Jenis Jenis Senam Ketangkasan Lengkap Dengan Manfaat

Jenis Jenis Senam Ketangkasan Lengkap Dengan Manfaat - Seperti yang kita tahu bahwa senam dalam olahraga yang dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah senam ketangkasan. Senam ketangkasan sendiri masih banyak jenisnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan senam secara umum merupakan bentuk latihan fisik yang tujuannya untuk menambah atau menjaga daya tahan tubuh, koordinasi bagian dalam, kelenturan, memelihara kesehatan tubuh dan membentuk tubuh.

Apa itu senam ketangkasan? Pengertian senam ketangkasan adalah senam yang dapat dilakukan dengan alat bantu maupun tanpa alat bantu. Senam ketangkasan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dapat dinamakan dengan senam artistik, karena jenis senam ini memiliki aturan yang berlaku sesuai dengan bentuknya. Apa saja jenis jenis senam ketangkasan itu? Apa saja manfaat senam ketangkasan itu?

Jenis Jenis Senam Ketangkasan Lengkap Dengan Manfaat
Contoh Senam Ketangkasan Tanpa Alat

Sejatinya senam ketangkasan memang tidak jauh berbeda dengan senam lantai, mulai dari manfaat, jenis maupun pengertiannya. Senam ketangkasan ini bahkan dijadikan sebagai nomor perlombaaan tingkat Internasional dan Nasional. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis jenis senam ketangkasan lengkap dengan manfaat senam ketangksan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jenis Jenis Senam Ketangkasan Lengkap Dengan Manfaat

Apa yang dimaksud senam? Senam menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah olah gerak badan yang dilaksanakan dengan cara meregangkan, menggeliatkan dan menggerakkan badan. Kemudian untuk ketangkasan dalam arti sederhana adalah kecekatan atau kecepatan. Senam ketangkatan merupakan olah gerak badan yang dilaksanakan dengan menggeliatkan, menggerakkan atau meregangkan badan secara cepat. 

Senam ketangkasan dalam prakteknya termasuk jenis senam yang dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu ataupun tidak. Senam ketangkasan tidak jarang dipertandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Dalam senam ketangkasan ini terdapat beberapa hal yang dinilai seperti ketika melakukan ketepatan, keseimbangan ketika sikap akhir, maupun keindahan.

Baca juga : Bentuk Latihan Gerakan Mengayun Tali Senam Irama

Pelaksanaan senam ketangkasan memang dapat menggunakan beberapa metode. Misalnya metode palang sejajar, kuda pelana, palang tunggal, gelang gelang, dan palang bertingkat. Senam ketangkasan memiliki gerakan seperti gerakan keseimbangan, gerakan keindahan, gerakan keharmonisan, gerakan kelincahan, gerakan kelenturan dan keluesan. Di bawah ini terdapat jenis jenis senam ketangkasan dan manfaat senam ketangkasan yaitu sebagai berikut:

Senam Ketangkasan Tanpa Alat Bantu

Di bawah ini terdapat macam macam senam ketangkasan tanpa alat bantu yaitu sebagai berikut:
  • Sikap lilin
  • Guling belakang
  • Headstand dan handstand
  • Kayang
  • Guling depan
  • Guling lenting
  • Loncat harimau

Senam Ketangkasan Dengan Alat Bantu

Di bawah ini terdapat jenis jenis senam ketangkasan menggunakan alat bantu yaitu sebagai berikut:
  • Lompat jongkok
  • Lompat kangkang

Manfaat Senam Ketangkasan

Seperti yang kita tahu bahwa macam macam senam ketangkasan dapat dibagi menjadi dua yaitu dengan alat maupun tanpa alat bantu. Senam ketangkasan tersebut  juga memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini:

Otot Tubuh Menjadi Kencang

Dengan melakukaan senam ketangkasan ini, otot tubuh menjadi lebih kencang. Namun pelaksanaan senam ketangkasan harus berkelanjutan dan rutin hingga otot tubuh terbentuk dan kencang.

Kebugaran Tubuh

Manfaat senam ketangkasan selanjutnya adalah untuk kebugaran tubuh. Dengan senam ketangkasan ini, penampilan kita menjadi semakin segar, tidak lemah dan tidak lesu. Hingga akhirnya orang yang melihat dapat bersemangat juga.

Memperoleh Keindahan Tubuh

Senam ketangkasan mempunyai gerakan yang banyak sehingga lemak dalam tubuh menjadi berkurang. Macam senam ketangkasan yang dilakukan dapat menggunakan alat ataupun tidak.

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis senam ketangkasan lengkap dengan manfaat senam ketangksan. Senam ketangkasan secara umum dapat dilakukan dengan menggunakan alat maupun tanpa alat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Jenis Jenis Senam Ketangkasan Lengkap Dengan Manfaat"