Cara Melakukan Sikap Lilin Yang Baik dan Benar

Advertisement

Cara Melakukan Sikap Lilin Yang Baik dan Benar - Sikap lilin termasuk kedalam salah satu gerakan dari senam lantai. Ketika kita dibangku sekolah pasti telah diajarkan mengenai cara melakukan sikap lilin yang baik dan benar. Gerakan lilin tersebut masuk kedalam kategori pendidikan jasmani di tingkat SD, SMP ataupun SMA sederajat. Bahkan ketika anda masuk kuliah jurusan Olahraga, tentunya akan membahas materi tersebut pula. Pengertian sikap lilin yaitu gerakan mengangkat kaki ke atas sampai pundak yang menyerupai suatu lilin. Sebagian orang tentunya sudah mengetahui cara yang benar dalam melakukan sikap lilin. Namun sebagian lainnya belum tahu cara melakukannya dengan benar.

Untuk anda yang masih pemula dalam melakukan sikap lilin, maka alangkah lebih baik jika didampingi oleh orang yang sudah mahir dalam melakukan gerakan tersebut. Hal ini dikarenakan dalam gerakan sikap lilin, anda membutuhkan kekuatan otot yang bagus seperti otot tangan, otot perut dan sebagainya. Selain itu juga untuk menghindari adanya cedera yang berlebih. Nah pada pembahasan kali ini penjasorkes akan menjelaskan tentang cara melakukan sikap lilin yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Melakukan Sikap Lilin Yang Baik dan Benar

Cara melakukan sikap lilin secara umum ialah mengangkat kedua kaki sampai lurus ke atas diikuti dengan pengangkatan pinggang. Setelah itu, tangan disimpan ke bagian pinggang dengan maksud untuk menopangnya. Sikap lilin dapat dilakukan dengan posisi awal jongkok maupun tidur telentang. Berikut penjelasan selengkapnya:
Baca juga : Lempar Lembing (Pengertian, Gaya dan Teknik Dasar) Lengkap
Gerakan Sikap Lilin Perorangan
Sikap Lilin Dengan Awalan Telentang
Cara melakukan sikap lilin yang pertama menggunakan sikap awalan telentang. Sikap lilin dengan awalan telentang banyak dilakukan oleh para pemula. Adapun teknik sikap lilin yang baik dan benar yaitu:
  • Posisikan badan tidur telentang diatas matras. Setelah itu kedua tangan didekat pinggang.
  • Rapatkan kaki agar badan tetap seimbang ketika diangkat ke atas.
  • Angkat kaki ke atas dengan diikuti tumpuan tangan di atas matras.
  • Lakukan tolakan badan serta kaki menggunakan bantuan tangan agar dapat diangkat ke atas. Setelah itu simpam tangan menuju bagian pinggul.
  • Gunakan sikut untuk menopang agar badan tetap seimbang ketika melakukan sikap lilin.
  • Pergelangan kaki diluruskan sampai menyerupai bentuk lilin yang berdiri.
  • Sikap lilin ini diakhiri dengan  pendaratan. Caranya dorong pinggul ke depan namun kaki tetap dalam keadaan rapat. Kemudian diikuti dengan menggerakkan tubuh lainnya.
Baca juga : Pengertian, Unsur Unsur dan Manfaat Kebugaran Jasmani
Sikap Lilin Dengan Awalan Jongkok
Cara melakukan sikap lilin selanjutnya menggunakan sikap awalan jongkok. Gerakan sikap lilin ini cukup sulit untuk dilakukan karena membutuhkan kekuatan perut yang baik serta keseimbangan tubuh yang bagus. Berikut gerakan sikap lilin dengan awalan jongkok:
  • Sebelumnya lakukan pemanasan terlebih dahulu.
  • Posisikan badan dalam keadaan jongkok. Lalu letakkan kedua tangan disamping badan.
  • Gulingkan badan ke belakang, lalu luruskan kedua tungkai diserta tumpuan telapak tangan disampng telinga.
  • Setelah itu lakukan gulingan ke depan disertai tungkai kaki yang menolak ke atas depan. Gunakan kedua tangan saat menolak agar posisi badan melengkung menyerupai busur (Sikap lilin ini membutuhkan tingkat kelenturan yang baik).
  • Pendaratan sikap lilin ini dapat dilakukan dengan cara mendorong pinggul ke depan dengan kedua kaki rapat. Kemudian disusul dengan menggerakan badan.
Cara melakukan sikap lilin tersebut dapat dilakukan dengan perorangan maupun berpasangan. Jika anda masih pemula, maka lebih baik didampingi oleh orang yang sudah mahir ataupun guru. Pendamping tersebut akan membantu anda dalam mengangkat, meluruskan dan menahan kaki agar tetap di atas.
Gerakan Sikap Lilin Berpasangan
Sekian penjelasan mengenai cara melakukan sikap lilin yang baik dan benar. Sikap lilin ialah gerakan mengangkat kaki ke atas sampai pundak yang menyerupai suatu lilin. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Cara Melakukan Sikap Lilin Yang Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar