Peraturan Tenis Meja Lengkap Dengan Penjelasan

Advertisement

Peraturan Tenis Meja Lengkap Dengan Penjelasan - Di Indonesia terdapat beberapa jenis olahraga yang cukup populer dikalangan masyarakat. Salah satunya ialah tenis meja. Dalam olahraga ini terdapat beberapa peraturan tenis meja yang perlu dipahami oleh setiap pemainnya. Teknik dasar tenis meja dalam penggunaan bet (raket) hampir sama seperti teknik dasar bulu tangkis. Permainan ini sering disebut dengan permainan bola pingpong. Permainan tenis meja dapat dimainkan secara berpasangan ataupun tunggal. Tenis meja di Indonesia dibawahi oleh Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI). Sedangkan untuk tenis meja tingkat dunia berada dibawah naungan International Table Tennis Federation (ITTF).

Permainan Tenis Meja
Dalam setiap permainan olahraga pastinya memiliki peraturan tertentu yang harus dipahami oleh para pemainnya. Maka dari itu permainan tenis meja ini tentunya juga memiliki peraturannya sendiri. Peraturan permainan tenis meja terdiri dari hal dasar yang berhubungan dengan perlengkapan dan peralatan wajib yang mendukung pelaksanaannya. Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa peraturan tenis meja lengkap dengan penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Peraturan Tenis Meja Lengkap Dengan Penjelasan

Peraturan tenis meja telah ditetapkan sesuai dengan standar permainan yang ada seperti peraturan pertandingan sampai peraturan tentang bet nya. Peraturan ini mencakup beberapa pelanggaran dan perlengkapan permainan dalam tenis meja. Berikut beberapa peraturan permainan tenis meja lengkap dengan penjelasannya:
Baca juga : Cara Memegang Bet Dalam Permainan Tenis Meja

Bet

Peraturan tenis meja yang pertama berkaitan dengan bet atau raketnya. Tenis meja menggunakan bet untuk memukul bola dan biasanya berasal dari campuran serat karbon dengan kayu. Untuk standar pemilihan bet tenis meja harus menggunakan bahan kayu sebesar 85% dan sisanya terbuat dari serat karbon, kertas padat dan serat kaca. Untuk bagian penerimaan bola pada sisi raket terdapat lapisan karet licin yang tebalnya 4 mm (disertai spons) dan 2 mm (tanpa spons). Bet tenis meja tersebut terbuat dari beberapa campuran bahan agar lebih kokoh saat digunakan dalam pertandingan.

Bola

Peraturan tenis meja selanjutnya berkaitan dengan bola. Tenis meja memiliki perlengkapan dasar yaitu bet dan bola. Bola dalam permainan tenis meja harus sesuai standar yang ada yaitu bentuknya bulat dengan berat 2,7 gram dan diameternya 40 mm. Bola pada tenis meja tersebut terbuat dari selulosa (plastik) yang tidak mengkilap. Kemudian bola tadi dapat diwarnai dengan warna orange dan putih saja.

Meja

Peraturan tenis meja selanjutnya berkaitan dengan meja permainannya. Meja permainan tenis ini memiliki ukuran standar yaitu lebar 1,525 m, tinggi 76 cm dan panjang 2,74 m. Standar bahan dasar meja tersebut ialah kayu agar hasil pantulan bolanya memiliki ketinggian sekitar  23 cm saat ketinggian bola yang dijatuhkan pemain sekitar 30 cm. Meja tenis tersebut memiliki garis pembatas berwarna putih yang lebarnya 2 cm. Kemudian warna dasar dari meja tenis haruslah berwarna gelap.
Baca juga : Pengertian dan Teknik Dasar Tenis Meja

Net

Peraturan tenis meja selanjutnya berkaitan dengan net. Net pada tenis meja memiliki ukuran standar yaitu panjang 15,25 cm. Pengukuran panjang net tersebut diukur dari penjepit net dan tiang penjaganya. Kemudian pemasangan net sendiri harus rapat dan tidak ada celah sedikitpun dengan meja (harus menyentuh dasar meja).

Penilaian (Poin)

Peraturan tenis meja selanjutnya berkaitan dengan penilaiannya. Adapun beberapa peraturan perhitungan nilai untuk pemain jika dalam kondisi seperti di bawah ini:
  • Bola melayang tanpa memantul terlebih dahulu ketika melewati meja.
  • Lawan tidak bisa mengembalikan bola yang sebelumnya sudah disentuh.
  • Pengembalian bola oleh lawan tidak dapat dilakukan dengan benar dan tepat.
  • Bola dipukul lawan dengan menggunakan sisi daun raket yang tidak dilapisi oleh karet.
  • Lawan tidak dapat melakukan servus dengan sempurna sehingga bola tidak dapat melewati net atau tidak dapat mematul di meja meski melewati net.
  • Sebelum bola melewati net, bola dipukul oleh lawan lebih dari sekali.
  • Adanya gerakan menyentuh net yang dibuat oleh pemain lawan.
  • Tangan lawan yang tidak memegang bet menyentuh meja.
  • Adanya gerakan lawan yang membuat permukaan meja bergerak.
  • Bola dipukul oleh lawan namun pada nomor ganda sehingga tidak berurutan.

Pengembalian dan Servis Bola

Peraturan tenis meja selanjutnya berkaitan dengan pengembalian dan servis bola. Dalam tenis meja terdapat beberapa aturan standar dalam melakukan pengembalian bola maupun servis bola. Adapun beberapa aturan dasar yang berlaku yaitu sebagai berikut:
  • Dilakukan undian terlebih dahulu dalam menentukan urutan tempat, servis dan penerimaan bola. Setelah itu pemenang nomor undiannya dapat menentukan tempat, servis dan penerimaan bolanya.
  • Peraturan tenis meja selanjutnya yaitu pemain lain harus menentukan tempat, servis dan penerimaan bola yang berbeda dengan pemain sebelumnya (pemain yang menang undian).
  • Dalam permainan tenis meja berikutnya, para pemain harus bergantian tempat apabila salah satu pemain telah memperoleh poin 5.
  • Pemain secara bergantian melakukan servis setelah memperoleh 2 poin. Hal ini dilakukan sampai selesai, namun apabila pemain keduanya telah mencapai poin 10. Maka harus diberikan percepatan waktu, urutan penerimaan dan servis tetap sama yaitu secara bergantian melakukan servis sekali.

Pertandingan

Peraturan tenis meja selanjutnya berkaitan dengan jalannya pertandingan. Adapun beberapa aturannya yaitu sebagai berikut:
  • Jalannya pertandingan dipimpin oleh wasit pertama dan dibantu oleh wasit pembantu untuk mencatat skor atau nilai yang disediakan oleh panitia acara agar netralitas pertandingannya tetap terjaga.
  • Wasit memiliki keputusan yang tidak dapat diganggu gugat dan mutlak.
  • Peserta atau pemain tenis meja wajib menggunakan pakaian olahraga.
  • Peraturan tenis meja selanjutnya yaitu para pemain harus memiliki kondisi mental dan fisik yang sehat
Baca juga : Istilah Istilah Dalam Permainan Softball Lengkap Dengan Penjelasan
  • Pertandingan memiliki toleransi keterlambatan maksimal selama 10 menit.
  • Pemanggilan peserta akan dilakukan maksimal 3 kali. Apabila pemain tidak muncul setelah pemanggilan ketiga maka akan didiskualifikasi.
  • Saat bertanding, pemain wajib menggunakan sepatu.
  • Perlengkapan untuk peserta telah disediakan oleh panitia sehingga peserta tidak wajib untuk membawa sendiri.

Sistem Pertandingan

Peraturan tenis meja selanjutnya berkaitan dengan sistem pertandingannya. Adapun beberapa peraturan terkait sistem pertandingan tenis meja sesuai standar yaitu sebagai berikut:
  • Sistem pertandingannya menggunakan sistem gugur.
  • Menggunakan sistem perhitungan best of three best of three yaitu ketika babak penyisihan terdapat angka kemenangan 11 rally point,
  • Peraturan tenis meja selanjutnya yaitu menggunakan sistem perhitungan babak final yaitu angka kemenangan 11 rally point dengan sistem best of five.
  • Pertandingan akan ditambahkan 2 poin lagi jika para pemainnya memiliki nilai yang seri yaitu 10 - 10.
  • Pemain akan dianggap menang jika salah satunya telah  memperoleh selisih 2 poin.
  • Pertandingan akan dilakukan centrian koin apabila tetap seri setelah pengadaan selisih tambahan 2 poin. Pelaksanaannya akan dilakukan sampai menemukan pemenangnya.

Pelanggaran

Peraturan tenis meja selanjutnya berkaitan dengan pelanggaran. Adapun beberapa pelanggaran dalam permainan tenis meja yaitu sebagai berikut :
  • Menggerakkan atau mendorong meja saat bola rally (dimainkan).
  • Pemain menangkap bola di atas meja dengan tepat saat bola dipukul oleh lawan.
  • Ketika bola dimainkan, tangan atau bet menyentuh net ataupun meja.
  • Pemain gagal mengenai bola saat melakukan servis maupun pukulannya tidak dalam posisi yang semestinya. Contohnya pukulannya berada dalam posisi di atas meja dengan tepat karena sebenarnya posisinya harus diluar batas meja.
Sekian penjelasan mengenai beberapa peraturan tenis meja lengkap dengan penjelasannya. Setiap pemain harus memahami dan mengetahui peraturan permainan tenis meja ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Peraturan Tenis Meja Lengkap Dengan Penjelasan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar