Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting Pada Senam Lantai

Advertisement

Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting Pada Senam Lantai - Ketika di bangku sekolah terdapat materi pembelajaran mengenai senam lantai. Salah satu jenis senam lantai yang diajarkan tersebut seperti gerakan guling lenting. Apa pengertian guling lenting tersebut? Bagaimana cara melakukan gerakan guling lenting? Cara melakukan guling lenting sendiri dapat dijadikan sebagai teknik dasar guling lenting. Teknik dasar gerakan guling lenting ini berbeda dengan jenis gerakan senam lantai lainnya. Untuk menguasai teknik dasar tersebut, tetntunya diperlukan beberapa bentuk latihan gerakan guling lenting yang rutin dan teratur. Dengan begitu gerakannya dapat dilakukan dengan benar dan tidak menimbulkan cedera yang berarti.

Gambar Cara Melakukan Guling Lenting
Teknik dasar gerakan guling lenting yang baik dan benar dapat diperoleh dengan kemauan dan latihan yang rutin. Guling lenting dalam senam lantai sendiri dapat dinamakan dengan Neckspring. Lantas bagaimana teknik dasar guling lenting yang benar? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara melakukan gerakan guling lenting pada senam lantai. Selain itu saya tidak lupa untuk menjelaskan pula beberapa bentuk latihan gerakan guling lenting. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting Pada Senam Lantai

Pengertian guling lenting ialah salah satu jenis gerakan senam lantai dimana badan dilentingkan ke atas depan dengan melemparkan kedua kaki dan kedua tangan untuk menolak. Cara melakukan guling lenting dapat dilakukan dengan gerak mengayun guling belakang ataupun gerakan guling depan terlebih dahulu. Untuk pelaksanaan teknik dasar gerakan guling lenting sendiri dapat dibimbing dan didukung oleh Guru pelatih. Bagaimana teknik dasar guling lenting yang baik dan benar? Di bawah ini terdapat langkah langkah cara melakukan gerakan guling lenting yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh berdiri dan salah satu kaki diletakkan di depan tangan. Kemudian angkat kedua tangan ke atas.
  • Kedua tangan digunakan untuk menumpu ketika melakukan guling depan.
Baca juga : Cara Melakukan Sikap Lilin Yang Baik dan Benar
  • Kemudian lakukan gerakan gulingan dimana rapatkan dan luruskan kedua kaki. Kedua tungkai diposisikan lurus ke belekang sehingga dekat dengan kepala. Lalu bengkokkan siku serta tumpukan telapak tangan pada matras dan posisikan di samping telinga.
  • Guling ke depan dilakukan dimana tungkai menolak ke atas depan dan kedua tangan dalam posisi mendorong ketika tungkai telah melewati kepala. Dengan begitu badan akan melayang seperti membentuk busur.
  • Rapatkan kedua kaki dan dorong pinggul ke depan untuk melakukan pendaratan. Setelah itu badan digerakkan mengikuti arah totasi gerakannya.
Gerakan Gerakan dalam Guling Lenting
Setelah membahas tentang cara melakukan gerakan guling lenting. Kemudian saya akan menjelaskan tentang bentuk latihan guling lenting. Latihan ini digunakan untuk menguasai teknik dasar guling lenting yang ada. Maka dari itu mempelajari bentuk latihan gerakan guling lenting, sama pentingnya dengan mempelajari teknik dasar gerakan guling lenting. Berikut beberapa bentuk latihannya yaitu:

Latihan Melenting dengan Posisi Tidur

Bentuk latihan guling lenting yang pertama dapat dilakukan dengan posisi tidur di matras. Latihan ini digunakan untuk menguasai teknik dasar guling lenting yang baik dan benar. Ikuti langkah langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini agar anda dapat menguasai cara melakukan gerakan guling lenting yang benar. Adapun bentuk latihan melenting dalam posisi tidur yaitu sebagai berikut:
  • Tubuh diposisikan dalam tidur telentang di atas matras.
  • Setelah itu letakkan tangan di samping badan.
  • Kedua kaki diangkat ke belakang.
  • Lalu kedua kaki dilemparkan ke depan atas dengan kedua ujung kaki yang pertama mendarat.
  • Bagian belakang tubuh usahakan posisinya tidak menyentuh matras. Maka dari itu tumpuan pundak berada di kedua ujung kaki dan pundak.
Gambar Latihan Melenting Dengan Posisi Tidur
Baca juga : Cara Melakukan Roll Depan dan Roll Belakang Dengan Benar

Latihan Melenting Dengan Tumpuan Tangan

Bentuk latihan guling lenting selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan tangan sebagai tumpuan. Latihan ini digunakan untuk menguasai teknik dasar guling lenting yang baik dan benar. Ikuti langkah langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini agar anda dapat menguasai cara melakukan gerakan guling lenting yang benar. Adapun bentuk latihan melenting dengan tumpuan tangan yaitu sebagai berikut:
  • Posisikan tubuh berdiri dimana kedua tangan lurus ke atas. 
  • Setelah itu bungkukkan badan. Kemudian posisikan kedua lengan lurus disamping telinga dan tempelkan kedua tangan ke lantai atau matras.
  • Lakukan guling depan dan sertai gerakan tungkai yang dilempar ke depan atas. 
  • Gunakan kedua tangan sebagai tumpuan. Lalu gunakan kedua tangan pula untuk mendorong badan ke depan atas sehingga dapat melenting.
  • Kedua kaki dilemparkan ke depan atas dengan kedua ujung kaki yang pertama mendarat.
  • Bagian belakang tubuh usahakan posisinya tidak menyentuh lantai atau matras. Maka dari itu tumpuan pundak berada di kedua ujung kaki dan pundak.
Gambar Latihan Melenting Dengan Tumpuan Tangan
Sekian penjelasan mengenai cara melakukan gerakan guling lenting pada senam lantai. Teknik dasar guling lenting dapat dikuasai dengan melakukan beberapa bentuk latihan guling lenting. Bentuk latihan gerakan guling lenting tersebut dapat dilakukan dengan posisi tidur diatas matras maupun dengan tumpuan tangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi guling lenting di atas.

Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting Pada Senam Lantai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar