Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting dan Teknik Dasarnya

Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting dan Teknik Dasarnya - Senam lantai merupakan salah satu materi dasar yang mulai diperkenalkan bahkan semenjak kita berada di bangku SD. Secara garis besar ada berbagai jenis gerakan senam lantai mulai dari meroda, roll depan, roll belakang, guling lenting, dan lain sebagainya. Masing-masing tentunya memiliki teknik dasar berbeda yang dilaksanakan pada 3 tahap.

Gambar Cara Melakukan Guling Lenting

Cara melakukan guling lenting menurut saya pribadi memiliki tingkat kesulitan di atas rata-rata. Meski memiliki konsep yang hampir sama, tapi teknik dasar guling lenting berbeda dari roll depan maupun meroda. Resiko cidera yang tinggi membuatnya jarang diajarkan pada siswa. Untuk mengusainya kalian butuh latihan rutin, teratur, da pemahaman lebih lanjut. Umumya, kita hanya akan diberikan pembahasan secara teori saja tentang gerakan guling lenting mulai dari awalan sampai akhiran.

Lantas sebenarnya apa itu guling lenting dalam senam lantai? Banyak orang mendeskripsikannya sebagai Neckspring. Kata ini diambil dari teknik dasar guling lenting yang bertumpu pada leher dan mendorong tubuh ke atas. Itulah mengapa dalam penjelasan sebelumnya saya memberi penekanan bahwa senam lantai satu ini memiliki resiko cidera tinggi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi khususnya cara melakukan guling lenting senam lantai.

Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting dan Teknik Dasarnya

Materi senam lantai sebenarnya bisa kalian pelajari dari buku pedoman penjas serta LKS. Dalam berbagai kesempatan, guru pasti sudah berulang kali membahasnya ketika praktikum. Namun seiring berjalannya waktu siswa pun kini bisa belajar secara mandiri mencari teknik dasar guling lenting di internet. Tak hanya pembahasan tertulis saja bahkan tersedia pula tutorial berbentuk video di youtube maupun forum online.

Kita memang tak bisa menampik fakta bahwa cara melakukan gerakan guling lenting sering muncul sebagai soal ujian. Meski demikian masih ada beberapa siswa yang merasa kesulitan saat diminta menjelaskan teknik dasar senam lantai tersebut. Inilah yang mendasari saya untuk menulis dan mengulang kembali materi apa itu guling lenting.

Dalam konteks pendidikan, teknik dasar guling lenting sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan semenjak masih berada di bangku sekolah dasar. Secara garis besar gerakan di setiap tahapnya tidaklah terlalu sulit untuk dipraktekan. Hanya saja cara melakukan guling lenting memang memerlukan sedikit keterampilan. Kalian harus memiliki tubuh lentur, kuat, serta mampu menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh.

Pengertian Guling Lenting

Apa itu guling lenting? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Beberapa siswa pun sulit membedakan antara guling lenting dan roll depan karena keduanya memiliki konsep yang sama. Perbedaan signifikan terletak pada proses berguling dimana kita harus mampu mengakat badan dan langsung memposisikan tubuh berdiri tegak.

Pengertian guling lenting adalah salah satu jenis gerakan senam lantai dimana badan dilentingkan ke atas depan lalu melemparkan kedua kaki dan kedua tangan untuk menolak. Cara melakukan guling lenting secara garis besar yakni mengayun, guling belakang, ataupun gerakan guling depan terlebih dahulu. Untuk pelaksanaan teknik dasar gerakan guling lenting sendiri dapat dibimbing dan didukung oleh Guru pelatih.

Karena gerakan kompleks serta memerlukan kekuatan yang besar maka teknik dasar guling lenting memiliki tingkat kesulitan tinggi. Tak sedikit yang gagal ketika melakukan gerakan dan akhirnya jatuh karena kurang kuat menopang dan melontarkan tubuh. Butuh latihan teratur serta pemahaman lebih dalam bagaimana cara melakukan guling lenting agar kita berhasil.

Gerakan Guling Lenting

Penguasaan teknik yang mumpuni serta latihan secara teratur menjadi kunci keberhasilan gerakan ekstrim satu ini. Jika kalian sembrono dan melakukannya tanpa persiapan maka bisa menghasilkan cidera yang fatal pada leher. Lantas bagaimana teknik dasar guling lenting yang baik dan benar? Di bawah ini terdapat langkah langkah cara melakukan gerakan guling lenting senam lantai:
  1. Posisikan tubuh berdiri dan salah satu kaki diletakkan di depan tangan. Kemudian angkat kedua tangan ke atas.
  2. Kedua tangan digunakan untuk menumpu ketika melakukan guling depan.
  3. Kemudian lakukan gerakan gulingan dimana rapatkan dan luruskan kedua kaki. Kedua tungkai diposisikan lurus ke belekang sehingga dekat dengan kepala. Lalu bengkokkan siku serta tumpukan telapak tangan pada matras dan posisikan di samping telinga.
  4. Guling ke depan dilakukan dimana tungkai menolak ke atas depan dan kedua tangan dalam posisi mendorong ketika tungkai telah melewati kepala. Dengan begitu badan akan melayang seperti membentuk busur.
  5. Rapatkan kedua kaki dan dorong pinggul ke depan untuk melakukan pendaratan. Setelah itu badan digerakkan mengikuti arah totasi gerakannya.
Kita harus ingat bahwa gerakan guling lenting di atas bertumpu pada kekuatan leher. Sedangkan saat melakukan dorongan tumpuan kekuatan berpindah ke kedua lengan. Misal kalian masih mengalami kesulitan dalam memahami tiap fase pada penjelasan di atas. Maka simaklah ilustrasi dan gambar guling lenting berikut sebagai referensi.
Gerakan Guling Lenting

Setelah membahas tentang cara melakukan gerakan guling lenting. Kemudian saya akan menjelaskan tentang bentuk latihan awalnya. Latihan ini digunakan untuk menguasai teknik dasar guling lenting lebih baik. Dalam konteks pendidikan, latihan tersebut memang tak sepenuhnya diberikan pada siswa.

Kurangnya waktu praktikum dan padatnya materi menjadi kendala utama mengapa guru tak menjelaskan secara intensif. Maka dari itu, kita harus berlatih secara mandiri untuk membekali diri ketika diminta mempraktekan senam lantai di atas.

Bentuk Latihan Melenting

Pada sesi sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa latihan rutin teratur menjadi salah satu kunci sukses melakukan gerakan guling lenting. Nah, jika kalian memang ingin mempelajari teknik dasar senam lantai yang satu ini maka menciptakan pola latihan menjadi langkah tepat. Saya sendiri lebih suka membagi latihan menjadi dua fase yakni memposisikan badan saat tidur menahan beban tubuh. Lalu fase kedua adalah latihan melakukan tolakan menggunakan dua tangan.
Bentuk latihan guling lenting yang pertama dapat dilakukan dengan posisi tidur di matras. Latihan ini digunakan untuk menguasai teknik dasar guling lenting yang baik dan benar. Ikuti langkah langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini agar anda dapat menguasai cara melakukan gerakan guling lenting yang benar. Adapun bentuk latihan melenting dalam posisi tidur yaitu sebagai berikut:
  1. Tubuh diposisikan dalam tidur telentang di atas matras.
  2. Setelah itu letakkan tangan di samping badan.
  3. Kedua kaki diangkat ke belakang.
  4. Lalu kedua kaki dilemparkan ke depan atas dengan kedua ujung kaki yang pertama mendarat.
  5. Bagian belakang tubuh usahakan posisinya tidak menyentuh matras. Maka dari itu tumpuan pundak berada di kedua ujung kaki dan pundak.
Gambar Latihan Melenting Dengan Posisi Tidur
Baca juga : Cara Melakukan Roll Depan dan Roll Belakang Dengan Benar

Teknik dasar guling lenting memang terlihat sederhana karena hanya seperti berdiri dengan tumpuan kedua tangan. Tapi sebenarnya untuk melakukan hal tersebut tidaklah semudah kedengarannya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang gagal melenting karena tidak kuat pada saat bertumpu. Oleh karenanya, selain latihan melenting kalian juga wajib melatih kekuatan tumpuan tangan lewat serangkaian gerakan.
 

Latihan Melenting Dengan Tumpuan Tangan

kesulitan tertinggi pada teknik dasar guling lenting terletak pada bagian tengah. Melenting bukanlah gerakan biasa yang dapat kalian lakukan sembarangan. Maka dari itu, kita perlu mempraktekan beberapa bentuk latihan terlebih dahulu sebelum mulai ke tahap yang lebih tinggi.

Bentuk latihan guling lenting selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan tangan sebagai tumpuan. Latihan ini digunakan untuk menguasai teknik dasar guling lenting yang baik dan benar. Ikuti langkah langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini agar anda dapat menguasai cara melakukan gerakan guling lenting yang benar. Adapun bentuk latihan melenting dengan tumpuan tangan yaitu sebagai berikut:
  1. Posisikan tubuh berdiri dimana kedua tangan lurus ke atas. 
  2. Setelah itu bungkukkan badan. Kemudian posisikan kedua lengan lurus disamping telinga dan tempelkan kedua tangan ke lantai atau matras.
  3. Lakukan guling depan dan sertai gerakan tungkai yang dilempar ke depan atas. 
  4. Gunakan kedua tangan sebagai tumpuan. Lalu gunakan kedua tangan pula untuk mendorong badan ke depan atas sehingga dapat melenting.
  5. Kedua kaki dilemparkan ke depan atas dengan kedua ujung kaki yang pertama mendarat.
  6. Bagian belakang tubuh usahakan posisinya tidak menyentuh lantai atau matras. Maka dari itu tumpuan pundak berada di kedua ujung kaki dan pundak.
Gambar Latihan Melenting Dengan Tumpuan Tangan

Sekian penjelasan mengenai cara melakukan gerakan guling lenting pada senam lantai. Teknik dasar guling lenting dapat dikuasai dengan melakukan beberapa bentuk latihan guling lenting. Bentuk latihan gerakan guling lenting tersebut dapat dilakukan dengan posisi tidur diatas matras maupun dengan tumpuan tangan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi guling lenting di atas.

Posting Komentar untuk "Cara Melakukan Gerakan Guling Lenting dan Teknik Dasarnya"