Nomor Renang Gaya Dada yang Dilombakan Lengkap

Nomor Renang Gaya Dada yang Dilombakan Lengkap - Secara umum olahraga didunia ini cukup beragam, ada yang menggunakan media air ataupun alat tertentu. Salah satunya adalah olahraga renang yang cukup banyak digemari, mulai dari anak anak hingga dewasa. Apa yang dimaksud renang? Renang adalah usaha untuk membuat semua bagian tubuh dapat bergerak (terangkat atau terapung). Pelaksanaan olahraga ini biasanya tanpa disertai dengan bantuan atau perlengkapan tambahan.

Renang tersebut bermanfaat untuk paru paru dan jantung. Selain itu manfaat olahraga renang juga dapat mengencangkan dan mengecilkan betis, karena gerakan tubuh ketika berenang akan melawan tekanan air. Olahraga renang sendiri secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis renang tersebut disesuaikan dengan gaya yang digunakan seperti renang gaya dada, renang gaya punggung, dan renang gaya bebas. Apa yang dimaksud renang gaya dada? Apa saja nomor renang gaya dada yang dilombakan?

Nomor Renang Gaya Dada yang Dilombakan Lengkap
Renang Gaya Dada

Gaya dada lebih sering dikenal dengan nama renang gaya katak. Pengertian renang gaya dada adalah olahraga renang yang memposisikan dada menghadap ke arah permukaan air. Olahraga ini berbeda dengan jenis renang gaya bebas, dimana keadaan batang tubuhnya selalu tetap. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang nomor renang gaya dada yang dilombakan lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Nomor Renang Gaya Dada yang Dilombakan Lengkap

Dalam perlombaan Olimpiade biasanya terdapat perlombaan nomor renang gaya dada (breaststroke) yang hampir sama dengan renang gaya punggung. Renang gaya dada ini tergolong jenis gaya yang cukup unik. Hal ini dikarenakan gaya tersebut memiliki gerakan yang hampir sama dengan cara berenang katak ketika di dalam air. 

Gaya dada adalah teknik berenang yang tubuhnya dalam posisi seperti merangkak di permukaan air dan digabungkan dengan gerakan tangan serta kaki. Gaya dada ini bahkan dijadikan sebagai salah satu kategori perlombaan renang yang ada di ajang olahraga multicabang seperti Olimpiade. 

Apa saja nomor perlombaan renang gaya dada? Agar anda lebih memahami materi ini, maka saya akan menjelaskan lebih detail mengenai nomor olahraga renang gaya dada yang dilombakan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Nomor Perlombaan Renang Gaya Dada

Pertandingan cabang renang gaya dada dapat dilakukan dengan jarak 200 meter dan 100 meter. Nomor renang gaya dada yang diperlombakan untuk pria adalah 100 meter dan 200 meter. Hal ini juga berlaku untuk nomor renang gaya dada putri. Berikut nomor yang diperlombakan dalam pertandingan renang gaya dada yaitu:

  • Gaya dada jarak 100 meter untuk pria dan wanita.
  • Gaya dada jarak 200 meter untuk pria dan wanita.

Sekian penjelasan mengenai nomor renang gaya dada yang dilombakan lengkap. Perlombaan renang gaya dada ini dilakukan dengan jarak lintasan 100 meter dan 200 meter. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Nomor Renang Gaya Dada yang Dilombakan Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel