3 Macam Gaya Lompat Jauh, Gambar dan Penjelasannya

3 Macam Gaya Lompat Jauh, Gambar dan Penjelasannya - Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik nomor lompat yang sering diperlombakan dalam kejuaraan. Meski tak familiar di tengah masyarakat tapi sudah menjadi kewajiban setiap siswa untuk menghafalkannya. Materi yang terbagi menjadi teknik dasar, jenis gaya, serta serangkaian gerakan pun harus kita kuasai. Pasalnya materi seputar teknik dasar lompat jauh sering muncul sebagai soal ujian.

Beberapa siswa mengeluh kesulitan ketika diminta menjelaskan teknik dasar lompat jauh gaya ortodoks, menggantung, maupun berjalan di udara. Padahal ketiganya jelas memiliki konsep serta gerakan berbeda. Kita bisa mengidentifikasi gaya lompat jauh pada fase melayang di udara. Apakah masuk ke ortodoks, walk in the air, atau hang style.
Teknik Dasar Lompat Jauh

Teknik ini banyak sekali dipelajari, tetapi anda juga harus mempelajari semua macam gaya dalam lompat jauh jika ingin menjadi atlet yang profesional. Dengan begitu setiap gaya yang ada gunakan dapat dikuasai dengan baik dan dapat diterapkan dalam pertandingan hingga menciptakan hasil lompatan yang jauh dan maksimal. Nah kali ini saya akan menjelaskan berbagai jenis gaya dalam lompat jauh secara singkat. Setiap penjelasan yang saya sampaikan akan disertai dengan gambar sebagai ilustrasi.

3 Macam Gaya Lompat Jauh, Gambar dan Penjelasannya

Ada berapa gaya lompat jauh yang diperlombakan? inilah pertanyaan yang mungkin terbesit di benak kalian. Dalam konteks olimpiade setiap atlet berhak menentukan serta memilih gaya sesuai kemampuannya. Mengingat setiap orang memiliki keahlian dan penyesuaian terkait teknik dasar lompat jauh maka hal ini dianggap sah-sah saja.

Tapi sebagai siswa kita dituntut harus menghafalkan seluruh materi tersebut baik secara teori maupun praktek. Inilah yang akhirnya membuat sebagian siswa menjadi kewalahan karena banyaknya cakupan pembahasan. Tapi dalam artikel kali ini saya ingin meringkasnya agar mudah untuk dipahami bersama. Pertama, ketahuilah terlebih dulu ada berapa jenis gaya lompat jauh di bawah:
  • Gaya Ortodok atau Gaya Jongkok.
  • Gaya Walking in The Air atau Gaya Berjalan di Udara.
  • Gaya Hang Style/Schnepper atau Gaya Menggantung.
Baca juga : Pengertian, Teknik dan Gaya Lompat Jauh Standar Nasional dan Internasional

Sebenarnya hanya ada 3 jenis gaya pokok yang wajib kita ketahui. Masing-masing memiliki ciri khusus berbeda jika dilihat dari gerakannya saat melayang di udara. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.

Gaya Ortodoks (Jongkok)

Melakukan lompat jauh gaya ortodoks merupakan gaya paling mudah yang dapat kita pilih. Secara garis besar atlet tak memerlukan gerakan atau sikap khusus melainkan posisi jongkok. Teknik dasarnya pun sebenarnya sudah diajarkan semenjak siswa berada di bangku sekolah dasar. Pembahasan lengkapnya juga dapat kita baca secara mandiri di buku pedoman penjas.


Gambar Gaya Ortodok Lompat Jauh

Gaya ortodok ialah jenis gaya lompat jauh yang menggunakan teknik awalan berlari sekencang mungkin dari awal lintasan sampai dengan tumpuan tanpa mengurangi kecepatan hingga dapat melompat. Badan mulai digerakkan ketika melakukan teknik tolakan. Setelah itu dilakukan teknik awalan dengan menggunakan ujung kaki, ujung tumit dan telapak kaki sampai kedua kaki dapat bergerak ke arah depan.

Kemudian badan dan tangan diluruskan kedepan ketika berada di udara, lalu dilanjutkan dengan gerakan tangan ke arah belakang. Usahakan menggunakan ujung tumit ketika melakukan teknik pendaratan. Dengan begitu badan memiliki berat yang dicondongkan ke depan. Pastikan badan tidak jatuh ke arah belakang karena dapat membuat jarak lompatan menjadi berkurang. Inilah teknik teknik yang diperlukan dalam macam gaya lompat jauh kategori gaya ortodok atau gaya jongkok.
Baca juga : Teknik Dasar Lompat Tinggi Yang Baik dan Benar

Gaya Walking in the Air (Berjalan di Udara)

Sama seperti namanya, teknik dasar lompat jauh walking in the air mengharuskan atlet untuk bersikap seolah berjalan di udara. Dengan demikian lompatan bisa dianggap sah dan jarak bisa diukur oleh dewan juri.

Cara melakukan lompat jauh gaya walk in the air masuk kategori paling sulit. Pasalnya siswa harus menyeimbangkan tubuh dan mengatur tempo langkah pada saat posisi mengambang. Tak sedikit yang gagal mendarat dan mengakibatkan cidera karena kurang matangnya persiapan.


Gambar Gaya Walking in The Air Lompat Jauh

Gaya walking in the air ialah jenis gaya lompat jauh yang menggunakan teknik awalan, tolakan dan tumpuan serta mendarat yang hampir sama dengan gaya ortodok. Tetapi adapula perbedaan diantara kedua gaya ini yaitu ayunan kaki pada teknik gaya berjalan di udara. Teknik kaki yang digunakan seolah olah seperti menyerupai orang yang sedang berjalan di udara. Maka dari itulah gaya pada lompat jauh ini memiliki nama yakni gaya berjalan di udara atau walking in the air.

Gaya Menggantung (Hang Style)

Untuk menghasilkan lompatan dengan jarak maksimal biasanya atlet lebih memilih memakai teknik dasar lompat jauh gaya menggantung. Gerakan hang style biasanya mulai diajarkan pada siswa ketika berada di bangku sekolah menengah. Praktikum yang dilakukan biasanya juga disertai bimbingan dari guru penjas karena teknik ini beresiko menimbulkan cidera.

Gambar Gaya Hang Style Lompat Jauh

Gaya hang style ialah jenis gaya lompat jauh yang menggunakan teknik badan dalam posisi melenting ke arah depan. Setelah itu tangan diposisikan ke arah samping telinga dan kaki berada dibelakang dengan rapat ketika berada di udara. Gaya menggantung pada lompat jauh memiliki teknik yang hampir sama dengan gaya di atas, mulai dari teknik awalan, tolakan dan tumpuan, serta teknik pendaratan. Yang membedakan disini hanyalah teknik yang digunakan ketika badan berada di udara.

Sekian penjelasan mengenai macam macam gaya lompat jauh, gambar dan penjelasannya. Sebelum menerapkan gaya lompat jauh di atas, anda harus melakukan latihan otot kaki dengan cara melompat dan berlari. Dengan begitu hasil lompatannya akan lebih jauh dan maksimal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selama berlatih.

Belum ada Komentar untuk "3 Macam Gaya Lompat Jauh, Gambar dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel