Cara Melakukan Gerakan Baling Baling (Meroda) Dalam Senam Lantai

Advertisement

Cara Melakukan Gerakan Baling Baling (Meroda) Dalam Senam Lantai - Senam lantai adalah jenis olahraga senam yang pelaksanaannya menggunakan matras atau lapisan lantai yang empuk. Dengan begitu ketika para pesenam melakukan gerakan senam lantai tidak akan mengalami cedera. Gerakan dasar pada senam lantai dapat dibagi menjadi beberapa macam. Salah satunya ialah gerakan baling baling atau gerakan meroda. Lantas bagaimana cara melakukan gerakan baling baling yang benar? Dengan mengetahui teknik gerakan meroda yang benar tentunya kita dapat meminimalisir terjadinya cedera. Sebelum mempelajari gerakannya, tentunya anda juga harus mengetahui pengertian gerakan baling baling tersebut. Apa pengertian gerakan meroda itu?

Ilustrasi Gerakan Baling Baling (Meroda)
Pengertian gerakan baling baling (meroda) ialah gerakan memutar ke arah samping, dimana suatu waktu posisi kedua tangan menumpu badan disertai membuka lebar kedua kaki. Dari pengertian gerakan meroda inilah kita tahu bahwa gerakan yang dilakukan menyerupai roda besar yang berputar seperti baling baling. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan gerakan baling baling (meroda) dalam senam lantai. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Melakukan Gerakan Baling Baling (Meroda) Dalam Senam Lantai

Arah pelaksanaan gerakan meroda atau gerakan baling baling ialah dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Sebelum melakukan teknik gerakan meroda, alangkah lebih baik jika anda menguasai gerakan handstand atau berdiri dengan tangan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan gerakan handstand merupakan pendukung dalam melakukan gerakan baling baling dengan keberhasilan yang baik. Lantas bagaimanakah cara melakukan gerakan baling baling yang baik dan benar?
Baca juga : Pengertian Handstand dan Kopstand Beserta Cara Melakukannya
Teknik gerakan meroda dapat dilakukan dengan beberapa tahap. Adapun tahapan cara melakukan gerakan baling baling yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan badan berdiri dengan sikap menyamping. Kemudian buka kedua kaki selebar bahu. Julurkan kedua tangan ke atas. Lalu serongkan kepala ke arah samping.
  • Setelah itu badan dijatuhkan ke arah samping kiri. Dengan begitu kedua tangan dapat terbuka lurus menuju arah samping.
  • Kaki kanan diayunkan ke atas disertai dengan kaki kiri. Dengan begitu posisi kedua kaki dapat lurus terbuka ke samping.
  • Kemudian kaki kanan diletakkan di sebelah tangan kanan. Lalu angkat tangan kiri dan kaki kiri siap diletakkan ke samping kaki kanan sampai dapat mengangkat badan ke atas. Setelah itu posisikan tubuh seperti semula yaitu berdiri menyamping.
Tahapan tahapan di atas merupakan cara melakukan gerakan baling baling yang benar. Usahakan gerakan baling baling ini dilakukan dengan benar agar kesalahan kesalahan yang mungkin terjadi dapat diminimalisir agar tidak menimbulkan cedera yang berarti. Di bawah ini terdapat beberapa kesalahan dalam teknik gerakan meroda yaitu sebagai berikut:
Baca juga : Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting Pada Senam Lantai
  • Pelemparan kaki tidak terlalu kuat.
  • Kaki dilemparkan ke arah depan dengan sudut busur terlalu besar. Sebenarnya kaki harus dilemparkan ke atas.
  • Tangan pertama diletakkan di lantai yang terlalu dekat dengan kaki tolak.
  • Pembengkokan kedua siku.
  • Posisi badan tidak melenting.
  • Ketika kedua tangan melakukan tumpuan di atas lantai, posisi kepala tidak menengadah.
  • Kaki terakhir yang mendarat diletakkan terlalu dekat dengan kaki pertama yang mendarat di atas lantai.
Sekian penjelasan mengenai cara melakukan gerakan baling baling (meroda) dalam senam lantai. Saya juga tidak lupa membagikan beberapa kesalahan gerakan baling baling yang mungkin dapat terjadi. Pengertian gerakan meroda ialah gerakan memutar ke arah samping, dimana suatu waktu posisi kedua tangan menumpu badan disertai membuka lebar kedua kaki. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Melakukan Gerakan Baling Baling (Meroda) Dalam Senam Lantai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar