Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Walking In The Air dan Cara Melakukannya

Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Walking In The Air dan Cara Melakukannya - Olahraga mempunyai banyak sekali materi kompeks untuk dibahas. Salah satunya adalah atletik yang notabenya mulai diberikan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Mulai dari lari, basket, lempar lembing, tolak peluru, bahkan cabang lompat jauh sekalipun.

Ketika menginjak pembahasan tentang lompat jauh kalian akan menjumpai 3 jenis gaya yang berbeda. Walk in the air atau berjalan di udara menjadi gaya yang cukup banyak dipakai oleh para atlet. Selain memberikan hasil maksimal, teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air juga sangat mudah untuk kita pahami. Inilah alasan mengapa pada saat kegiatan praktikum guru intens mengajarkan cara melakukan gaya berjalan di udara.

Lompat Jauh Gaya Walk In The Air
Macam Macam Gaya dalam Lompat Jauh

Lompat jauh gaya berjalan di udara ialah jenis gaya lompat jauh yang sering di pakai oleh pelompat Nasional maupun Internasional. Jenis gaya lompat jauh ini memiliki hasil lompatan paling jauh daripada jenis gaya lainnya seperti gaya menggantung ataupun gaya jongkok. Bahkan gaya lompat jauh berjalan di udara tersebut juga memiliki keuntungan lebih dibandingkan gaya lainnya yaitu mempersingkat waktu yang digunakan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Walking In The Air dan Cara Melakukannya

Meski tidak termasuk deretan olahraga populer tapi sudah menjadi kewajiban siswa untuk menghafal gaya berjalan di udara. Dalam konteks pendidikan materi satu ini bisa kita jumpai hampir di semua jenjang. Pembahasan secara mendalam pun bisa kita gali dari banyak sumber mulai dari LKS penjas sampai internet. 

Sayangnya, siswa terkesan mengabaikan dan kurang memaksimalkan sumber belajar tersebut. Materi yang didapatkan hanya berasal dari kegiatan praktikum serta penjelasan guru saja. Akhirnya, banyak sisswa kewalahan ketika menjawab pertanyaan pada saat ujian berlangsung. Di lain sisi, kita pun tak bisa menampik fakta bahwa teknik dasar lompat jauh sering menyulitkan untuk dijawab.

Pada dasarnya teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air hampir sama seperti dua lainnya. Diawali dengan awalan, masuk ke tahap tolakan, selanjutnya posisi melayang, dan diakhiri oleh pendaratan. Ketika tubuh melayang inilah gaya lompat jauh akan terlihat dengan jelas dan bisa diambil nilainya. Oleh karenanya, pada artikel kali ini saya ingin mendalami materi lompat jauh gaya melayang di udara secara lengkap. 

Teknik Awalan

Tahap awalan menjadi fase pertama yang harus kalian laksanakan untuk menghasilkan lompatan maksimal. Pada tahap ini berisi segala persiapan mulai dari memperhitungkan jarak, mengatur strategi, mental, dan lain sebagainya. Segera setelah siap, maka atlet akan berlari sejauh 40 sampai 45 meter pada lintasan yang tersedia.

Untuk menciptakan tolakan maka kalian harus berlari sprint dengan mempertahankan kecepatan secara konstan. Mengatur serta memperhitungkan tolakan juga menjadi faktor penting pada tahap awalan. Sehingga, ketika sampai ke papan tumpuan kalian tak perlu repot mengubah posisi kaki.
Secara garis besar, teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air fase awalan bertujuan untuk menciptakan gaya dorong maksimal. Gaya tersebut diperoleh dari kecepatan lari secara horizontal yang dilakukan oleh atlet. Oleh karenanya, melatih stamina serta kecepatan sprint menjadi faktor utama jika kalian ingin berhasil melakukan lompatan.

Teknik Tolakan

Sebelum masuk ke tahap melayang kalian harus menciptakan gaya tolakan terlebih dahulu. Bukan perkara mudah karena banyak siswa gagal ketika berada di tahapan ini. Kegagalan umumnya terjadi karena salah dalam mengatur langkah serta memperhitungkan posisi kaki sebelum masuk papan tumpuan. Sedikit saja kita melewati zona yang ditentukan maka hasil lompatan akan dianggap tidak sah dan tak mendapat nilai.

Pada dasarnya cara melakukan tolakan lompat jauh sangat sederhana. Cukup gunakan tumpuan kaki terkuat diimbangi dengan ketepatan serta kecepatan pada papan yang tersedia. Kecepatan secara horizontal yang menjadi modal utama pada tahap awalan akan kita ubah menjadi gaya dorong vertikal. Inilah yang akhirnya menyebabkan tubuh mampu melayang di udara lebih lama karena gaya akan mendorong ke atas dan depan di waktu bersamaan.
Baca juga : Macam Macam Gaya Lompat Jauh, Gambar dan Penjelasannya
Teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air ketika masuk tahap tolakan sangat memperhatikan beberapa aspek. Gerakan dimulai dari kaki bagian tumit, telapak kaki, dan diakhiri ujung kaki. Sehingga posisinya layaknya kita hendak berjinjit. Menekuk lutut sedikit juga mampu memberikan dampak signifikan sebagai persiapan pada saat bertolak.
 

Teknik Ketika Melayang di Udara

Bagaimana cara mengetahui gaya berjalan di udara? inilah pertanyaan yang sering terbesit di benak siswa. Sebenarnya, setiap gaya lompat jauh bisa kita identifikasi pada saat masuk ke tahap melayang tepat setelah melakukan tolakan.

Cara melakukan lompat jauh gaya walk in the air
Gerakan Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara

Dari ilustrasi gambar di atas bisa kita simpulkan bahwa gaya mengambil posisi seperti kita sedang berjalan. Hanya saja tidak berada di atas tanah melainkan di udara. Namun, meski melihat gambar atau video mayoritas siswa masih bingung dengan teorinya. Oleh karena itu pada sesi ini saya ingin menjelaskan teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air di bawah:
  1. Setelah melakukan tumpuan, maka kaki diayun ke atas sekuat tenaga.
  2. Selanjutnya gerakan kaki berjalan di udara.
  3. Usahakan untuk melakukannya tak lebih dari dua kali.
  4. Ketika hendak mendarat maka angkat kedua kaki ke posisi depan.
  5. Lakukan pendaratan menggunakan dua kaki.

Teknik Pendaratan

Untuk mengakhiri lompatan yang telah kalian ciptakan maka harus menggunakan teknik pendaratan yang baik dan benar. Setelah berhasil melompat bukan berarti kita akan mendapat nilai bagus begitu saja. Faktanya, pendaratan menjadi tahap yang sering dilupakan dan dianggap sepele oleh siswa. Padahal seberapa jauh jarak lompatan diukur berdasarkan tempat kita mendarat.

Mengutip dari buku LKS penjas kita harus mendarat memposisikan dua kaki menyentuh bak pasir terlebih dulu. Tapi, beberapa atlet justru memposisikan bagian belakang tubuhnya jatuh ke bak duluan. Sehingga jarak yang harusnya maksimal akan terpotong karena bukan kaki yang jatuh lebih dulu.

Kesalahan biasanya terjadi karena faktor perhutungan yang kurang matang. Kaki yang harusnya rapat dan mampu menopang tubuh justru dalam posisi terlalu maju. Sehingga tubuh pun akan jatuh ke bagian belakang saat masuk ke tempat pendaratan. Simaklah cara mendarat yang baik dan benar di bawah:
  1. Posisikan kedua kaki lurus ke depan.
  2. Arahkan kedua tangan ke depan untuk menjaga keseimbangan.
  3. Badan agak dicondongkan.
  4. Tekuk lutut sedikit untuk meredam kejatuhan.
  5. Usahakan menjaga bagian belakang tetap terangkat
Demikianlah penjelasan mengenai teknik dasar lompat jauh gaya walking in the air yang dapat saya sampaikan. Cara melakukan lompat jauh gaya berjalan di udara secara umum dapat dibagi menjadi beberapa teknik yaitu teknik awalan, teknik tolakan, teknik ketika melayang di udara dan teknik pendaratan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Walking In The Air dan Cara Melakukannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel