Pengertian, Teknik dan Gaya Lompat Jauh Standar Nasional dan Internasional

Advertisement

Pengertian, Teknik dan Gaya Lompat Jauh Standar Nasional dan Internasional - Dalam pelajaran penjaskes terdapat materi pembelajaran mengenai lompat jauh. Dalam olahraga ini terdapat materi pengertian lompat jauh, teknik dasar dalam lompat jauh maupun gaya lompat jauh yang sering digunakan. Setiap gaya lompat jauh yang digunakan memiliki teknik lompat jauh yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan dalam olahraga lompat jauh terdapat tiga gaya yang dgunakan seperti gaya melayang di udara, gaya jongkok maupun gaya melambung diudara. Untuk mengusai olahraga ini maka anda harus mengerti mengenai pengertian lompat jauh, teknik lompat jauh dan gaya lompat jauh. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian, teknik dan gaya lompat jauh secara rinci dan lengkap.

Pada dasarnya lompat jauh memang cabang olahraga yang mudah untuk dilakukan jika kita mengetahui teknik dasar lomat jauh dan gaya lompat jauh itu sendiri. Lalu apa saja gaya lompat jauh standar nasional dan internasional dan seperti apa teknik dasar lompat jauh yang benar? Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian, Teknik dan Gaya Lompat Jauh Standar Nasional dan Internasional

Dalam artikel ini akan saya jelaskan mengenai tiga aspek yaitu pengertian lompat jauh, teknik lompat jauh dan gaya lompat jauh. Lompat jauh merupakan sebuah olahraga yang dilakukan diatas pasir dengan cara melompatkan badan menggunakan gaya tertentu. Berikut penjelasan mengenai masing masing aspek lompat jauh.

Pengertian Lompat Jauh

Hal pertama yang akan saya bahas ialah pengertian lompat jauh. Lompat jauh ialah cabang olahraga atletik yang paling banyak diminati serta sering diikut lombakan dalam kelas dunia bahkan olimpiade. Lompat jauh merupakan gerakan melompat kearah depan dengan membawa berat badan selama mungkin diudara atau posisi melayang diudara dengan cara cepat. Gerakan ini dilakukan dengan menolakkan salah satu kaki kepapan tumpu sehingga mendapatkan hasil lompatan yang sejauh mungkin. Tujuan utama dalam gerakan lompat jauh ini ialah untuk mendapatkan hasil lompatan yang sejauh mungkin dalam sebuah bak lompat. Jarak dalam lompat jauh diukur dari papan tolakan sampai hasil terdekat pendaratan dengan tolakan tersebut. 

Gaya Lompat Jauh

Olahraga lompat jauh juga memiliki gaya yang digunakan ketika melakukan lompatan. Gaya lompat jauh dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Namun setiap gaya memiliki gerakan yang berbeda beda. Berikut beberapa gaya lompat jauh beserta cara melakukannya :

Lompat Jauh Gaya Jongkok atau Gaya Orthodok
Gaya lompat jauh yang pertama ialah gaya orthodok atau gaya jongkok. Dalam gaya ini terdapat beberapa tahap seperti gerakan awalan, gerakan tolakan, sikap badan di udara maupun gerakan mendarat. Berikut penjelasan mengenai gaya jongkok dalam olahraga lompat jauh :

Awalan
Gerakan gaya lompat jauh ini diawali dengan sikap tubuh yang benar. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat menghasilkan kecepatan untuk melompat. Cara melakukan gerakan awalan dalam lompat jauh gaya jongkok :
  • Awali lompatan dengan berlari secepat mungkin dengan jarak 40 m sampai 45 m.
  • Usahakan tidak mengurangi kecepatan ketika akan melakukan tolakan kepapan tumpuan.
Tolakan
Gerakan gaya lompat jauh selanjutnya dengan melakukan tolakan kepapan tumpu. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat mendapatkn hasil lompatan yang jauh. Gerakan ini dilakukan dengan cara menolak menggunakan kaki terkuat agar kecepatan horizontal dapat berubah menjadi kecepatan vertical dengan baik dan benar. Cara melakukan gerakan tolakan dalam lompat jauh gaya jongkok :
  • Posisi badan tegak dan kedua tangan serta salah satu kaki diayunkan ke depan ketika melakukan lompatan.
  • Dalam melakukan tolakan, hal yang harus dilakukan dengan menolakkan tumit terlebih dahulu, di ikuti telapak kaki kemudian ujung telapak kaki.
Sikap Badan di Udara
Gerakan gaya lompat jauh selanjutnya ialah melakukan gerakan tubuh diudara dengan benar. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat menghasilkan lompatan yang jauh. Cara melakukan sikap badan di udara dalam lompat jauh gaya jongkok :
  • Tekuk kedua lutut anda.
  • Letakkan kedua tangan berada disamping kepala.
  • Luruskan kedua tangan kedepan ketika melakukan pendaratan agar berat badan berada dibagian depan.
Pendaratan
Gerakan gaya lompat jauh yang terakhir ialah melakukan sikap pendaratan yang benar. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat mendarat dalam bak pasir tanpa mengalami cedera. Cara melakukan gerakan pendaratan dalam lompat jauh gaya jongkok :
  • Awali gerakan mendarat dengan menyentuhkan tumit kaki terlebih dahulu. Kemudian diikuti dengan bagian kaki selanjutnya. Usahakan kedua kaki dalam pisisi rapat.
  • Tekuk kedua lutut dan lakukan dengan cara mengeper seperti sedang jongkok bersama sama agar berat bedan berada didepan.
  • Arahkan pandangan ada kedepan dan sentuhkan kedua tangan kepasir ketika melakukan pendaratan.
Lompat Jauh Gaya Menggantung atau Gaya Schnepper
Selanjutnya terdapat gaya lompat jauh berupa gaya schnepper atau gaya menggantung. Gerakan yang dilakukan dalam gaya ini memiliki perbedaan dalam melakukan sikap badan diudara. Berikut cara melakukan gaya menggantung dalam olahraga lompat jauh.

Awalan
Gerakan gaya lompat jauh ini diawali dengan sikap tubuh yang benar. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat menghasilkan kecepatan untuk melompat. Cara melakukan gerakan awalan dalam lompat jauh gaya menggantung :
  • Awali lompatan dengan berlari secepat mungkin dengan jarak 40 m sampai 45 m.
  • Usahakan tidak mengurangi kecepatan ketika akan melakukan tolakan kepapan tumpuan.
Tolakan
Gerakan gaya lompat jauh selanjutnya dengan melakukan tolakan kepapan tumpu. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat mendapatkan hasil lompatan yang jauh. Gerakan ini dilakukan dengan cara menolak menggunakan kaki terkuat agar kecepatan horizontal dapat berubah menjadi kecepatan vertical dengan baik dan benar. Cara melakukan gerakan tolakan dalam lompat jauh gaya menggantung :
  • Posisi badan tegak dan kedua tangan serta salah satu kaki diayunkan ke depan ketika melakukan lompatan.
  • Dalam melakukan tolakan, hal yang harus dilakukan dengan menolakkan tumit terlebih dahulu, di ikuti telapak kaki kemudian ujung telapak kaki.
Sikap Badan di Udara
Gerakan gaya lompat jauh selanjutnya ialah melakukan gerakan tubuh diudara dengan benar. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat menghasilkan lompatan yang jauh. Cara melakukan sikap badan di udara dalam lompat jauh gaya menggantung :
  • Lentingkan badan ke arah belakang.
  • Letakkan kedua tangan lurus dan berada disamping telinga.
  • Posisikan kaki rapat dan berada dibelakang badan.
Pendaratan
Gerakan gaya lompat jauh yang terakhir ialah melakukan sikap pendaratan yang benar. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat mendarat dalam bak pasir tanpa mengalami cedera. Cara melakukan gerakan pendaratan dalam lompat jauh gaya menggantung :
  • Kedua lengan lurus ketika melakukan sikap badan diudara.
  • Tekuk kedua lutut dan arahkan berat bedan berada didepan.
  • Luruskan kaki ketika akan melakukan pendaratan dan melakukan pendaratan dengan bagian tumit kaki terlebih dahulu.
  • Berat badan arahkan kebagian depan dan posisi lutut mengeper ketika mendarat.

Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara atau Walking in the Air
Selanjutnya terdapat gaya lompat jauh berupa gaya walking in the air atau gaya berjalan di udara. Gerakan yang dilakukan dalam gaya ini memiliki perbedaan dalam melakukan sikap badan diudara. Berikut cara melakukan gaya berjalan di udara dalam olahraga lompat jauh.

Awalan
Gerakan gaya lompat jauh ini diawali dengan sikap tubuh yang benar. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat menghasilkan kecepatan untuk melompat. Cara melakukan gerakan awalan dalam lompat jauh gaya berjalan di udara :
  • Lakukan awalan dengan berlari sebanyak 10 langkah untuk pemula dan 20 langkah untuk atlet.
  • Dalam melakukan langkah tersebut dapat ditambahkan dengan kecepatan lari yang bertahap sebelum melakukan tolakan.
  • Turunkan pinggang sedikit setiap melakukan langkah awalan.
Tolakan
Gerakan gaya lompat jauh selanjutnya dengan melakukan tolakan kepapan tumpu. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat mendapatkan hasil lompatan yang jauh. Gerakan ini dilakukan degan cara menolak menggunakan kaki terkuat agar kecepatan horizontal dapat berubah menjadi kecepatan vertical dengan baik dan benar. Cara melakukan gerakan tolakan dalam lompat jauh gaya berjalan di udara :
  • Lakukan gerakan mengayunkan paha kaki secara bebas dari arah horizontal dan pertahankan gerakan tersebut.
  • Ketika melakukan tolakan posisi lutut, pinggang dan sendi mata kaki lurus.
  • Lakukan gerakan tolakan ke arah depan atas.
Sikap Badan di Udara
Gerakan gaya lompat jauh selanjutnya ialah melakukan gerakan tubuh diudara dengan benar. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat menghasilkan lompatan yang jauh. Cara melakukan sikap badan di udara dalam lompat jauh gaya berjalan di udara :
  • Tarik kaki ke arah belakang dan bawah.
  • Selanjutnya anda juga menarik kaki yang sedang melakukan tolakan ke arah depan atas pada waktu yang bersamaan.
Pendaratan
Gerakan gaya lompat jauh yang terakhir ialah melakukan sikap pendaratan yang benar. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat mendarat dalam bak pasir tanpa mengalami cedera. Cara melakukan gerakan pendaratan dalam lompat jauh gaya berjalan di udara :
  • Tariklah tubuh beserta lengan kearah depan bawah. Kemudian di ikuti dengan menrik kaki agar dekat dengan badan.
  • Kedua kaki lurus kemudian ditekuk sedikit sebelum kaki menyentuh pasir.
  • Lakukan posisi mendarat dengan mendudukkan badan.

Teknik Lompat Jauh

Setelah membahas mengenai pengertian lompat jauh dan gaya lompat jauh, saya akan menjelaskan mengenai teknik lompat jauh. Dalam melakukan lompat jauh memang memiliki empat fase gerakan yang meliputi gerakan awalan, gerakan tolakan, sikap badan di udara maupun gerakan pendaratan. Gaya lompat jauh dapat dibedakan ketika sikap badan diudara saja. Fase lainnya hampir sama cara melakukannnya. Dibawah ini terdapat teknik lompat jauh secara umum. Berikut cara melakukan lompat jauh menggunakan teknik umum :

Awalan
Teknik lompat jauh ini berfungsi agar tubuh memiliki kecepatan yang tinggi sehingga mendapatkan dorongan massa ke arah depan yang lebih besar. Anda dapat melatih gerakan awal dengan latihan sprint jarak 10 sampai 20 m secara terus menerus. Dalam melakukan latihan tersebut jumlah langkah, kecepatan lari dan panjang langkah harus sama. Usahakan ketika sudah melakukan tiga langkah terakhir pikiran anda fokus pada papan tumpuan. Hal tersebut dilakukan agar anda dapat melakukan tolakan dengan kuat. Namun ketika melakukan tolakan kecepatan berlari tidak dikurangi.

Teknik lompat jauh dalam melakukan gerakan awalan bergantung pada kemampuan dan kematangan anda dalam mengkombinasi kecepatan dengan gerakan awalan dalam lompat jauh. Dalam melakukan gerakan ini harus ada ketepatan dalam menumpu. Ada dapat mengawali latihan dengan melakukan langkah sebanyak 5, 7, 9 langkah dan seterusnya. Namun setiap langkah yang harus anda lakukan kurang dari jarak 45 meter. Berikut cara melakukan gerakan awal dalam lompat jauh :
  • Lakukan gerakan awal dengan berlari sesuai kemampuan anda.
  • Sebelum melakukan tolakan usahakan menambah kecepatan sedikit demi sedikit.
  • Turunkan pinggang sedikit setelah melakukan setiap langkah akhir dalam melakukan gerakan awalan.
Gerakan Tolakan
Gerakan tolakan ialah sebuah teknik lompat jauh yang memiliki panjang gerakan tertentu sehingga dapat menentukn hasil lompatan. Condogkan badan anda kedepan ketika melakukan tolakan atau tumpuan ke papan tumpu. Ketika melakukan tolakan sikap badan aktif, cepat dan kuat agar keseimbangan tubuh dapat terjaga dengan baik. Arahkan beban tubuh anda pada titik tumpu, selanjutnya lakukan gerakan menapakkan kaki dengan bagian tumit terlebih dahulu. Anda juga dapat menambahkan gerakan mengayun lengan agar keseimbangan dapat terjaga serta dapat menambah tinggi lompatan anda. Gerakan tolakan ini dilakukan dengan menggunakan kaki terkuat dengan menyelaraskan kecepatan yang anda lakukan diawal gerakan. Berikut cara melakukan gerakan tolakan atau tumpuan :
  • Posisikan kaki dan paha mengayun ke arah horizontal kemudian pertahankan posisi tersebut.
  • Ketika melakukan tolakan usahakan posisi lutut, pinggang dan sendi mata kaki lurus.
  • Tolakkan badan kearah depan atas.
  • Usahakan gerakan tolakan dilakukan dengan sudut 45 derajat.
Sikap Badan di Udara
Selanjutnya terdapat teknik lompat jauh ketika melakukan gerakan melayang diudara. Sikap badan di udara tersebut dilakukan setelah kaki terlepas dari papan tumpu. Pada gerakan tersebut badan harus tetap seimbang dengan cara mengayunkan kedua tangan ketika badan berada diudara. Sikap badan di udara dapat dilakukan dengan beberapa teknik. Teknik yang pertama dapat dilakukan dengan gaya jongkok. Gaya ini dilakukan dengan mengayunkan kaki setinggi mungkin dengan diikuti tolakan kaki namun gerakan mendarat dengan membawa badan kearah depan. Kemudian teknik selanjutnya dapat dilakukan dengan gaya menggantung. Gerakannya dapat dilakukan dengan mengayunkan kaki dengan posisi kaki lurus. Namun sikap badan tetap tegak dan di ikuti dengan melakukan tolakan dan posisi kedua tangan direntangkan ke atas. Anda juga harus menjaga keseimbangan ketika melakukan gerakan pendaratan.

Gerakan Mendarat
Teknik lompat jauh yang terakhir ialah sikap badan ketika mendarat. Gerakan pendaratan harus dilakukan dengan menggunkan kedua kaki. Namun gerakan kedua kaki ketika mendarat harus bersama sama dan diikuti dengan gerakan pinggul kearah depan agar seorang pelompat tidak terjatuh kebelakang. Ketika kaki menyentuh pasir maka kepala sedikit ditundukan dan kedua lengan diayunkan secara bersamaan. Berat tumpuan badan tidak boleh melampaui titik pendaratan. Posisi kedua kaki relaks dan tidak kaku sehingga sendi lutut dapat ditekuk dengan sempurna.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian lompat jauh, gaya lompat jauh dan teknik lompat jauh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Pengertian, Teknik dan Gaya Lompat Jauh Standar Nasional dan Internasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: penjasorkes

0 komentar:

Posting Komentar