Macam Macam Gaya Lompat Jauh, Gambar dan Penjelasannya

Advertisement

Macam Macam Gaya Lompat Jauh, Gambar dan Penjelasannya - Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik nomor lompat yang sering diperlombakan dalam tingkat Nasional dan Internasional. Dalam perlombaan lompat jauh tentunya para atlet menggunakan beberapa macam gaya sesuai dengan ketentuan perlombaan yang ada. Untuk itu semua atlet harus menguasasi macam macam gaya lompat jauh yang ada. Jenis perlombaan lompat jauh tersebut masuk dalam kategori Porkab, PON, ataupun Porprov. Maka dari sejak dini para siswa sekolah diajarkan dengan olahraga lompat jauh, baik ketika di SD, SMP ataupun SMA sederajat.

Teknik Dasar Lompat Jauh
Setiap gaya dalam teknik dasar lompat jauh dipelajari ketika awal pelatihan. Salah satu macam gaya dalam lompat jauh ialah teknik melayang. Teknik ini banyak sekali dipelajari, tetapi anda juga harus mempelajari semua macam gaya dalam lompat jauh jika ingin menjadi atlet yang profesional. Dengan begitu setiap gaya yang ada gunakan dapat dikuasai dengan baik dan dapat diterapkan dalam pertandingan hingga menciptakan hasil lompatan yang jauh dan maksimal. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam gaya lompat jauh, gambar dan penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Gaya Lompat Jauh, Gambar dan Penjelasannya

Macam macam gaya lompat jauh pada dasarnya digunakan dan diterapkan dalam berbagai perlombaan lompat jauh yang ada. Untuk itu anda dapat memilih gaya pada lompat jauh sesuai dengan kemapuan. Dibawah ini terdapat beberapa macam gaya pada lompat jauh yaitu meliputi:
  • Gaya Ortodok atau Gaya Jongkok.
  • Gaya Walking in The Air atau Gaya Berjalan di Udara.
  • Gaya Hang Style/Schnepper atau Gaya Menggantung.
Baca juga : Pengertian, Teknik dan Gaya Lompat Jauh Standar Nasional dan Internasional
Agar anda lebih memahami mengenai beberapa macam gaya pada lompat jauh di atas. Maka saya akan memberikan pembahasan terkait beberapa macam gaya lompat jauh lengkap dengan penjelasannya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Gaya Ortodok (Gaya Jongkok)

Gambar Gaya Ortodok Lompat Jauh
Macam gaya lompat jauh yang pertama ialah gaya ortodok atau gaya jongkok. Gaya ortodok ialah jenis gaya lompat jauh yang menggunakan teknik awalan berlari sekencang mungkin dari awal lintasan sampai dengan tumpuan tanpa mengurangi kecepatan hingga dapat melompat. Badan mulai digerakkan ketika melakukan teknik tolakan. Setelah itu dilakukan teknik awalan dengan menggunakan ujung kaki, ujung tumit dan telapak kaki sampai kedua kaki dapat bergerak ke arah depan.

Kemudian badan dan tangan diluruskan kedepan ketika berada di udara, lalu dilanjutkan dengan gerakan tangan ke arah belakang. Usahakan menggunakan ujung tumit ketika melakukan teknik pendaratan. Dengan begitu badan memiliki berat yang dicondongkan ke depan. Pastikan badan tidak jatuh ke arah belakang karena dapat membuat jarak lompatan menjadi berkurang. Inilah teknik teknik yang diperlukan dalam macam gaya lompat jauh kategori gaya ortodok atau gaya jongkok.
Baca juga : Teknik Dasar Lompat Tinggi Yang Baik dan Benar

Gaya Walking in The Air (Gaya Berjalan di Udara)

Gambar Gaya Walking in The Air Lompat Jauh
Macam gaya lompat jauh selanjutnya ialah gaya walking in the air atau gaya berjalan di udara. Gaya walking in the air ialah jenis gaya lompat jauh yang menggunakan teknik awalan, tolakan dan tumpuan serta mendarat yang hampir sama dengan gaya ortodok. Tetapi adapula perbedaan diantara kedua gaya ini yaitu ayunan kaki pada teknik gaya berjalan di udara. Teknik kaki yang digunakan seolah olah seperti menyerupai orang yang sedang berjalan di udara. Maka dari itulah gaya pada lompat jauh ini memiliki nama yakni gaya berjalan di udara atau walking in the air.

Gaya Hang Style (Gaya Menggantung)

Gambar Gaya Hang Style Lompat Jauh
Macam gaya lompat jauh selanjutnya ialah gaya hang style atau gaya menggantung. Gaya hang style ialah jenis gaya lompat jauh yang menggunakan teknik badan dalam posisi melenting ke arah depan. Setelah itu tangan diposisikan ke arah samping telinga dan kaki berada dibelakang dengan rapat ketika berada di udara. Gaya menggantung pada lompat jauh memiliki teknik yang hampir sama dengan gaya di atas, mulai dari teknik awalan, tolakan dan tumpuan, serta teknik pendaratan. Yang membedakan disini hanyalah teknik yang digunakan ketika badan berada di udara.

Sekian penjelasan mengenai macam macam gaya lompat jauh, gambar dan penjelasannya. Sebelum menerapkan gaya lompat jauh di atas, anda harus melakukan latihan otot kaki dengan cara melompat dan berlari. Dengan begitu hasil lompatannya akan lebih jauh dan maksimal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selama berlatih.

Macam Macam Gaya Lompat Jauh, Gambar dan Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar