memasuki Finish.
  • Setelah dada menyentuh pita maka segera turunkan dada.
  • Usahakan tidak menggapai pita menggunakan tangan karena dapat menjadi pelanggaran.
Sekian ulasan mengenai pengertian lari jarak jauh (lari marathon) dan teknik dasar lari jarak jauh (lari marathon). Inti dalam perlombaan lari jarak jauh ialah memperhatikan tempo yang digunakan saat berlari. Dengan begitu tenaga yang dikeluarkan dapat diefisiensikan dengan baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Pengertian dan Teknik Dasar Lari Jarak Jauh (Lari Marathon) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar