Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Walking In The Air Lengkap

Advertisement

Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Walking In The Air Lengkap - Lompat jauh merupakan salah satu jenis olahraga cabang atletik nomor lompat. Dalam olahraga ini terdapat beberapa gaya lompat jauh yang berguna untuk memperoleh hasil lompatan sejauh mungkin atau maksimal. Salah satu gaya dalam lompat jauh yang sering digunakan ialah gaya walking in the air atau berjalan di udara. Lantas bagaimana cara melakukan teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air itu? Gaya lompat jauh berjalan di udara ini memang terdengar unik, namun sering digunakan oleh atlet dalam pertandingan agar hasil lompatannya jauh dan maksimal.

Macam Macam Gaya dalam Lompat Jauh
Lompat jauh gaya berjalan di udara ialah jenis gaya lompat jauh yang sering di pakai oleh pelompat Nasional maupun Internasional. Jenis gaya lompat jauh ini memiliki hasil lompatan paling jauh daripada jenis gaya lainnya seperti gaya menggantung ataupun gaya jongkok. Bahkan gaya lompat jauh berjalan di udara tersebut juga memiliki keuntungan lebih dibandingkan gaya lainnya yaitu mempersingkat waktu yang digunakan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Walking In The Air Lengkap

Teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara pada dasarnya hampir sama dengan teknik dasar secara umum yaitu teknik awalan, teknik tolakan, teknik ketika di udara dan teknik pendaratan. Meski secara umum sama namun yang membedakannya ialah gerakan badan ketika melayang di udara. Berikut penjelasan selengkapnya:
Baca juga : Pengertian, Teknik dan Gaya Lompat Jauh Standar Nasional dan Internasional
Gerakan Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara
Teknik Awalan
Teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air yang pertama ialah teknik awalan. Teknik awalan lompat jauh gaya berjalan di udara dilakukan dengan berlari sprint atau cepat melalui jarak lintasan sejauh 40 sampai 45 meter. Ketika berlari dalam melakukan awalan lompat jauh pastikan memiliki kecepatan tinggi, tetapi langkah kaki sampai ke papan tolakan atau papan tumpuan tidak perlu diubah. Tujuan melakukan teknik awalan ini ialah untuk menciptakan daya dorong dengan kecepatan maksimal secara horizontal.

Teknik Tolakan
Teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara selanjutnya ialah teknik tolakan. Teknik tolakan dalam lompat jauh tersebut pada dasarnya merupakan usaha pelompat setelah awalan dilakukan sehingga tolakan di papan tumpuan dapat dilakukan. Pelaksanaan tolakan dalam lompat jauh gaya berjalan di udara biasanya menggunakan kaki yang paling kuat, tepat dan cepat di papan tolakan. Dengan begitu ketika lari awalan menuju pelaksanaan tolakan terdapat perubahan kecepatan horizontal menjadi kecepatan vertikal. Perubahan ini akan menyebabkan tubuh melayang di udara semakin lama karena daya dorong yang diciptakan akan menuju ke atas dan ke depan. Namun pelompat harus memperhatikan hal penting ketika melakukan tolakan yaitu tolakan dimulai dari kaki bagian tumit, telapak kaki dan diakhiri dengan ujung kaki. Usahakan kaki juga sedikit ditekuk ketika menyentuh papan tolaknya.
Baca juga : Macam Macam Gaya Lompat Jauh, Gambar dan Penjelasannya
Teknik Ketika Melayang di Udara
Teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air selanjutnya ialah teknik ketika melayang di udara. Dimulainya teknik ini ketika kaki tumpu melakukan tolakan yaitu kaki diayunkan ke atas sekuat tenaga. Setelah itu gerakan kaki berjalan di udara dilakukan. Ketika melakukan gerakan berjalan di udara, usahakan yang digerakkan ialah kaki yang sebelumnya berguna untuk menumpu atau menolak.

Teknik Pendaratan
Teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara selanjutnya ialah teknik pendaratan. Teknik pendaratan digunakan untuk mendaratkan kaki dan badan dengan selamat pada bak pasir. Adapun cara melakukan teknik pendaratannya yaitu kedua kaki diluruskan dan bersama sama kedua tangan diposisikan ke arah depan. Kemudian condongkan badan ke depan serta kedua lutut ditekuk atau dalam kondisi mengeper dengan cepat ketika tumit sudah menyentuh pasir di bak. 

Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air lengkap. Teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara secara umum dapat dibagi menjadi beberapa teknik yaitu teknik awalan, teknik tolakan, teknik ketika melayang di udara dan teknik pendaratan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Walking In The Air Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar