5 Macam Partai Yang Dipertandingkan Dalam Bulutangkis

Advertisement

5 Macam Partai Yang Dipertandingkan Dalam Bulutangkis - Olahraga terbagi menjadi beragam jenis yang dapat dilakukan dan dipertandingkan. Macam macam bentuk Olahraga tersebut berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan dipertandingkan dalam ajang olahraga tingkat nasional maupun internasional. Salah satu bentuk olahraga tersebut ialah bulutangkis. Bulutangkis merupakan jenis olahraga yang dapat dipertandingkan maupun untuk menyehatkan badan. Jenis olahraga ini memiliki gerakan yang mudah untuk dipraktekan dan dilakukan sehingga banyak orang yang menyukainya. Selain itu adapula macam macam partai yang dipertandingkan dalam bulutangkis tersebut.

Macam Partai Yang Dipertandingkan Dalam Bulutangkis
Partai dalam pertandingan bulutangkis lebih dikenal dengan nama pembagian kelompok dalam memainkan perlombaan ini. Maka dari itu dalam pertandingan bulutangkis terdapat beberapa jenis partai partai yang digunakan. Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa macam partai yang dipertandingkan dalam bulutangkis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

5 Macam Partai Yang Dipertandingkan Dalam Bulutangkis

Dalam pertandingan bulutangkis terdapat beberapa macam partai yang digunakan. Macam macam partai yang dipertandingkan dalam bulutangkis tersebut seperti tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Berikut penjelasan selengkapnya:

Tunggal Putra
Tunggal putra ialah salah satu macam partai yang dipertandingkan dalam bulutangkis, dimana permainannya dilakukan oleh satu orang pemain putra pada masing masing tim. Pemain tunggal putra ini saling berhadapan secara langsung dalam pertandingan tersebut. Sistem pertahanan pada tunggal putra relatif lebih kecil daripada partai ganda bulutangkis.
Baca juga : Kumpulan Peraturan Dalam Permainan Bulutangkis
Di negara Indonesia terdapat beberapa atlet tunggal putra yang cukup disegani musuh musuhnya karena keahliannya dalam memainkan bulutangkis. Nama nama atlet tunggal putra Indonesia tersebut seperti Taufik Hidayat, Alan Budikusuma, dan Rudi Hartono. Mereka adalah atlet tunggal putra yang termasuk dalam macam partai yang dipertandingkan dalam bulutangkis. Mereka memiliki bakat, prestasi dan pengalaman yang banyak dalam dunia bulutangkis ini sebagai partai tunggal putra.

Tunggal Putri
Tunggal putri ialah salah satu macam partai yang dipertandingkan dalam bulutangkis, dimana permainannya dilakukan oleh satu orang pemain putri pada masing masing tim. Tipe permainan, lapangan dan hal hal yang mencakup didalamnya memiliki kesamaan dengan partai tunggal putra. Pertandingan bulutangkis yang menggunakan partai tunggal putri dilakukan secara berhadapan langsung dan ditonton oleh banyak orang.

Macam partai yang dipertandingkan dalam bulutangkis ini dinamakan tunggal putri karena para pemainnya adalah perempuan. Di Indonesia terdapat atlet tunggal putra yang cukup terkenal karena gelar juaranya yaitu Susi Susanti.

Ganda Putra
Ganda putra ialah macam partai yang dipertandingkan dalam bulutangkis, dimana permainannya dilakukan oleh dua orang pemain putra pada masing masing tim. Permainan ganda putra ini mengandalkan kerjasama tim yang baik. Dengan begitu tipe gerakan yang digunakan lebih maksimal dan efektif dalam bergantian dilapangan pertandingan nantinya. 
Baca juga : Jenis Jenis Pukulan Dasar Dalam Permainan Bulutangkis
Ganda putra memang berbeda dengan macam partai yang dipertandingkan dalam bulutangkis lainnya. Bahkan dalam hal penggunaan lapangannya pun juga berbeda. Ganda putra ini memanfaatkan lapangan pertandingan secara penuh. Di negara Indonesia terdapat atlet ganda putra yang dapat meraih juara dan kemenangan dalam pertandingan bulutangkis Internasional yaitu Hendra dan Ahsan.

Ganda Putri
Ganda putri ialah macam partai yang dipertandingkan dalam bulutangkis, dimana permainannya dilakukan oleh dua orang pemain putri pada masing masing tim. Peraturan permainan bulutangkis ganda putri tidak jauh berbeda dengan pemainan bulutangkis ganda putra. Dalam penggunaan lapangannya juga tidak berbeda dengan ganda putra yaitu dimanfaatkan secara penuh. Masing masing tim mengandalkan kerjasama antara dua pemain putri dalam melawan musuhnya.

Macam partai yang dipertandingkan dalam bulutangkis ini memang mengandalkan kerjasama tim, terlebih lagi harus menyelaraskan gerakan pada masing masing anggota tim. Di Indonesia terdapat partai ganda putri yang tidak kalah hebat dengan pemain luar negeri. Bahkan ganda putri Indonesia tersebut dapat meraih kejuaraan dalam perlombaan bulutangkis tingkat dunia seperti Olimpiade dan Sea Games. Nama nama atlet ganda putri yang telah mengharumkan nama Indonesia dengan prestasinya ialah Nitya Krishnida dan Greysia Polli.

Ganda Campuran
Ganda campuran ialah macam partai yang dipertandingkan dalam bulutangkis, dimana permainannya dilakukan oleh satu orang pemain putra dan satu orang pemain putri pada masing masing tim. Peraturan permainan dalam ganda campuran tersebut hampir sama dengan peraturan permainan ganda putra maupun putri, baik dalam segi pemanfaatan lapangan, kerjasama dan sebagainya. Di Indonesia terdapat atlet ganda campuran yang meraih perstasi dalam pertandingan dunia yaitu Tantowi Ahmada dan Lilyana Nathsir. Kedua atlet ini memiliki kemampuan diatas rata rata dibandingkan dengan atlet lainnya. Mereka berhasil meraih peringkat ke 4 dikalangan dunia.

Sekian penjelasan mengenai beberapa macam partai yang dipertandingkan dalam bulutangkis. Dalam pertandingan bulutangkis terdapat beberapa macam partai yang digunakan seperti tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

5 Macam Partai Yang Dipertandingkan Dalam Bulutangkis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar