Teknik Dasar Meroda Senam Lantai (Cara Melakukannya)

Teknik Dasar Meroda Senam Lantai (Cara Melakukannya) - Tak semua siswa menguasai teknik meroda dengan baik dan benar. Faktanya, gerakan tersebut bahkan dianggap sangat sulit untuk dilakukan. Banyak yang gagal karena tak tau bagaimana cara melakukan gerakan meroda dengan benar.

Gerakan meroda merupakan salah satu jenis senam lantai yang biasanya diajarkan pada siswa ketika menginjak bangku SMP. Beberapa pakar juga menyebutnya sebagai gerakan baling-baling karena posisi tubuh menyerupai bagian pesawat saat berputar. Dalam konteks pendidikan kita bisa menjumpai materi yang membahas teknik dasar meroda di SD sampai SMA. Selain mengajarkan secara teori guru pun bisanya memberikan contoh langsung saat praktikum.

Ilustrasi Gerakan Baling Baling (Meroda)

Cara melakukan gerakan meroda sebenarnya cukup sederhana. Konsepnya seperti kita menjungkir balikan tubuh dan memutarnya ke sisi kanan maupun kiri. Meroda sendiri juga termasuk kombinasi teknik handstand yang mengharuskan kita menopang beban tubuh menggunakan tangan. Pada ilustrasi gambar di atas kita bisa simak gerakan dasar layaknya sebuah baling-baling pesawat yang berputar.

Teknik Dasar Meroda Senam Lantai (Cara Melakukannya)


Pengertian gerakan baling-baling (meroda) ialah gerakan memutar ke arah samping, dimana suatu waktu posisi kedua tangan menumpu badan disertai membuka lebar kedua kaki. Dari pengertian gerakan meroda inilah kita tahu bahwa gerakan yang dilakukan menyerupai roda besar yang berputar seperti baling baling. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan gerakan baling baling (meroda) dalam senam lantai. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bagaimana cara melakukan gerakan meroda yang benar? inilah yang sering ditanyakan oleh siswa. Meski menguasainya secara praktek tapi banyak siswa justru kesulitan ketika diminta menjelaskan secara teori. Menuliskan langkah langkah teknik dasar meroda memang tidak semudah saat melakukannya. Padahal materi tersebut sering muncul sebagai butir soal ketika ujian.
Baca juga : Pengertian Handstand dan Kopstand Beserta Cara Melakukannya
Arah pelaksanaan gerakan meroda yakni dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Sebelum melakukan teknik meroda, alangkah lebih baik jika anda menguasai gerakan handstand atau berdiri dengan tangan terlebih dahulu. Pasalnya, handstand merupakan pendukung dalam melakukan gerakan baling-baling dengan keberhasilan yang baik. Lantas bagaimanakah cara melakukan gerakan meroda yang baik dan benar?
 

Teknik Dasar Meroda

Mempelajari teknik dasarnya sebelum mulai melakukan meroda sangatlah penting. Lewat pemahaman ini nantinya kalian akan terhindar dari berbagai resiko cidera. Secara garis besar, kalian bisa menjumpai materi senam lantai satu ini hampir di semua jenjang sekolah. Pembahasanya pun sudah tertulis rapi dalam LKS maupun buku pedoman penjas.

Jika kalian merasa kesulitan menghafalkan teknik meroda dalam senam lantai. Maka simaklah tutorial di bawah:
  1. Posisikan badan berdiri dengan sikap menyamping.
  2. Kemudian buka kedua kaki selebar bahu.
  3. Julurkan kedua tangan ke atas.
  4. Lalu serongkan kepala ke arah samping.
  5. Setelah itu badan dijatuhkan ke arah samping kiri. Dengan begitu kedua tangan dapat terbuka lurus menuju arah samping.
  6. Kaki kanan diayunkan ke atas disertai dengan kaki kiri. Dengan begitu posisi kedua kaki dapat lurus terbuka ke samping.
  7. Kemudian kaki kanan diletakkan di sebelah tangan kanan.
  8. Lalu angkat tangan kiri dan kaki kiri siap diletakkan ke samping kaki kanan sampai dapat mengangkat badan ke atas.
  9. Setelah itu posisikan tubuh seperti semula yaitu berdiri menyamping.

Cara Melakukan Gerakan Meroda

Semua tahapan di atas merupakan cara melakukan gerakan meroda yang benar. Ada beberapa poin yang harus kalian garisbawahi ketika mencoba teknik tersebut. Misalnya melakukan gerakan baling-baling dengan benar serta penuh kehati hatian. Tujuannya untuk meminimalisir kesalahan agar tidak timbul cidera yang berarti.
Baca juga : Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting Pada Senam Lantai

Dalam beberapa kasus, siswa sering kali gagal melakukan gerakan meroda padahal sudah tau tekniknya. Penyebabnya pun bisa dikatakan beragam mulai dari rasa gugup sampai kesalahan teknis. Oleh karenanya, pahamilah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat meroda di bawah: 

  • Pelemparan kaki tidak terlalu kuat.
  • Kaki dilemparkan ke arah depan dengan sudut busur terlalu besar. Sebenarnya kaki harus dilemparkan ke atas.
  • Tangan pertama diletakkan di lantai yang terlalu dekat dengan kaki tolak.
  • Pembengkokan kedua siku.
  • Posisi badan tidak melenting.
  • Ketika kedua tangan melakukan tumpuan di atas lantai, posisi kepala tidak menengadah.
  • Kaki terakhir yang mendarat diletakkan terlalu dekat dengan kaki pertama yang mendarat di atas lantai.
Secara garis besar gerakan meroda memang termasuk jenis senam lantai yang memiliki tingkat kesulitan lumayan tinggi. Resiko yang timbul apabila mengalami kegagalan pun juga lumayan fatal karena gerakan yang berbahaya. Tak sedikit yang terkilir akibat terjatuh tak mampu menjaga keseimbangan, tangan tidak kuat menopang, dan lain-lain.

Sekian penjelasan tentang teknik dasar meroda dalam senam lantai. Saya juga tidak lupa membagikan beberapa kesalahan gerakan baling baling yang mungkin dapat terjadi. Pengertian gerakan meroda ialah gerakan memutar ke arah samping, dimana suatu waktu posisi kedua tangan menumpu badan disertai membuka lebar kedua kaki. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Teknik Dasar Meroda Senam Lantai (Cara Melakukannya)"